Salah satu peristiwa pertama,dan penting dalam setiap tahun di Jepang,adalah Shogatsu.



Untuk menyambut datangnya tahun baru mereka bersiap-siap,diantaranya membersihkan rumah,kantor,pabrik,menyiapkan masakan spesial tahun baru yang disebut Osechi Ryouri,dan membuat dekorasi yang di pasang didepan rumah,kantor,pabrik,yang disebut Kadomatsu.


Pada hari pertama tahun baru,biasanya seluruh anggota keluarga berkumpul,dan duduk bersama,dengan memanjatkan harapan semoga mngalami kesuksesan pada tahun yang akan datang atau yang akan dilewati nanti.
Biasanya dalam kondisi ini semua anggota keluarga saling mengobrol,sambil menyantap hidangan menu spesial tahun baru,dan mereka melakukan Kanpai (toast) untuk semangat menyambut tahun baru.

Dalam satu hari pada awal tahun baru,mereka mengunjungi temple,atau tempat peribadatan mereka,untuk berdoa dan memanjatkan harapan mudah mudahan diberi kesuksesan pada tahun yang akan datang.
Pada acara ini kebanyakan para wanita memakai pakaian tradisional Jepang (Kimono)
Yang berwarna-warni.

Dalam perayaan tahun baru ini mereka biasanya saling mengirimi Kartu ucapan tahun baru kepada famili,teman,relasi.kartu ucapan tahun baru ini disebut dengan Nengajo.

Untuk menyambut tahun baru ini ,biasanya libur mulai tanggal 29 Desember,sampai 3 Januari,ini juga tergantung dari masing –masing kesibukan yang ada.
Banyak kantor,perusahaan yang libur pada tanggal- tanggal itu,karena mereka ingin melewati perayaan tahun baru.

Setiap orang pada saat bertemu dengan yang lainnya pada peringatan tahun baru ini ,saling mengucapkan salam Akemashite Omedeto Gozaimasu.Yang artinya adalah selamat Tahun Baru.
Anak – anak pada tahun baru ini biasanya menerima Otosidama,yaitu uang yang disimpan dalam amplop warna warni,dari orang tuanya,mereka juga bermain layang-layang,hanetsuki,karuta,dan lain-lain.

2 comments:

 
Top