21 March 2015

Inilah Telur Yang Memiliki Aroma Dan Rasa Seperti Jeruk

Boku no Blog - Seperti kita ketahui bersama, telur merupakan makanan yang murah dan serbaguna serta bisa diolah dengan berbagai macam menu dan cara. Semua orang pasti tahu akan rasa alami telur tersebut, jika dimasak atau dimakan dengan cara seperti pada umumnya memasak telur.


Tapi, telur khusus dari Kochi Prefecture, Jepang ini berbeda dengan telur –telur pada umumnya. Apa yang membuatnya beda..? Ya, telur ini memiliki aroma dan rasa seperti buah jeruk Yuzu, yaitu salah satu buah jeruk paling lezat di Jepang. 

Aroma dan rasa telur seperti jeruk tersebut bukanlah rekayasa atau dilakukan penyuntikan rasa jeruk atau citrun ke dalam telur, melainkan semuanya adalah alami.



Telur-telur dengan aroma dan rasa jeruk Yuzu tersebut diberi nama “Yuzu Tama”, sesuai dengan namannya, nama tersebut adalah bahasa Jepang yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Yuzu: buah jeruk Yuzu, Tama berasal dari Tamago yang artinya telur".

Seperti yang Boku no Blog kutip dari Blogroll Boku, yaitu RocketNews24.com, bahwasanya sudah membuktikan sendiri dengan aroma dan rasa dari telur Yuzu tama tersebut, dengan mencobanya membuat menu hidangan “Tamago kake Gohan”.(Di Jepang ada salah satu cara makan nasi dengan mencampurkan telur mentah dengan nasi. Menu seperti ini disebut “Tamago kake Gohan”, yang artinya secara harfiah “nasi dengan telur yang dituangkan di atasnya”). 




Lalu bagaimana bisa ya telur bisa memiliki aroma dan rasa seperti buah jeruk?

Perfektur Kochi terletak di barat daya pulau Shikoku, dan daerah tersebut terkenal dengan kebun jeruk Yuzu nya. Jeruk Yuzu lebih beraroma daripada jeruk biasanya. Rasa manis jeruk Yuzu akan digunakan sebagai bumbu untuk segala macam hidangan, dan juga dapat digunakan untuk membuat jus yang lezat atau minuman keras. 

Dan di daerah tersebut ada tempat yang namannya sebuah lahan peternakan Yamasaki Farms, oleh sebab itu pakan yang dikonsumsi oleh ayam di Yamasaki Farms mengandung kulit yuzu. Setelah dicerna, ternyata aroma dan rasa kulit jeruk Yusu tersebut ada dan menyatu dalam telur ayam di Yamasaki Farms.

Agar semua warga yang ingin merasakan telur dengan rasa jeruk “Yuzu Tama” tidak jauh-jauh datang ke daerah Kochi, Yuzu Tama juga tersedia di Marugoto Kochi toko di kawasan Ginza, Tokyo yang yang penuh dengan segala macam barang dari berbagai daerah di Jepang.
Marugoto Kochi / まるごと高知 Address: Tokyo-to, Chuo-ku, Ginza 1-3-13, Ripurekusu Tower 東京都中央区銀座1-3-13 リープレックス銀座タワー Open 10:30 a.m.-8 p.m. Website http://www.marugotokochi.com/index.html


Yuzu Tama dijual dengan kemasan 1 pack, berisi 6 telur dengan harga ¥ 494 (sekitar 55 ribu rupiah). Harga tersebut memang lebih mahal dari harga telur biasannya karena telur Yuzu Tama memiliki rasa yang berbeda, yaitu rasa jeruk Yuzu.

enrocketnews.24

14 March 2015

Kini Membeli Tiket Kereta Api Bisa Melalui Vending Machine

Boku no Blog - “Vending Machine” Tiket Kereta Api Indonesia


PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan PT Finnet Indonesia, anak usaha PT Multimedia Nusantara (Telkom) dan Bank Indonesia (BI). Kerjasama dilakukan untuk pembentukan vending machine pembelian tiket KA yang disebut dengan electronic kiosk (E-Kiosk). Hal itu ditandai dengan menggelar soft launching fasilitas layanan pembelian tiket terbaru di stasiun Pasar Senen, Jakarta, (13/3/2015) yaitu Vending Machine atau mesin penjual otomatis.

Fasilitas tersebut, bertujuan mempermudah para penumpang KA untuk mendapatkan tiket kereta tanpa harus mengantre di loket. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengungkapkan, penerapan teknologi tersebut selain untuk mempermudah dalam tahap pembelian, juga bersifat meminimalisir kesalahan secara teknis.

KA berprinsip sebagai penyediaan sarana dengan penumpang daerah DKI dan lainnya. Apalagi, kini kereta api commuter line mengangkut penumpang mencapai 700 ribu. Sedangkan dahulu sekitar empat tahun lalu hanya mengangkut 400 ribu penumpang sehingga sarana ini sangat penting.

"Untuk tahap awal, mesin ini tersedia di stasiun Pasar Senen, Jakarta, sebanyak dua unit. Ke depan akan dikembangkan di 12 stasiun besar," kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di sela acara soft launching E-Kiosk di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (13/3). Menurut Edi, keberadaan mesin dapat mengurai antrian tiket di sejumlah stasiun.

Bentuk kerjasama antara PT KAI dan PT Finnet berkonsep business to business. Yaitu, KAI menyediakan tempat, sementara PT Finnet mengadakan mesinnya yang harga per unitnya ditaksir mencapai Rp 60 juta.

Kemudahan Membeli Ticket

Anda dapat membeli tiket Kereta Api dengan menggunakan Ticket Vending Machine. Cara penggunaan Vending Machine ini mudah dan cepat.

Sentuh layar mesin sesuai menu untuk melakukan transaksi. Layar akan menampilkan Jadwal Kereta, Ketersediaan Kursi, dan metode pembayaran yang Anda inginkan dan membawa Anda melalui langkah-langkah untuk membelinya.

Terdapat perbedaan pemesanan tiket melalui mesin tersebut dengan sistem online di internet. Menurutnya, proses pembayaran dapat dilakukan langsung setelah proses pemilihan jadwal KA selesai dilakukan oleh calon penumpang.

Kalau online itu pembayarannya dilakukan terpisah, kalau melalui mesin ini, penumpang bisa langsung membayar, seperti mesin ATM. Bisa dengan kartu ATM atau uang tunai.

Ticket Vending Machine ini dapat menerima Kartu Kredit, Kartu ATM dan Kartu Pre-Paid/Pra-Bayar. Kartu Pra-Bayar yang dapat digunakan di sini adalah Kartu Pra-Bayar yang dikeluarkan oleh BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri dan Bank Mega.


Kartu ATM yang dapat dipakai untuk melakukan pembayaran tiket itu merupakan bank yang memiliki kerjasama dengan jaringan Alto, seperti Bank Danamon, BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Permata maupun bank lainnya.

Pembayaran secara tunai dapat dilakukan pada counter tersedia yang akan dilayani oleh customer service.

Sumber: okezone, beritasatu, raillink


12 March 2015

Hotel Di Jepang Dengan Staff Robot

Boku no Blog - Sebelumnya Boku no Blog sudah pernah memposting tentang "Yobot" yaitu Robot yang bisa membantu membawa koper Anda ke dalam kamar hotel.


Untuk kali ini, masih berkaitan dengan hotel yaitu ada sebuah hotel di Nagasaki Jepang yang staff dan karyawannya adalah robot.



Sebuah hotel di Jepang, tepatnya di sebuah taman bermain Huis Ten Bosch di propinsi Nagasaki akan hadir sebuah hotel yang sebagian karyawan atau stafnya adalah robot dan dengan pemindai wajah untuk kunci kamarnya serta banyak teknologi canggih di dalam hotel tersebut.

Hotel ini diberi nama "Henn na Hotel", yang sesuai dengan namannya yang diambil dari bahasa Jepang "Henn" yang artinya "perubahan", hotel ini akan mengusung tema perubahan ke teknologi canggih.

Ketika anda tiba di Hotel Henn Na, maka anda akan disapa oleh robot menyerupai manusia (humanoid robot) yang bertugas sebagai front desk yang akan membantu proses check-in saat memasuki lobi hotel.


Kemudian, anda tidak perlu repot-repot mengangkat koper sendiri atau mencari petugas koper yang mungkin sedang tidak ada di tempatnya, karena untuk masalah angkat koper juga akan ada robot yang membantu anda sampai membersihkan kamar juga akan dilakukan oleh robot.



Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan pemindai wajah sebagai pengganti kunci sehingga ketika akan memasuki kamar, wajah anda akan dikenali dan kalau ada di database maka baru bisa masuk.

Hotel Henn Na untuk tahap pertama akan membangun 72 kamar yang akan beroperasi tanggal 17 Juli tahun ini dan tahun depan akan membangun 72 kamar lagi dipromosikan dengan slogan "A Commitment for Evolution," kata Huis Ten Bosch Co.

Hotel Henn Na akan menawarkan 3 jenis ukuran kamar mulai dari 21 m2, 28 m2 dan 33 m2 dengan harga mulai 7.000, 9.000 sampai 14.000 Yen.

"Kami akan membuat hotel yang paling efisien di dunia," kata Presiden direktur perusahaan, Hideo Sawada dalam konferensi pers. "Di masa depan, kami ingin memiliki lebih dari 90 persen dari pelayanan hotel yang dioperasikan oleh robot."


Japantimes

9 March 2015

Makna Tulisan YKK Pada Resleting

Boku no Blog - Berawal dari resleting celana Boku yang rusak dan ingin membetulkannya di penjahit dekat rumah Boku. Saat itu Boku memilih-milih resleting yang ada di tempat penjahit.


Di situlah muncul pertanyaan di pikiran Boku, kenapa ya kebanyakan pada resleting kok ada tulisannya YKK?

Dari dulu sih memang nggak merhatiin apa makna dari tulisan itu yang sebenarnya.
Setelah berusaha browsing di Eyang Google, eee…, ternyata sudah banyak artikel yang membahas mengenai makna tulisan YKK pada resleting atau zipper.

Tidak ada salahnya Boku posting dengan topik yang sama tentang makna dari tulisan YKK yang ada pada kebanyakan resleting. Barangkali ada diantara sobat-sobat Boku semua atau pengunjung Boku no Blog yang belum tahu dan baru tahu makna dari tulisan YKK, seperti Boku.

YKK merupakan singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha . Pada taun 1934 Tadao Yoshida mendirikan Yoshida Kogyo Kabushikikaisha ( Yoshida Industries Limited).
 
Perusahaan ini sekarang menjadi perusahaan pembuat resleting terbesar didunia, pangsa pasar mereka mencakup 90% pasaran resleting dunia dengan 206 pabrik yang tersebar di 50 negara. Bahkan mereka tidak hanya membuat zippers, tetapi juga mesin pembuatnya.

Pabrik terbesar mereka berada di Georgia dengan kapasitas produksi sekitar 7 juta zipper dalam sehari. Sistem filosofi yang dianut oleh perusahaan YKK, sehingga menjadi perusahaan yang besar dan berkembang pesat adalah CYCLE OF GOODNESS “ No one prospers without rendering benefit to others”.

sumber: wikipedia, www. ykk.co.id, www.ykk.com, google