31 October 2011

Isi ulang baterai ponsel dengan bersepeda

Mungkin ini berguna bagi Anda yang gemar bersepeda, pasalnya sambil bersepeda kita dapat mengisi ulang baterai ponsel.



Ini merupakan produk dari Thanko, yang diberi nama Thanko Bicycle Dynamo USB Charger.





Produk ini menggunakan port USB dan bisa dipakai untuk semua ponsel.





Prinsip kerjanya seperti dynamo lampu sepeda, jadi dynamo kecil yang ditempel pada ban sepeda ketika ban berputar maka alat ini siap untuk isi ulang baterai.

Meskipun outputnya kecil yaitu 500 mA dengan kecepatan 20 km/jam , namun lumayan bisa untuk mengisi baterai ponsel Anda yang benar - benar habis.



Thanko Bicycle Dynamo USB Charger dijual dengan harga 1.980 Yen atau sekitar Rp. 220.000.




Viki ; Ensiklopedia Video Internet Gratis



Media video dalam format internet pasti Anda kenal lewat YouTube. Tapi di mata Budi Putra dan kawan-kawan, video dalam konteks film bisa dikemas dengan konsep semacam Wiki.

Maka muncullah sebuah situs yang menjadi gudang berbagai macam film baik format pendek (short movie) maupun film panjang. "termasuk karya-karya indie movie," ujar mantan editor chief Yahoo! Asia Tenggara itu.

Lewat perjumpaan di London, kami mendapat penjelasan apa dan bagaimana situs yang ia kelola sekarang ini. Bernama www.viki.com, di dalamnya sudah ribuan film tersimpan.

Bahkan banyak sekali film-film Indonesia yang sebelumnya pernah Anda simak di layar lebar. Konsep viki.com memang menarik. Pengguna internet diajak untuk tidak hanya menonton film secara gratis, namun juga memberi apresiasi lewat komentar, atau juga men-share lewat situs jejaring sosial.

Film-film Korea termasuk sinetron seperti Boys Over Flowers, Coffee Prince, atau Bad Boy pun silakan bebas tonton. "Jadi penonton di mana pun bisa menyimak film maupun sinetron dari mana saja," ujar pria yang kini memelihara rambut gondrongnya itu.

Selain film Korea, film dari India juga termasuk salah satu yang paling kerap ditonton. Bahkan belakangan Viki mulai dilirik berbagai perusahaan film asal Hollywood.

Salah satu keunggulan yang format video Viki adalah kompresi file yang sangat signifikan. "Dengan begitu proses buffering dapat dikurangi, bahkan sama sekali tanpa buffer," ujar Budi.

Tak heran jika Viki lalu menjadi salah satu pilihan bagi insan perfilman untuk menaruh karya filmnya.

Salah satu sineas muda Indonesia, kata Budi, adalah Joko Anwar. Model bisnis yang ditawarkan pun memberi benefit kepada pembuat film. "Semua tertulis secara jelas dengan kontrak yang tidak main-main," jelasnya.

Viki sendiri memperoleh pendapatan berasal dari iklan. Lewat media ini,Viki hidup. Sementara itu, untuk memperkaya konten, Viki menambahkan penerjemahan ke dalam berbagai bahasa.

Para penerjemahnya partisipatif. Tak heran jika sebuah film bisa memberi opsi beberapa bahasa, termasuk Indonesia. Kini Viki - menurut Forbes- telah ditonton rata-rata sebanyak 80 juta view per bulan. Sekaligus menjadi salah satu web community yang terbaik.

"Sebagai start-up konsep web yang kita tawarkan harus jelas dan fokus," terang Budi. Untuk mengembangkan bisnisnya, Viki tempo hari memperoleh dana segar sebesar 4,3 juta dolar.

Sekarang kalau Anda tak sempat nonton drama Korea berjudul Playfull Kiss, segera buka komputer dan panteng saja Viki.



kompas tekno

26 October 2011

USB "BIG" Mouse; Mouse ukuran Jumbo

Aneh kurang kerjaan, mungkin ini terjadi pada mouse yang mempunyai ukuran Jumbo, yang tidak lazimnya sebuah Mouse.



Dinamakan USB Big Mouse yaitu Mouse yang mempunyai ukuran 175 x 105 x 55 mm dengan berat 175 g.



Mouse ini menggunakan koneksi kabel USB dan dilengkapi dengan lampu LED berwarna biru, sehingga menambah cantik penampilan dari Mouse ini.





Mouse ukuran Jumbo ini dijual dengan harga US$ 20 atau sekitar Rp. 180.000.




Info Pengumuman Kelulusan Test EPS-TOPIK KOREA 2011



Hari ini Pengumuman hasil ujian eps-topik 2011,tentunya banyak yg menanti-nanti.Diberitahukan kepada seluruh peserta Tes EPS-TOPIK 2011 (Tes EPS ke 8) bahwa kelulusannya sudah diumumkan:

A. Dinyatakan lulus/ tidak lulus: 14.413 peserta

B. Dinyatakan mengulang: 2.150 peserta


Untuk mengecek apakah Anda Lulus atau tidak, silahkan menuju ke tautan berikut ini ;

Kurang Dana, WikiLeaks terancam tutup



Julian Assange, pendiri WikiLeaks, mengatakan pada Senin (24/10/2011) bahwa situs web-nya terpaksa ditutup pada akhir tahun 2011 setelah mengalami 10 bulan diblokir dari lembaga keuangan Amerika Serikat.

Julian menyebut pemblokiran tersebut “Berbahaya, menindas, dan tidak demokratis”. Dalam jumpa pers, Julian mengatakan bahwa puluhan juta dolar telah dirampas dari organisasinya. Sejak akhir tahun 2010, lembaga keuangan Amerika Serikat seperti Visa, MasterCard, PayPal, Western Union, dan The Bank of America telah menolak utnuk mengizinkan sumbangan mengalir melalui sistem mereka. “Keputusan ini memblokir 95 persen pendapatan situs web WikiLeaks dan selama sepuluh bulan terakhir. Kami mengalami masalah operasional,” jelas Julian. Saat ini, Wikileaks menerima sumbangan kurang dari 10 ribu dolar AS per bulan.

Julian mengatakan bahwa WikiLeaks telah dipaksa untuk menghentikan pekerjaan mengolah puluhan ribu dokumen rahasia yang telah diterima. Selama ini, WikiLeaks menerima dan menerbitkan dokumen-dokumen rahasia dari whistle-blower dan leakers, lalu merilis dan meneruskannya ke sejumlah organisasi berita seperti The New York Times, Der Spiegel (sebuah majalah berita di Jerman), dan The Guardian (surat kabar Inggris).

Ia mengadakan jumpa pers saat beristirahat dari tahanan rumah di perkebunan negara, 100 mil di luar London. Pada jumpa pers ini, ia mengatakan Wikileaks menjadi korban konspirasi lembaga keuangan Amerika Serikat dan pemerintahan sayap kanan.

Tahun ini, Wau Holland Foundation, sebuah organisasi yang telah beroperasi sebagai saluran untuk sumbangan WikiLeaks, mengeluarkan sebuah laporan yang menyatakan bahwa WikiLeaks mendapat sumbangan 1,8 juta dolar AS pada tahun 2010 dan hanya menghabiskan tidak lebih dari 550 ribu dolar AS, sehingga surplus diperkirakan berjumlah 1,3 juta dolar pada awal tahun 2011. Namun, perwakilan dari dari Wau Holland Foundation yang hadir bersama Julian dalam jumpa pers, tidak mau berkomentar ketika ditanya mengenai pernyataan yang pernah dikeluarkan organisasi ini.

Julian telah menuliskan dalam website WikiLeaks, agar para pembaca situs tersebut memberikan donasi bagi kelangsungan hidup organisasi yang dibangunnya, "Kami dipaksa untuk menghentikan sementara penerbitan kami. Selama hampir satu tahun kami telah melawan pemblokiran keuangan yang melanggar hukum."

Kita tidak bisa membiarkan perusahaan pembiayaan raksasa AS untuk menutup suara seluruh dunia dengan saku nya. Pertempuran kami mahal. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk melawan kembali. Silakan menyumbangkan sekarang.

Sebagai hasil dari "membongkar" kedutaan besar AS dari seluruh dunia, lima lembaga keuangan utama AS, Visa, MasterCard, PayPal, Western Union dan Bank of America, telah mencoba untuk "mencekik" ekonomi WikiLeaks. Pemblokiran itu telah memblokir lebih dari 95 persen dari sumber sumbangan kami, padahal Departemen Keuangan AS menemukan bahwa tidak ada alasan yang sah untuk menambahkan WikiLeaks di daftar hitam keuangan.

Julian sempat marah ketika seorang reporter menanyakan sebuah isu yang menyatakan dana yang selama ini telah masuk, dipakai Julian untuk proses hukum yang dijalaninya. Pasalnya, bulan lalu, sebuah penerbit Canongate, yang berbasis di Edinburgh, mempublikasikan buku biografi Julian Assange berdasarkan 50 jam wawancara. Buku karya Andrew O’ Hagan ini awalnya dimaksudkan untuk membuat sebuah memoar, tetapi Julian kemudian membatalkan kontrak bukunya, tanpa mau mengembalikan uang muka sebesar 650 ribu dolar AS.





kompastekno

25 October 2011

EcoATM: ATM yang akan membeli dan daur ulang Gadget bekas Anda

ATM ini tidak seperti ATM pada umumnya untuk transaksi mengambil uang dan kirim uang, tapi EcoATM ini mempunyai fungsi untuk membeli gadget bekas Anda dan bisa juga untuk mendaur ulang gadget bekas Anda.



Bagaimana caranya melakukan transaksi jika kita hendak menjual gadget bekas seperti handphone, Note book dan lainnya ?

Caranya Anda cukup datang ke Eco ATM ini kemudian masukkan gadget yang akan Anda jual kedalam ATM ini.

Layaknya sebuah toko yang hendak menerima barang jualan Anda, ATM ini juga melakukan hal yang sama, namun dengan kamera yang diinstal didalamnya akan mengamati kondisi barang yang Anda jual tersebut.

Setelah selesai dan Anda setuju maka pada layar akan tampil harga jual gadget dan ATM akan mengeluarkan uang seharga yang ditampilkan pada layar tersebut.

Selain itu ATM ini juga berfungsi sebagai mesin daur ulang, yaitu jika nilai jual dari gadget yang Anda jual tersebut menunjukkan angka nol atau tidak berharga, dengan persetujuan Anda, ATM ini akan mendaur ulang gadget Anda.

Bagi Anda yang bersedia mendaur ulang gadget Anda, ada souvenir untuk Anda dari ATM ini karena Anda sudah melakukan tindakan peduli lingkungan, diantaranya adalah waterproof phone case dan souvenir lainnya.

ATM ini tidak hanya menerima phonsel saja melainkan gadget lainnya seperti MP3 player, Game Systems, Cartridges, Notebook, Desktop PC, Printers, Digital Cameras, Flat Displays, Storage Devices, GPS dan gadget lainnya.

Saat ini Eco ATM ini dipasang di Nebraska Furniture Mart dan pada hari pertama AcoATM sudah mendapat 23 ponsel untuk didaur ulang dan baru hari kedua ada transaksi pembelian dimana EcoATM membayar US$ 100 lebih untuk sebuah ponsel.


Ashpoopie: Alat yang bisa mengubah kotoran hewan menjadi abu



Alat ini dinamakan Ashpoopie yaitu alat portabel pertama di dunia yang akan mengubah kotoran hewan menjadi abu dalam sekejap .



Ini akan membantu Anda karena Anda tidak perlu bersusah payah membawa kotoran hewan piaraan Anda tatkala Anda mengajak berjalan - jalan.

Kotoran yang diubah menjadi abu tersebut juga tidak berbau serta tidak mencemari lingkungan.




24 October 2011

Sepatu Untuk Orang Buta



Salah seorang Peneliti dari Hewlett-Packard Labs di Bangalore, India bernama Anirudh Sharma mengembangkan sebuah sepatu yang dilengkapi dengan sensor getar dan proximity yang biasa dipaka pada hand phone.



Sepatu ini diberi nama dengan Le Chal yang artinya "Take Me There" ini nantinya bisa menunjukkan arah ke suatu tempat sekaligus juga mengingatkan pada si pemakai apabila ada sesuatu di depannya sampai jarak 3 m dengan bantuan proximity.

Cara kerja dari sepatu ini cukup sederhana yaitu, sensor getar diletakkan di bagian depan dan samping kanan dan kiri sepatu.



Apabila pemakai sepatu itu akan maju ke depan maka sensor getar di bagian depan akan aktif, begitu juga bila harus belok ke kanan/ kiri maka sensor bagian samping akan aktif.

Untuk alat Navigasinya, sepatu ini dilengkapi dengan aplikasi Android yang akan menyinkronkan dengan sepatu ini.


gizmag

Race in Peace, Marco

Berbagai belasungkawa diucapkan oleh para pembalap dan atlet untuk kepergian Marco Simoncelli. Sang pembalap meninggal dunia akibat kecelakaan di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2011).



Seperti diberitakan sebelumnya, Simoncelli meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di lap kedua. Motor Simoncelli tergelincir miring ketika tengah menikung.

Ia kemudian terjatuh di tengah lintasan. Imbasnya, ia dihantam Colin Edwards yang tengah melaju di belakangnya. Red flag pun dikibarkan dan balapan dihentikan.

Dalam keterangan setelah kecelakaan, Simoncelli dinyatakan meninggal dunia pada pukul 16.56 waktu setempat akibat cedera serius di bagian kepala, leher, dan dada.

"Terkadang hidup tidak masuk akal.. RIP #58, kamu adalah bintang di dalam dan luar lintasan. Kami semua akan merindukanmu," ujar rider Ducati, Nicky Hayden.

"Kau akan dirindukan selalu. Beristirahatlah dengan tenang, Marco," tulis Jorge Lorenzo dalam akun Twitter-nya.

"RIP Marco. Sebuah talenta istimewa yang akan selalu dirindukan.. Kenang semua yang kau sayangi, dan semua yang ada di paddock MotoGP," ucap pembalap F1 dari tim Red Bull, Mark Webber.

Pihak MotoGP juga tak ketinggalan menyampaikan rasa belasungkawanya. "MotoGP menyatakan dukacita yang mendalam kepada keluarga Marco, teman-temannya, dan timnya atas kepergiannya yang tragis," demikian statemen singkat mereka.

Race in peace, Marco. Selamat jalan.



detik

22 October 2011

Kita dapat juga mencium aroma saat main Game dan nonton Film



Persaingan didunia Vision memang semakin ketat, terbukti dengan SMELLIT yang didesain oleh Olf-Action, bisa mengeluarkan aroma atau bau yang sesuai saat kita main game atau menonton Film.



Memang masih konsep tetapi desain dari SMELLIT berbeda yaitu bentuknya mirip sebuah speaker tetapi bisa mengeluarkan aroma dan bukan suara.



Tapi tidak semua bisa diaplikasikan disini, hanya beberapa Game dan Film saja yang bisa disinkronkan dengan SMELLIT.



Sampai saat ini belum dipastikan apakah SMELLIT akan diproduksi, tetapi Olf-Action SMELLIT akan dipamerkan di Pameran 2011 Lisbon Design Show.


gizmag

Mesin Pendeteksi Jeruk Busuk

Mesin berteknologi visi buatan (artificial vision) dan sinar ultraviolet (UV) telah dikembangkan untuk membantu mendeteksi buah jeruk yang busuk.



Pemeriksaan kualitas jeruk hasil panen ternyata lumayan rumit. Buah jeruk busuk terkadang tidak bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Proses dilakukan melalui penyinaran buah dengan sinar UV. Minyak esensial yang keluar dari kulit jeruk yang busuk akan bereaksi dengan sinar UV, dan menyebabkan area yang busuk mengalami fluoresensi atau berpendar. Namun biarpun besar kemungkinan bahwa jeruk yang berpendar berarti busuk, ada kalanya tidak demikian. Oleh sebab itulah pemeriksaan manual di ruang gelap terkadang diperlukan.

Masalahnya adalah, sinar UV dapat merusak mata dan kulit, sehingga para pekerja diharuskan menggunakan pakaian dan kaca mata khusus. Mereka juga sebaiknya tidak terlalu lama berada di ruang gelap.

Risiko tersebut kemudian coba ditekan dengan mempercayakan pemeriksaan kualitas jeruk kepada mesin, yang dikembangkan oleh tim peneliti dari Valencian Institute of Agrarian Research di Spanyol.

"Sistem kami menangkap citra buah dari dalam bilik pemeriksaan yang diiluminasi hanya dengan cahaya hitam," kata Jose Blasco, salah seorang peneliti. Ia menambahkan, jika buah terinfeksi, akan tampak titik pendar berupa lingkaran kecil di tengah kegelapan. Mesin kemudian menggunakan teknik penganalisa citra yang dipadukan dengan UV untuk memastikan hasil pemeriksaan.

Kebusukan pada buah hasil panen, ujar Jose, merupakan penyebab utama turunnya laba dalam industri buah segar. Itu sebabnya deteksi buah busuk harus dilakukan sedini mungkin dan memisahkannya dari buah-buah lain dengan segera.

Tim juga mengembangkan mesin lain yang serupa untuk mengklasifikasikan buah jeruk berdasarkan kualitas, warna dan tipe kerusakan yang tampak pada kulit. Semua bisa dilakukan dalam kecepatan 15 sampai 20 buah per detik.



nationalgeographic

19 October 2011

Topeng 100% mirip dengan wajah asli

Topeng yang dibuat dengan 100% mirip wajah asli ini di produksi oleh sebuah perusahaan di Jepang bernama Real-f.



Perusahaan ini membuat topeng dengan 100% mirip wajah anda yang disebut dengan 3DPF (3 Dimension Photo Forms).





Proses pembuatan topeng ini menggunakan printer 3D, dengan terlebih dulu Anda diambil foto dari berbagai sudut kemudian dari foto tersebut akan dicetak ke bahan vinyl chloride resin.





Produk topeng Real-f ada 2 versi topeng yaitu topeng untuk wajah dan topeng lengkap dengan kepala.



Topeng - topeng ini dijual dengan harga US$ 3.920 atau sekitar Rp. 35.000.000 untuk topeng wajah dan US$ 5.875 sekitar Rp. 55 juta untuk lengkap dengan kepala anda.



Ilmuwan Korsel Sukses Kloning Anjing Hutan



Hwang Woo Suk, ilmuwan asal Korea Selatan, sukses mengembangkan delapan coyote (sejenis anjing hutan) kloning. Ia menunjukkannya "hasil karyanya" itu kepada publik Senin (17/10/2011).

Pengembangan anjing hutan kloning ini adalah hasil proyek Hwang yang didanai oleh pemerintah provinsi Gyeonggi dengan Kim Moon Soo sebagai gubernurnya.

Untuk melakukan kloning, pejabat kantor Kim mengatakan bahwa Hwang mengambil sel kulit anjing hutan. Selanjutnya, Hwang mentransplasikan sel kulit tersebut ke sel telur anjing yang telah dihilangkan intinya. Hasil kloning pertama berhasil dilahirkan pada 17 Juni lalu sementara yang lain menyusul.

Seluruh hasil kloning kini dikirim ke suaka margasatwa Pyeongtaek, 50 km selatan Seoul. Keberhasilan kloning ini bagi Hwang bukan pertama kalinya. Tahun 2005, ia berhasil mengkloning anjing bernama Snuppy.

Korea Selatan telah sukses mengembangkan kloning serigala, sapi, kucing, anjing dan babi. Seluruh hasil kloning rencananya akan didistribusikan ke kebun binatang di Korea Selatan. Selain itu, anjing hutan kloning juga akan dilatih untuk hidup di alam bebas layaknya anjing hutan biasa.

Hwang merupakan salah satu pakar sel punca Korea Selatan. Ia sempat diagungkan berkat publikasi di jurnal Science tentang keberhasilannya mengembangkan sel punca dari embrio manusia. Namun, akhirnya reputasinya ternoda. November 2005, ia didakwa melanggar etika penelitian karena menerima sel telur dari staf penelitinya.

Tahun 2006, setelah diselidiki, penelitiannya ternyata hoax, tak ada sel punca yang berhasil diciptakan. Tahun 2009, Hwang menerima hukuman selama 2 tahun akibat pelanggaran etika penelitian. Meski salah satu penelitian Hwang adalah hoax, penelitian-penelitiannya yang lain telah diakui kebenarannya. Anjing Snuppy, misalnya, telah dikonfirmasi benar adanya.




kompas

Tahukah Anda Siapa yang mendesain logo Apple..?

Mr. Steve Jobs telah tiada beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 5 Oktober 2011 disaat dunia masih membutuhkannya.



Seperti kita ketahui bersama produk Apple memang sangat terkenal, tapi dibalik itu semua tahukah Anda siapa yang mendesain logo Apple yang tersohor itu..?

Seorang pria bernama Carlos Perez yang ternyata orang yang mendisain logo Apple yang selalu muncul di semua produk Apple.


Carlos Perez pada tahun 1974 yang masih bekerja di perusahaan grafis Regis McKenna didatangi oleh Mr. Steve Jobs dan diminta untuk mendisain sebuah logo.

Tapi sebenarnya ide buah apel ini datang dari teman kantornya yaitu Rob Janoff, kemudian desain akhirnya dibuat oleh Carlos Perez.



nbcbayarea

13 October 2011

Gempa 6.8 SR di Bali 13 Oktober 2011

Gempa bumi mengguncang kawasan Nusa Dua, Bali, dengan kekuatan 6,8 skala Richter. Informasi ini dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (13/10/2011).



Diinformasikan, gempa terjadi pada pukul 10.16 WIB, dengan koordinat 9.89 LS, 114.53 BT atau sekitar 143 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai dampak dari gempa ini. Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan. Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun hingga siang ini, guncangan gempa terasa hingga Madura, Jember, Blitar, Surabaya, dan Malang.



kompas

Superman Duplicate



Seorang pria asal Manila, Filipina, rela melakukan operasi plastik besar-besaran agar memiliki tampang seperti Superman. Seperti apa jadinya?



Mengidolakan superhero seperti Superman sebenarnya sah-sah saja. Namun yang dilakukan Herbert Chavez (35) bisa dibilang “berlebihan”.

Tak sekedar mengumpulkan pernak-pernik atau beragam ikon yang berhubungan dengan tokoh komik ciptaan Jerry Siegel dan Joe Shuster ini. Pria asal Calamba City, Filipina ini justru ingin membuat wajah dan tubuhnya mirip Superman.



Ya, Chavez rela menjalani operasi plastic agar terlihat sama seperti Clark Kent, tokoh menjelma sebagai Superman. Chavez mulai menjalani operasi plastik itu sejak tahun 1995.

Ada beberapa prosedur operasi yang telah dijalaninya. Operasi penambahan dagu agar lebih terlihat tirus seperti Superman.

Operasi hidung untuk mengubah hidung Asianya, agar lebih mirip dengan aktor Christopher Reeves, yang pernah membintangi film Superman. Suntik silikon agar ia lebih terlihat berotot dan implan di bagian kaki agar terlihat lebih kekar.







Dan hasilnya memang terlihat nyata. Kini Chavez terlihat seperti para aktor yang pernah memainkan film Superman.



yahoo
surya

12 October 2011

Sepeda Motor dengan bahan bakar kotoran manusia.

Sepeda motor dengan bahan bakar Premium, Petramax, atau konversi lainnya itu mungkin sudah biasa.



Tapi kalau bahan bakarnya dari kotoran manusia itu yang RuARRRRR…biAsAA..!!!.








Salah satu perusahaan Toilet di Jepang yaitu TOTO, telah membuat Sepeda Motor ramah lingkungan dengan bahan bakar kotoran manusia.





Desain ini merupakan upaya mendukung kegiatan ramah lingkungan. Motor ini mengkonversi kotoran manusia menjadi Biogas.

Tidak hanya itu, dengan motor ini pengemudi juga bisa mendengarkan musik.



toxel

Mobil Tua Usia 127 Tahun Dilego Rp37,3 Miliar

Suatu benda bersejarah, tak cuma punya nilai seni yang tinggi, tapi hargannya pun bisa "selangit".



Seperti De Dion Bouton et Trapardoux Dos-A-Dos Steam Runabout produksi 1884 telah dibeli seorang kolektor dengan harga tertinggi 4,6 juta dollar Amerika atau Rp37,3 miliar dalam sebuah lelang yang diselenggarakan RM Hersley di pennsylvania, Amerika Serikat.



Jadi mahal, menurut situs Autoblog, karena kendaraan tersebut merupakan mobil pertama di dunia menggunakan motor uap sebagai penggerak, seperti kapal laut.

Mobil berusia 127 tahun ini hanya tersisa 5 unit di dunia dari total 20 unit yang pernah diproduksi.

Mobil tiga roda ini, punya sejarah unik menjadi model ketika awal diselenggarakannya balap mobil.

Dalam kondisi baru, saat melintas dijalur lurus, mampu melesat dengan kecepatan maksimum 60 kpj. Sedang kecepatan rata-ratanya 26,1 kpj dengan jarak tempuh 32,1 km dengan satu tangki air.


"Kami sangat tersanjung dipercayakan untuk menjual salah satu legenda industri mobil di dunia yang sebelumnya milik mendiang John O-Quinn. Kolektor otomotif dunia diberi kesempatan untuk memiliki produk luar biasa ini dan terbukti dari hasil penawaran yang dicapai," beber Rob Myers, Direktur Utama sekaligus Penemu rumah lelang RM Hershey.




komp.otomotif

10 October 2011

Antena dari bahan kain bisa myelematkan orang hilan dilaut

Kecelakaan dilaut, misalnya kapal tenggelam, tabrakan, kadang mengakibatkan orang atau penumpang hilang dan sulit untuk mencarinya.



Untuk antisipasi hal tersebut diatas, peneliti dari European Space Agency yang bekerjasama dengan perusahaan Finlandia mengembangkan sebuah antena yang menggunakan bahan kain yang bisa berfungsi sebagai antena yang bisa mentransmisikan titik kordinat ke satelit terdekat.



Uniknya antena ini berbahan dari kain dan fleksibel, sehingga mudah untuk dijahitkan pada sebuah pelampung.



Dengan demikian, seseorang yang sedang mengapung di laut dengan pelampung yang telah dilengkapi dengan antenna ini akan cepat ditemukan oleh tim penyelamat, karena kemampuan antenna yang bisa mentransmisikan titik koordinat ke satelit terdekat.


gizmag