30 November 2011

Y 125 Moegi, Sepeda Motor "Onthel" Masa Depan



Dari seluruh sepeda motor konsep yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2011, salah satu yang menarik adalah Y125 Moegi dari Yamaha. Daya tarik sepeda motor yang satu ini, futuristik dan "nyentrik". Penampilan seperti seperti "jadul".



Dalam keterangan resminya, Yamaha menyatakan ingin menerjemahkan filosofi kecantikan yang disematkan pada sepeda motor bergaya retro-moderen ini. Desainnya gampang akrab dengan orang, menawarkan konsep kemudahaan dan nyaman dikemudikan.



Bentuknya mirip sepeda "onthel" yang dipasangi mesin berkapasitas 125 cc satu silinder dengan teknologi injeksi dan sistem transmisi manual. Tangki bahan bakarnya menyatu pada sasis sehingga membuatnya kelihatan ramping.



Sasisnya menggunakan baja khusus yang ringan namun kuat. Buktinya, berat sepeda motor ini 79,8 kilogram. Moegi juga menggunakan ban tipis sehingga mengurangi daya geseknya dengan permukaan jalan.

Konsumsi bensinnya super irit, 80 km/liter saat digunakan di dalam kota. Kuncinya, selain bobotnya yang ringan, Yamaha menggunakan "v-belt" sebagai pengganti rantai untuk mengurangi gesekan dan lampu LED untuk penghematan.

Sayang, Yamaha masih belum membuka semua spesifikasi dan kemampuan mesin Y125 ini dan belum punya rencana untuk memproduksinya secara massal.



kompasoto

Trio 'Gadget' NASA Dinobatkan Sebagai yang Terbaik



Badan Antariksa dan Administrasi Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) wajib berbangga hati pada kerja keras selama ini. Sebab baru-baru ini tiga peralatan ciptaan NASA, Mars Science Laboratory (MSL), Dawn, dan MESSENGER, dianugerahi gelar 'Terbaik dari yang Terbaru' di tahun 2011 dalam kategori inovasi penerbangan dan luar angkasa oleh majalah Popular Science.

Masuknya MSL sebagai salah satu pemenang cukup mengejutkan. Mengingat dia baru diluncurkan ke Planet Mars pada 26 November 2011 lalu. Tugas utamanya: mencari tanda kehidupan di lokasi yang berjuluk Planet merah tersebut.

Sedangkan Dawn diterjunkan ke orbit Asteroid Vesta sejak Juli 2011. Dawn inilah misi pertama yang secara spesifik menyelidiki cincin asteroid antara Planet Mars dan Jupiter dan akan mengorbit di antara Asteroid Vesta dan Ceres. Vesta sendiri merupakan asteroid kedua terbesar yang pernah ditemukan.

Di antara ketiganya, MESSENGER jadi 'gadget' terlama di luar angkasa. Dia sudah mencapai orbit Planet Merkuri sejak Maret 2011 lalu. "Tentu saja kami bangga dengan pemilihan tersebut. Tapi di saat bersamaan kami juga tidak akan merendah hati soal (kemenangan) ini. Dawn adalah misi yang sangat luar biasa," kata Ketua Investigasi Dawn dari UCLA, Prof. Chris Russell, Kamis, 1 Desember 2011.

"Dengan emisi rendah dan menggunakan teknologi teranyar dari NASA untuk kemajuan besar teknologi adalah misi yang amat sangat luar biasa."


national geographic

Perangkat Lunak Tiga Dimensi Diluncurkan



Autodesk, Inc. perusahaan pembuat perangkat lunak desain tiga dimensi (3D), rekayasa dan hiburan, memperkenalkan dua penawaran menarik dari pengembangan keluarga
Autodesk123D, yakni Autodesk 123D Catch dan Autodesk 123D Make Technology Preview.

Perangkat lunak ini, menjadikan siapa saja secara cepat dan mudah menangkap model 3D dari dunia di sekitarnya. Kemudian, mengubah model 3D untuk disesuaikan dengan kreasi artistik masing-masing.

Teknologi baru ini lebih lanjut membuktikan bahwa Autodesk terus mendorong batasan untuk manufaktur personal, memberdayakan lebih banyak orang untuk membayangkan dan menciptakan sesuatu, lalu membaginya dengan yang lain baik itu untuk bersenang-senang, belajar ataupun mendapatkan keuntungan.

Wakil presiden untuk Consumer Products Autodesk Samir Hanna mengatakan, Autodesk berkomitmen untuk menghapus hambatan kreativitas dan inovasi pada saat revolusi industri baru saat ini .

Aplikasi Autodesk 123D Catch sebelumnya bernama Project Photofly di Autodesk Labsadalah rilis beta baru untuk publik, menggunakan kekuatan komputasi awan (cloud) untuk secara cepat mengubah foto digital menjadi foto realistis 3D.

Siapa saja yang mampu menggunakan sebuah kamera, telepon selular atau kamera digital SLR untuk me mbidik rangkaian foto dari obyek, orang atau pemandangan; dapat menggunakan 123D Catch untuk menciptakan model 3D yang memukau.

Rekam avatar personal ataupemandangan liburan favorit Anda dengan 3D saat ini menjadi mungkin dan mudah. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan berbagi dengan film atau animasi pendek untuk dilihat pada perangkat mobile, YouTube dan saluran media sosial lainnya.

Menangkap model-model 3D telah membantu sebuah tim riset yang menggunakan Project Photofly di situs arkeologi Pompeii untuk mendokumentasikan dan menganalisis arsitektur satu dari bangunan terbesar namun yang paling tidak dipahami di areal tersebut.

"Meskipun praktik standar perekaman arkeologis saat ini sudah terpercaya, namun prosesnya lamban," kata asisten profesor di Universitas Massachusetts Amherst Eric Poehler.

"Setiap tahun kami hanya mempunyai waktu singkat di Pompeii untuk menangkap situs arkeologis tersebut ke dalam model 3D, dan dengan Project Photofly, kami mampu meningkatkan efisiensi dan akurasi secara dramatis," tambahnya.

Aplikasi Autodesk 123D Make juga merupakan sebuah preview teknologi gratis dan baru untuk Mac, untuk mampu meng onversikan model digital 3D menjadi pola potongan 2D sehingga dapat secara mudah dirangkaikan melalui bahan-bahan berbiaya rendah, seperti kardus, kayu, kain, besi atau plastik.

Bagian-bagian potongan kemudian menjadi satu menciptakan representasi fisik dari model digital sebelumnya. 123D Make menjadikan pengguna dapat menciptakan karya seni, perabotan, pahatan atau purwaru pa lain secara cepat untuk menguji bagaimana wujud nyata dari sebuah desain nantinya.

Autodesk mengembangkan teknologi ini dengan bertindak sebagai seorang insinyur digital yang mampu membantu perseorangan menciptakan model 3D, dan kemudian mengubah model tersebut menjadi nyata.

123D Make didesain sebagai media kreatif pribadi berekspresi atau bagi pengguna yang mungkin tidak dapat mencari apa yang mereka inginkan pada barang-barang produksi massal dan memutuskan untuk menciptakan kreasinya sendiri.



kompastekno

25 November 2011

Kehidupan kita di masa oleh Microsoft



Seperti kita ketahui bersama, dewasa ini perkembangan Teknologi sangatlah pesat. Pernahkah Anda membayangkan atau tidaknya setelah melihat film yang bertemakan kehidupan dimasa mendatang ?...



Yach.., tidak menutup kemungkinan era digital itu akan menjadi kenyataan dimasa sekarang dan lebih – lebih seiring dengan kemajuan teknologi dimasa yang akan datang.

Dalam hal ini Microsoft menggambarkan kehidupan dimasa mendatang yang menggunakan Teknologi canggih.



youtube

Slide House in Japan



Creative house in Tokyo features cleverly integrated slide that allows people to quickly travel from one floor to another.













Designed by LEVEL architects, this amazing family house is equipped with rounded corners, hardwood floors, and modern furniture.



toxel

Sistem Presentasi dari Kinect untuk para Presenter

Mungkin Anda adalah seorang Presenter, atau sering melakukan presentasi dan pemaparan didepan orang banyak?



Microsoft Kinect, nampaknya akan sangat membantu Anda yang sering melakukan presentasi, yang biasannya menggunakan proyektor sebagai mediannya.



Cara tersebut telah berhasil dikembangkan oleh para peneliti dari Meiji University dan AIST dalam hal presentasi dengan menggunakan Microsoft Kinect.

Dengan Kinect, gerakan Anda sebagai pembicara akan terditeksi dan dari gerakan tersebut apa yang ditampilkan di layar bisa berubah tanpa harus menekan keyboard, mouse melainkan dengan gerakan saja.



Dan ketika sedang konsentrasi dalam presentasi, kadang sampai kita lupa berdiri didepan proyektor, yang mengakibatkan apa yang kita presentasikan dilayar akan terhalang bayangan kita.

Namun dengan Kinect ini otomatis tulisan dan gambar pada layar akan terbagi dua, sehingga apa yang kita tampilkan dilayar masih bisa kita lihat.

Fitur lainnya juga ada yaitu, ganti slide, perbesar tulisan, gambar dengan gerakan tangan.


diginfo.tv

24 November 2011

New Nano dengan DP Rp2,6 Juta



Pada 2008 dan 2009 Tata Nano membuat dunia otomotif gempar. Termasuk Indonesia yang jauh dari India namun kondisi masyarakat hampir mirip.

Maklum, Tata Nano berpredikat sebagai mobil termurah di dunia. Waktu itu dijual 2.500 dollar AS setara Rp22,5 juta. Tidak berbeda jauh dengan harga sepeda motor!

Kenyataannya, sejak diluncurkan pertama kali pada April 2009, total penjualannya sampai sekarang baru mencapai 130.000 unit atau belum sesuai dengan target. Nah, berdasarkan kondisi tersebut, para pengamat otomotif India mengatakan, peluncuran New Nano pada Senin lalu merupakan upaya Tata untuk membangun kembali citra Nano.

Kebijakan baru Tata Motors memasarkan New Nano adalah menawarkan uang muka atau down payment (DP) hanya Rs15.000 atau Rp Rp2,6 juta untuk masa cicilan 5 tahun atau 60 bulan. Sedangkan garansi diberikan 4 tahun atau 60.000 km.

Terbakar

Menurut Tata Motors, pada New Nano ditambahkan perlengkapan keselamatan. Hal tersebut dilakukan setelah media lokal melaporkan sudah 7 unit Nano terbakar. Sementara itu, produsennya, Tata Motors belum membuat recall. Alasannya, kejadian dialami pada unit khusus. Misalnya unit yang telah dimodifikasi atau ditambahan perlengkapan kenyamanan seperti AC dan power steering. Untuk menambah perlengkapan tersebut, total uang harus dikeluarkan pemilik Nano bisa mencapai Rs24.000 atau Rp42 juta.

Irit

Menurut Tata, New Nano lebih irit, mesin lebih bertenga dan interor juga baru. Tenaga mesin 624 cc naik 3PS, dari 35 PS menjadi 38 PS. Dikatakan pula, interior tidak lagi seberisik dulu. Klaim Tata, Nano baru bisa dikebut mencapai kecepatan maksimum 105 km/jam, mampu menaiki tanjakan dengan kemiringan 30 persen dan radius putar hanya 4 meter. Dengan bobot Nano 600 kg, konsumsi bahan bakarnya diklaim 25,4 km/liter.

Harganya, termurah atau standar Rs140.000 (Rp22,5 juta) dan paling mahal tipe LX, Rs196.000 atau Rp 34 juta.


kompotomotif

18 November 2011

Di Japan, kota bisa diback-up..?

Back –up data di komputer itu sudah biasa, tapi back up data sebuah kota itu yang ruarrrrr..biasa...!!!



Back-up kota ini direncanakan oleh pemerintah kota Tokyo untuk membuat duplikat kota Tokyo yang mana bisa digunakan jika terjadi bencana melanda kota ini.



Proyek ini disebut dengan IRTBBC (Integrated Resort Tourism, Business, and Backup City), yaitu sebuah rencana untuk membuat kota cadangan yang letaknya 482 km dari Tokyo dengan luas 500 hektar.

Kota ini nantinya diharapkan sebagai kota duplikat dari kota Tokyo, jadi semua yang ada di Tokyo saat ini akan diduplikat di Kota ini.



inhabitat

Dashboard Cockpit digital Mobil Panasonic



Dalam pameran CEATEC 2011, Panasonic memamerkan sebuah prototype bentuk dashboard mobil yang boleh dibilang untuk mobil masa depan dengan 3 buah layar LCD yang bisa menampilkan berbagai macam informasi.



LCD dengan layar sekitar 20 inch bisa menampilkan kondisi jalan dan ini dipasang pada bagian stir.



Pada bagian tengah menampilkan informasi peta dan bagian penumpang bisa sebagai media hiburan.


engadget

Safety Shorts: Pakaian dalam pencegah radiasi phone seluler

Dampak dari radiasi ponsel, sampai saat ini masih menjadi masalah yang diperdebatkan.



Tapi mungkin bagi mereka yang mengetahui dampaknya, pasti akan melakukan tindakan pencegahan.

Menurut informasi, dampak dari radiasi Phonsel, bisa mengakibatkan impotent, kurang subur. Oleh karena itu, dengan Safety Short ini mungkin bisa melindungi masalah tersebut.

Safety Shorts merupakan celana dalam yang dibuat oleh para siswa diAustria, yang terbuat dari bahan yang mengandung lapisan perak yang bisa menangkal radiasi dari phonsel atau notebook hingga 99%.

Safety Shorts sudah mulai dijual di Austria dengan harga US$ 42 atau kurang lebih sekitar Rp. 300 ribuan.


odditycentral

Disney Gandeng YouTube Pasarkan Video Animasi

Walt Disney menggandeng anak usaha Google, YouTube untuk memasarkan seri video milik Disney.



Cara tersebut diambil karena Disney.com mengalami penurunan pemasukan selama empat kuartal terakhir.

Situs Disney.com juga dianggap belum familiar bagi anak-anak untuk menonton video animasi besutan Disney sendiri.

Selama ini YouTube dianggap fenomenal karena berhasil menarik minat anak muda dalam mengeluarkan ide kreatifnya.

Salah satu bintang yang bersinar berkat YouTube adalah Justin Bieber.

Disney Interactive sendiri telah kehilangan potensi keuntungan lebih dari 300 juta dollar AS selama empat kuartal.

Pihak Disney pun dituntut untuk bisa menaikkan laba dengan cepat. Penurunan keuntungan Disney.com disebabkan karena jumlah pengunjung uniknya mengalami penurunan menjadi 12,7 juta di September 2011, dari 17,9 juta pengunjung di Juni 2011.

Alasan Disney menggandeng YouTube, lanjut Pitaro, karena untuk mengaksesnya tidak diperlukan syarat khusus, kecuali harus berumur 13 tahun ke atas untuk mendaftar.

YouTube sendiri berminat dengan Disney karena ingin membendung Viacom, perusahaan yang memproduksi Nickelodeon.

Nantinya, kerjasama ini akan berisi saluran komedi, olahraga, musik, dan hiburan lain.

"Ini adalah pengakuan bahwa kita akan bekerjasama dengan merek ternama. Kami berharap kerjasama ini bisa mendatangkan banyak iklan baru ke kami," tambah Robert Kyncl, YouTube’s Global Head untuk content partnerships.

Pihak YouTube akan mengeluarkan investasi 10 juta -15 juta dollar AS untuk memperbaiki dan membangun saluran khusus Disney.

Sedangkan Disney sendiri akan memproduksi seri video animasi besutannya yang akan di-upload ke Disney.com dan channel Disney di YouTube.


kompastekno

16 November 2011

Sumber tenaga dari air pipis..?



Melihat judul postingan ini, mungkin tersirat dibenak “Bokunity” semua..? yach..itulah memang yang sedang dilakukan oleh para peneliti dari Inggris.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan di Inggris sana mengatakan bahwa air pipis atau air seni bisa digunakan sebagai sumber listrik untuk kebutuhan rumah dan perkantoran.

Mungkin karena banyaknya jenis kandungan kimia yang ada di air seni, bisa dimanfaatkan dari kandungan kimia tersebut untuk mengaktifkan microbial fuel cells dan selanjutnya akan diproses untuk menghasilkan
tenaga listrik.

Selama ini sedang dilakukan ujicoba, namun masih dalam riset dan belum tahu kapan akan direalisasikan.

Menurut para peneliti, setidaknya setiap orang menghasilkan 2.5 liter air seni setiap hari.

Jadi kalau memanfaatkan air seni dari banyak orang, mungkin akan banyak menghasilkan energi listrik.

Disamping air seni dari manusia, para peneliti juga melakukan riset tentang air seni dari hewan yang ada dipeternakan.

Katanya ada sekitar 38 milyar liter perhari yang bisa dihasilkan air seni dari hewan peternakan.


guardian

Pepsi Pink, Pepsi yang mempunyai rasa strawberry dan milk

Jepang, soal produk memang sering mengeluarkan inovasi dan hal – hal yang aneh. Terutama dengan produk minuman Pepsi Jepang kali ini.



Pepsi baru dengan nama Pepsi Pink ini mempunyai rasa strawberry dan milk atau susu.





Dan uniknya Pepsi ini hanya dijual di Jepang saja.



newlaunches

Jas kerja aroma pepermint

Asik kali ya kalau punya jas kerja seperti ini ?, pasalnya tidak memakai parfumpun Anda akan tercium aroma permint jika memakai jas ini.



Jas ini disebut Self Perfuming Business Suit, dan aroma yang ditimbulkan dari jas ini bisa bertahan tahunan meskipun jas ini sering Anda cuci.

Jas ini diproduksi oleh perusahaan tekstil dari Korea sana.



neatorama

15 November 2011

Vending Machine dengan Layar Transparant



Sebenarnya kalau cuma dengan layar Transparant, sudah banyak terdapat pada Vending Machine.

Bahkan Vending machine yang ada di Indonesiapun saat ini ada yang memakai layar transparan.


Tapi yang sedikit berbeda dari layar transparant ini adalah, jika Vending Machine tersebut tidak sedang dipakai bisa digunakan untuk media sebuah iklan.



paul-a

Ini Dia Trio Konsep Toyota di TMS 2011



Di kandang sendiri Tokyo Motor Show 2011, awal Desember ini, Toyota Motor Corporation (TMC) ingin memalingkan juataan pandangan mata ke rumah (booth) mereka yang di dalamnya di antaranya terdapat tiga mobil konsep. Salah satu di antaranya Fun-Vii (Fun-Vehicle interactive internet).



Mobil ini seperti menciptakan mimpi jadi kenyataan, di mana manusia, mobil dan internet saling berhubungan. Bahkan dalam ilustrasinya, seseorang bisa dengan mudah mengganti desain warna eksterior dengan bantuan ponsel pintar.

Memang, mobil ini masuk program jangka panjang. Yang jelas, canggih!



Selain Fun-Vii, dalam keterangan resminya, TMC juga menampilkan FT-EV III (Future Toyota - Electric Vehicle III).

Mobil kompak dengan empat penumpang yang dikembangkan dari Toyota iQ ini ditujukan untuk warga kota yang suka wara-wiri dengan jarak tempuh pendek. Sekali isi baterai bisa keliling kota sampai 65 mile atau 104,6 km.

Mobil ini masuk rencana jangka pendek Toyota siap diproduksi dan mau diluncurkan tahun depan (2012).

Mobil konsep ketiganya, Toyota FCV-R (Fuel Cell Vehicle – Reality & Revolution) dengan dimensi lumayan panjang 4,7 meter.

Mobil yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar masuk dalam target jangka menengah (2015).

Untuk penyimpanan gas disediakan tabung hidrogen bertekanan tinggi 70 MPa yang bisa menjelajah sampai 430 mil atau 692 km, sekali isi penuh.

Dari segi segmen, FCV-R akan mengisi kebutuhan keluarga masa depan.



kompasoto

11 November 2011

Robot dan Otaku pertama di Jepang..?



Jepang memang terkenal dengan Robot dan dunia Otakunya. Berbagai robot canggih dan modern tercipta dari negeri Matahari terbit ini.


Mungkinkah dalam photo diatas itu merupakan generasi pertama dari Robot dan Otaku di Jepang ya..?? :)



japansugoi

Yamanote Train Net; Generasi mendatang servicr informasi Kereta api

Mungkin kita bisa mengecek jadwal kereta, pesawat terbang dan harga tiket dengan menggunakan handphone.



Mitsubisshi elektrik, mengembangkan Yamanote Train net, yaitu pusat informasi pada jalur kereta yang sibuk di Jepang jalur Yamanote.

Informasi dari Yamanote Train Net ini bisa diakses ke Website mereka, atau Anda bisa download aplikasinya ke iPhone atau Android Anda.

Salah satu informasi dari layanan ini adalah Kita bisa mengetahui apakah kereta yang akan kita naiki ini penuh atau tidak.

Ini dengan memanfaatkan sensor berat dikereta api yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengereman.

Informasi dari Yamanote Train Net hanya bisa dilakukan dalam jangkauan koneksi Wi-Fi yang terpasang di area stasiun kereta saja.



diginfo

Sosok Iblis Ditemukan di Lukisan Giotto

Lukisan Giotto di basilika Santo Franciscus Asissi


Para pekerja restorasi telah menemukan sosok iblis tersembunyi di balik awan dalam fresco atau lukisan dinding karya Giotto di Basilika Santo Franciscus Asissi di Italia, demikian diungkapkan para pejabat gereja, Sabtu (5/11/2011), seperti dikutip The Sunday Times.

Sosok iblis yang tersembunyi di balik awan dalam lukisan Giotto di Basilika Santo Franciscus Asissi.


Sosok iblis itu tersembunyi dalam detail awan yang berada di bagian atas fresco nomor 20 dalam rangkaian gambaran kehidupan Santo Franciscus yang dilukis Giotto pada abad ke-13.

Gambar iblis itu ditemukan ahli sejarah seni Italia, Chiara Frugone. Sang iblis digambarkan samar-samar dengan hidung bengkok, senyum licik, dan tanduk gelap yag tersembunyi di antara awan-awan. Ia ditemukan di lukisan yang menggambarkan kematian Santo Franciscus.

Sosok iblis itu sedikit sulit dilihat dari lantai basilika, tetapi cukup mudah dikenali dalam foto dekat.

Sergio Fusetti, kepala restorasi basilika, mengatakan, Giotto mungkin tidak pernah berharap wajah iblis itu menjadi bagian utama fresco. Ia mungkin melukiskan sosok itu sekadar iseng atau untuk bersenang-senang saja.

"Giotto mungkin melukis wajah sang iblis untuk mengejek seseorang yang dikenalnya dan melukiskannya sebagai iblis," kata Fusetti.

Adapun karya seni di basilika tempat Santo Franciscus dimakamkan itu terakhir kali direstorasi pada tahun 1997 setelah beberapa kali rusak akibat gempa bumi.



kompas

Bentuk unik Gitar unik karya Yoshihiko Satoh



Mungkin jika Anda melihat bentuk Gitar ini akan berpikiran gimana memainkannya, namun ini adalah bentuk karya seni dari alat musik Gitar yang dibuat oleh seniman Jepang bernama Yoshihiko Satoh.
















Hasil karya seni dari Yoshihiko Satoh, yang sangat terkenal adalah Gitar listrik yang memiliki dua belas leher.


toxel

9 November 2011

Wujud Skuter Vespa Masa Depan



Para penggemar skuter asal Italia, Vespa, kini bisa kembali bernostalgia. Pasalnya, Piaggio kembali membuat ulang generasi Vespa pertamanya yang lahir pada tahun 1946 silam.

Skuter yang diberinama Quarantasei, dipamerkan dalam ajang di EICMA 2011, Milan, Italia. Ini adalah prototype modern skuter dengan desain klasik khas Vespa MP6.

Dari segi desain, Quarantasei memadukan unsur klasik dan masa depan. Buritan bulat khas tawon tetap dipertahankan, begitu juga dengan desain lampu, spakbor dan pijakan kaki, yang sengaja dibuat mirip Vespa lawas.

Namun, sentuhan futuristik terlihat dibagian jok, yang menjadikan skuter ini semakin elegan dan mewah.

Beralih ke dapur pacunya, Vespa 46 ini dipersenjatai mesin 4 tak, 125 cc satu silinder, lengkap dengan pendingin udara. Mesin yang sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 8,7 kW di 8.250 rpm. Sedang untuk versi 150 cc, diyakini mampu memiliki tenaga 9,7 kW di 8.000 rpm.

Vespa Quarantasei rencananya akan mulai diproduksi dan diniagakan ke pasar pada akhir tahun 2012.



viva

[FPDI] Japanese Firm mengembangkan Invisible Glass

Salah satu perusahaan di Jepang bernama Nippon Electric Glass Co Ltd sedang mengembangkan sebuah produk kaca yang dinamakan Invisible Glass.



Kaca ini bisa mengurangi pantulan cahaya hingga tingkat pantulan sekitar 0.5% dari kaca pada umumnya yaitu 8%. Jadi kalau kita melihat didepan kaca ini seolah – olah tidak ada kaca.



Hal tersebut disebabkan oleh lapisan film yang bisa mengurangi pantulan cahaya pada kaca.

Kaca ini rencananya akan dipakai pada layar ponsel.


techon