30 September 2011

Rufus Roo: Jaket Travel dengan Pocket Jumbo

Nampaknya Jacket ini cocok Anda pakai tatkala Anda melakukan traveling yang memerlukan membawa barang – barang banyak.



Dan lebih cocok lagi kita pakai tatkala kita membawa barang yang banyak dengan naik pesawat, sedangkan batas maksimal barang muatan sudah ditetapkan oleh pihak bandara.



Jacket ini didesain dengan kantong atau pocket yang besar dan tidak seperti layaknya jacket pada umumnya.



Dengan kantong atau pocket jacket ini, kita bisa memasukkan iPad, Note book, bahkan sandal pun nampaknya juga bisa masuk.

Dengan kesuluruhan total berat muat, jacket ini bisa memuat sampai 11 kg. Jadi kalau Anda yang kelebihan barang dikoper, jika beratnya seperti diatas bisa Anda masukkan dalam jacket ini, asalkan Anda mau bersusah payah keberatan membawanya.

Jacket Rufus Roo, dibuat dengan berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran anak – anak sampai ukuran orang dewasa. Sedangkan untuk harga, jacket ini dijual dengan harga £ 24.95 - £ 29.95 atau sekitar Rp. 350.000 - Rp. 450.000.




Origo Printer 3 Dimensi

Tidak hanya visual 3Dimensi saja yang sekarang sedang marak di masyarakat, seiring perkembangan teknologi modern.



Bahkan printerpun ada yang bisa untuk membuat print 3 Dimensi dengan bahan dari plastik.



Dinamakan Origo sebuah printer 3 Dimensi, yang mungkin sama dengan printer 3 dimensi yang lainnya. Cuma saja printer ini diprioritaskan ke anak – anak.

Jika kita mau mencetak bentuk 3D pertama yang harus kita lakukan adalah membuat bentuk desainnya dulu di 3D tin. Yaitu sebuah website online untuk menggambar dalam bentuk 3D dan hasilnya dicetak oleh Origo.

Rechargeable Illuminating Wrenches: Kencangkan Baut di tempat gelap

Kadangkala ketika kita sedang maintenance atau perbaikan tiba – tiba lampu padam, dan tidak ada lampu emergency, tentunya sangat menyebalkan karena mengganggu pekerjaan kita.



Dengan Rechargeable Illuminating Wrenches , masalah seperti tersebut akan sedikit terbantu.

Ini dikarenakan Rechargeable Illuminating Wrenches adalah satu set kunci pas yang dilengkapi dengan lampu LED di bagian depannya, sehingga akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan meskipun tempatnya gelap.

Sedangkan keterangan lampu juga bisa disetel atau disesuaikan kondisi tempat Anda bekerja dengan High beam atau Low beam. Baterai power untuk lampunya juga bisa diisi ulang.

Untuk harga Rechargeable Illuminating Wrenches ini dijual dengan harga US$ 99.95.


Mitsubishi Electric akan memasang Elevator tercepat dunia di Shanghai

Pada postingan Boku no Blog sebelumnya, bahwa Mitsubishi mempunyai Elevator dengan kapasitas muat yang sangat besar .



Untuk kali ini Mitsubishi akam menginstall Elevator tercepat dunia, yang akan di pasanga di Shanghai Tower China yang masih dalam pembangunan.

Elevator ini memiliki kemampuan sampai ketinggian 18 meter dengan kecepatan 1 detik.

Shanghai Tower akan memasang 3 set Elevator Mitsubishi, pada basement lantai tingkat 2 yang akan menuju langsung ke lantai 119 yaitu lantai Observasi.


27 September 2011

Ulang tahun Google ke 13 tahun

Dari sekian banyak logo Google atau Doodle yang tampil menarik di mesin pencari besar tersebut, hari ini Google resmi menggantikan dengan suasana ulang tahun.



Pasalnya, Google hari ini genap berusia 13 tahun bertepatan dengan tanggal 27 September.

Perjalanan selamat 13 tahun yang silam, telah mengantar Google ke teknologi situs/web dengan meluncurkan mesin pencari yang paling banyak dikunjungi oleh netter seluruh dunia.

Google Inc., adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh dua akademisi Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin, yang mendapat julukan “Google Guys”.

Google pertama kali didirikan sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998, dan melakukan lauching pada publik (IPO) pada tanggal 19 Agustus 2004.

Berbagai catatan sejarah tentang Google telah banyak berkembang pesat, Google yang mengambil slogan “Don’t be evil” benar-benar telah memprediksi sepak terjang selama 13 tahun belakangan ini.

Salah satunya, Google telah memiliki lebih dari satu juta server sebagai pusat data yang berada di seluruh dunia, serta telah melayani satu miliar permintaan pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte penggunaan data yang dihasilkan setiap hari.

Pertumbuhan signifikan yang dilancarkan Google telah memicu rantai produk, akuisisi, dan kemitraan di luar mesin web inti perusahaan pencarian tersebut.

Banyak hal-hal baru yang kini ditawarkan oleh Google selain mesin pencari, seperti layanan email Gmail, dan berbagi jejaring sosial, termasuk Orkut serta hadirnya Google Buzz dan Google+.

Google juga merambah pada desktop, dengan berbagai aplikasi seperti web browser Google Chrome, foto Picasa organisasi dan perangkat lunak editing, dan aplikasi Google Talk untuk instant messaging.

Mengenai pemeringkatan, Alexa masih merilis Google.com sebagai situs Internet yang paling sering dikunjungi secara umum di dunia. Tidak ada kata lain, selamat berbahagia Google!



teknosidomi

26 September 2011

Rustono Raja Tempe di Jepang dari Indonesia

Jalan untuk mencapai keberhasilan usaha yang dia tempuh sangatlah panjang dan terjal. Meskipun berhasil dalam percobaan membuat tempe, dia belum yakin benar.



Pastilah itu bukan hanya karena menggunakan air asli dari mata air langsung setelah anak pertamanya, Noemi Kuzumoto, berusia tiga tahun, dengan izin istrinya Rustono kembali ke Indonesia selama tiga bulan untuk belajar membuat tempe kepada 60 perajin tempe di seluruh Jawa.



Beberapa perajin memang ada yang tidak sepenuhnya memberi rahasia pembuatan tempe, tetapi banyak hal yang bisa dia serap dari pengalaman para perajin tempe di Jawa Tengah.

Misalnya, kenapa tempe bisa lebih terasa gurih, bagaimana hasilnya tempe yang dibungkus dengan daun bambu atau daun pisang, ataupun dengan plastik, dan bagaimana bisa menghasilkan fermentasi tempe dengan baik.





Yang kemudian tak kalah berat adalah memperoleh izin produksi di Jepang. Dia harus melalui penelitian dan tes di laboratorium, hingga harus memenuhi kesanggupan bertanggung jawab atas kualitas dan kandungan bahan produksi sesuai dengan yang tertera di kemasan bahwa kandungan gizi tempe kedelai setara dan kandungan gizi daging, termasuk mematuhi peraturan daur ulang kemasan.



Kendala cukup berat yang juga dapat dia lalui adalah soal menghadapi iklim alam di Jepang. Fermentasi tempe hanya bisa berhasil dalam cuaca kelembaban 60 persen hingga 90 persen, yang tentu saja tidak masalah di Indonesia.

Di Jepang yang mempunyai empat musim, mempunyai kelembaban udara yang dibutuhkan tempe hanya pada musim panas. Tetapi, lewat penelitian kecil-kecilan dan telaten, hasilnya sangat besar.

Dia bisa mengatur kelembaban pada segala musim di dalam ruangan produksi.

Peralatan produksi juga hasil inovasi Rustono sendiri. Alat pencuci kedelai dia modifikasi dari bekas mesin pencuci cumi-cumi yang dia dapat dari perusahaan perikanan. Begitu pula untuk pengemasan, dia datangkan mesin bikinan Bantul dan Surabaya.







The King of Tempe

Meskipun julukan ini hanya gurauan teman-teman sejawatnya, rasanya memang tak ada yang salah. Kini kapasitas produksi Rustono setiap lima hari bisa mencapai 16.000 bungkus tempe dengan kemasan 200 gram. Untuk mendukung produksi, dia mengadakan kontrak kerja sama dengan petani kedelai di Nagahama, kawasan Shiga.

Dari peta penyebaran Rusto’s Tempeh yang tertera di ruang kerjanya, terlihat konsumennya tersebar di kota-kota hampir seluruh Jepang. Selain masyarakat Indonesia di Jepang dan masyarakat Jepang sendiri, konsumennya juga meliputi perusahaan jasa boga, rumah makan vegetarian, toko swalayan, sekolah, hingga rumah sakit di Fukuoka.

Memang usahanya berawal dari skala kecil dengan pemasaran dari pintu ke pintu. Rumah produksi dia bangun sendiri tanpa tukang bangunan dan tanpa pemikiran arsitektural, tetapi hanya dengan intuisi yang mirip intuisi seniman. Dan dari usaha rumahan itu sekarang Rustono mencapai taraf pembangunan pabrik tempe di kawasan pinggir hutan yang bermata air, di atas lahan 1.000 meter persegi

Penghargaan

Di Jepang sudah banyak buku mengupas tentang tempe. Di antaranya yang terkenal adalah The Book of Tempeh, tulisan William Shurtleft dan Akiko Aoujaga. Buku besar ini lengkap dengan uraian dan ilustrasi menarik tentang pembuatan dan manfaat tempe dengan latar belakang budaya Indonesia, terutama Jawa.



Ada juga buku terbitan Asosiasi Tempe di Jepang yang dikelola para profesor dan ahli gizi. Asosiasi ini mengadakan penelitian dan setiap tahun mengadakan seminar tentang tempe. Salah satu kajiannya adalah kandungan gizi tempe tak kalah dari daging sapi.

Berbagai restoran vegetarian di Jepang banyak menyajikan olahan tempe dengan berbagai bentuk olahan Jepang, seperti misoshiru tempe dan tempura tempe. Yang paling terkenal adalah burger tempe.

Mereka memperkenalkan tempe dengan semboyan ”Makanan enak belum tentu menyehatkan, makanan tidak enak bisa menyehatkan. Tetapi, makanan enak dan menyehatkan adalah tempe!” Terberitakan pula sebuah perusahaan kosmetik memproduksi bahan kecantikan dengan jamur hasil fermentasi tempe ke dalam kapsul yang konon bisa menghaluskan kulit.

Soal hak paten yang pernah jadi pergunjingan di negara kita bahwa tempe diklaim Jepang, Rustono menjelaskan,”Ah, itu kesalahpahaman. Bagaimana kita mematenkan tempe yang semua orang sampai di Amerika pun tahu tempe adalah makanan asli Indonesia. Apakah Jepang juga akan mematenkan sashimi atau sushi? Mereka hanya mematenkan olahan burgernya,bukan tempenya.”





bnp2tki
source 2
source 3

Yahoo! Post Coba Bangun Jaringan Komunitas Baru



Yahoo meluncurkan Yahoo! Post, fitur terbaru yang menggabungkan kegiatan pencarian dan sosial. Lewat fitur ini, pengguna bisa mencari konten sesuai ketertarikan dan membuat komunitas baru yang memiliki ketertarikan yang sama.

Peluncuran dilakukan Rabu (21/9/2011) di Jakarta. Ini adalah peluncuran Yahoo! Post ketiga di dunia setelah Hong Kong dan Korea. Yahoo! Post bisa diakses di http://id.post.yahoo.com oleh siapa pun yang memiliki akun Yahoo dan sejauh ini masih terbatas pada konten lokal.

Mengungkapkan latar belakang pengembangan Yahoo! Post, Aryo Kresnadi, Regional Product Marketing Manager Yahoo! Asia Tenggara mengatakan, "85 persen pengguna internet Indonesia melakukan kegiatan pencarian dan 91 persen pengguna melakukan kegiatan sosial."

Pontus Sonnerstedt, Country Manager Yahoo Indonesia mengungkapkan, Yahoo! Post berbeda dengan forum dan media sosial lainnya. "Bukan sekadar sosial. Dengan memasukkan kata kunci, kita bisa mendapatkan topik yang kita butuhkan," cetus Pontus.

Perbedaan lain adalah penentuan moderator forum. Di Yahoo! Post, moderator dipilih secara demokratis berdasarkan pilihan orang yang terlibat forum itu. Moderator juga bisa diberi sanksi bila melanggara ketentuan forum.

Untuk mengakses Yahoo! Post, pengguna wajib memiliki ID email di Yahoo. Setelah log in dengan menggunakan ID tersebut, pengguna bisa memulai pencarian konten, masuk dan memberi komentar ke forum tertentu hingga membuat forum baru.

Sama seperti di forum lain, pengguna juga bisa mengunggah gambar, foto, dan video dalam posting di forum. Anggota di Yahoo! Post terbagi dalam 3 status, kontributor, voter dan moderator. Peningkatan status ditentukan oleh aktivitas di forum dan rating posting yang dicapai. Untuk jadi moderator misalnya, perlu minimal 50 posting dan dipilih oleh setengah dari total voter.

Yahoo! Post yang ada saat ini masih dalam versi beta, jadi membuka pengembangan berikutnya. "Salah satu yang kita mau kembangkan adalah integrasi dengan fitur Yahoo! yang lain, seperti Koprol dan Flickr," jelas Aryo.

Pembuatan Yahoo! Post terkait dengan strategi bisnis Yahoo. "Menemukan konten serta menjaring komunitas,itu salah satu strategi kami. Ini tidak langsung terkait ke revenue, tapi lebih pada cara kami untuk engage pengguna dan komunitas," jelas Pontus.

Pontus mengakui bahwa telah banyak forum yang disediakan di web lain. Namun menurutnya, search dan social adalah lahan yang besar sehingga membuka peluang bagi siapapun untuk ikut serta bermain. Yahoo! pun punya alasan kuat untuk terlibat.



kompastekno

Voztec Helm ; Desain Helm yang mudah dipakai dan mudah dilepas

Kecelakaan lalu lintas dijalan, bukan merupakan suatu hal yang kita inginkan. Apalagi kecelakaan yang sampai membuat perlengkapan seperti helm, susah diambil dari kepala kita.



Untuk mengatasi masalah tersebut, Voztec mengembangkan sebuah helm yang bisa terbuka menjadi dua, sehingga memudahkan apabila terjadi kecelakaan seperti hal tersebut diatas.



Helm ini terdiri dari 2 bagian yaitu bagian depan dan belakang. Sedangkan untuk menggabungkannya disatukan melalui 3 kunci, yaitu samping kanan, kiri, dan tengah.





Helm ini dibuat sedemikian rupa, terutama pada bagian dalam bentuknya menyerupai tengkorak manusia.

Sehingga helm ini tidak mudah lepas begitu saja meskipun tanpa tali pengaman yang ada seperti pada helm lainnya.





Helm ini masih dalam prototype, dan masih memerlukan pengembangan yang dilakukan secara terus menerus.




gizmag

Jubah Tembus Pandang Ubah Tank Jadi Sapi



Para ilmuwan di BAE System, Swedia, tengah menggarap pengembangan jubah ajaib. Namun, bukan untuk menghilang seperti jubah Harry Potter, melainkan untuk kebutuhan kamuflase kendaraan-kendaraan militer.

Nantinya, perangkat ini akan dapat melindungi tank dari serangan roket pencari panas yang kerap memburunya. Proyek riset yang diberi nama Adaptiv ini akan diuji coba dalam dua tahun mendatang.

Jubah tembus pandang militer ini terdiri atas kepingan logam berbentuk heksagonal sebesar telapak tangan orang dewasa. Kepingan logam ini dapat dipanaskan atau didinginkan dengan cepat untuk menyamarkan bangunan, kapal, atau helikopter yang terbang rendah. Untuk menyelubungi sebuah tank kecil, diperlukan sekitar 1.000 kepingan logam tersebut.

Perangkat ini dilengkapi dengan pemindai untuk "membaca" lingkungan sekitar. Kemudian, pola-pola hasil pemindaian direproduksi pada panel logam berbentuk heksagonal yang berada di lambung tank (atau obyek lainnya). Selanjutnya, citra inframerah ditampilkan sehingga memungkinkan tank menyatu dengan lingkungan sekitarnya dan membuat musuh melihatnya sebagai sebuah mobil atau bahkan seekor sapi.

Menurut Peter Sjolund, pimpinan riset, teknologi ini bekerja layaknya layar televisi termal. Selain membawa koleksi gambar yang sudah tersimpan, perangkat itu juga bisa mengambil gambar yang sesuai dengan lingkungan sekitarnya apabila diperlukan. Pengembangan lebih lanjut bahkan bisa makin canggih lagi.



sainskompas

22 September 2011

Raincatch: Jas hujan yang bisa membuat air minum

Mungkin ini merupakan suatu barang yang mempunyai fungsi ganda atau dwifungsi.



Mengapa demikian?, karena Jas hujan ini selain bisa digunakan untuk melindungi kita dari hujan, juga bisa untuk membuat air minum.



Dinamakan Raincatch, didesain oleh para siswa dari CIID yang bernama Hyeona Yang and Joshua Noble.

Pada bagian belakang atau kerah jas dapat menampung air hujan, dan didalamnya terdapat filter yang terdiri dari arang, dan bahan lainnya yang fungsinya sebagai penyaring air, sehingga air tersebut bisa diminum.

Untuk meminumnya..? jangan kawatir, karena hasil saringan air yang sudah jernih dan sehat tersebut dihubungkan dengan selang – selang yang bisa dipakai untuk minum.

Jadi kalau Anda tidak menginginkannya tinggal dibuang atau di masukkan ke tempat penyimpanan air.



fashioningtech

Stanporti, Standar Sepeda Portabel dan Trendi

Penggemar sepeda makin marak akhir-akhir ini. Salah satu tren yang bisa diamati, selain makin beragamnya jenis sepeda, adalah banyaknya pengguna sepeda yang enggan memasang standar.



Alasannya, standar dianggap membuat sepeda kurang fashionable.

Tiko Prabhata, salah satu finalis Djarum Black Innovation Award tahun ini, menyediakan solusi dari permasalahan tersebut. Ia menciptakan produk bernama Stanporti, produk standar sepeda yang portabel dan fashionable, yang membuat pengguna tak malu memakainya.

Stanporti terbuat dari bahan yang cukup kuat menopang sepeda. Alat ini memiliki bagian semacam pengait yang tinggal dipasang pada sepeda ketika hendak dipakai. Jika sedang tak digunakan, alat ini dengan mudah dilepas dan dibawa atau dimasukkan ke dalam tas.

Tiko di BlackExperience.com mengungkapkan, alat ini bisa menjadi solusi ketika pengguna enggan memasang stand, sementara fasilitas bike stand di parkiran Indonesia masih kurang. Dengan Stanporti, sepeda terhindar dari lecet akibat jatuh saat disenderkan.

Stanporti menjadi salah satu dari 20 produk yang masuk final Djarum Black Innovation Award 2011. Yoris Sebastian, salah satu juri kompetisi ini, mengatakan, "Adanya produk ini adalah salah satu bukti bahwa Black Innovation Award mengikuti tren sepeda yang ada."

Apakah Stanporti akan menjadi pemenang dalam kompetisi ini? Tunggu saja malam pengumuman pemenang pada 24 September 2011 nanti.



tekno.kompas

Breakfast Time is Anytime with the Toast Clock

Ticked off by too-hard toast? Burned by boring, IKEA-style dials? Then it's time for a change, and the Toast Clock is first when it comes to seconds.



The makers of the Toast Clock have a butter, er, better idea when it comes to breakfast nook décor.



The Toast Clock by Oh-Real Inc is yet another example of Japanese design taking what's practical and adding a dash of whimsical.

Made in Japan from PVC plastic with a standard single-AA battery-powered mechanism on the back, the design draws on the amazingly detailed plastic food samples often found in the windows of Japanese restaurants.



The clock looks so good you'll get hungry just checking the time... not a bad thing if you're waltzing into kitchen, bleary-eyed at the crack of dawn.

Oh-Real offers three different Toast Clocks, two of which are small and are meant to ape Sliced Toast and Thick Cut Toast. Both retail for 3,150 yen (around $40) each, are approximately 118-123mm (about 4 inches) wide, and include a clear lucite stand.

Then there's the larger “Mega Toast” Clock that costs 5,800 yen (around $75) and is 210mm (just over 8 inches) wide. Don't you wish they made actual toast this big? Butter, jam and Marmite optional.



inventorspot

21 September 2011

Eterniti Hemera: Mobil SUV paling cepat

Salah satu Perusahaan otomotif dari Inggris, yaitu Eterniti Motors akan meluncurkan Eterniti Hemera yaitu Mobil SUV sebagai Super SUV .



Mengapa demikian ? karena SUV yang akan diluncurkan ini tidak seperti mobil jenis SUV lainnya. Pasalnya mobil jenis SUV ini mengklaim sebagai mobil tercepat di jenisnya.







Mobil ini bisa melaju dengan kecepatan melebihi 280 km/ jam. Ini bukan merupakan Mobil Konsep, tapi mobil ini sudah dipamerkan di Frankfurt International Motor Show (IAA) 13 September 2011, dan akan diproduksi di tahun 2012.



gizmag

20 September 2011

Hotel Lastel ; Khusus Penginapan Mayat di Jepang



Sebuah hotel di pinggiran kota Yokohama, Jepang, memberikan layanan khusus untuk menyimpan jenazah di peti mati yang ber-AC, sehingga keluarga almarhum dapat mengunjunginya setiap waktu.



Hotel Lastel merupakan hotel penginapan khusus mayat yang menunggu giliran untuk dikremasi pada krematorium kota berkapasitas besar.

Bisnis penginapan ini semakin maju karena terlihat seperti hotel pada umumnya, meski terkadang ada beberapa tamu yang datang mencari tempat untuk bermalam. Namun kedatangan tamu tersebut tentu saja ditolak karena bukan berupa jenazah.



“Kami mengatakan kepada mereka kami punya ruangan yang dingin, tapi ini hanya tersedia khusus mayat” kata pemilik penginapan, Hisayoshi Teramura.

Ia juga mengatakan bahwa bisnis ini menjadi terkenal dan langka di dunia usaha Jepang.



Orang Jepang mengeluarkan biaya rata-rata 1,2 juta yen atau sekitar Rp134 juta untuk bunga, guci, peti mati serta biaya pemakaman lainnya. Biaya tersebut dua kali lipat dari rata-rata yang dihabiskan warga Amerika untuk pemakaman setiap tahunnya.

Sementara, hotel ini memiliki sistem penyimpanan otomatis yang tersembunyi dari pelayat di belakang jendela dengan bingkai berbentuk kotak bunga dengan biaya penawaran untuk satu malam yang cukup tinggi.



Hotel tersebut juga menyimpan dan membekukan mayat yang berada dalam peti mati, kemudian mengirimkan mereka ke sebuah ruangan khusus yang digunakan para pelayat untuk melihat jenazah, baik siang atau malam hari, atau setiap kali teman dan keluarga datang untuk memberikan penghormatan.



pelitaonline

vivanews

Sleep box; Portable Hotel Room

Sleepbox adalah ruangan portabel yang dapat ditempatkan di hampir setiap lokasi.



Dirancang oleh perusahaan arsitektur Arch Group, Sleep Box yang terdiri dari kotak masing-masing dilengkapi dengan dua tempat tidur, lampu LED untuk membaca, WiFi, outlet listrik, dan banyak ruang penyimpanan untuk bagasi Anda.













Sleepbox pertama telah dipasang di bandara Sheremetyevo di Moskow. Wisatawan dapat menyewa kamar dan tidur selama beberapa jam.




toxel

Kini Jepang Dihantam Serangan Cyber

Kontraktor industri pertahanan terbesar Jepang, Mitsubishi Heavy Industries (MHI), hari Senin (19/9/2011), melaporkan telah menjadi korban serangan cyber oleh para peretas.



Serangan pertama yang terjadi terhadap sektor industri pertahanan Jepang ini diduga telah berhasil mencuri berbagai informasi penting.

"Kami menemukan bahwa beberapa informasi sistem, seperti alamat-alamat IP (internet protocol) telah bocor, dan itu saja sudah cukup menakutkan.

Kami tak bisa menepis adanya kemungkinan kecil kebocoran informasi yang lebih jauh, tetapi sejauh ini, data krusial tentang produk-produk atau teknologi kami masih aman," tutur seorang juru bicara MHI, yang menambahkan, serangan ini pertama kali terdeteksi pada 11 Agustus.

MHI adalah kontraktor industri pertahanan terbesar di Jepang. Sejak triwulan kedua tahun lalu hingga Maret tahun ini, perusahaan tersebut telah memenangkan 215 kontrak senilai 260 miliar yen (sekitar Rp 30 triliun) dari Kementerian Pertahanan Jepang.

Beberapa produk yang dikerjakan MHI, antara lain, rudal antirudal Patriot, rudal udara-ke-udara AIM-7 Sparrow, berbagai tipe kapal selam dan kapal perang, serta bagian sayap dari pesawat penumpang terbaru Boeing 787 Dreamliner.

Harian Yomiuri Shimbun menambahkan, virus yang disebarkan peretas telah menginfeksi sekitar 80 komputer, yang tersebar di kantor pusat MHI di Tokyo dan beberapa fasilitas produksi vital, seperti galangan kapal Kobe dan Nagasaki serta fasilitas produksi sistem propulsi di Nagoya.


Galangan kapal Kobe memproduksi kapal selam dan berbagai komponen pembangkit listrik tenaga nuklir, galangan kapal Nagasaki memproduksi kapal pengawal, dan pabrik di Nagoya memproduksi peluru kendali dan mesin roket.

Tak kurang dari delapan jenis virus, termasuk Kuda Troya (Trojan horse), yang bisa mencuri informasi penting dari komputer yang terinfeksi, menyerang komputer-komputer milik MHI tersebut.

Andrew Davies, peneliti dari lembaga pemikir Australian Strategic Policy Institute, mengatakan, serangan terhadap sektor industri Jepang ini serupa dengan serangan terhadap beberapa kontraktor industri pertahanan utama AS tahun ini, termasuk produsen pesawat tempur Lockheed Martin.

"Jepang adalah pembuat kapal selam konvensional besar yang termasuk dalam kategori tercanggih di dunia. Mereka memiliki teknik integrasi sistem mekanik, elektronik, dan sistem kontrol buatan mereka sendiri, sehingga menjadi sasaran menarik untuk diretas," kata Davies.



teknologiterkini
img

Inilah Otak Transparan Ciptaan Ilmuwan Jepang

Ilmuwan Jepang berhasil menciptakan otak transparan. Dengan menggunakan larutan bernama Sca le, ilmuwan itu megubah otak putih tikus yang semula berwarna keruh menjadi sebening kristal.



Otak transparan yang diciptakan bisa membantu ilmuwan melihat penanda fluorescent yang disisipkan pada tikus putih. Medical imaging memasuki era baru dengan penciptaan otak transparan ini.

"Penelitian kami saat ini memang fokus pada otak tikus, namun aplikasinya tak terbatas pada tikus maupun otak," kata Atsushi Miyawaki, peneliti RIKEN Brain Institute Jepang yang menciptakan otak transparan ini.

"Kami bisa mengembangkan pemakaian Sca le untuk organ lain seperti jantung, otot dan ginjal serta pada jaringan dari primata dan sampel biopsi manusia."

Sca le merupakan larutan yang terbuat dari bahan yang relatif sederhana. Komposisinya adalah urea (senyawa utama pada urin), gliserol (senyawa yang juga terdapat pada sabun) dan deterjen yang disebut Triton X.

Untuk membuat otak transparan, organ otak direndam selama 2 minggu dalam larutan ini.

Tak seperti larutan lain yang juga digunakan untuk membantu melihat otak, Sca le tak menghilangkan penanda fluorescent.

Selama ini, penanda fluorescent dipakai untuk membantu fluorescent imaging. Teknik fluorescent imaging sendiri digunakan untuk memetakan arsitektur otak, mulai jaringan saraf, pembuluh darah dan struktur lain.

Otak transparan yang diciptakan bisa membantu pemetaan arsitektur otak. Lebih luasnya, organ transparan bisa membantu pencitraan awal sebelum melakukan pencitraan yang lebih mahal seperti CT Scan dan MRI.

Aplikasi untuk penanganan penyakit, dokter bisa menganalisa apakah perawatan yang diberikan benar-benar berdampak pada organ target.

Ini hal yang belum bisa dilakukan sebelumnya dalam dunia medis.

Meski banyak manfaatnya, larutan Sca le tidak akan digunakan segera secara luas. Miyawaki mengatakan, Sca le saat ini masih terlalu toksik untuk digunakan.


"Saat ini kami sedang mencari kandidat reagen lain yang memungkinkan kita mempelajari jaringan hidup dengan cara yang sama dengan transparansi yang lebih rendah," jelas Miyawaki.


sains

19 September 2011

Laser Bisa Digunakan untuk Menurunkan Hujan Buatan

Obsesi manusia untuk membuat hujan buatan terus berlanjut. Kini, para peneliti mengatakan bahwa mereka bakal bisa menciptakan titik-titik air dengan menggunakan sinar laser berkekuatan tinggi.



Menggunakan teknik yang disebut dengan laser-assisted water condensation (pengembunan air dibantu laser), tim peneliti dari Inggris tersebut juga bisa mengungkap rahasia siklus air dan membantu manusia memutuskan kapan dan di mana hujan bisa diturunkan.

Teknik ini terbilang segar dan "aman". Sebelumnya, ide membuat hujan buatan dengan teknik "mengumpan awan" dipandang tidak ramah lingkungan. Pasalnya, partikel kimia yang digunakan dalam proses itu (es kering dan perak iodida) dianggap tidak ramah lingkungan. Sementara teknik laser ini menggunakan tingkat kelembapan dan kondisi atmosfer yang alami untuk menciptakan titik-titik air.

"Laser bisa digunakan secara terus-menerus, mudah diarahkan, dan tidak menyebarkan perak iodida dalam jumlah banyak ke atmosfer," kata ahli fisika Jerome Kasparian dari University of Geneva. Teknik ini, imbuhnya, juga memungkinkan kita menghidup-matikan laser kapan pun kita mau, memudahkan dalam mengevaluasi dampak-dampaknya.

Tim peneliti melakukan percobaan dengan laser ini di tepi Sungai Rhone, dekat Danau Geneva, setelah membangun instalasi laser raksasa bergerak. Setelah 133 jam menembakkan sinar laser berintensitas tinggi, yang menciptakan partikel asam nitrat di udara, menghasilkan ikatan antarmolekul air dan menghasilkan tetes-tetes air. Meski belum benar-benar menurunkan hujan, tim ilmuwan optimistis bisa memanipulasi kondisi cuaca.

Ide mengubah dan mengontrol cuaca bukanlah gagasan baru. Pada 1946, Vincent Schaefer mengembangkan teknik mengumpan awan (cloud-seeding), yang masih digunakan sampai sekarang. Di China, pemerintahnya mengoperasikan sistem pengumpan awan terbesar di dunia untuk menciptakan hujan di wilayah-wilayah yang tandus, bahkan di Beijing.



nationalgeographic