8 December 2014

Fontus: Merubah Udara Menjadi Air Saat Bersepeda

Boku no Blog - Alat ini mirip dengan botol minuman seperti pada umumnya yang kebanyakan dipakai saat bersepeda. Namun inilah alat yang dinamakan Fontus, yaitu sebuah alat atau gadget dengan panel surya yang bisa diletakkan pada sepeda anda dan bisa menghasilkan air bersih di dalam botol.

Gadget ini merupakan hasil karya dari Kristof Retezár, siswa dari desain industri Universitas Applied Arts di Vienna.



Prinsip kerja Fontus adalah melakukan kondensasi untuk menghasilkan air bersih dengan cara panel surya yang ada akan menghasilkan energi listrik untuk mendinginkan bagian atas sedangkan bagian bawah menjadi hangat.



Pada saat kita bersepeda udara masuk ke bagian dalam sehingga terjadi kondensasi dan terjadi kelembaban yang selanjutnya menghasilkan air. Fontus bila digunakan di daerah yang panas dan lembab bisa menghasilkan air sebanyak 0,5 liter dalam waktu 1 jam bersepeda.

Tapi, karena alat ini masih dalam pengembangan, saat ini Fontus belum dilengkapi dengan penjernih air, jadi air yang dihasilkan dari Fontus ini harus dimasak dulu supaya bisa diminum.


huffingtonpost


3 December 2014

Festival Gandrung Sewu (1000) Banyuwangi

parade Gandrung Sewu

Boku no Blog - Kabupaten Banyuwangi, propinsi Jawa Timur, pada tahun ini kembali menggelar Festival "Gandrung Sewu" (1000 penari Gandrung).

Festival kali ini digelar di Pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Festival yang melibatkan 1.200 penari gandrung itu bakal dihelat Sabtu (29/11). Festival ini sudah digelar untuk kali ketiga.

Tari Gandrung adalah tari khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai "Warisan Budaya Takbenda" pada tahun lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kini Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah).

Ribuan penari itu akan menari bersama di pinggir pantai dengan latar belakang Selat Bali menjelang matahari terbenam. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Gandrung Sewu akan menyuguhkan pemandangan yang memukau di mana ribuan penari dengan busana dominan merah tampak menawan terkena semburat sinar sunset.

Seblang Subuh

Tahun ini, Festival Gandrung Sewu mengangkat tema "Seblang Subuh" di mana tari tersebut dikemas lebih lengkap dengan iringan musik yang rancak dan sentuhan teatrikal. Seblang Subuh bermakna permohonan ampun kepada yang maha kuasa.

Pertunjukan kolosal ini akan diawali dengan munculnya beberapa lelaki yang membawa penjor. Mereka adalah bekas prajurit-prajurit Blambangan yang tengah berusaha mengumpulkan rekan-rekan seperjuangannya di masa lalu. Setelah terkumpul beberapa orang, mereka menasbihkan diri sebagai Gandrung Marsan (Gandrung laki-laki). Kemunculan Gandrung Marsan ini tepat pada masa pemerintahan bupati ke-5 Banyuwangi, yakni Bupati Pringgokusumo.

Pada awalnya, penari Gandrung memang dibawakan seorang laki-laki atau yang biasa disebut Gandrung Marsan. Lambat laun Gandrung berkembang dan lebih banyak dibawakan perempuan. Penari Gandrung perempuan pertama adalah Gandrung Semi.

Dalam Festival Gandrung Sewu, adegan munculnya Gandrung Semi diikuti ribuan penari gandrung berkostum merah yang menghambur dari berbagai arah dan kemudian menyatu di satu titik.

Sentuhan teatrikal akan kental saat adegan perebutan posisi sebagai gandrung, antara gandrung laki-laki dan gandrung perempuan. Fragmen ini berlangsung hingga subuh tiba. Saat subuh datang, tiba-tiba mereka yang sedang bertarung tersadar akan kesalahannya. Kedua belah pihak memohon ampun pada Yang Maha Kuasa. Mereka menyadari bahwa menjadi gandrung adalah suratan tangannya, jadi harus dijalani, dan tak perlu diperebutkan.

Uniknya, karena bermakna permohonan ampun pada yang maha kuasa, properti yang dibawa para penari gandrung ini selain kipas adalah sapu lidi. Simbolisasi bersih-bersih diri dan mohon ampun ditunjukkan dengan sapu lidi yang mereka bawa.

Promosi Wisata Banyuwangi 

Festival ini benar-benar sebagai ajang promosi pariwisata budaya Banyuwangi. Putri Pariwisata Indonesia 2014, Syarifah Fajri Mauilidiyah akan hadir dalam pagelaran kali ini. Gadis asal Pontianak ini mengaku sangat tertarik hadir di Banyuwangi untuk melihat langsung festival tari kolosal ini.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Festival Gandrung Sewu dan berbagai acara promosi wisata di Banyuwangi adalah ikhtiar untuk memperpanjang siklus destinasi. Sehingga, Banyuwangi tidak hanya dikenal dengan satu atau dua destinasi saja seperti Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, atau Pantai Plengkung saja. 

Meskipun dalam kesempatan ini Boku tidak bisa menyaksikan secara langsung, sebagai warga Banyuwangi Boku sangat bangga dengan event-event budaya daerah dan pengenalan pariwisata daerah seperti ini.

Semoga dengan pagelaran event-event budaya daerah seperti ini bisa menjadikan pelestarian akan seni, budaya dan wisata daerah di bumi Nusantara tercinta.

Edit      : Boku no Blog
Sumber: portalkbr.com


28 November 2014

November Rain !!!!!

hujan (image google)

Apa kabar sobat-sobat semua, sobat Bokunity semua, semoga kesehatan dan kesuksesan akan selalu menyertai kita semua, Aamiin..

Sudah hampir 3 bulan belakangan ini, Boku disibukkan dengan kegiatan offline pekerjaan utama Boku. Itu mengakibatkan kegiatan Blogging Boku jadi sedikit berkurang.

Bulan ini adalah Bulan November, sudah mulai masuk musim penghujan. Di kota Boku tinggal, sudah setiap sore turun hujan. Mungkin di kota-kota lainnya tempat tinggal sobat-sobat, masih ada yang belum turun hujan.Boku sendiri kalau sudah masuk musim penghujan seperti ini juga harus mengadakan persiapan, terutama kendaraan tunggangan Boku yang setia menemani Boku berangkat dan pulang kerja. 

Apalagi jalan yang Boku lewati ke tempat bekerja Boku rawan sekali dengan air rob (air pasang laut), kalau sudah rob dan campur dengan air hujan lebat, banjir bisa menghambat laju tunggangan Boku.

Kemarin sore, saat mau pulang kerja hujan turun dengan lebatnya. Namun waktunya hanya sebentar. Dalam hati Boku juga “dag dig dug”, karena kalau sampai hujan turun dalam waktu lama, harus bersiap-siap untuk menghadapi jalanan yang banjir. Saat melewati jalanan lokasi pasar di kota Boku, masih dalam rintik hujan, sayup-sayup dari penjual CD terdengar lagu dari group band kawakan Guns n Roses yang berjudul “November Rain”. Dalam hati Boku pas sekali lagu itu didengarkan sekarang, dan dalam kondisi lagi turun hujan seperti di bulan November ini. Biasanya kalau melewati jalanan pasar yang banyak menjual CD, sekarang yang lagi ngetrend adalah lagu “Sakitnya tuh di sini”..:)

Tidak terasa perjalanan pulang kerja dalam rintik hujan di bulan November, Boku tiba sampai di rumah. Di rumah anak dan istri Boku sudah menunggu. Anak Boku sedang belajar ditemani oleh istri Boku. 
Setelah makan malam, bercanda sambil menonton televisi sambil minum teh jahe buatan istri Boku, kami sekeluarga tidur untuk istirahat karena besok harus melakukan aktifitas kerja.

Nah, pesan Boku untuk sobat-sobat semua, menyongsong musim penghujan ini, tolong untuk berhati-hati terutama daerah yang sering terkena banjir. Jaga kebersihan lingkungan, saluran air. Hati-hati dalam berkendara di jalanan saat turun hujan, atau jalanan basah bekas turun hujan. Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup karena kalau sudah musim penghujan, riskan kita terkena sakit batuk pilek dan demam. 

Mari kita sambut musim penghujan ini sebagai berkah dari Illahi untuk kita semua selaku makhluk di Bumi ini.


18 October 2014

Mungkin Sepeda Ini Cocok Untuk Yang Berkebaya


Boku no Blog_ Sebenarnya sepeda ini adalah sepeda yang dikhususkan untuk wanita yang berpakaian Kimono di Jepang. Tapi melihat desain dari sepeda tersebut, tidak menutup kemungkinan jika sepeda tersebut juga cocok untuk wanita Indonesia yang memakai kebaya atau rok panjang.



Sepeda ini diberi nama KOTO LX-20 yang merupakan sepeda khusus yang dibuat untuk mereka yang suka menggunakan pakaian tradisional Jepang Kimono dengan tujuan mengendarai sepeda bisa senyaman ketika anda menggunakan celana.




Secara umum dan sepintas sepeda ini hampir sama dengan sepeda pada umumnya, hanya saja pada frame rangka tengah, sepeda ini dibuat rendah dengan tujuan saat sipengendara sepeda ini memakai pakaian seperti kimono, atau rok panjang tidak akan mengalami masalah.




Tempat duduk atau sadelnya pun dibuat melebar agar pakaian tidak terlalu dekat dengan rangka sepeda.


Sepeda ini dijual dengan harga 48.000 Yen atau sekitar Rp. 5,2 jutaan.

Hmmm..mm, untuk para lelaki yang memakai sarung, mungkin juga bisa mengendarai sepeda ini tanpa ribet...:)


mag.japan

11 September 2014

Puas Dengan Layanan Customer Service LG

image LG skin care

Boku no Blog – Postingan kali ini bukanlah merupakan postingan yang diikutkan dalam kontes Blog, atau review produk, melainkan adalah pengalaman dari Boku pribadi.


AC LG

Hidup di kota yang lumayan berhawa panas seperti di kota Semarang, menjadikan Boku dan keluarga memasang AC di rumah, tepatnya di kamar tidur.

Sebenarnya Boku sudah mempunyai AC produk China yang telah Boku pakai selama kurang lebih 5 tahunan. AC tersebut masih terasa dingin, namun seringnya terjadi kebocoran pada unit indoornya. Sudah dipanggilkan tukang service AC, namun masih saja bocor, dan kadang airnya bisa menetes ke tempat tidur.

Lalu setelah habis lebaran kemarin, Boku memutuskan untuk membeli AC baru lagi, karena AC yang lama sudah saatnya untuk diganti.

AC LG S05DLX-2

Awalnya adalah Boku membeli 1 unit AC 1/2 PK, LG S05DLX-2, dengan merek LG, di salah satu swalayan di Semarang.
Alasan Boku memilih AC LG dengan model LG S05DLX-2. 1/2PK ini adalah selain AC ini hemat energi, AC ini juga merupakan AC produk terbaru yang juga memperhatikan dampaknya pada kulit.

Tetap mengaktifkan penyejuk udara ketika tidur akan membuat ruangan Anda kering. Akan tetapi, Ion dari AC LG yang terdepan akan menjaga kehalusan dan kelembapan kulit Anda hingga 15% sepanjang malam.

LG Skin Care, Deluxe Low Watt merupakan penyejuk udara terbaru dari LG yang tidak hanya memberikan desain terbaik, tetapi juga memiliki paket solusi penyejuk udara terlengkap dan tiada bandingnya seperti teknologi ion untuk perawatan kulit, pensterilan udara dari kuman hingga 99,9%, suara yang lebih tenang serta hemat energi.

Beberapa fitur lainnya adalah ;

・Aliran Udara Optimal
・Kompressor BLDC
・Kipas miring, suara lebih tenang
・Tenang, suara rendah 19DB

Setelah seminggu unit AC dipasang oleh tenaga instalasi rekanan dari swalayan tersebut, entah kenapa suara kipas indoornya menjadi berisik.

Sore sepulang kerja, Boku pergi ke Swalayan dan menuju ke stand LG, menyampaikan akan keluhan ini. Lalu oleh sales penjaga stand LG, diberi penjelasan dengan baik dan sopan serta disarankan untuk menghubungi service center LG di Semarang terlebih dahulu, karena unit AC masih baru dan masih bergaransi.

Keesokan harinya Boku mencoba menghubungi Call Service Center yang ada di Semarang. Tapi sebelumnya Boku juga sudah cek di website LG Indonesia. Telepon diangkat oleh operator Service Center Semarang, dan sesuai dengan prosedur pengaduan layanan purna jual disarankan untuk terlebuh dahulu menghubungi LG support di 14010.

kartu garansi AC LG
Boku langsung menghubungi di nomor tersebut, setelah diangkat oleh operator, dengan sopan operator tersebut menanggapi apa yang Boku sampaikan lewat telepon. Boku menyampaikan permasalahan yang terjadi, kemudian menyebutkan model AC yang dibeli serta mnyebutkan alamat dan nomor telepon Boku.

Semua yang disampaikan Boku, dicatat dan permasalahan disebutkan lagi oleh operator untuk memastikan. Dan dia berkata akan segera menghubungi service center di kota tempat Boku tinggal.

Setelah menghubungi LG support, selang 2 jam berikutnya, Boku ditelepon oleh istri Boku bahwasanya tenaga service dari Service Center LG sudah datang dirumah dan akan melakukan pemeriksaan dan perbaikan terkait dengan keluhan yang telah diterima sebelumnya.

Tenaga service tersebut juga dengan sopan dan profesional melaksanakan pekerjaanya. Selain itu juga memberikan saran-saran tentang perawatan AC yang baik dan benar. Akhirnya AC bisa dibetulkan dan kembali normal.

Sungguh di sini Boku sangat merasa senang dan puas. Karena layanan yang seperti ini harusnya untuk di Negara kita terus ditingkatkan dan harus lebih diperhatikan.

Layanan purna jual adalah sangat penting, apalagi penanganan garansi, service bergaransi yang dengan cepat dan sigap akan menjadikan konsumen merasa puas.
Selain kualitas produk yang dibuat dan dijual, kepuasan konsumen harus juga dijaga.

Kebanyakan setelah produk dibeli, layanan purna jual diabaikan, sehingga konsumen merasa kecewa dan berikutnya tidak membeli lagi produk dari barang tersebut.

Hal semacam ini haruslah bisa diperbanyak dan diterapkan oleh perusahaan-perusahaan produsen produk lainnya di Indonesia. Ungkapan “Pembeli adalah Raja” harus selalu diutamakan dan diperhatikan.

Pada umumnya di tempat kita penjual atau pemroduksi barang masih beranggapan kepada konsumen “Ora tuku Ora patheken” (bahasa Jawa), yang artinya “Tidak beli juga tidak masalah”. Anggapan semacam ini harus dihilangkan dan kepuasan konsumen harus diutamakan.

Terima kasih banyak atas layanan baik dari Service Center LG…

Orang Pertama Yang Membuat Password Computer

F. Corbato pembuat password pertama

Boku no Blog - Pernahkah dalam pikiran kita terlintas siapa sih yang membuat password computer pertama kalinya?

Postingan kali ini karena Boku sedang utak atik password di PC Boku yang lupa akan kata sandinya.

Dengan rasa penasaran dan ingin tahu, apakah dulunya memang password ini sengaja dibuat oleh seseorang?

Ternyata memang benar, password ini dibuat pertama kalinya dibuat oleh Fernando Corbato, di awal tahun 1960an, bermula di sebuah proyek di Massachusetts Institute of Technology dimana beliau mencoba untuk menciptakan akun terpisah diantara para peneliti yang ada di sana. Dari sinilah terciptanya sebuah password di komputer.

Nah, ternyata dialah orang pertama di dunia yang membuat password komputer.


25 August 2014

Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Tidak Terbaca Pada Flashdisk/USB

Boku no Blog - Hari ini ketika Boku hendak membuka file yang ada pada flashdisk, setelah flashdisk tersambung di PC, muncul alert virus yang terkena scaning anti virus.

image: google

Memang PC Boku sudah di setting otomatis setiap device yang terhubung ke PC akan secara otomatis melalui proses scaning anti virus. Boku menganggap dengan munculnya alert tersebut sudah biasa, karena kalau ada virus pasti akan timbul alert.

Setelah Boku membuka drive tempat Flashdisk terbaca, disitu tertulis “Empty Folder”. Wah ada apa ini? Kok kosong? terus Boku cabut lagi dan tancapkan lagi masih juga kosong.
Kemudian Boku coba tancapkan di PC teman Boku, dan masih sama, folder kosong.


Tambah dag… dig… dug… Boku, soalnya di Flashdisk tersebut semua file-file penting dan berharga buat Boku…:)

Boku cek di property flashdisk, dan isinya juga masih sama yaitu menunjukkan berapa space yang digunakan dan space yang tidak digunakan.

Disini Boku sudah mulai agak tenang, karena space pada property flashdisk masih sama, Cuma file dan folder tidak bisa terbaca. Langsung saja jurus andalan keluar, browsing dan tanya ke pak lek Googgle, ee.. ternyata banyak juga artikel yang terkait dengan masalah Boku tersebut.

Akhirnya Boku ikuti langkah demi langkah, pelan – pelan namun pasti, dan hasilnya alhamdulillaah, File, Folder Boku yang berisi file penting Boku bisa muncul lagi..

Sebagai catatan buat Boku dan untuk berbagi pada sobat-sobat pembaca semua yang mungkin mengalami hal yang sama dengan Boku, maka berikut Boku postingkan dalam Boku no Blog kali ini.

Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Tidak Terbaca Pada Flashdisk/USB:

1. Scan flash disk (USB) /hard disk external anda menggunakan anti virus yang sudah sobat – sobat semua install di PC sobat
2. Buka Windows Explorer.
3. Pilih menu “Folder Option” di toolbar Tools.
4. Pada jendela Folder Options, pilih View.
5. Pada kotak Advanced Settings:

- Checklist “Show hidden files and folders”
- Hilangkan Checklist pada “Hide extentions for known file types”,“Hide protected operating system files”


6. Klik OK. (Coba buka di flashdisk anda, disitu akan terlihat file dan folder yang muncul
tapi samar-samar. Ini karena file dan folder tersebut disembunyikan oleh virus)


tampilan file yang samar

7. Buka cmd command (buka Run lalu ketik “cmd”).
8. Masuklah ke drive dimana flash disk anda terbaca di system.
9. Misalkan kali ini flash disk Boku berada drive E:\, anda bisa gunakan command DOS dengan mengetik “e:” lalu Enter untuk pindah drive.


cmd 1

(ini tergantung dimana flashdisk anda terbaca pada system di PC)

10. Setelah masuk ke drive D:\ ketikan command “attrib -h -s *.* /S /D” , tanpa tanda petik lalu Enter.

cmd 2

Tunggu proses,lamanya tergantung banyaknya folder yg terdapat di drive anda tersebut.
Jika prompt E:\ sudah muncul lagi, itu menandakan proses telah selesai.

Coba buka pada flashdisk yang terbaca, nahh…file dan folder yang tadinya hilang sudah muncul lagi kan…?

tampilan file setelah perbaikan (tampak jelas)

Semoga langkah - langkah di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi pembaca semua..




NB: Tampilan image pada langkah-langkah di atas, mungkin berbeda dengan kondisi PC yang sobat gunakan. Ini hanya sebagai referensi saja.

9 August 2014

Dua Bersaudara Lulusan SMK, Kalahkan Insinyur Oxford

Boku no Blog - Arfi’an Fuadi dan M. Arie Kurniawan, kakak beradik ini berhasil menjadi juara pertama dalam 3D Printing Challenge yang diadakan General Electric tahun ini, mengalahkan sekitar 700 peserta dari 56 negara.


Bahkan mereka berhasil mengalahkan peserta dengan gelar Ph.D dari Swedia yang menyabet peringkat kedua dan insinyur lulusan University of Oxford yang meraih juara ketiga.

Mereka bekerja dari rumahnya, dengan tiga unit komputer. Rupanya, di ruangan kecil itulah Arfi –panggilan Arfi’an Fuadi– bersama sang adik M. Arie Kurniawan dan dua karyawannya mengeksekusi order design engineering dari berbagai negara.

Keberhasilannya adalah memenangkan kompetisi tiga dimensi (3D) design engineering untuk jet engine bracket (penggantung mesin jet pesawat) yang diselenggarakan General Electric (GE) Amerika Serikat.

Awal perkenalan dengan dunia desain enginering ini, mereka dapatkan setelah mencari pekerjaan melalui sebuah website yang menawarkan berbagai pekerjaan sebagai tenaga profesional freelance. Dari sinilah, mereka mulai menawarkan keahlian mereka membuat berbagai model barang melalui desain tiga dimensi yang mereka gabungkan dengan ilmu permesinan.

Hasil karya mereka ini menuai hasil puncaknya saat memenangi perlombaan internasional untuk membuat engin bracket atau alat penggantung mesin pesawat jet. Mereka mengalahkan tiga insinyur berpengalaman dari berbagai negara yang selama ini dikenal sebagai produsen pesawat terbang.

Menurut Arfi'an, persaingan di pasar global untuk desain enginering ini memang sangat ketat. Persaingan dengan desainer-desainer enginering internasional membuatnya merasa tertantang dan bersemangat untuk terus belajar serta berimajinasi menciptakan sesuatu yang berguna bagi dunia enginering.

Selain desain enginering, saat ini mereka juga tengah membuat proyek sendiri di rumah mereka yaitu sebuah pulpen tanpa tutup. Keistimewaan dari pulpen eksklusif ini adalah dari bahan pembuatannya yakni dari bahan titanium. Bahkan pulpen yang sudah diorder oleh warga Amerika ini diberi harga lebih dari seratus dolar per buahnya.

Untuk pengerjaan pulpen titanium ini, lagi-lagi dua kakak beradik ini hanya mengandalkan mesin bubut yang mereka buat sendiri dari limbah mesin bekas. Untuk mengatur model dan presisi hitungan mereka gabungkan dengan sebuah komputer yang mereka rakit sendiri dengan menggunakan casing kayu.

Meski dengan berbagai keterbatasan dana dan peralatan, saat ini dua bersaudara yang telah dibantu oleh 6 orang karyawan ini telah menunjukkan bahwa lulusan SMK Indonesia pun mampu bersaing di level internasional. Dengan ketekunan, saat ini mereka berburu dolar melalui ide-ide kreatif di dunia desain enginering.

news.viva
liputan islam

19 July 2014

Semua Pasti Ada Hikmahnya..

Boku no Blog - Assalaamu ‘alaikum wr.wb…

hasil ronsen Afghan

Apa kabar sobat-sobit, Bokunity, pembaca dan pengunjung Bokunity dimanapun berada ? semoga masih dalam keadaan sehat wal afiat, dan bagi Sobat Boku yang sedang menjalankan ibadah Puasa Ramadhan, semoga diberi kelancaran dan segala amal ibadah di bulan penuh berkah ini diterima oleh Allah S.W.T

Sudah hampir dua bulan Boku tidak melakukan kegiatan Blogging, Blogwalking. Kangen rasannya ingin menyapa sobat-sobat pembaca dan pengunjung Boku no Blog.

Dua bulan terakhir ini memang sangat beralasan yang mengakibatkan Boku tidak bisa melakukan kegiatan Blogging.

Pertama adalah karena kesibukan pekerjaan, yang harus membuat aku harus konsentrasi penuh pada pekerjaan, Kedua adalah dengan adanya ujian musibah pada “Afghan” anak Boku yang mengalami operasi patah tulang selama dua kali.


UGD pertama

Afghan jatuh dari sepeda sekitar bulan Mei yang lalu, ketika pulang main dari rumah temannya dan hendak ke Mushola untuk adzan maghrib.

Setelah Boku bawa ke rumah sakit untuk di ronsen, ternyata tulang tangan kanan atas siku patah, dan harus dilakukan operasi pemasangan pen. Satu minggu opname di rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, kira-kira 2 hari di rumah, pagi-pagi ketika pulang sholat shubuh bersama Boku jalan kaki, tersandung dan jatuh lagi.

Boku serasa panik dan cepat melarikannya ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dan memeriksakan bekas jatuhnya.

Setelah di ronsen, dokter menerangkan hasil foto ronsen ke Boku. Ternyata hasilnya tulang tangan kanannya patah lagi di dekat tulang yang patah sebelumnya.

Ya Allah.., beri kekuatan pada anakku, beri kekuatan pada hambamu, ampunilah dosa hambamu ya Allah..

Akhirnya harus operasi lagi yang ke-dua, dan harus opname lagi di rumah sakit selama lima hari.

Saat hari terakhir opname di rumah sakit, bertepatan dengan dimulainya ujian kenaikan kelas. Terpaksa Afghan tidak bisa ikut ujian pada hari pertama. Baru keesokan harinya mulai ikut ujian, dan hari pertama yang tidak sempat ikut ujian, harus ujian susulan.

Menjelang liburan sekolah, raport dibagikan di sekolah. Alhamdalah, meskipun saat akan ujian sedang opname di rumah sakit, namun karena setiap harinya Afghan selalu belajar meskipun harus disuruh dulu, namun hasil ujiannya lumayan bagus dan mendapatkan peringkat ke 3 di kelasnya.

Boku dan istri Boku tetap berdoa dan memberikan support penuh kepada Afghan agar tetap kuat dan berbesar hati, karena pasti semua ini akan ada hikmahnya.

Kini Afghan sedang libur lebaran di rumah Mbahnya di kampung halaman hingga mulai masuk sekolah lagi setelah lebaran nanti.

Jangan menyerah, tetap rajin adzan dan sholat berjamaah di Mushola, terus tekun belajar, supaya kelak menjadi anak yang berguna bagi Nusa, Bangsa, Agama, dan Orang Tua. Aamiin..

Special Thanks for:

(1) Boku no Family.

(2) Mr. Toshimitsu Yamanishi.
(3) Keluarga Bp. Edwin, Bp. Andi, Ibu. Dion, dan seluruh
Warga Rt. 001/Rw. 33 Blok F Plamongan Indah.
(4) Mushola Al- Muhajirin Blok F Plamongan Indah.
(5) Rumah sakit Panti Wiloso Citarum (Ruang Anggrek).
(6) Dr. Bambang Sp.BO
(7) Dr. Tanto Sp.BO
(8) Teman-teman semua
(9) PT. NAYAKA

Dan semua yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, yang telah memberikan support baik secara moriil maupun materiil.


30 May 2014

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install PrimoPDF

PrimoPDF

Boku no Blog - PrimoPDF adalah salah satu software gratis Web gratis untuk mengkonversi dari Word, Excel, PowerPoint, dan hampir semua program lain menjadi file PDF berkualitas tinggi.

Jika Anda baru pertama kali menggunakan PrimoPDF, atau penasaran ingin memakai aplikasi PrimoPDF tersebut, bisa anda menuju langsung ke www.primopdf.com, atau ke website penyedia PrimoPDF lainya.


Install PrimoPDF

PrimoPDF mudah digunakan dan bebas dari iklan yang mengganggu. Namun adakalannya saat menginstal PrimoPDF tersebut, ada kendala tidak bisa di install dan muncul pesan seperti ini “Unable to install printer PrimoPDF – PrimoPort: -PrimoPDF: (1797)”

Untuk mengatasi jika saat Anda menginstall dan mendapatkan pesan seperti diatas tersebut, berikut ini cara mengatasinya;

1. Hapus semua file berikut ini;

C:\Windows\System32\spool\drivers\x64\PrimoPDF.BPD

C:\Windows\System32\spool\drivers\x64\PrimoPDF.PPD

C:\Windows\System32\spool\drivers\x64\ps5ui.dll

C:\Windows\System32\spool\drivers\x64\PSCRIPT.NTF

C:\Windows\System32\spool\drivers\x64\pscript5.dll

C:\Windows\System32\spool\drivers\x64\PSCRIPT5.HLP


2. Instal ulang PrimoPDF



Nah, sekarang anda bisa menggunakan PrimoPDF untuk mengkonversi ke dalam file PDF.

Semoga cara ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda..

19 May 2014

Google Doodle Hari ini (19/5/2014): Ulang Tahun Kubus Rubik Ke 40 Tahun

Boku no Blog - Pagi ini ketika membuka browser mesin pencari Google ada sesuatu yang unik berkaitan dengan Doodle hari ini.


Ya, Google Doodle hari ini (Senin, 19 Mei 2014) adalah Ulang Tahun ke 40 Kubus Rubik. Saat gambar animasi rubik di Google Doodle hari ini disorot dengan kursor mouse anda, maka akan ada keterangan Ulang Tahun ke-40 Kubus Rubik.

Tampilan awal halaman pencarian Google hari ini tanpa ada tulisan Google seperti biasannya dan malahan yang tampil adalah gambar rubik dan yang menarik jika gambar rubik tersebut di klik, ternyata ada permainan rubik virtual.

Kubus Rubik adalah sebuah alat permainan seperti teka-teki dimana cara pemecahannya menggunakan cara mekanik dengan memutar-mutar hingga akhirnya ada satu muka yang berwarna sama dan keenam muka kubus memiliki warna yang sama setelah sebelumnya dilakukan pengacakan.

Mainan Rubik ini ditemukan oleh seorang Arsitek seorang profesor arsitektur asal Hungaria yang bernama Erno Rubik, yang juga berprofesi menjadi seorang pemahat pada tahun 1974 yang lalu.

Anda suka bermain rubik? Tentunya jika anda memulai browsing hari ini, maka anda bisa bermain rubik virtual pada Google Doodle hari ini. Anda bisa memainkan secara virtual tanpa harus memegangnya dengan tangan.


Menarik bukan? Selamat mencoba permainan virtual Kubus Rubik pada Google Doodle hari ini.



17 May 2014

Toilet Yang Bisa Dilipat Dan Hemat Air


Pernah tidak anda memikirkan apakah penempatan toilet anda sudah hemat air dan hemat tempatnya?. Kebanyakan kita tidak pernah membayangkan kalau orang-orang yang mempunyai keterbatasan tempat dan keterbatasan air, tentunya sangatlah memperhatikan akan hal tersebut.



Seorang mahasiswa dari University of Huddersfield sudah mulai mengembangkan proyek disain toilet yang diberi nama Iota Folding Toilet.

Toilet ini bisa dilipat ketika sedang tidak digunakan, dan mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran toilet pada umumnya.



Tujuan Iota Folding Toilet ini ada 2, yaitu;

  1. Bagaimana caranya untuk bisa menghemat air 
  2. Bagaimana caranya toilet bisa menggunakan area yang lebih kecil, sehingga tidak memerlukan atau memakan tempat.

Untuk penghematan air, Dikatakan bahwa Iota bisa menghemat air, karena sekali siram hanya butuh 2,5 liter air dibandingkan dengan toilet biasa yang butuh 6 liter air.

Dalam hal ini Iota menjanjikan bisa hemat air sampai 10.000 liter per tahun per orang dengan kondisi penggunaan normal.

Meskipun masih belum diproduksi secara massal, namun penemuan dan pengembangan Iota Folding Toilet ini sangatlah membantu bagi masyarakat, khususnya yang minim tempat dan juga bisa untuk penghematan penggunaan air.



designboom

10 May 2014

B Blog’s, I A.M a Blogger: Mengapa Aku Menjadi Blogger?

https://www.bblog.web.id/

“Nge-Blog” sebenarnya adalah hobi baruku yang tidak pernah terbayang atau terlintas sebelumnya di benakku sejak dari kecil dulu. Kegiatan Nge-Blog ku ini dimulai sejak tahun 2008 atau sekitar 6 tahun yang lalu.

SEJARAH DAN TUJUANKU MEMBUAT BLOG


Setelah aku pindah bagian kerja dari bagian produksi ke bagian pengembangan produk, aku lebih banyak bekerja menggunakan komputer untuk mendesain, membuat gambar produk, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pengembangan produk.

Aku sering mencari referensi desain-desain produk, spesifikasi produk yang bisa aku jadikan referensi penunjang dalam pekerjaanku saat ini. Dari pencarian referensi dengan banyak browsing dan berkunjung ke berbagai situs itulah muncul ketertarikanku untuk membuat sebuah Blog.

Aku berniat untuk sharing mengenai produk sebuah Vending Machine melalui Blog. Kenapa demikian? karena selain aku bekerja di sebuah perusahaan yang membuat Vending Machine atau mesin penjual minuman otomatis, aku juga ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai Vending Machine, karena produk ini masih baru di Indonesia dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Vending Machine.

Seiring berjalannya waktu, sekitar 2 tahun berikutnya aku berniat tidak hanya berbagi informasi tentang produk Vending Machine melalui Blog yang telah aku buat. Aku ingin berbagi segala informasi kepada pembaca dan pengunjung blogku mengenai Vending Machine, Technology, Design, Concept, Art, Japanese, Internet, dan lain-lainnya.

PEMILIHAN NAMA DAN TEMA UNTUK BLOG-Ku


Pertama kali aku membuat Blog, aku beri title Blog ku "Vending Machine Karya Dalam Negeri". Itu karena aku bekerja disebuah perusahaan Jepang yang ada di Indonesia yang memproduksi Vending Machine atau Mesin Penjual Minuman Otomatis.
Aku ingin memperkenalkan produk Vending Machine kepada masyarakat melalui Blog ku. Karena tidak menutup kemungkinan nantinya produk Vending Machine akan banyak digunakan di Indonesia.

Tema Blogku saat itu masih sederhana, dan masih menggunakan template bawaan dari penyedia Blog. Berikutnya aku ganti title Blogku menjadi "Boku no Blog" yang artinya adalah "BLOG-ku".



Kenapa aku mengganti title Blog menjadi "Boku no Blog"? judul pertama blogku menurutku terlalu panjang dan terlalu spesifik. Jadi selain orang sulit untuk mengingat, aku harus melulu posting berkaitan dengan Vending Machine.

Dari alasan tersebut dan ingin menambah berbagi segala informasi, maka aku beri title Blog ku "Boku no Blog" . 


Boku no Blog atau Boku no Burogu, berasal dari bahasa Jepang yang artinya “Blog ku”merupakan salah satu dari bermacam – macam Weblog, yang berisi tentang informasi Vending Machine, Technology, Design, Concept, Art, Japanese, Internet, dan lain-lainnya yang mungkin berguna bagi para pembaca semua.

Aku mengambil nama dari serapan Bahasa Jepang ini, selain aku bekerja di salah satu perusahaan Jepang di Indonesia, dan sedikit mengerti akan bahasa Jepang, aku juga mengagumi akan etos kerja, dan kemajuan teknologi dari Negeri Matahari Terbit tersebut.

Karena Boku no Blog adalah sebuah Blog yang berisi tentang berbagi bermacam informasi, maka aku memilih tema dan template Boku no Blog seperti Web Magazine. Kemudian aku memberi tag line Blog ku "Cool Everything Share"...

Boku no Blog, mengajak kepada seluruh pembaca dan pengunjung blog, untuk lebih mengenal Teknologi dan saling share atau berbagi bermacam – macam informasi antara satu dengan yang lainnya. Karena semakin banyak kita berbagi informasi, pengalaman, akan dapat menambah pengetahuan Kita semua.

KEUNTUNGANKU SELAMA NGE-BlOG


Setelah aku aktif Nge-Blog hingga saat ini, kalau dibilang mendapatkan keuntungan secara finansial banyak dari Blog itu tidak. Ini karena tujuan ku pertama membuat Blog adalah untuk bisa berbagi informasi, pengetahuan dan teknologi saat ini.
Jadi kalau aku ingin mendapatkan keuntungan finansial dari Ngeblog, aku harus merubah arah Blogku, atau membuat blog baru lagi yang tujuannya untuk bisa mendapatkan keuntungan dari Ngeblog, hehehehe..:)

Keuntungan yang aku dapatkan selama aku Nge-blog , diantaranya adalah ;

  1. Bisa berbagi informasi. Bangga rasanya jika bisa berbagi informasi yang bermanfaat bagi pengunnjug Blog. Selain itu juga mendapatkan informasi terbaru dari blog-blog yang menyediakan update informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia.
  2. Menambah ilmu pengetahuan. Dengan membaca berbagai artikel dan post dari blog-blog lainnya, maka tanpa sadar kita sebenarnya juga belajar dan menyerap ilmu secara online. oleh karena itu pengetahuan kita akan semakin bertambah.
  3. Mempunyai banyak teman baru. Dengan adanya blog ini, aku jadi punya banyak teman baru meskipun temnan secara online. Ini karena dengan saling berkunjung ke blog-blog sahabat, maka jalinan pertemanan dan persahabatan akan meningkat dan bertambah.
  4. Membantu memecahkan masalah. Banyak sekali Blog-blog yang berisi tutorial berbagai ilmu dan ketrampilan. Terus terang dengan kegiatan ngeblog, jika ada masalah berkaitan dengan pekerjaanku yang kadang sulit bisa terpecahkan, aku langsung bertanya dalam forum dengan topik yang sama dan berkaitan, yang akhirnya masalah bisa terselesaikan.

TIPS DAN TRICK SEBAGAI BLOGGER



Membuat, mengelola, serta menjadi seorang blogger profesional itu bukanlah hal yang mudah. Meskipun aku bukanlah seorang blogger profesional, namun aku ingin sedikit berbagi tips dan trik yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda.

  1. Mendesain Blog. Buatlah tampilan Blog anda yang simple, unik, menarik, dan kalau bisa berbeda dari blog-blog lainya. Ini bisa menjadikan pengunjung blog anda akan betah dan senang berkunjung ke Blog Anda. 
  2. Menulis Konten / Isi dari blog. Buatlah tulisan Blog Anda yang sesuai dengan judul postingan anda, sesuai dengan title blog Anda. Gunakanlah gaya bahasa yang benar dan sopan, meskipun memakai gaya bahasa sehari-hari gunakanlah gaya bahasa yang baik dan benar.
  3. Rajin membaca. Dengan banyak membaca Anda akan semakin banyak wawasan, sehingga wawasan tersebut bisa anda tuangkan dalam blog Anda.
  4. Bisa membagi waktu. Kegiatan Ngeblog kadang memerlukan waktu yang lama, jadi jangan sampai Ngeblog mengganggu pekerjaan utama anda. Jadi Anda harus bisa membagi waktu Anda di mana saat bekerja dan saat melakukan kegiatan Ngeblog.
  5. Membuat Jaringan Ngeblog. Semakin banyak jaringan yang anda buat sesama blogger, selain anda akan banyak teman baru, ini juga bisa menjadikan blog anda terkenal. Jalinlah jaringan blog yang positif, atau bahkan yang sesuai dengan blog anda.
  6. Konsisten membuat posting. Meskipun tidak posting setiap hari dan ini sulit, karena tidak semuanya ngeblog itu adalah pekerjaan dan mata pencaharian utama, namun tetap jagalah blog anda jika anda betul-betul ingin mengelola blog.
  7. Memberikan komentar yang baik dan benar. Kadang komentar diperlukan untuk membangun dan memperbaiki blog, tanya jawab tentang topik yang disampaikan. Jika anda memberikan komentar pada sebuah postingan blog, berilah komentar yang baik dan sesuai dengan isi posting , jangan OOT :), nyepam, atau bahkan berbau SARA yang bisa menimbulkan perpecahan dan perselisihan.
  8. Blogwalking . Selain bisa menambah jalinan persahabatan, dan menambah teman baru, rajin-rajinlah berkunjung ke blog teman lainnya. itung-itung sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi secara online sesama blogger.
Saat ini banyak sekali platform dan jenis blog yang bisa anda buat untuk membuat blog anda seperti di BBlog, Blogger, WordPress, Kompas, Detik, FC2 Blog, dan blog-blog lainya.

B Blog’s, I A.M a Blogger


TENTANG B BLOG



B Blog? hehehehe.., bukan Boku no Blog, kebetulan kalau dibuat singkatan seperti itu sama inisialnya..:).
B Blog itu sebuah singkatan dari Bina Blog. B Blog merupakan milik PT Bina Blog Indonesia, yaitu perusahaan marketing blog network dan sosial media Jepang, CyberBuzz, Inc yang berlokasi di Jakarta. CyberBuzz sudah sangat terkenal di Jepang. B Blog baru saja launching pada 27 Januari 2014 lalu.

B Blog merupakan layanan terbatas hanya untuk anggota, agar dapat merasakan pengalaman menarik saat menyebarkan suatu informasi melalui sebuah blog.

Saat Anda mendaftarkan diri sebagai anggota, Maka akan diperkenalkan "proyek" kepada Anda.
Dengan adanya B Blog membuat kita dapat mengikuti banyak kesempatan untuk menghadiri berbagai event atau program yang diadakan oleh B Blog diantaranya adalah proyek B Blog’s, I A.M a Blogger.



Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia dan di sponsori oleh :


Banyak Hadiah menarik untuk project B Blog kali ini, penasaran..?

Hadiahnya ada LG Nexus 5, Lenovo Vibe X, dan juga uang tunai dengan total hadiah 15juta, untuk 5 pemenangnya.  


WOW menarik bukan? Sobat-sobit semua yang mau ikutan, buruan deh!,

Sobat-sobat tinggal klik berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [4]


Demikian sedikit uraian tentang Nge-blog KU, tentang B Blog dan projectnya.




Happy Blogging !

image source: B Blog, Google