23 February 2012

Bento makan yang bisa panas sendiri

Bekal makanan atau Bento, memang diperlukan tatkala kita sedang istirahat waktunya makan, dan kita jauh dari rumah makan dan jauh dari dapur untuk memasak.



Di Jepang hal ini sudah terbiasa, bepergian, kerja, sekolah, membawa bento. Oleh karena itu banyak kios, supermarket yang menjual bento.



Tapi bento yang satu ini lain daripada bento pada umumnya, karena bento ini bisa menghangatkan sendiri tanpa harus dimasukkan oven terlebih dulu.

Dengan hanya menarik sebuah tali yang ada dibagian bawahnya, maka bento ini langsung bisa memanaskan sendiri selama 5 menit.

Sedangkan hangat / panas makanan tesebut, setelah memanaskan diri selama 5 menit, bisa bertahan selama 30 menit selama Anda belum membuka kotak bento ini.



Makan makanan dalam kondisi hangat, akan lebih terasa nikmat dari pada makanan dalam kondisi dingin.

Bento ini dijual dengan harga sekitar Rp. 120.000 – an.



rocketnews24

Mau donk Giginya di cabuti semua,...!!

Wah kalau dokter dan suster klinik giginya begini, gak takut lagi cabut gigi...



Memang benar kata orang, dari pada sakit gigi, lebih baik sakit hati, eh.. kebalik nggak..?.



Memang tatkala sakit gigi, rasa ngilu sakitnya sangat – sangat mengganggu kita.

Serba salah sih, tatkala sakit gigi, sakitnya bukan kepalang, mau dicabutin mbayanginya juga mengerikan,..

Tapi di Taiwan sana, sebuah klinik gigi Talent Dental menyajikan cara yang berbeda, sehingga pasien tidak perlu takut lagi untuk dating mencabutkan giginya.

Cara ini bukan berarti Anda cabut gigi dapat uang, atau peralatan yang canggih yang dimiliki klinik ini. Melainkan adalah klinik ini menetapkan peraturan dalam merekrut suster yang mau bekerja disini syaratnya harus muda, seksi dan cantik.

Tujuannya adalah untuk merawat atau membantu saat proses pencabutan gigi. Setidaknya kalau didampingi oleh suster yang cantik seperti ini, pasti nggak akan terbayang sakit gigi kita dicabut, hehehe..

Tapi cara ini nampaknya masih menguntungkan sepihak saja, karena cara ini hanya menguntungkan bagi pasien pria saja.

rocketnews24, facebook, nextmedia

Limbah untuk Bata Tahan Gempa



Indonesia terletak di antara empat lempeng tektonik, yakni lempeng Eurasia, Australia, Filipina, dan Carolina, lempeng tektonik muda yang aktif bergerak sepanjang tahun. Kondisi ini membuat Indonesia akrab dengan gempa berskala di atas 5 skala Richter.

Gempa besar sering kali menimbulkan kerusakan infrastruktur dan memakan korban jiwa. Korban yang timbul sebagian besar akibat tertimpa dinding yang runtuh.

Dampak destruktif gempa berupa puing-puing bangunan, termasuk pecahan genting, memicu ide tiga mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Ketiga mahasiswa itu, Selvie Agustina, Qori Putri Dewanti, dan Arum Dwicahyani, lantas memanfaatkan pecahan genting sebagai material agregat penyusun bata. Mereka kemudian menamakan produk itu smart H-Brick.

Agar lebih tahan terhadap guncangan gempa saat digunakan sebagai material pembangun dinding, bata itu dibuat dalam bentuk huruf H. Bata H ini merupakan pengembangan dari karya rekan-rekan mereka sebelumnya, yakni bata H dengan bahan kerikil.

Bata H diinspirasi dari interlock block (bata kait) yang banyak digunakan di luar negeri. Bata kait adalah material penyusun dinding yang mempunyai pengait untuk mengunci pergerakan akibat gaya. Bata ini merupakan pengembangan dari batako dengan menambahkan lips (pinggiran) pada sisi-sisi tertentu sebagai pengunci. Batako hanya mampu menahan goyangan gempa dari satu arah.

”Pada bata H sebelumnya, yang digunakan sebagai agregat adalah kerikil. Kami mengganti dengan pecahan genting yang ditambahkan serat limbah bubut baja agar dinding nantinya semakin kaku dan solid sehingga tahan guncangan,” kata Selvie beberapa waktu lalu.

Saling mengunci

Qori menambahkan, bentuk H dipilih karena bisa saling mengunci sehingga bentuk dinding tidak berubah saat menahan guncangan gempa dari dua arah, yakni sejajar dinding dan tegak lurus dinding. Adapun serat limbah bubut baja mempunyai kuat tarik yang besar sehingga dapat meningkatkan kuat tarik beton. Dengan demikian, jika terjadi gempa, dinding tidak langsung runtuh dan penghuni punya waktu untuk menyelamatkan diri.

Dosen pembimbing ketiga mahasiswa, Sholihin As’ad, mengatakan, batu bata yang membentuk huruf H membuat antarbata bisa saling mengunci. Ini mengingatkan pada konstruksi candi dengan penyusun batu-batu yang juga saling mengunci meski tidak menggunakan perekat atau semen.

Arum memaparkan, untuk membuat batu bata H, dibutuhkan semen, pasir, dan agregat (campuran pecahan genting dan limbah bubut baja) dengan perbandingan 1 : 2 : 3, lalu ditambah air.

Bata H terdiri atas tiga lapisan. Lapisan pertama dan ketiga berukuran 20 cm x 40 cm dengan tebal 3 cm. Lapis kedua berada di antara lapis pertama dan ketiga berbentuk huruf H berukuran 40 cm x 25 cm dengan tebal 4 cm. Lapis pertama dan ketiga dipasang sejajar, sedangkan lapisan kedua diletakkan 2,5 cm lebih tinggi dan 5 cm lebih menyamping untuk menciptakan lips.

Selain lebih tahan gempa, bata H juga memberi tampilan bangunan yang lebih baik. Pemasangannya pun tidak memerlukan semen. Dengan karya itu, ketiga mahasiswa menyabet Juara I Kompetisi Rancang Bangun yang digelar Universitas Udayana, Bali, akhir tahun 2011.

Ketiga mahasiswa berharap, bata H bisa diproduksi massal agar dapat dimanfaatkan masyarakat luas untuk membangun rumah tahan gempa.



kompas

Password dengan detak Jantung..?



Semakin bertambah majunya ilmu pengetahuan, maka sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin, lambat laun akan berubah menjadi sesuatu yang mungkin dan bahkan bisa terjadi.

Salah seorang yang bernama Chun-Liang Lin dari National Chung Hsing University, Taichung, Taiwan, mempunyai teknologi pengganti password dengan detak jantung.

Aneh memang kedengarannya, tapi inilah yang terjadi. Karena menurut Chun – Liang Lin, detak jantung setiap manusia berbeda, sehingga bisa dimungkinkan untuk pengganti password.

Menurut rencana system ini akan digunakan dalam sebuah hardisk eksternal yang nantinya bisa melakukan enskripsi maupun deskripsi data melalui detak jantung anda.




Chun, gizmodo, newscientist

Logo Windows 8, simple dan mirip jendela



Memang Windows 8 belum diluncurkan, tapi Microsoft sudah mengumumkan seperti apa bentuk logo dari Windows 8 ini nantinya.

Nampaknya berbeda dari logo Windows sebelumnya, logo Windows 8 kali ini lebih simple. Jika logo Windows sebelumnya mirip dengan bendera, maka logo Windows 8 ini lebih mirip dengan Jendela, sesuai dengan namanya yaitu Windows.

Logo sebelumnya menggunakan beberapa warna utama ( merah, biru, dan kuning), untuk logo Windows 8 ini menggunakan satu warna saja, yaitu warna Biru.




windowsteamblog

20 February 2012

Bunglon Terkecil di Dunia



Pakar Biologi Jerman dan Amerika Serikat mengumumkan keberadaan bunglon terkecil di dunia yang ditemukan di sebuah pulau di Madagaskar beberapa tahun lalu, pada hari Kamis (16/02/2012).







Bunglon yang diberi nama 'Brookesia micra' tersebut memiliki tubuh sepanjang 16 milimeter atau total 29 milimeter jika dihitung berikut ekornya.


viva


Ada Cacing Iblis Tinggal di Laut Dalam

Wilayah laut dalam kini terus dieksplorasi. Lewat penelitian, ilmuwan kini berhasil mengungkap adanya cacing bersisik berpenampakan bagai iblis.



Jenis cacing iblis yang dimaksud adalah golongan Polychaetes. Jenis cacing itu telah berevolusi sehingga bisa tinggal di kedalaman 1.000 meter, yang nyaris tak tertembus sinar matahari.

Cacing iblis memiliki mulut yang menakutkan, bisa ditarik ke dalam dan ke luar. Ukuran cacing ini memiliki ukuran kecil, hanya 2-3 cm.

Cacing ini merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang ditemukan di dekat ventilasi hidrotermal, kawasan bawah laut yang berdekatan dengan zona gempa dan gunung api bawah laut.

Spesies cacing iblis ini bergerak menggeliat di dasar laut. Cacing ini memiliki struktur serupa gigi yang membantunya memakan mangsa, berupa bakteri atau organisme yang lebih kecil.

Selain itu, cacing ini juga diketahui membangun simbiosis dengan bakteri. Bakteri mendapatkan permukaan untuk tumbuh sehingga bisa melakukan metabolisme membuat energi dari energi kimia, sementara cacing bisa menikmati energi yang dihasilkan.

Keberadaan cacing ini, kata Daniel Desbruyeres dari I'lfremer, pusat penelitian eksplorasi laut Perancis, menunjukkan bahwa ekosistem laut dalam begitu kaya.

"Laut dalam adalah salah satu dari habitat paling beragam di Bumi. Namun, persepsi kita yang masih belum berkembang," ungkapnya seperti dikutip Daily Mail, Senin (20/2/2012).

Lebih lanjut. keberadaan cacing iblis juga membuka kemungkinan adanya kehidupan di luar angkasa. Dipercaya, ventilasi hidrotehrmal terdapat di bulan Jupiter, Europa serta Mars.




kompas

10 February 2012

Boxx Electric Bike; Motor listrik kecil bentuk Kotak

Motor listrik Boxx ini berbentuk kotak, dan mempunyai ukuran panjang 1 meter dan beratnya 60 kg. Motor ini bias berjalan sejauh 128 km dan kecepatannya 56 km/jam.



Motor unik ini hanya bisa dimuati 1 orang dengan kapasitas berat muat maksimal 150 kg.







Motor ini juga bermesin AWD (All-wheel drive), anti-lock brakes, lampu LED dan tambahan seperangkat alat pemanas di kursi dengan tujuan bisa merasakan hangat saat dikendarai di musim dingin.



Motor ini dijual dengan harga US$ 3.995 atau kalau dirupiahkan sekitar Rp. 35 Juta.


technabob

Google Siapkan "Drive" sebagai Hard Disk Online



Google tak mau ketinggalan untuk meramaikan layanan penyimpanan data berbasis komputasi awan (cloud computing). Raksasa mesin pencari ini kabarnya akan memberi layanan penyimpanan online bernama Drive.

Kabar ini datang dari harian Wall Street Journal, Rabu (8/2/2012), yang mendapatkan informasi dari sumber tepercaya. Sebagai pemilik sistem operasi Android, Google tentu merespons kebutuhan pengguna perangkat mobile yang hendak menyimpan data secara online.

Drive akan memungkinkan penggunanya mengunggah dokumen, foto, dan video ke server Google. Data-data itu juga bisa di-share ke orang lain jika si pemiliknya mengizinkan.

Seperti layanan komputasi awan pada umumnya, Drive dapat digunakan secara gratis. Namun, jika seseorang ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, maka ada biaya tambahan.

Harian Wall Street Journal mengabarkan, Drive akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Drive bisa menjadi lawan kuat untuk pemain lama di layanan komputasi awan, seperti Dropbox. Pasalnya, Google bisa saja mengintegrasikan Drive dengan layanan Google yang lainnya, seperti Google Music ataupun YouTube.

Terlebih, Google telah memiliki layanan pengolahan data perkantoran berbasis web Google Docs.




kompastekno

Mercedes House



Tidak hanya mobil dari Mercedes, rumah yang didesain oleh Ten Arquitectohs ini dinamakan Mercedes House, yaitu sebuah komplek pertokoan dan apartemen yang sedang dibangun yang terletak di Kota New York.







Komplek ini menempati area seluas 121.000 m2 terdiri dari 800 kamar untuk apartemen, pertokoan dan showroom mobil Mercedes Benz.

Yang paling unik disini adalah disain atapnya yang dibentuk seperti tangga dan masing-masing tangga terdapat sebuah taman.




Pada bagian tengah rumah ini didesain dengan bentuk melingkar, yang memungkinkan bahwa setiap penghuni akan mendapatkan sirkulasi dan sinar matahari yang cukup.

Proyek Mercedes House ini akan selesai dalam tahun ini.


inhabitat

7 February 2012

Tempat sampah dengan layar LCD dan Wi-Fi



Kalau dalam Vending Machine terdapat layer LCD dan Wi-Fi seperti dalam postingan Boku no Blog dalam kategori posting Vending Machine, mungkin sudah biasa, namun kali ini tempat sampah yang dipasang layer LCD dan Wi-Fi.



Tepatnya di London, tempat sampah ini dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan LCD, sehingga bias menampilkan laporan cuaca, saham, dan juga sponsor lainnya.

Saat ini kurang lebih ada 25 buah tempat sampah yang dinamakan Smart Recycling Bins yang harga satuannya mencapai US$ 1.880.



psfk

Transparent Smart Window; Bisa Twitteran dijendela Anda

Mungkin inilah bentuk jendela masa depan, dinamakan Transparant Smart Window yaitu sebuah layar monitor transparan yang menggantikan layar jendela pada umumnya.



Jendela dengan ukuran 46 inch ini bisa dipakai sebagai monitor TV, cek Twitter, bahkan mencari resep masakan pun bisa dilakukan.

Layar yang transparent, sehingga Anda bisa melihat keluar pemandangan di garden atau halaman rumah Anda.


slashgear

Hiriko; Mobil listrik yang bisa dilipat

Mobil ini diberinama Hiriko yaitu mobil listrik kecil buatan dari MIT dengan ukuran panjang 1,5 m selain bisa dilipat juga mobil ini cerdas.



Kemampuannya untuk bisa melipat menjadikan panjang mobil ini mengcil menjadi setengah dari panjang semula.



Oleh karena itu mobil ini mengklaim dirinya bahwa dalam 1 tempat parkiran mobil pada umumnya, bisa ditempati mobil Hiriko ini 3 unit.



Desain kaca depannya juga berfungsi sebagai pintu masuk. Mesin terletak pada rodanya, dan unuiknya disini rodanya bisa berputar masing – masing sehingga bisa maneuver, tanpa perlu area yang luas.
Hiriko bisa dilaju dengan kecepatan 100 km/ jam, dan harga mobil ini nanti jika diproduksi seharga US$ 16.355.




theverge, life.nationalpost

Nanotech-enhanced smart pain; Bisa mendeteksi struktur konstruksi yang rusak



Cat ini merupakan hasil kembangan dari University of Strathclyde di Glasgow di Glasgow, yaitu cat yang bisa menditeksi kerusakan struktur konstruksi, dan dengan cara ini juga bisa menekan pemakaian biaya.

Cat ini memakai teknologi nano (nanotechnology) yang dicampur ke dalam cat dan dipasang sebuah sensor kecil sehingga ketika terjadi kerusakan struktur akan segera diketahui.

Selain itu, bahan cat ini juga termasuk bahan "Fly Ash" yang membuat lapisan cat ini bisa bertahan pada kondisi ekstrim dan tahan terhadap air laut dan lainnya.

Dalam pemakaiannya, cat ini bisa digunakan hampir ke seluruh struktur konstruksi bangunanseperti jembatan, bangunan atau gedung dan lainnya.




engadget

4 February 2012

Awas, Pikiran Anda Bisa Dibaca Komputer



Ilmuwan bisa membaca pikiran manusia dengan menggunakan program komputer? Rasanya seperti sedang membaca buku fiksi ilmiah ya? Atau, biasanya hanya ada dalam adegan sebuah film fiksi ilmiah.



Namun yang ini bukan fiksi. Para ilmuwan sudah menemukan cara untuk membaca pikiran manusia, menggunakan program komputer yang bisa melacak aktivitas otak dan menuliskannya ke dalam bentuk teks.

Ahli saraf di Universitas California Berkeley, memasukkan elektroda-elektroda ke dalam tengkorak pasien operasi otak untuk memantau informasi dari lobus temporal mereka, yang digunakan untuk pengolahan kata-kata dan gambar.

Ketika pasien mendengarkan seseorang berbicara, sebuah program komputer menganalisis bagaimana otak memproses dan mereproduksi kata-kata yang mereka dengar. Para ilmuwan percaya, teknik ini juga bisa digunakan untuk membaca dan melaporkan apa yang akan pasien katakan selanjutnya.

Mencontek sistem kerja otak
Dalam jurnal Biologi PLoS tertulis bahwa teknologi ini merupakan upaya membaca pikiran dengan tingkatan terbaru. Robert Knight, profesor psikologi dan ilmu saraf menambahkan, teknologi ini sangat berguna bagi pasien yang mengalami kesulitan berbicara karena neuron motoriknya terganggu akibat stroke.

Dalam penelitian, ilmuwan memasukkan hingga 256 elektroda yang diletakkan di permukaan otak saat mereka mendengarkan pria dan wanita mengucapkan kata-kata individual termasuk kata benda, kata kerja, dan nama.

Sebuah program komputer kemudian menganalisis aktivitas elektroda dan mereproduksi kata yang mereka dengar.

"Ahli saraf sudah lama percaya bahwa otak secara alamiah bekerja dengan menerjemahkan aspek-aspek dari dunia luarnya, seperti kata-kata yang diucapkan manusia, ke dalam aktivitas elektrik. Aktivitas inilah yang diterjemahkan balik oleh para ilmuwan, yakni menerjemahkan pola-pola aktivitas elektrik kembali ke bentuk asli," ujar Profesor Jan Schnupp dari Universitas Oxford.

Hanya untuk pasien tertentu
Namun, teknologi membaca pikiran ini hanya disediakan untuk pasien yang sedang menjalani operasi otak karena penyakit tertentu seperti epilepsi dan tumor otak. Para ilmuwan dan ahli saraf sedang melakukan penelitian lanjutan dan memastikan teknologi ini sebagai aplikasi biomedikal masa depan.

Jadi, belum ada perangkat yang dijual secara bebas yang bisa digunakan untuk membaca pikiran tanpa pengawasan tenaga medis. Jangan dulu membayangkan bisa membaca pikiran pasangan atau atasan Anda dengan menggunakan teknologi ini.

Dengan penelitian ini, para ilmuwan pun menyadari betapa kompleksnya kerja otak manusia. "Kami sudah berusaha mempelajari sistem kerja, namun ternyata otak manusia melakukan lebih dari apa yang bisa kami teliti.

Masih banyak sisi otak yang bisa diteliti lebih dalam, dengan menggunakan metode yang berbeda," ujar Brian Pasley, salah seorang penulis penelitian ini.


kompastekno

Solusi plug ditempat yang gelap

Kadang kita pas mau menyolokkan colokan listrik ditempat yang sulit terjangkau ataupun ditempat yang gelap merasa sangat kesulitan.



Tapi dengan plug yang satu ini nampaknya bisa mengatasi problem Anda tersebut. Ini merupakan konsep yang didesain oleh Suhyun Yoo, Eunah Kim & Jinwoo Chae.





Dinamakan DONUT, bukan Donut kue lho.., memang bentuknya mirip dengan Donut, tapi yang satu ini merupakan colokan atau Plug yang memungkinkan bias mencolokkan kabel listrik tanpa memperdulikan masalah lubang colokan.

Bagian tengah colokan ini yang pada umumnya colokan hanya terdiri dari 2 lubang, tapi digantikan dengan lubang – lubang yang ada disekelilingnya.



Sehingga arah manapun colokan Anda akan bisa masuk kedalam colokan ini.

Tapi dalam hal ini masih dibutuhkan sebuah inverter agar kabel colokan bias masuk didalamnya.


yanko, dornob

1 February 2012

Sweet Music: Heaphone Choklat Valentine Day

Nampaknya ini cocok bagi Anda yang merayakan Valentine Day yang sebentar lagi dibulan ini.



Dinamakan Chocolate Scented Headphones, merupakan sebuah Head phones yang didesain dengan warna coklat dan bentuk bagian dari Head phone ini sendiri juga seperti bentuk Coklat.





Selain bentuknya yang seperti Coklat, aroma dari Headphone ini juga beraroma Coklat.





Produk ini merupakan produk dari Fu-Bi, dan dijual dengan harga 5.800 Yen atau sekitar Rp. 580.000.



Showroom Mobil Termewah di Dunia



Showroom mobil yang dilengkapi garasi berteknologi canggih di dunia hadir di Jerman. Showroom mobil yang banyak menjual Volkswagen ini berlokasi di Wolfsburg, Jerman.

Meski tergolong mahal namun tidak menyurutkan minat pecinta mobil untuk membeli produknya. Bahkan, showroom Autostadt mampu menjual sebanyak 600 mobil tiap harinya. Pada tahun lalu sekitar 175.893 mobil terjual kepada konsumen.

Terdapat keunikan dalam showroom mobil ini, dimana calon pembeli bisa melihat proses perakitan mobil tersebut. Tidak hanya itu, pada saat penyerahan mobil kepada konsumen, speedometer mobil masih menunjukan angka nol.

Hal tersebut terbilang langka saat ini. Rahasianya terdapat pada tangan-tangan robot yang bekerja di dalamnya.

Dengan tangan robot tersebut, mobil tidak perlu menyentuh tanah sehingga ban tidak perlu berputar. Meski pada proses pengiriman dari pabrik menuju showroom menggunakan tali pengikat gantung.

Lokasi pabrik dan showroom yang tergolong mewah bahkan terpilih sebagai lokasi syuting film Mission Impossible terbaru.

Seorang juru bicara Autostadt mengatakan, bahwa tempat ini layaknya taman otomotif yang bisa memukau para pecinta mobil. "Berada dalam mobil baru adalah momen berharga dan tiap pembeli serasa menjadi raja".



viva

Covert: Lindungi laci Anda

Jika Anda menyimpan sesuatu yang berharga dalam laci, ataupun tempat penyimpanan lainnya, tentunya perlu kunci agar barang Anda tersebut tidak kecurian.



Covert adalah sebuah kunci laci dengan sistim magnit yang sama sekali tidak terlihat sehingga membuat laci anda seperti laci yang tidak ada kuncinya.





Sistem kunci ini menggunakan magnit sebagai pengganti kuncinya, dan membuat pengait kunci yang ada didalamnya tidak terlihat.





Sedangkan untuk membukannya Anda cukup menempelkan kunci magnet tersebut dan geser supaya bias membuka Laci Anda.

Dengan system Covert ini Anda juga tidak perlu membuat lubang untuk memasang kunci.



quirky