29 January 2013

Sushi Bazooka


Sushi Bazooka, ini bukanlah senjata Bazzoka dengan pelurunya sushi, melainkan alat pembuat sushi yang bentuknya seperti Bazooka.





Dengan sushi Bazooka ini, Anda akan mudah dalam pembuatan sushi. Anda tinggal memasukkan nasi sushi yang tentunya lengkap dengan isi kandungannya, dan selembar nori, (bahan dari rumput laut yang biasa dipakai untuk membungkus sushi).




Bentuk sushi bulat panjang, yang keluar dari sushi Bazooka lalu kita potong - potong menurut ukuran yang kita kehendaki.



toxel

Whaletale: Menunggu pesawat yang delay, menjadi menyenangkan


Mungkin Anda pernah mengalami saat menunggu pesawat yang delay berjam - jam di bandara, yang tentunya menjadikan diri kita letih dan lelah, bosan dalam menunggu.



Apalagi pada saat kita menunggu, tempat duduk yang disediakan sudah penuh, terpaksa kita mondar - mandir, jongkok berdiri, dan lainnya.

Untuk mengatasi kondisi seperti itu, Whaletale sebuah koper yang merupakan hasil konsep dari Daye Kim, bisa berfungsi sebagai alas tidur atau tempat bermain, karena bagian depannya terdapat karpet yang cukup lebar, yang mampu menampung 1 orang dewasa, dan 1 anak kecil.



Tentunya jika Anda tidak kebagian tempat duduk diruang tunggu, Anda bisa rebahan atau duduk dikarpet ini sampai pesawatnya tiba.



fastcodesign

Tips Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air


Bagaimana jika Ponsel Anda terendam dalam air? Berikut ini langkah-langkahnya;

1. Segera ambil ponsel dari dalam air

Meski kelihatannya tertutup rapat, air dapat dengan mudah merembes ke dalam ponsel dalam waktu yang sangat singkat. Perbedaan waktu beberapa detik pun bisa menentukan hidup-mati gadget Anda.

Karena itu, keluarkan ponsel dari air sesegera mungkin, lalu langung matikan untuk mencegah korsleting (hubungan pendek arus listrik). Jangan nyalakan dulu sebelum dikeringkan.

2. Jangan coba mengambil ponsel terendam air yang sedang di-charge dan terhubung ke colokan listrik

Alasannya, listrik mungkin masih menyala dan bisa mengalir ke air di sekitar ponsel. Niatnya menyelamatkan ponsel, alih-alih jiwa sendiri bisa terancam. Matikan aliran listrik rumah terlebih dahulu, kemudian minta bantuan profesional.

Apabila ponsel jatuh ke air saat tidak sedang terhubung ke colokan listrik, silakan membaca langkah selanjutnya.

3. Segera keringkan ponsel dengan handuk atau kain, kemudian lepas semua cover dan baterainya

Ini adalah salah satu langkah yang paling penting. Kebanyakan komponen elektronik di dalam ponsel bisa selamat meskipun terkena air, asalkan tidak ada aliran listrik dari baterai.
wikihow.com

Untuk memeriksa kerusakan akibat air, periksalah pojok-pojok sekitar tempat baterai di area yang terdapat lingkaran atau kotak kecil berwarna putih, dengan atau tanpa garis berwarna merah.

Kalau warnanya bukan putih tetapi berubah menjadi pink atau merah, berarti ada kerusakan akibat rembesan air.

Baca buku manual dengan cepat jika tidak tahu cara melepas baterai.

4. Keluarkan kartu SIM dan memory card

Data dan informasi yang tersimpan di SIM atau kartu memori kadang lebih penting dibanding ponselnya sendiri. Karena itu, meski kedua komponen ini relatif tahan air, sebaiknya segera keluarkan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal.

Lalu, segera keringkan SIM dan kartu memori, jangan dimasukkan lagi sebelum ponsel benar-benar kering.

5. Lepaskan semua aksesori seperti headphone dan casing

Aksesori bisa memerangkap air sehingga mempersulit proses pengeringan. Segera lepas semuanya setelah ponsel dikeluarkan dari dalam air.

6. Ulangi usaha mengeringkan ponsel dengan handuk

Kali ini, usahakan agar lebih menyeluruh dibandingkan upaya pertama. Keringkan sebanyak mungkin air dari bagian luar dan dalam ponsel (kompartemen baterai) dengan cara mengelap perlahan memakai handuk.

Jangan menggerak-gerakkan ponsel agar air di dalamnya tidak bergerak ke sana ke mari. Upayakan agar posisi ponsel tidak berubah selagi dikeringkan. Perhatikan handuk agar jangan sampai tersangkut di sela-sela permukaan ponsel.

Membersihkan bagian dalam ponsel dengan alkohol bisa membantu menghilangkan air.

7. Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)


Untuk mengeringkan air dari dalam ponsel, gunakan vacuum cleaner bila ada. Nyalakan dan arahkan ke tiap-tiap bagian yang basah selama kira-kira 20 menit. Agar tidak pegal, bergantianlah memegangnya dengan orang lain. wikihow.com

Metode ini bisa mengeringkan ponsel dengan cepat sehingga dapat dinyalakan dalam waktu sesingkat-singkatnya setengah jam apabila ponsel hanya tercelup sebentar ke dalam air.

Jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat ke ponsel karena alat ini menghasilkan listrik statis yang bahkan lebih berbahaya untuk ponsel dibandingkan air sekalipun.

Jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) atau benda apa pun yang sifatnya meniupkan angin untuk mengeringkan ponsel, meskipun disetel ke posisi "dingin". Alat-alat tersebut bisa mendorong air dan kelembaban lebih jauh ke dalam ponsel sehingga berpotensi memperparah kerusakan.

8. Gunakan bahan penyerap air untuk mengeringkan ponsel


Contoh yang banyak tersedia adalah beras. Masukkan ponsel ke dalam beras dan biarkan semalaman atau lebih lama.wikihow.com

Bahan yang lebih efektif adalah silica gel atau penyerap kelembaban lain. Masukkan ponsel bersama silica gel ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Agar lebih efektif, putarlah posisi ponsel tiap beberapa jam sekali supaya air yang terperangkap di dalam bisa mengalir ke luar lewat bawah.

9. Keluarkan ponsel, lalu letakkan di atas handuk, sapu tangan, atau kain lainnya.


Apabila ternyata masih ada kelembaban di handuk atau sapu tangan, ulangi pengeringan dengan vacuum cleaner dan langkah-langkah selanjutnya.

10. Coba nyalakan ponsel

Setelah berusaha maksimal dan menunggu selama setidaknya 24 jam, kini saatnya coba menyalakan ponsel.

Periksa dulu tiap bagian ponsel untuk memastikan bahwa perangkat yang bersangkutan benar-benar kering. Kemudian, pasang baterai ke dalam posnel, nyalakan, dan lihat apakah ponsel sudah berfungsi normal.

Jika ponsel benar-benar kering tapi tak mau menyala, cobalah hubungkan ke charger. Apabila ponsel bisa menyala dengan cara ini, kemungkinan baterai rusak dan harus diganti.

11. Jika masih tidak bisa menyala, bawa ponsel ke lokasi servis profesional

Jangan coba membongkar ponsel sendiri tanpa bantuan tenaga profesional. Anda berpotensi terpapar bahan kimia berbahaya dari ponsel atau tersengat aliran listrik.

Apabila ponsel menyala tapi tak berfungsi normal, ada kemungkinan telah terjadi korosi akibat air yang masih tertinggal. Lepaskan semua baterai dan aksesori, lalu coba keringkan kembali dan bersihkan kontak-kotak metal.


kompastekno

Sensor tanaman; Parrot Flower Power


Sebuah alat sensor untuk tanaman sudah berhasil di buat dan yang paling penting adalah agar tanaman tdak cepat mati.



Alat ini diberi nama Parrot Flower, dan didalamnya terdapat 4 buah sensor, yang bisa digunakan untuk memngukur sinar matahari, kelembanan suhu dan kesuburan tanah.

Dengan melalui aplikasi yang ada (khusus i OS), sensor akan mengirimkan info (push notification)setiap saat ke ponsel kita dengan bantuan koneksi Bluetooth.


Alat ini juga menyediakan kurang lebih 6.000 data, mengenai tanaman yang dikembangkan oleh para ahli, sehingga Anda hanya perlu memilih jenis tanaman yang Anda inginkan, kemudian setting akan bekerja sendiri dengan otomatis.




Pemotong selotip dengan LCD, memotong sesuai panjang kebutuhan


Sebuah perusahaan stationari ternama Jepang, KOKUYO, memperkenalkan sebuah produk yaitu tempat selotip, atau pemotong selotip elektrik, yang bisa memotong selotip sesuai dengan kebutuhan panjangnya.



Biasanya waktu kita mengambil selotip dari tempatnya, sulit untuk mengira - ngira panjangnya. Kadangkala kepanjangan dan sebaliknya kependekan.


Pemotong selotip digital ini dilengkapi dengan LCD, dan ada tombol yang gunanya untuk menyetel panjang selotip yang kita inginkan. Jadi kita tidak perlu membuang sisa selotip jika saat kita megambail selotip terlalu panjang.

Dan jikalau kita menginginkan dengan sistem manual, pemotong selotip ini juga bisa diseting menjadi pemotong biasa seperti pada umumnya.



newlaunches

21 January 2013

Teru Teru Bozu (boneka penangkal hujan)


Teru teru bōzu (bahasa Jepang: 照る照る坊主、てるてる坊主) adalah boneka tradisional Jepang yang terbuat dari kertas atau kain putih yang digantung di tepi jendela dengan menggunakan benang.

Dari segi bentuk dan pembuatannya, boneka tersebut mirip dengan boneka hantu seperti yang dibuat pada saat Halloween. 


Jimat ini diyakini memiliki kekuatan ajaib yang mampu mendatangkan cuaca cerah dan menghentikan atau mencegah hujan. 

Dalam bahasa Jepang, teru adalah kata kerja yang berarti "bersinar" atau "cerah", dan bōzu dapat berarti bhiksu, atau dalam bahasa pergaulan masa kini dapat berarti "kepala botak"; kata itu juga merupakan istilah akrab untuk menyebut bocah lelaki.[1]

Teru teru bōzu menjadi populer selama zaman Edo di antara masyarakat urban,[2] di mana anak-anak membuatnya untuk memohon cuaca baik sehari sebelumnya dan bernyanyi "pendeta cuaca baik, cerahkan cuaca esok hari."[2]

Secara tradisonal, jika cuaca berubah cerah, mereka akan digambari mata (bandingkan dengan daruma), sesajen berupa sake suci (神酒) dituangkan pada mereka, kemudian dihanyutkan di sungai. 


Di masa kini, anak-anak membuat teru-teru-bōzu dari kertas tisu atau kapas dan benang lalu menggantungnya di jendela ketika mengharapkan hari yang cerah, seringkali sebelum hari piknik sekolah. 

Menggantungnya secara terbalik berarti memohon agar hujan turun.

Teru-teru-bōzu, teru bōzu

Ashita tenki ni shite o-kure

Itsuka no yume no sora no yō ni

Haretara kin no suzu ageyo

Teru-teru-bōzu, teru bōzu

Ashita tenki ni shite o-kure

Watashi no negai wo kiita nara

Amai o-sake wo tanto nomasho

Teru-teru-bōzu, teru bōzu

Ashita tenki ni shite o-kure

Moshi mo kumotte naitetara

Sonata no kubi wo chon to kiru zo



indonesiaindonesia.com

wikipedia

Orang Indonesia di Balik Game "Assassin's Creed"


Seri video game dari Ubisoft yang kini telah mencapai judul kelima (Assassin's Creed III) dikenal sebagai permainan yang menyajikan gameplay terbuka di tengah tempat-tempat historis yang tervisualisasi dengan indah.

Dalam seri game ini pemain menjelajahi lokasi-lokasi bersejarah, seperti kota Istanbul pada zaman Ottoman, Roma dalam masa Renaissance, serta Amerika Serikat sewaktu dilanda perang saudara. Semuanya ditampilkan dengan detail lingkungan dan arsitektur yang akurat sesuai era masing-masing.

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras yang tidak sedikit, mulai dari riset sejarah, kunjungan ke lokasi yang sesungguhnya, hingga proses pengembangan lingkungan dalam game. Nah, di sinilah Richard Wych Bharata Setiawan, seorang kelahiran Indonesia, memainkan peranannya.

ubisoft



Lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti ini menjabat sebagai Level Artist di studio besar Ubisoft di Montreal, Kanada.

Sebagai perancang lingkungan game, Richard terlibat dalam pembuatan sejumlah game dalam seri Assassin's Creed, termasuk Brotherhood dan Revelations yang merupakan ekspansi dari judul Assassin's Creed II. Dia juga turut menangani proses desain dalam seri game populer lain bikinan Ubisoft, yaitu Prince of Persia.

Dari lokal ke mancanegara

Richard tidak serta-merta melompat ke Kanada begitu lulus kuliah. Pria yang akan segera menikah dalam waktu dekat ini mengawali kariernya sebagai desainer grafis di Forhet pada 2005. Lebih kurang setahun kemudian, dia bergabung dengan Matahari Studios—sebuah pengembang game lokal—sebagai special effects artist.

"Kebetulan, saya lalu dapat informasi bahwa Ubisoft akan membuka studio di Asia Tenggara," ujar pria yang mengaku belajar mendesain obyek-obyek dalam game secara otodidak ini.



Jadilah Richard mengajukan lamaran sebagai special effects artist. Tetapi, posisi yang diinginkannya itu ternyata tidak tersedia. Richard lantas nyemplung sebagai level artist dan modeller di Ubisoft Singapura pada tahun 2008 silam. Dia adalah salah satu dari dua orang Indonesia yang tergabung dalam tim awal studio Ubisoft Singapura yang berjumlah 25 orang.

"Ketika itu ada kejadian lucu di mana saya diminta mengisi form pekerjaan. Saya diberikan laptop, tetapi keyboardnya menggunakan bahasa Perancis. Lama sekali saya mengisinya karena harus mencari huruf yang tepat satu per satu, ha-ha-ha," ujar Richard sambil tergelak ketika mengenang pengalamannya tersebut. Maklum, Ubisoft adalah perusahaan asal Perancis. Rupanya mereka lupa membawa peralatan yang cocok untuk kawasan Asia Tenggara.

Tiga tahun bekerja di Singapura, Richard lantas pindah ke studio utama Ubisoft di Montreal, Kanada, di mana dia bermukim hingga kini.

Pengalaman Richard menggunakan keyboard berbahasa Perancis berlanjut dalam bentuk yang berbeda di Montreal karena bahasa Perancis adalah bahasa utama di kota itu. Richard pun makin getol belajar bahasa Perancis. "Sekarang sudah tidak kaku lagi berbahasa Perancis meskipun masih harus banyak belajar," ujarnya.

Pekerjaan kolosal

Melihat tampilan dunia dalam seri game Assassin's Creed yang luas dan begitu mendetail, dapat dibayangkan bahwa pembuatnya pastilah bekerja keras untuk merealisasikan lingkungan game dari gambaran konsep yang ditetapkan sebelumnya.

Di studio Ubisoft, sebagian besar tanggung jawab ini berada di pundak art director yang memberikan arahan seputar rancangan game pada sejumlah sub-bagian, termasuk character design dan level designer yang menjadi atasan Richard.

"Kalau diumpamakan, level designer membuat 'mangkuk' lingkungan dunia game berikut 'level box' yang mewakili obyek-obyek dalam dunia game. Level artist seperti saya kemudian mewujudkan dunia itu sesuai arahan," jelas Richard mengenai bidang pekerjaannya.

Dari situ, Richard bersama tim level artist memikirkan kira-kira arsitektur seperti apa yang sesuai dengan setting game, lalu bekerja membuat obyek-obyek dan lingkungan dalam game berdasarkan referensi yang didapat berikut limitasi interaksi dalam game yang ditetapkan oleh programmer.

Kadang proses ini bisa membuat pusing tujuh keliling. Richard memberi contoh salah satu level dalam game Assassin's Creed: Brotherhood yang menampilkan reruntuhan Colosseum di Roma, Italia, lengkap dengan ruang-ruang bawah tanahnya.


"Kami harus membuat Colosseum sesuai dengan keadaannya pada abad ke-15, tahun 1400-an, sementara gambar-gambar referensi yang tersedia hanya dari tahun 2000-an," ungkap Richard. Kendati demikian, nyatanya di tengah keterbatasan itu tim pengembang Ubisoft tetap berhasil memvisualisasikan desain Colosseum yang megah.

Ketika itu, Richard antara lain bertanggung jawab membuat setting dungeon atau ruang tahanan bawah tanah di Colosseum yang juga dipakai sebagai arena kejar-kejaran menggunakan kuda di dalam game. "Proses pembuatannya lama sekali, tapi ketika dimainkan dalam game, lima menit saja level-nya sudah lewat, ha-ha-ha," ucap Richard.

Dalam proses pembuatan game, Ubisoft menerapkan sistem milestone atau target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Jika sudah dekat waktu deadline, Richard kerap lembur demi merampungkan pekerjaan.

Tantangan dalam melakukan proses desain lingkungan game itu pun selalu mengalami eskalasi dari judul ke judul. Menurut Richard, ini karena Ubisoft selalu meminta rancangan yang lebih detail untuk game berikutnya. "Pengerjaan dari Assassin's Creed II ke Brotherhood lalu setelah itu ke Revelations, misalnya, selalu harus disertai dengan peningkatan kualitas sehingga kami harus bekerja lebih giat lagi."

Saat semuanya sudah selesai, dunia game kemudian digabungkan dengan bagian-bagian lainnya, seperti karakter game hasil rancangan character artist dan fashion designer yang juga dibuat berdasarkan referensi faktual.

Hasil karya Richard bisa dilihat di serangkaian judul game dalam seri populer ini, mulai dari Assassin's Creed II, Assassin's Creed: Brotherhood, Assassin's Creed: Revelations, hingga yang terbaru Assassin's Creed III, yang tersedia untuk platform PC dan konsol game, seperti Xbox 360 dan PlayStation 3.

Gerilya


Richard mengaku menikmati bekerja di studio terbesar Ubisoft di Montreal. "Suasananya cair, kekeluargaan. Semua karyawan, misalnya, makan siang bersama tanpa memandang posisi atau jabatan."

Meski begitu, pria yang mengaku suka main game untuk melihat-lihat desain lingkungannya dan mencari inspirasi ini masih menyempatkan diri pulang ke Tanah Air dengan memanfaatkan waktu senggang antarpembuatan judul game.

"Kebetulan, sekarang lagi in-between, jadi bisa pulang ke rumah," ujar Richard ketika ditemui KompasTekno di sela-sela gelaran Indocomtech 2012 di Jakarta, November lalu. Saat itu, seri game terbaru yang turut ditangani Richard, Assassin's Creed III, memang telah rampung dan baru dirilis ke pasaran.

Soal industri game di Indonesia, Richard mengatakan bahwa sebenarnya terdapat banyak talenta berbakat di Tanah Air. Hanya saja, menurut Richard, di samping belum adanya investor besar yang berani mendanai pembuatan game seperti Assassin's Creed, ada hal lain yang sedikit mengganjal kemajuan dunia game Nusantara dalam mengembangkan game berskala besar.

"Banyak yang bagus, tapi kebanyakan dari mereka bergerak seperti pejuang gerilya zaman kemerdekaan, yaitu terpisah-pisah antardaerah. Seandainya saja bisa disatukan, tentu bisa kuat sekali," ujar Richard.

Bagaimana dengan para rekan seprofesi yang memutuskan untuk mengadu nasib di negeri orang, seperti Richard sendiri? Menurut dia, hal tersebut berkaitan dengan besarnya penghargaan atas karya mereka yang bisa diperoleh di luar negeri.

"Namanya juga memenuhi kebutuhan hidup. Di Indonesia banyak talenta pembuat game berkualitas internasional, tapi penghasilannya kurang. Seandainya keadaan itu berubah, pasti semua yang bekerja di luar negeri akan pulang kampung dengan senang hati," tandasnya.



kompastekno

17 January 2013

Mesin charge Mobil Listrik dengan koin



Layaknya sebuah Vending Machine atau mesin penjual umumnya, mesin charge yang dipakai untuk charge baterai mobil listrik ini, terlebih dahulu harus memasukkan uang koin, baru bisa kita memakainya.

Mesin ini diperkenalkan oleh Fuji Electric Co. Ltd. yang merupakan mesin charge pertama di Jepang, bahkan mungkin pertama di dunia.

Menurut Fuji Electric, mesin charge ini mempunyai beberapa keuntungan, yang salah satunya adalah mesin ini bisa digunakan oleh siapapun dan pemilik atau pengelola mesin ini akan lebih banyak mendapatkan keuntungan dengan modal yang cepat kembali.

Mesin ini bisa mengisi ulang baterai listrik di mobil sesuai kebutuhan, dan setiap kali isi ulang maksimal bisa sampai 60 menit atau 1 jam.

Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengisian maksimal adalah sebesar 9.990 Yen.
Alat tambahan mesin isi ulang ini dijual dengan harga 600.000 Yen, dan hanya bisa dipasang pada mesin charge dari Fuji Electric saja.



greenauto

Facebook Perkenalkan Mesin Pencari "Graph Search"


Dalam sebuah acara besar pertama mereka semenjak pengumuman penawaran saham perdana (IPO) pada Mei 2012, Facebook mengumumkan produk terbaru mereka yang disebut Graph Search, Rabu (16/1/2013).

Graph Search, senada dengan namanya, merupakan sebuah produk layanan pencarian (search engine). Namun, Mark Zuckerberg, CEO sekaligus pendiri Facebook, dengan tegas menyatakan bahwa produk ini berbeda jauh dari layanan pencarian yang dimiliki Google.

"Web search (layanan pencarian seperti Google) didesain untuk mencari query yang terbuka dan memberikan Anda tautan ke jawaban yang mungkin benar," kata Zuckerberg.

"Graph Chart didesain untuk melakukan pencarian query yang tepat dan memberikan Anda jawabannya ketimbang memberikan tautan yang mungkin menyediakan jawabannya," tutur Zuckerberg.

Sebagai contoh, para pengguna bisa meminta Graph Search mencari dengan query seperti "Siapa teman saya yang tinggal di Jakarta?". Secara otomatis, sistem akan mencari jawaban pertanyaan tersebut dari miliaran data di basis data Facebook, bukan dari tempat lain.

Para pengguna juga dapat melakukan pencarian dari pertanyaan spesifik, seperti "Siapa saja orang yang tinggal di Indonesia?" atau "Rumah makan apa saja yang terdapat di Jakarta?".

Bahkan, para pengguna layanan ini dapat memberi pertanyaan berdasarkan minat seperti "Siapa teman saya yang merupakan penggemar Star Wars dan Harry Potter?".

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan Graph Search untuk kegiatan perekrutan karyawan. Sebagai contoh, jika pengguna ingin mencari seorang akuntan baru, pengguna dapat mengetikkan pertanyaan "Siapa yang berprofesi akuntan di Jakarta?".

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (16/1/2013), Graph Search baru masuk ke tahap beta secara terbatas mulai hari ini.

"Kami akan memulai secara terbatas layanan dari produk Graph Search saat ini, tetapi ini akan dimulai dengan tidak terlalu cepat. Kami perlu mendapatkan data dari orang yang menggunakannya, jadi kami bisa membuat data yang lebih baik. Namun, kami ingin menghadirkan layanan lebih banyak orang dalam beberapa minggu atau bulan mendatang," kata Zuckerberg.



kompastekno

EatWave Vending Machine; Vending Machine yang menjual sekaligus makanan dan minuman panas dan dingin


EatWave Vending Machine; Vending Machine yang menjual sekaligus makanan dan minuman panas dan dingin.

Vending Machine ini merupakan Vending Machine pertama didunia, yang mengkombinasi sekaligus menjual makanan dan minuman panas dan dingin.

Memang kalau pada Vending machine bisa menjual kombinasi minuman panas dan dingin, tapi EatWave ini sekaligus mengkombinasi dalam penjualan makanan dan minuman panas dan dingin.


Vending Machine yang dilengkapi dengan Intel Core i7

Nampaknya perkembangan kemajuan teknologi, terutama pada Vending Machine atau mesin penjual otomatis semakin pesat.


Salah satunya adalah Vending Machine minuman Coca Cola yang menggunakan sebuah prosesor Intel Core i7 didalam sistem Vending Machine.



Vending Machine ini selain bisa berfungsi mengeluarkan minuman, namun juga bisa mengambil gambar dan Video Anda dengan hasil resolusi Full HD atau 1080p.


Tidak hanya itu, Vending Machine ini juga dilengkapi dengan layar sentuh 46", QR, dan Wi-Fi.



venturebeat

Manfaat Minuman Bersoda


Siapa bilang minuman bersoda tak membawa manfaat? Memang, banyak penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Namun ternyata ada manfaat hebat yang bisa didapat dari jenis minuman ini;



Membersihkan karat

Ya, minuman mengandung soda ternyata mampu membersihkan perabot besi yang berkarat hingga mengkilap. Caranya cukup siramkan soda pada perabot berkarat, lalu diamkan sejenak dan gosok hingga bersih.


Menghilangkan noda darah

Jika tak sengaja baju atau seprey Anda bernoda darah, gunakan minuman soda untuk mencuci bagian nodanya. Setelah noda darah hilang, baru bersihkan menggunakan sabun.

Sengatan ubur-ubur

Disengat ubur-ubur akan terasa sangat sakit dan membuat tubuh membengkak. Jika begitu, maka siramkan bagian luka Anda dengan minuman soda.

Membersihkan kaca

Jika kaca jendela Anda terlihat kusam dan kotor, maka gunakan kain yang telah direndam dalam minuman soda. Setelah itu gosokan kain tersebut pada jendela yang kusam.

Membersihkan pantat wajan

Jika alat masak Anda hitam karena api kompor, misalnya panci dan wajan, maka siramkan minuman soda saat mencucinya, lalu diamkan sejenak. Kemudian gosok hingga gosong hitamnya hilang.

Membersihkan kotoran permen karet

Saat rambut, atau baju, atau perabot rumah Anda terkena permen karet, tentu sulit membersihkannya, bukan? Gunakan soda untuk memudahkan melepas permen karet yang menempel.


sidomi

16 January 2013

Vending Machine yang menjual 3D printing

Vending Machine atau mesin penjual otomatis, yang biasanya menjual makanan, minuman, dan beberapa part lainnya.


Tapi Vending Machine yang dibuat oleh DreamVendor ini adalah Vending Machine yang bisa menghasilkan cetakan atau printing dalam bentuk 3 dimensi.



Carannya kita hanya perlu membawaa file gambar yang hendak kita cetak dalam sebuah memori card SD, lalu kita masukkan kedalam slot yang sudah disediakan dalam Vending Machine tersebut, maka tidak lama kemudian hasil cetakkan yang kita inginkan akan keluar dari Vending Machine, melalui tempat yang sudah disediakan.

Meskipun Vending Machine ini masih dalam bentuk sederhana, dan masih dijadikan proyek percontohan yang diletakkan di Virginia Tech’s DREAMS Lab, namun kedepannya nanti diharapkan mesin ini bisa dipakai di masyarakat.



device

Ilusi Ruangan yang seksi


Pada gambar ini gunakan ilusi Anda untuk mencermatinya. Silahkan Anda resapi dan hayati pada setiap sudut ruangan.

Ilusi apa yang Anda dapatkan..?


newopticalillusions

Frank Zamboni Doodle Google hari ini 16 januari 2013


Hari ini, 16 Januari 2013, jika anda membuka mesin pencari Google, maka tampilan pada Google doodle adalah sebuah game Ice Rink Re-surfacer, yang nampaknya menarik sekali untuk dicoba.



"Ice Rink Re-surfacer" ini merupakan temuan dari Frank Zamboni. Mengenai biography Frank Zamboni, Boku no Blog tidak mengulasnya, Anda bisa mencari petunjuk di Wikipedia.



Cara memainkan permainan Ice Rink Google Doodle

Untuk memainkan permainan Ice Rink Google Anda harus mengklik pada tombol putar di tengah Google Doodle, permainan akan dimulai dan beberapa skaters akan keluar dan meluncur pada cincin es, setelah mereka mengacaukan es, Anda harus keluar dengan scraper es Anda dan mengikis es.


Gunakan tombol kiri dan kanan mouse untuk memindahkan cincin es, Selain itu Anda juga harus memperhatikan bahan bakar Anda, jika permainan akan berakhir.

Selamat mencoba..


3d-car-shows

Kemasan Universal

Kemasan inovatif yang dirancang oleh Patrick Sung memungkinkan orang untuk dengan mudah bisa mengirimkan benda dari segala bentuk dan ukuran.


Sistem kemasan universal terbuat dari bentuk segitiga kecil. Setiap lembar bisa membungkus berbagai macam barang dengan ragam bentuknya.





Kemasan inovatif yang dirancang oleh Patrick Sung memungkinkan orang untuk dengan mudah mengirimkan benda dari segala bentuk dan ukuran.

Sistem Kemasan Universal terbuat dari segitiga kecil. Setiap lembar bisa dilipat sesuai dengan ragam bentuk objek apapun.

Ini berarti paket yang lebih kecil dan lebih kuat. Tidak ada lagi ruang yang sia sia.

Akankah kemasan universal yang menggantikan kotak kardus biasa?


toxel

Skytender trolley, bartender minuman dalam pesawat


Kalau kita sedang naik pesawat, tentunya ada pramugari yang mendorong trolley yang berisikan minuman yang akan diberikan ke para penumpang pesawat.



Namun dengan trolley kali ini, nampaknya para pramugari akan terbantu kerjannya dalam menyiapkan minuman untuk para penumpang.


Prinsipnya hampir sama dengan Vending Machine minuman, yaitu dengan hanya menekan layar sentuh yang ada, dan memilih minuman sesuai dengan yang diinginkan oleh penumpang pesawat.

Didalam trolley ini tersedia minuman sebanyak 30 jenis minuman, mulai dari air putih, jus, kopi, teh dan cocktails.



Skytender trolley ini dilengkapi dengan RFID, sehingga pramugari tidak perlu repot memilih minuman yang dimasukkan dalam trolley.

Jadi secara otomatis minuman akan keluar sesuai dengan pilihan layar sentuh yang ada dan sesuai dengan minuman yang dipesan oleh penumpang pesawat.



gizmag

14 January 2013

Tempat tidur serasa tidur dengan wanita

Ini merupakan bisnis yang boleh dibilang unik yang ada dikota Akihabara, Jepang. Dinamakan Soine-ya atau tidur bersama, ini ditujukan untuk kaum pria saja yang mana kita bisa merasakan tidur bersama dengan seorang wanita.

Tapi jangan Fiktor dulu (fikiran kotor, hehehe.), karena disini bukanlah bertujuan untuk berbuat yang neko-neko. Ini hanya membuat para lelaki merasakan sekedar untuk tidur saja dan merasakan seperti tidur bersama seorang wanita. 

Jika Anda ingin tidur disana, Anda harus membayar 3.000 Yen atau sekitar Rp.360.000 untuk waktu 20 menit. Jika ingin merasakan tidur dalam pangkuan seorang wanita, Anda harus membayar sekitar Rp.125.000 lagi untuk 3 menit saja. 

Hmmmm,..sistemnya seperti apa ya,..jika Anda kebetulan berada dikota Akihabara ini capek berkeliling mencari barang elektronik, Anda bisa mencoba di Soine-ya ini. 

 kotaku

Replika Janin dalam bentuk 3D

Pada umumnya para Ibu yang mau melahirkan, atau sedang hamil saat memeriksakan kandungan pada dokter kandungan, menggunakan USG, agar bisa tahu kondisi janin yang ada dalam kandungan dalam kondisi sehat, bermasalah atau tidak.

Bahkan ada diantara para Ibu yang menyimpan photo hasil USG kandungannya. Saat ini tidak hanya photo atau hasil USG saja yang merupakan gambar dari janin yang ada dalam kandungan, namun janin tersebut bisa dibuatkan replika dalam bentuk 3D. 

Hal ini merupakan kerjasama dari Parkside Hiroo Ladies Clinic di Jepang, dengan perusahaan Fasotec dalam membuat replika janin dalam bentuk 3 dimensi. 

Untuk membuat replika janin ini, Ibu yang sedang mengandung janin terlebih dulu masuk ke dalam mesin MRI untuk dilakukan pemindaian bentuk janin dalam kandungan dengan bantuan software 3D, dan dengan printer 3D tersebut bisa dicetak janin dengan ukuran 90 x 60 x 40 mm. 

Jika Anda ingin membuat replika janin Anda dalam bentuk 3 dimensi, Anda memerlukan biaya sebesar 100.000 yen atau sekitar Rp.12 jutaan. 


 rocketnews24

Sepeda Motor Listrik Buat Anak-anak

Mecatecno, produsen sepeda motor listrik asal Barcelona, Spanyol, menghadirkan T8 yang dibuat khusus untuk anak-anak dengan model seperti motocross. Karena tujuan diproduksi untuk belajar, maka bobotnya ringan 24kg. Untuk jalan mengandalkan motor listrik yang mempunya tenaga maksimum 0,6 PS dan bisa melaju maksimal 22 kpj. 

Energi dihasilkan dari sepasang baterai 12V 9Ah yang diletakkan di bawah jok dan mampu bertahan hingga 2 jam. 

Karena kecepatannya tidak terlalu tinggi, sistem rem menggunakan model V atau yang biasa dipakai pada sepeda yang dibuat khusus agar tidak mentok dengan ban model off-road yang menempel pada pelek berukuran 8 inci. 

Berminat? Pemesanan hanya bisa dilakukan melalui online di situs resminya dengan banderol 954 euro atau sekitar Rp 11,5 juta.  

kompas oto

Solowheel, Kendaraan Elektrik Portable dengan Satu Roda


Bukan hanya diramaikan oleh Smartphone dan gadget terbaru, ajang tahunan CES 2013 juga diramaikan oleh hadirnya sebuah peralatan teknologi terbaru dibidang transportasi. Kendaraan elektrik yang diberi nama SoloWheel ini cukup menyita perhatian para pengunjung CES. SoloWheel mampu berlari dengan kecepatan maksimal 16 km/jam. Uniknya, Solowheel memiliki satu roda yang terlindungi dan terdapat dua pedal di setiap sisinya. Anda hanya perlu waktu sekitar 2 jam untuk mengisi ulang energi secara penuh. 

Dengan menggunakan kendaraan canggih ini, Anda bisa berjalan-jalan di mall atau sekedar mengantarkan Anda ke kantor untuk menghindari kemacetan. 

Walaupun rodanya hanya satu, tapi Anda tidak usah khawatir akan mengalami kesulitan dalam menjalankannya. 

Solowheel didukung gyro-sensor yang membantu menjaga keseimbangan pengendara, sehingga dijamin Anda tidak akan jatuh, kecuali kalau Anda ditabrak.  

teknologi

3 January 2013

Ramalan untuk Google di 2013

Tahun 2012 boleh jadi momen yang besar bagi Google. Tahun 2012 ini, mereka meluncurkan berbagai perangkat Nexus dan memperkenalkan Google Project Glass.


Di tahun 2013, Google diyakini akan meluncurkan beberapa produk baru untuk menggantikan produk-produk lamanya. Kira-kira produk atau inovasi baru apa yang akan Google perkenalkan di tahun 2013?
 Berikut prediksi 5 hal yang akan dilakukan oleh Google di tahun 2013, seperti dikutip dari CNET.  

1. Seri Nexus baru. 

Tahun 2012 ini, Google meluncurkan tiga seri Nexus sekaligus, yaitu tablet Nexus 7 dan Nexus 10, ditambah sebuah seri smartphone, Nexus 4. 

Hingga saat ini, Google memang belum mengungkapkan jumlah pasti dari penjualan ketiga perangkat tersebut. 

Namun, banyak yang memprediksi seri Nexus tersebut mendapat sukses besar di pasaran. Hal tersebut terlihat dari sedikitnya jumlah stock perangkat tablet dan smartphone tersebut di pasaran. 

 Berdasarkan kesuksesan tersebut, Google diyakini akan semakin tancap gas di pasaran hardware. Perusahaan raksasa internet ini diprediksi akan meluncurkan seri Nexus 7 baru pada ajang Google I/O pada bulan Mei 2013 mendatang. 

Selain itu, ada kemungkinan Google memperkenalkan smartphone Nexus baru dan juga update dari Nexus 10 di tahun 2013. 

 2. Android akan jadi pilihan utama para pengembang aplikasi? 

Pada Desember 2011, para petinggi Google memprediksi para pengembang akan memprioritaskan Android. 

Para pengembang diyakini akan lebih memilih untuk mengembangkan aplikasi untuk Android terlebih dahulu, barulah di platform lain. 

Sayangnya, prediksi tersebut sedikit meleset. Hingga saat ini, para pengembang lebih memilih untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS terlebih dahulu. 

 Kemungkinan besar, hal ini bisa terjadi karena reputasi pengguna Android yang lebih sulit untuk di-monetize. 

Bukan rahasia lagi, apabila toko aplikasi App Store milik Apple memiliki pendapatan jauh lebih besar dibandingkan Google Play, yaitu sekitar 300 persen. Namun, hal tersebut tampaknya akan sedikit berubah di tahun 2013. 

Berkat lakunya Nexus 10 di pasaran, para pengembang mulai kembali giat dalam meluncurkan aplikasi untuk perangkat tablet berbasis Android. Selain itu, jumlah aplikasi antara Apple App Store dan Google Play Store pun sudah nyaris sama.  

3. Kacamata masa depan Google mulai beredar. Bagaimana reaksi dunia? 

Kacamata pintar Google dipamerkan di depan para pengembang aplikasi yang datang ke konferensi Google I/O 2012 di San Fransisco, AS, Rabu (27/6/2012). 

Kacamata yang akhirnya dinamakan Google Glass Explorer Edition ini sudah bisa dipesan mulai tanggal tersebut dengan harga 1.500 dolar AS. 

 Pada awal tahun 2013, kacamata tersebut akhirnya akan dikirimkan Google kepada para pengembang yang memesan perangkat tersebut. 

Sejak awal perkenalannya, kacamata sekaligus PC ini mendapatkan pandangan miring dari para pengamat. 

Mereka mengeluarkan sebuah pertanyaan besar, siapa yang mau menggunakan komputer di kepala? Nah, para pengembang yang sudah menerima perangkat ini tentunya bisa memberikan sedikit jawaban nyata dari pertanyaan tersebut. 

 4. Search Engine yang lebih baik. 

Apabila Google tidak meluncurkan produk search engine di awal karirnya, kemungkinan besar perusahaan ini tidak akan bisa menjadi sebesar sekarang ini. 

Di awal karirnya tersebut, Google berhasil melawan dominasi perusahaan search engine lainnya, yaitu Yahoo. Di tahun 2013, Google diperkirakan akan mempercanggih produk yang telah membesarkan namanya ini. 

Dengan database baru yang terdiri dari data 500 juta orang, benda, dan tempat, diyakini Google mampu menampilkan search engine yang lebih advance di 2013.  

5. Mau dibawa ke mana produk Q? 

Di tahun 2012 ini, Google meluncurkan sebuah produk yang dinamakan Q. Q adalah sebuah alat yang mengizinkan penggunanya untuk melakukan streaming video melalui Google Play Store dan YouTube. 

 Banyak yang mencibir keputusan Google untuk meluncurkan perangkat tersebut mengingat keterbatasan pilihan streaming video yang disediakannya. 

Namun, Google diyakini akan berbuat sesuatu dengan Q di 2013 ini. Para pengamat memperkirakan sedang mempersiapkan hal baru untuk perangkatnya ini. 


 kompastekno

Aku sudah kembali lagi...

Sebelumnya Boku no Blog mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2013" kepada semua "Bokunity" (Sahabat setia, pengunjung dan pembaca postingan blog Boku no Blog). Semoga ditahun 2013 ini, kesuksesan dan kebaikan akan selalu menyertai kita semua.
Sudah hampir 5 bulanan, Boku no Blog vakum dalam hal postingan, maupun kegiatan Blogwalking ke semua sahabat Boku no Blog. 

Hal ini dikarenakan adanya kesibukan didunia offline, yang mengakibatkan vakumnya Boku no Blog dan tidak ada share postingan dari Boku no Blog. 

Selain kesibukan didunia offline, ada hal yang harus dilakukan berkaitan dengan pekerjaan, yaitu dinas kerja luar ke Jepang selama 2 bulan di Jepang. Karena kesibukan-kesibukan itulah maka update entri terbaru dari Boku no Blog, mulai bulan Agustus 2012 jarang sekali bahkan tidak ada. 

Meskipun demikian, sampai saat entri baru Boku no Blog kali ini, Boku no Blog tetap ingin eksis dan bersemangat untuk menjalin persahabatan antar sesama Blogger, saling share, berbagi informasi, teknologi, ilmu pengetahuan yang sekirannya harapan dari Boku no Blog, meskipun itu kecil dan sedikit bisa menambah pengetahuan bagi para pengunjung dan pembaca semua. 


 Salam Blogger.. 

 (image:1,2)