28 August 2013

Vivo X3 : Smartphone “Tertipis” Di Dunia


Dengan semakin melaju pesatnya pemakaian dan penjualan smartphone diseluruh dunia, membuat beberapa perusahaan smartphone berlomba-lomba untuk membuat inovasi agar produknya bisa laku keras dipasaran.

Sebut saja Vivo X3, ini adalah smartphone buatan China, vendor BBK yang saat ini merupakan smartphone paling tipis di dunia. Kalau dibandingkan dengan smartphone yang muncul sebelumnya yaitu Huawei Ascend P6 dengan ketebalan 6,1mm dan iPhone 5 dengan ketebalan 7,6 mm, nampaknya Vivo X3 lah yang paling tipis dengan ketebalan 5,6 mm.

Vivo X3 dilengkapi prosesor MediaTek 1,5 Ghz quad-core, modul kamera 8 MP di bagian belakang, dan kamera 1 MP di bagian depan.

Untuk sepesifikasi lainnya, Vivo X3 memakai operasi sistem Android 4.2, dan dilengkapi dengan chip khusus audio ESS. Media penyimpanan internalnya berkapasitas 16 GB. Tapi tidak disediakan slot kartu memori untuk menambah kapasitasnya. Sedangkan baterainya memiliki kapasitas 2.000 mAh.

Menurut informasi, Vivo X3 akan dirilis pada tanggal 1 September 2013 mendatang di China dan dibandrol harga 408 dollar AS atau sekitar Rp 4 juta-an.


engadget, Ubergizmo

23 August 2013

Metode Baru “Alat Pencegah Kecurangan Ujian Seperti Kacamata Kuda”

image:sikhchic.com

Mengapa kacamata yang dipakai kuda menutup sepenuhnya pada bagian sebelah kanan dan kiri sebelah matanya?. Ya.., mungkin supaya kuda tersebut tidak bisa “lirak-lirik” saat melihat orang cakep, sehingga pandangannya lurus kedepan, dan biar cepat sampai tujuan. Atau juga mungkin kalau kuda pakai kacamata Ray Ben, Oakley, dll banyak yang ngajakin untuk photo bersama..:)

Sebuah metode baru untuk pencegahan kecurangan menyontek atau bertanya ke teman lain saat ujian di sebuah universitas di Thailand, menggunakan sistim atau cara seperti kacamata yang dipakai seekor kuda.

Jadi masing-masing peserta mengenakan ikat kepala yang tergantung kertas disamping kiri dan kanan wajah, supaya tidak bisa melihat kiri dan kanan peserta lainnya.


Departemen Pertanian di Kasetsart University di Thailand menguji metode baru ini kepada lebih dari 90 siswa tingkat ketiga pada 14 Agustus.

Foto di atas telah diposting online, menyebabkan perdebatan tentang situs internet di seluruh Thailand dan begitu kontroversial.

Kepala Departemen Pertanian terpaksa mengadakan konferensi pers dua hari kemudian pada 16 Agustus. Selama konferensi, itu menjelaskan bahwa penggunaan ikat kepala kertas diusulkan oleh mahasiswa sendiri dan disepakati oleh staf dan mahasiswa.

Namun, "Alat pencegah kecurangan saat ujian" ini muncul banyak kritikan, sehingga diputuskan untuk menghentikan penggunaannya.




en.rocketnews24, newsclip

19 August 2013

Hati-Hati..!, Smartphone Bisa Mengakibatkan Rabun Jauh

image:Shutterstock

Banyaknya telephon Pintar atau "Smartphone" beredar di masyarakat, bahkan sekarang ini Smartphone terutama buatan China dijual dengan harga murah dan cukup terjangkau, membuat perkembangan Smartphone melaju dengan pesat sekali. Namun apakah Anda menyadari bahwa penyakit mata Rabun Jauh, bisa diakibatkan juga dari "Smartphone"?.

Seperti Boku kutip dari situs "Kompas Technno dan Daily Mail", bahwasanya jangan terlalu sering memandangi layar ponsel pintar (smartphone) kalau tidak mau mata menjadi rabun jauh. Inilah isi imbauan David Allamby, dokter bedah mata asal Inggris yang mengatakan smartphone berpotensi merusak kualitas pandangan pemakainya.

Allamby, ahli bedah laser yang juga memiliki klinik mata, menuding smartphone sebagai salah satu biang kerok meningkatnya jumlah orang yang menderita rabun jauh (miopi). Menurutnya, jumlah orang Inggris yang rabun jauh meningkat sebesar 35 persen sejak smartphone pertama diluncurkan pada 1997.

Perangkat pintar ini kerap dipandangi dalam jarak sangat dekat dari mata, yaitu sekitar 30 cm atau bahkan hanya 18 cm. Angka tersebut lebih dekat dibandingkan koran yang biasanya dibaca dalam jarak 40 cm.

Pengguna smartphone juga cenderung betah memandangi layar secara berlama-lama. Akibatnya, Allamby menjelaskan bahwa gen yang mengontrol sifat miopi menjadi aktif bahkan hingga lewat masa pertumbuhan (21 tahun). Kini, orang berumur 40 tahun sekalipun bisa terkena rabun jauh.

"Kalau tren seperti ini terus berlanjut, saya memperkirakan 40-50 persen orang berusia 30-an tahun bisa menderita rabun jauh pada 2033 nanti," ujar Allamby, seperti dikutip oleh Daily Mail.

Perangkat elektronik berlayar lain yang dipandangi dari jarak relatif dekat, seperti komputer, televisi, dan tablet, juga dapat mengakibatkan rabun jauh. Untuk mencegahnya, Allamby menyarankan pengguna tak berlama-lama memandangi perangkat itu dalam satu waktu.

Mata perlu istirahat agar tak memelototi layar terus menerus, misalnya dengan berjalan-jalan keluar rumah tanpa membawa smartphone. "Pertimbangkan juga dengan serius sebelum memberikan smartphone pada anak-anak," tambah Allamby.

Sebelumnya, University of California juga pernah merilis hasil penelitian tentang gangguan mata jika indra penglihatan itu terus-menerus fokus pada layar dan menyesuaikan diri dengan jarak proyeksi yang ditampilkan layar.

Hal ini dikenal dengan sebutan "vergence-accomodation," yang biasanya membuat beberapa orang merasa mual atau pusing ketika menonton film 3D. Seperti diketahui, gambar 3D seakan membuat suatu obyek berada dalam jarak sangat dekat atau bahkan sangat jauh dari pandangan, hal ini membuat mata bergerak secara simultan dalam arah berlawanan untuk mempertahankan fokus.

Nah, bagi Anda yang saat ini memegang "Smartphone" bisa lebih berhati-hati lagi, jangan terlalu lama memandangi layar "Smartphone" terlalu lama-lama. Semoga share posting kali ini bisa bermanfaat.



kompastekno

16 August 2013

Kembali lagi ke "Plat H"


Masih dalam suasana Lebaran bulan syawal 1434 H, sebelumnya Boku no Blog mengucapkan

"Selamat Idul Fitri 1434 H, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin"

kepada semua sobat-sobat, pembaca dan pengunjung Boku no Blog yang baik dan budiman dimanapun berada.

Welcome back to "Plat H"

Mudik dan suasana lebaran dikampung halaman telah usai, dan pada hari Kamis tanggal 14 Agustus 2013, Boku sampai lagi di Semarang atau kota dengan plat nomor kendaraan "H", tempat tinggal dan bekerja bagi Boku dan keluarga kecil Boku.

Hampir selama satu minggu Boku berlebaran di kampung halaman, suasana yang indah bisa berkumpul bersama keluarga, saudara, teman dan handai taulan yang rasanya bagi Boku hanya bisa dilaksanakan setahun sekali pas hari lebaran saat mudik ke kampung halaman.

Momen yang indah bersama keluarga dan saudara di kampung halaman Boku manfaatkan dengan bersilaturahmi berkunjung ke rumah saudara, teman, dan handai taulan. Saking asyiknya silaturahmi off line, kegiatan Blogwalking ke sobat-sobat semua, jadi terbengkalai.

Bukan maksud Boku untuk tidak menyapa dan berkunjung ke rumah online sobat-sobat semua, namun momen yang Boku rasa jarang ini yaitu setahun sekali tidak ingin Boku lewatkan. Untuk itu maafin Boku ya...

Waktu tidak terasa cepat berlalu, dan tiba saatnya Boku harus balik lagi ke tempat tinggal dan tempat bekerja Boku di Semarang. Rasanya males dan ingin lebih lama lagi berada dikampung halaman, namun karena harus melaksanakan kewajiban, Boku harus kembali bekerja ditempat kerja Boku.

Mungkin perasaan seperti itu juga dialami oleh sobat-sobat Boku yang mudik kekampung halaman dan balik lagi ketempat kerja..:). Serasa memulai kehidupan baru lagi meskipun masih terngiang dan terbayang suasana dikampung halaman.

Hari pertama masuk kerja, terasa belum terbiasa dengan rutinitas pekerjaan yang sudah seminggu ditinggalkan. E-mail, pesan, tugas pekerjaan yang sudah menunggu dan harus diselesaikan diatas meja serasa menjadikan penambah beban untuk memulai lagi pekerjaan. Namun Boku yakin, seiring dengan perubahan waktu dan terbiasannya lagi dalam bekerja, akan kembali lagi normal seperti biasannya.

Boku juga mengucapkan "Selamat Beraktivitas kembali !" kepada sobat-sobat semua yang telah memulai pekerjaan setelah libur Lebaran.

Semoga sukses dan tercapai apa yang dicita-citakan, Amiin..!


7 August 2013

The Last "Sahur"

image:google

Tidak terasa 4 hari sudah Boku berada di kampung halaman setelah mudik beberapa hari yang lalu.

Hari ini, Rabu 7 Agustus 2013, mungkin ini adalah makan sahur terakhir bagi Boku bersama keluarga tercinta di kampung halaman.

Sebenarnya kalau Boku mengatakan ini adalah makan sahur yang terakhir dibulan suci Ramadhan 1434 H, ini mungkin terlalu dini. Karena belum ada pengumuman resmi dari pemerintah tentang penetapan hari Raya Idul Fitri.

Namun, mungkin juga ada yang memang hari ini adalah hari terakhir untuk melakukan sahur di bulan suci Ramadhan ini .

Apapun itu semua janganlah dibuat pertentangan, atau perselisihan dalam penentuan kapan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1434 H.

Yang terpenting adalah semoga setelah bulan Ramadhan ini, kita bisa "level up" dalam kualitas ibadah kita.

Dan semoga semua amal ibadah kita selama bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT, dan kita diberi kesempatan bisa berjumpa lagi dengan Ramadhan Karim di tahun-tahun berikutnya, Amiin..

Tidak lupa Boku no Blog mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada sobat-sobat Boku dan seluruh pengunjung dan pembaca Boku no Blog yang baik dan budiman, dimanapun berada.

Happy Blogging,

"Mohon Maaf Lahir Dan Bathin"

1 August 2013

Tips Mudik Lebaran "Ramah Lingkungan"

image: remotang

Tidak terasa ibadah puasa bulan suci Ramadhan ini sudah memasuki hari kesepuluh yang ketiga atau terakhir. Ini artinya sebentar lagi kita akan memasuki bulan kemenangan yaitu Idul Fitri dibulan Syawal.

Idul Fitri, bagi negara kita Indonesia merupakan hari raya umat Islam yang paling meriah diantara hari-hari raya lainnya. Idul Fitri juga identik dengan tradisi "mudik" atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan kemenangan di hari yang fitri, bersilaturahmi, saling bermaafan, dan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri.

Saya juga termasuk salah seorang yang setiap tahun menjelang lebaran selalu melakukan tradisi "mudik" tersebut bersama keluarga dari Semarang ke Banyuwangi. Sudah kurang lebih 10 tahun saya merantau di Semarang, jadi sudah sekitar 10 kali saya melakukan kegiatan mudik setiap tahunnya menjelang Lebaran.

Tradisi mudik ke kampung halaman ini merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu terutama bagi para perantauan seperti saya yang bekerja jauh dari kampung halaman. Dan pada setiap tahunya jumlah pemudik dan kendaraan yang dipakai untuk mudik selalu mengalami peningkatan.

Bisa kita bayangkan berapa jumlah mobil pribadi, kendaraan bermotor, armada angkutan, kereta api, Kapal laut, semua jumlahnya selalu ditambah saat mudik lebaran tiba, karena hal tersebut untuk mengantisipasi supaya para pemudik bisa mudik dengan lancar sampai tujuan.

Dengan adanya penambahan jumlah kendaraan, dan jumlah pemudik setiap tahunnya tentu hal tersebut ada pengaruhnya juga terhadap lingkungan dan bumi kita ini, misalnya penggunaan bahan bakar yang berlebih, sampah makanan dan minuman yang ditimbulkan saat perjalanan, kemacetan dijalan sehingga akibat emisi kendaraan bermotor bisa menimbulkan udara menjadi panas, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tips mudik lebaran yang ramah lingkungan


1. Periksa tekanan angin ban kendaraan
Jika Anda mudik dengan membawa kendaraan pribadi, pastikan tekanan angin pada ban kendaraan anda cukup, karena hal ini bisa menghemat bahan bakar.

2. Saat mengisi bahan bakar kendaraan bermotor anda usahakan mengisinya dipagi hari atau sore hari sehingga bahan bakar kita banyak menguap saat pengisian.

3. Bila berhenti untuk istirahat, atau berhenti cukup lama karena kemacetan dan lain sebagainya, usahakan anda mematikan mesin kendaraan supaya tidak boros bahan bakar.

4. Bawalah selalu kantung sampah yang bisa anda gunakan saat membuang sampah dikendaran pribadi atau kendaraan umum. Jangan membuang sampah dimana-mana atau pun membuang sampah sembarangan didalam angkutan atau dijalanan.

5. Usahakan untuk mengurangi beli makanan jajanan saat perjalanan, karena selain kurang bersih juga kurang sehat. Lebih baik membawa makanan dari rumah. Jikalau memang terpaksa harus membeli makanan gunakan tupper ware atau perlengkapan keluarga lainnya yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Istri saya selalu membawa segala peralatan makanan sendiri saat mudik. Anda bisa menyiapkan sebelumnya peralatan makanan tersebut sebelum melakukan mudik. Anda bisa membelinya di swalayan atau bisa beli secara online beli di Lazada.
Karena di Lazada saat ini diskon besar-besaran.

6. Hematlah pemakaian air di WC umum, pom bensin, atau tempat umum lainnya saat anda berhenti untuk buang air, mandi atau sholat. Jangan lupa mematikan lampu dan kran air setelah habis dipakai.

7. Jika anda sempat berhenti untuk belanja dan lain sebagainya usahakan meminimalkan pemakaian kantung plastik. Lebih baik lagi anda sudah punya tas belanja sendiri dari rumah.

8. Untuk urusan gadget, sering kali kehabisan baterai dalam perjalanan. Jadi untuk menghemat kapasitas baterai gadget anda, gunakan seperlunya saja atau bawa energi power saving seperti power bank dan lain sebagainya.


Meskipun sudah ada yang melakukan mudik pada saat ini, namun masih ada waktu untuk mempersiapkannya sampai H-1 lebaran nanti. Anda masih punya waktu untuk mempersiapkan mulai dari tas, koper, perlengkapan perjalanan, gadget, oleh-oleh untuk keluarga dikampung halaman dan sebagainya.

Jika anda tidak punya waktu atau malas berdesak-desakan di mall atau swalayan, karena pada umumnya menjelang lebaran seperti ini mall dan swalayan pasti pengunjungnya membludak. Nah, untuk itu anda bisa belanja barang-barang tersebut lewat belanja online Lazada.

Itu juga akan sedikit berhemat biaya anda pergi ke mall atau swalayan, belum lagi makan di mall atau swalayan, yang seharusnya biaya tersebut bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya. Belanja online Lazada.co.id saat ini sedang ada diskon besar-besaran pada bulan Ramadhan ini. Anda bisa membeli apa saja mulai dari popok bayi, gadget, otomotif, dan lain sebagainya.

Semoga amal ibadah kita dibulan suci Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT, kualitas keimanan kita meningkat, kita bisa meraih kemenangan dihari yang fitri nanti, bisa mudik dengan aman dan lancar, serta bisa berkumpul dengan keluarga kita tercinta.

Dan semoga dengan tips mudik lebaran ramah lingkungan ini bisa bermanfaat, karena kita turut serta juga dalam upaya pelestarian dan penyelamatan lingkungan atau kegiatan "Go Green" yang saat ini sedang gencar dilaksanakan diseluruh dunia untuk menjaga kelestarian Bumi kita tercinta.