30 June 2009

Book Reading Robot

While electronic books and texts may be the wave of the future, Japanese researchers have developed a literate, child-sized robot capable of reading old-fashioned paper-printed books.

image:pinktentacle


Ninomiya-kun, a 1-meter-tall, 25-kilogram aluminum-framed robot developed at Waseda University’s Information, Production and Systems Research Center (IPSRC), was unveiled on June 11 at a robot trade fair in Kitakyushu, where it entertained onlookers by reading fairy tales from a book.

The robot, which was developed jointly with the Kitakyushu National College of Technology and Shanghai Jiao Tong University, reads by training its camera eyes on printed materials placed on a special book stand. Character recognition software installed on a computer in the robot’s backpack translates the text into spoken words, which are produced by a voice synthesizer.

Although Ninomiya-kun still sounds like a machine, the developers are working to give its voice more feeling. After that, they believe the robot will be ready to read books to children and the elderly for a living.

With the ability to recognize over 2,000 kanji, hiragana and katakana, Ninomiya-kun can currently read elementary texts. The developers say they plan to upgrade the machine’s camera eyes to enable it to read more complex characters in the future.

Ninomiya-kun takes its name from Kinjiro Ninomiya, a popular 19th-century agricultural leader and philosopher who was born poor but became a great landowner through hard work and perseverance. Statues of Ninomiya typically show him reading a book while carrying a load of firewood on his back. The android shares Ninomiya’s love of books, but it packs a computer on its back instead of wood.

Source:www.pinktentacle.com

23 June 2009

Sepeda Taksi di Jepang

image:gokan-seikatsu.jp

Sepeda Taksi atau di Jepang biasa disebut "Bero Takusi",pada dasarnya adalah Sepeda yang di modifikasi bentuknya menyerupai sebuah Mobil.Tapi dalam menggerakkannya prinsipnya sama dengan Sepeda,yaitu dikayuh.
Sebenarnya nama mulanya adalah "VELO TAXI".Orang Jepang menyebutnya "Bero Takusi"(Katakana).
VELO TAXI,VELO
yang artinya sepeda (bahasa Lateen)mulai di populerkan di Jerman,Berlin tahun 1997,yang tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam berlalulintas.Ini karena VElo TAxi tidak memakai bahan bakar,tidak berasap,sehingga udara tetap bersih dan bebas polusi.

image:gokan-sekatsu.jp


image:gokan-seikatsu.jp

Di Jepang mulai di populerkan pertama kali di Kyoto bulan Juni tahun 2002.Sampai saat ini semakin banyak kota-kota yang terdapat Velo Taxi ini.
Sekarang ini negara-negara industri maju seoerti Jepang sedang giat-giatnya dalam membuat barang Produksi yang ramah Lingkungan.
Mobil,Vending Machine,Barang Elektronik,dan lain-lain, mulai dari pengolahan sampai dengan Recycle harus betul-betul memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Oleh karena itu sekarang dalam perkembangannya Velo Taxi di Jepang banyak diminati masyarakat.Kebanyakan orang memakai Velo Taxi ini untuk berwisata keliling kota,sambil menikmati pemandangan yang ada.Dari pada berjalan kaki lebih enjoy dan pengemudinya bisa untuk di jadikan Guide.


image:gokan-seikatsu.jp

Sebenarnya di Negara Kita juga tidak kalah menariknya yaitu,"becak"dan "Andong".Kendaraan ini juga selain murah juga ramah terhadap lingkungan.Nyaman dipakai untuk berwisata keliling Kota.
Hanya saja cuma sebagian Kota yang menyediakan Becak atau Andong Wisata ini.Coba saja kalau semua Becak dan Andong di hias dan dirawat sehingga menjadi menarik dan bersih,bukan tidak mungkin banyak Wisatawan atau bahkan pribumipun tertarik untuk menaikinya.




Info Source:http://gokan-seikatsu.jp/velo/

19 June 2009

Alnect.net Blog Contest Periode I

Alnect computer Blog Contest
Salam sejahtera dan Salam Blogger……!Berikut ini ada kabar menarik tentang Dunia Blogging,yaitu diadakannya Kontest Blog oleh Alnect Komputer.Kontest Blog ini berlaku dari mulai 1Juni sampai 30 Juli 2009.
Bagi para Blogger yang mau ikutan atau sekedar iseng nyoba ikut silahkan klik gambar diatas ini untuk menuju ke Informasi selanjutnya

Lumayan,cuman bermodalkan Blog/situs yang sobat Blogger miliki,Sobat bisa ikutan Kontest Blog ini dan gratis….tis….tis….!
Untuk Pemenangnya akan mendapatkan NoteBook….lho…!.
Ayo,….buruan ikut….and siapa tahu saya atau diantara Sobat Blogger semua bernasib baik dan memenangkan Kontest ini.

16 June 2009

Bersepeda ke Danau Kasumigaura Japan



Sabtu pagi jam05.00,aku sudah bangun untuk persiapan perjalanan dengan bersepeda bersama teman-teman team sepeda Kubota Vending machine Ryuugasaki.
Setelah semua pengecekkan siap,mulai dari pengecekkan sepeda,roda,rem dan lain-lain aku berangkat dari apartement pukul 06.00 pagi.



Lalu kemudian kami berkumpul lagi didepan Convinience (Seven eleven,mini market 24 jam)menunggu member lainnya.
Sambil menunggu kami beli minuman dan makanan kecil untuk perbekalan dalam perjalanan nantinya.
Pada pukul 07.30, setelah semua member berkumpul kamipun berangkat.
Member kali ini terdiri dari 7 orang,yaitu;aku,Satousan,Sinnasan,Imaizumi san,Cyoumura san,Takemura san,dan seorang pelajar.



Jarak antara kota Ryuugasaki Ibaraki pref. dengan Danau Kasumigaura kurang lebih 100 km.Kami sampai di sana pukul 11.30,kemudian istirahat sebentar lalu bersepeda mengelilingi danau.
Meskipun dalam terik panas matahari,kami tetap bersemangat mengayuh sepeda mengelilingi Danau Kasumigaura.
Sambil sesekali mengobrol,kami menikmati pemandangan danau dan melihat orang sedang memancing ikan.Setiap 20 km sekali kami beristirahat untuk minum,merokok,
Sambil mengobrol.

Dalam perjalanan pulang kami berhenti di rumah makan “Joy full”untuk istirahat dan makan siang.
Kami tiba kembali di Ryuugasaki pukul 17.00 sore.Perjalanan yang melelahkan tapi sangat menyenangkan,karena sudah cukup lama aku tidak bersepeda dengan jarak tempuh yang jauh seperti ini.
Selanjutnya sesampainya di Apartement aku langsung mandi,dan beli makanan untuk makan malam,menonton Tv dan tidur.
Sungguh pengalaman yang menyenangkan tatkala aku dinas luar di Kubota Vending Machine Ryuugasaki,Japan.

13 June 2009

Dinas Kerja Ke Jepang

image

Hari Senin tanggal 8 juni aku sampai di Bandara International narita Tokyo Japan.Sebetulnya rencana Dinas ke Jepang awal Mei 2009.Berhubung pada saat itu mewabah Flu babi,jadi untuk urusan dinas keluar Negeri sementara ditunda dulu.
Dalam kunjugan ke dua kali ini aku membawa tugas untuk belajar tentang design Vending Machine atau Jihanki.
Dulu dua tahun yang lalu aku juga belajar tentang Design Vending Machine tapi untuk kali ini intinya kearah Level berikutnya /The Next level untuk Design Vending Machine


image

Berkenaan dengan itu semua,mulai persiapan passport dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Dinas luar nanti aku persiapkan,dibantu dengan Istri tercinta dan buah hatiku tercinta. Meskipun Wabah Flu babi mulai mereda,setibanya di Bandara Narita,masih diadakan pengecekkan dengan Bio Security,dan mengisi angket yang berkaitan dengan mewabahnya Flu babi ini. Bersama bimbingan para Engineer Japan Vending Machine,selama dua bulan di Jepang belajar dan ikut mempersiapkan Model Vending Machine Tipe tahun depan /tahun 2010.Berbeda dengan dua tahun yang lalu,saat aku keluar dari Bandara Narita Suhu diluar masih terasa dingin,seharusnya bulan Juni ini sudah mulai agak hangat dan sampai Bulan Agustus saat musim panas suhu juga ikut panas. Setelah keluar dari bandara aku di jemput oleh utusan perusahaan dan setibannya di Perusahaan langsung Aisatsu/Salam kepada tiap-tiap penanggung jawab Departement produksi.Sesudah itu aku langsung bergabung ke Bagian Engineering Vending Machine untuk mengikuti materi pelatihan hari pertama.

5 June 2009

Murasaki-bot MP3 Player


she’s a bot with an mp3 player tucked inside, It’ll also draw you deeper into the story with subtle movements and how its styled after a Japanese noblewoman (such as Murasaki herself), with a kimono, traditional headress and a fan it’s able to hide up its sleeve. and she even makes subtle movements to go with the tale!

The ‘bot only speaks in Japanese and it’s not available for sale from Robo-Garage’s US affiliate, as Lady Murasaki is only a prototype at the moment.


A MP3-player is stashed in to empower Murasaki to narrate her story. The makers have used the robot processor (VS-RC003HV) as it ran successfully in their previous creations. The Robo-lady is made from plastic and aluminum and is yet to drop the tag of a Prototype.





info source:www.topblogposts.com



4 June 2009

Aneka Kreasi dari Bentuk Buah.



Pada Postingan saya yang dulu,tentang Kreasi dari Bentuk Buah,membahas bagaimana membuat bentuk-bentuk unik berdasarkan macam-macam bentuk buah dan sayuran.

Untuk kali ini masih sama,yaitu membuat kreasi dari bentuk buah dengan contoh motif yang lainnya seperti motif berikut ini;


image source





source

Atau mungkin juga anda lebih banyak mempunyai ide dan imajinasi lain yang lebih menarik dan unik,silahkan berkreasi sesuka hati anda.Saya ucapkan salut untuk Anda dan orang-orang yang mempunyai daya kreasi yang tinggi.

Tapi, dengan contoh motif seperti diatas mudah-mudahan bisa menambah daya imajinasi anda,untuk lebih berkreasi.Mudah-mudahan bisa bermanfaat,dan Selamat mencoba dan berkreasi.

End dog

Telur atau End dog (English Jowo)merupakan sumber Protein yang sangat berguna bagi tubuh kita.
Telur selain bisa kita pakai untuk lauk-pauk,membuat adonan kue,juga bisa untuk membuat aneka kreasi dan seni.
Mungkin anda pernah melihat atau bahkan anda mempunyainya,Lukisan pada telur,Lukisan dari kulit telur,Vas atau pot-pot bunga yang luarnya dilapisi kulit telur,Hiasan telur dalam botol,dan masih banyak lagi aneka kreasi seni yang menggunakan telur.

Nah,berikut ini juga merupakan hasil kreasi seni,yang juga menggunakan telur;








image source

Sekarang saya punya tebakan nich,..buat pengunjung Boku no Blog dan pembaca posti
ngan ini,
“Telur apa yang jadi Preman?”.
Kalau Anda tahu jawabannya,anda bisa menjawab dalam kolom komentar pada postingan ini.Saya mengucapkan terimakasih sebelumnya.


1 June 2009

Koinobori




DiJepang,setiap tahunnya diadakan festifal Koinobori,yaitu tepatnya di bulan Mei untuk memperingati Hari Anak (Children`s Day),yang jatuh tanggal 5 Mei.
Koinobori adalah sejenis layang-layangyang biasanya terbuat dari kain dengan berbagai warna corak lukisan dan ukuran.Kebanyakan Koinobori ini bermotifkan ikan.
Sesuai dengan namanya Koinobori,yang artinya “Ikan yang memanjat".



Salah satu tempat di Jepang yang menyelenggarakan festifal Koinobori yang terkenal yaitu di sungai Sagamihara.Daerah Sagamihara ini bisa ditempuh selama 2 jam dengan naik kereta dan bus dari Tokyo pusat.
Banyak sekali peserta dan pengunjung pada festifal Koinobori di sungai Sagamihara setiap tahunnya.Mereka berbondong-bondong datang bersama teman,pasangan,dan keluarga untuk ikut dan menyaksikan festifal Koinobori ini.



Saat tinggal di Jepang aku pernah sekali datang kesini untuk melihat festifal Koinobori ini,yaitu pada saat liburan Golden Week di Jepang.
Sungguh pemandangan yang indah,diatas penuh dengan ribuan Koinobori yang berjajar melayang dan meliuk-liuk diudara.Laksana ribuan ikan Koi besar yang sedang berenang diudara.



Sebagaimana di Indonesia,setiap ada Festifal,acara,dan perayaan di Jepang juga banyak terdapat pedagang kaki lima yang kebanyakan menjajakan aneka makanan dan masakan.Apalagi makan Takoyaki (Gurita bakar yang dibungkus tepung dan dikasih daun bawang),sambil melihat Koinobori,sungguh nikmat sekali.
Meskipun demikian ada juga orang jepang saat bulan Mei,atau waktu Hari Anak ini,mereka menaikkan Koinobori diatas balcon dan diatas rumah atau apartement mereka.Dibalik peringatan Hari Anak dengan Koinobori ini ada makna tersendiri didalamnya.Koinobori ini dibuat dengan ukuran besar diberikan kepada anak yang paling tua.Ukuran berikutnya mengikuti,dan yang paling kecil untuk anak yang usianya paling muda.Dengan Koinobori ini para orang tua berharap agar anak-anak mereka bisa tumbuh dengan sehat dan kuat sampai dewasa nanti.

source

Nozawa Onsen



Onsen (sumber mata air panas),adalah tempat mandi atau berendam (spa) dalam sumber air panas yang banyak dilakukan oleh masyarakat Jepang.
DiJepang banyak sekali dijumpai Onsen.Salah satu Onsen yang terkenal adalah Nozawa Onsen.



Nozawa Onsen berlokasi di bagian sebelah utara Propinsi Nagano.Disini terdapat sumber air panas dan desa yang memiliki Ski Resort,yaitu arena untuk melakukan Ski dan Snowboard pada waktu musim dingin.
Desa ini terletak dikaki gunung Kenashi (Kenashi yama),dengan pemandangan alam disekelilingnya,tampak hijau pada waktu musim semi dan panas,tampak kuning keemasan daun-daun pada waktu musim gugur,dan banyak salju turun memutih pada saat musim dingin.
Suasana alam yang masih tradisional dan alami menjadikan daerah ini indah dan bagus.


Pada waktu musim dingin,banyak sekali wisatawan baik domestic maupun asing yang berdatangan untuk melakukan Ski dan Snowboard di Nozawa onsen.
Ski diperkenalkan ke Jepang sejak tahun 1911 oleh Austrian Major Theodor von Lerch.
Kemudian pada tahun berikutnya datang ke Nozawa.



Setelah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun,menjadikan Nozawa sebagai arena pertandingan Ski dan Snowboarding.
Bahkan di negara Jepang,Nozawa onsen merupakan tempat yang pertama kali dibuat arena tunamen Ski dengan dilengkapi Ski Lifts.Biathalon Competitions Nagano Olympics juga diadakan di Nozawa onsen.



Rasanya kurang lengkap kalau pergi ke Nozawa tidak mampir berendam di Nozawa Onsen.Karena setelah menikmati bermain Ski dan Snowboarding,tubuh kita bisa dimanjakan dan terasa hangat manakala berendam didalam onsen.
Disini banyak sekali penginapan,dan rumah-rumah penduduk yang menyediakan fasilitas Onsen /hot spring spa dengan pemandangan alam disekitarnya.
Di Nozawa juga terdapat Onsen umum gratis,kurang lebih ada tiga belas Onsen umum yang memiliki beragam air panas dan kandungan mineral didalamnya.



Disini juga terdapat sekolah Ski yaitu The Nozawa Onsen Ski School.

Mungkin anda sedang hidup diJepang atau mau hidup di Jepang,terutama di Profinsi Nagano,atau barangkali anda mau ke Nozawa silahkan coba bermain Ski dan berendam di Nozawa Onsen.



Selamat bermain ski dan berendam onsen di Nozawa Onsen.


source