15 August 2015

Bis Umum Bahan Bakar Hidrogen Dari Toyota

Boku no Blog-Persaingan bisnis dalam pemasaran dan pengembangan teknologi bidang otomotif yang tinggi memunculkan berbagai langkah alternatif yang ditempuh oleh beberapa perusahaan otomotif di dunia.

Bis dari Toyota dengan bahan bakar hidrogen

Seperti kita ketahui sekarang banyak bermunculan mobil-mobil dengan tenaga baterai, hybrid, sampai dengan mobil dengan bahan bakar alternatif dari BBM seperti hidrogen, dan lain sebagainya.


Pada postingan terdahulu Boku no Blog juga sudah membahas mengenai mobil sedan dari Toyota, yaitu Toyota Mirai dengan menggunakan bahan bakar hidrogen (fuel cell).

Saat ini tidak hanya pada sekelas mobil pribadi saja, perusahaan otomotif raksasa dunia yaitu Toyota Motor Corporation and Hino Motors beberapa waktu lalu melakukan uji coba bis pertama mereka yang menggunakan bahan bakar hidrogen (fuel cell) sebagai pengganti bis yang pada umumnya menggunakan bahan bakar minyak. 

Uji coba tersebut dilakukan di Tokyo, Jepang berlangsung mulai tanggal 24 – 30 Juli 2015.


spesifikasi Field Test Bis dari Toyota


Dalam hal kerjasama ini, Toyota bertanggung jawab mengenai segala yang berkaitan dengan mesin sedangkan Hino bertanggung jawab untuk bagian body atau karoseri bis.

Penggunaan bahan bakar alternatif seperti hidrogen (fuel cell) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mobil dengan tenaga listrik maupun hybrid, diantaranya adalah mesin tidak berisik, ramah lingkungan, jarak tempuh lebih panjang dibandingkan dengan mobil listrik.

toyota newsroom