15 September 2016

Google Doodle Hari ini (15/9/2016)

Boku no Blog - Sudah lama Boku nggak mengunjungi Blog kesayangan Boku, hari ini Kamis (15/9) ketika Boku hendak browsing, tampilan Google memasang gambar sosok pilot perempuan sebagai doodle. Ia adalah Jean Batten, pilot perempuan pemecah rekor dunia.

Google Doodle hari ini (Kamis, 15/9/2016)

Batten lahir pada 15 September 1909 di Rotorua, Pulau Utara, Selandia Baru. Pada tahun 1936, ia menjadi penerbang solo pertama yang melintas dari Inggris ke Selandia Baru dengan akumulasi waktu 11 jam 45 menit.

Anak ketiga dari Frederick Batten dan Ellen Batten ini punya banyak prestasi internasional yang mengagumkan. Ia memutuskan menjadi pilot pada usia 18 tahun setelah pilot Australia Charles Kingsford Smith mengajaknya terbang dengan pesawat Southern Cross.

Bersama ibunya, Batten pindah ke Inggris pada tahun 1929 dan mengikuti London Aeroplane Club. Ia terbang solo perdana pada tahun 1930 dan mendapat lisensi privat dan komersial dua tahun setelahnya.

Warga Selandia Baru ini adalah perempuan pertama yang mendapat penghargaan tertinggi Fédération Aéronautique Internationale. Akan tetapi, setelah tahun-tahun penuh jatuh bangun, Batten pensiun terbang pada masa Perang Dunia II dan jarang terlihat di publik.

Selama masih aktif, Batten dijuluki "Greta Garbo di angkasa" karena selalu tampil glamour dalam berbagai kesempatan. Ia kerap memakai gaun sutra putih dalam perayaan dan tak pernah meninggalkan pesawat tanpa membenahi lipstiknya.

Batten mengembuskan napas terakhir di usia 73 tahun, tepatnya pada 22 November 1982. Ia tutup usia di Palma de Mallorca, Spanyol, setelah mengalami infeksi karena gigitan anjing dan menolak mendapatkan pengobatan.

sumber: wikipedia dan berbagai sumber

15 April 2016

Cara Supaya HP Tidak Lemot Karena WA Group

Boku no Blog - Aplikasi chat dan messenger WhatsApp saat ini memang lagi booming dikalangan masyarakat. Sebenarnya banyak aplikasi chat dan messenger seperti BBM, SMS, WeChat, dan lain sebagainya, namun WA lebih simpel dan lebih praktis.


Dengan WA kita bisa berbagi dengan jumlah karakter kata yang banyak, video, dokumen, photo dengan cepat.

Selain itu dalam diskusi, forum, Group banyak yang menggunakan aplikasi WA ini sebagai medianya.

Karena lebih simpel dalam petukaran data, kadang kalau kita tidak jeli dalam memanage storage gadget kita, bisa jadi storage memori dalam gadget kita makin lama makin penuh, dan tentunya membuat lambat kinerja dari gadget kita.

Berikut ini adalah cara atau tips supaya HP tidak lemot karena WA Group. Mungkin tips atau cara ini bukanlah hal yang baru. Namun tidak ada salahnya Boku mereview lagi atas pengalaman Boku sendiri yang juga bersumber dari beberapa penjelasan di Internet. 

1. Buka WA, lalu klik kanan atas dan klik setting / setelan



2. Pilih "account" atau “Akun



3. Pilih "network usage" atau “ Penggunaan jaringan”,



Nanti akan muncul tampilan kelihatan berapa Kb yg terpakai


4. Pilih "Reset statistic"atau “ Atur ulang statistik”, paling bawah.


Langsung semua jadi 0 Kb, terasa lebih cepat lagi.



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..


9 April 2016

Payung Pintar Oombrella, Payung yang Bisa Memberikan Notifikasi Kita Kapan Hujan Akan Turun

Boku no Blog - Tidak hanya gadget smartphone saja, Oombrella adalah payung pintar yang mana bisa memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada kita kapan hujan akan turun.


Meskipun kita bisa mengecek lewat prakiraan cuaca, namun dengan payung ini nampaknya lebih praktis dan canggih karena akan memberikan notifikasi melalui aplikasi smartphone jika hujan akan turun 15 menit sebelumnya.



Payung ini merupakan hasil dari pengembangan produk dari Perusahaan teknologi Wezzoo, di Paris, Prancis,.

Payung Oombrella didesain untuk tetap kuat pada cuaca berangin, memiliki rangka yang terbuat dari Kevlar. Pihak perusahaan mengatakan, material tersebut bisa menahan hujan badai dan badai salju. Oombrella juga tahan air, memiliki pegangan yang ergonomis serta kanopi anti sinar
ultraviolet.

Anda tidak perlu membeli payung Oombrella yang baru. Jika sudah memiliki payung favorit di rumah, Wezzoo meluncurkan kapsul sensor yang bisa ditempelkan di payung biasa. Mengubahnya menjadi payung pintar.



Harga Oombrella, si payung pintar yang bisa memberitahu kapan hujan akan turun ini, tidak murah. Satu payungnya dihargai 66 dollar AS atau sekitar Rp867ribu. 



Sedangkan untuk sensornya saja memiliki harga 32 dollar AS atau Rp420 ribu. Ada tiga desain warna yang bisa dipilih, yaitu putih, hitam dan yang berwarna terang. 

mashable.com

26 March 2016

Lulus JLPT N1

Boku no Blog - Saya merasa terkejut dan senang sekali kali ini bisa lulus Nihongo Nouryoku Shiken (日本語能力試験) atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N1. Ini merupakan level paling tinggi dalam ujian bahasa Jepang.

sertifikat lulus JLPT N1


Sekilas Tentang JLPT atau Nihongo Nouryoku Shiken atau "NOKEN"


JLPT, singkatan dari "Japanese-Language Proficiency Test", atau dalam bahasa Indonesia disebut juga" Ujian Kemampuan Bahasa Jepang". Ujian ini ditujukan untuk pelajar asing, untuk menguji seberapa dalam kemampuan bahasa Jepang. Mungkin kurang lebih mirip dengan TOEFL atau TOEIC di dalam ujian bahasa Inggris.JLPT terbagi menjadi 5 tingkat. N5, N4, N3, N2 dan N1. Tingkat terbawah dan yang termudah adalah N5, sedangkan tingkat tertinggi dan yang tersulit adalah N1. 

Materi yang diujikan di dalam JLPT adalah: Kanji-Goi (Kanji dan Kosakata), Bunpo (Tatabahasa), Membaca dan Mendengarkan.

Ujian JLPT ini diadakan satu tahun 2 kali di Jepang pada bulan Juli dan Desember. (Sedangkan di negara asing kebanyakan hanya 1 kali setahun)

Perjuangan Mencapai Kelulusan JLPT N1

Tahun 2014, saya ikut N2 yang sebelum sebelumnya hasilnya belum lulus. Malah hasilnya yang terakhir nilainya turun drastis. 

Ada apa dengan ini? lalu saya mencoba lebih semangat lagi belajar dan mencoba ikut sendiri di Surabaya pada bulan Juli 2015. Kenapa saya ikut ini karena saya tidak ingin kehilangan semangat belajar dari bulan Desember akhir tahun lalu.

Hasil ujian N2 bulan Juli 2015, Alhamdulillah saya lulus. Dan selanjutnya dengan semangat belajar dan ingin lulus, bulan Desember saya ikut N1. Masih dalam semangat belajar yang membara, bulan Juli sampai Desember setiap hari sepulang kerja saya belajar bahasa mengerjakan soal soal latihan, listening, dan bacaan bahasa Jepang.

Sebenarnya saya ikut N1 kali ini sebagai uji coba, karena sebelumnya saya barusan lulus N2. Dengan kondisi itu, saya merasa enjoy, tanpa beban tekanan yang mengharuskan saya harus lulus N1. Tapi, dengan kondisi seperti itu malah pikiran saya lebih santai dan fresh dan saat mengerjakan soal menjadi lebih mudah memahami. Tapi ini tidak bisa dijadikan patokan, setiap orang kondisinya berbeda-beda.

Disini saya akan berbagi mengenai belajar bahasa Jepang. Sebagai orang Indonesia, wajar kalau kita tidak bisa berbahasa Jepang karena itu bukan bahasa kita. 

Tapi jikalau Anda bekerja di perusahaan Jepang, tentunya segala seuatu informasi, komunikasi, mau tidak mau akan berhubungan dengan bahasa Jepang. Oleh karena itu kalau tidak mengerti bahasa Jepang akan merasa susah.

Tips dalam menghadapi ujian bahasa Jepang 

- Membaca

Banyak membaca artikel, berita bahasa Jepang. Kebetulan saya mempunyai blog yang kadang mereview produk produk baru, teknologi dari Jepang. Jadi mau tidak mau saya harus membaca tulisan Jepang tersebut dan menyusunnya kedalam bahasa Indonesia untuk saya posting di Blog saya.

- Mencari

Mencari di sini adalah mencari dalam kamus jika ada kosa kata yang tidak dimengerti.

- Berlatih mengerjakan soal 

Berlatih dengan soal soal tahun sebelumnya, sehingga kita bisa tahu soal seperti apa yang sering keluar dalam ujian.

- Bergabung dengan komunitas yang membahas seputar trick trick ujian bahasa Jepang 

Tidak cukup dengan belajar saja, karena bahasa Jepang bagi kita orang asing sangat sulit. Trick dalam persiapan menghadapi ujian, saat mengerjakan soal, dalam memanfaatkan waktu saat ujian, dan lain lain. Dalam komunitas seperti ini biasanya saling share antara satu dengan lainnya sehingga wawasan kita bertambah dan kesiapan mental dan fikiran kita akan lebih siap.

- Berdo'a

Sebagai seorang muslim saya meyakini bahwa segala usaha harus disertai dengan do'a. Karena Allah lah yang maha berkehendak.

- Jaga stamina

Pada umumnya malam hari sebelum pelaksanaan ujian, kita kebut dengan belajar sampai larut malam. Itu membuat stamina kita down dan juga mengantuk di keesokan harinya. Stamina yang sehat sangat diperlukan agar pada saat mengerjakan soal ujian, badan kita sehat, tidak mengantuk, dan pikiran kita bisa segar serta bisa berkonsentrasi.

Demikian share saya mengenai kelulusan bahasa Jepang kali ini. Sekali lagi jangan hanya mengandalkan pada keberuntungan. Berdoa, berusaha, belajar, berlatih dengan sungguh sungguh secara kontinyu merupakan salah satu kunci keberhasilan apapun itu.


Anda Yang Desain Sendiri Rumah Minimalis

image google

Desain rumah minimalis sebagai salah satu desain rumah yang fleksibel. Dengan kata lain desain yang satu ini tidak terpaku pada konsep yang kaku. Semua orang bebas berekspresi dengan tampilan rumah minimalis tersebut karena tidak ada standar baku bentuk bangunan harus seperti apa desain rumah yang minimalis tersebut. Jadi anda yang desain sendiri rumah minimalis tersebut.

Desain rumah minimalis ini bisa kita mulai dari hal hal berikut ini.

a. Tampak Depan Rumah

Buatlah tampak depan rumah anda sesimple mungkin. Tampak depan rumah itu dimulai dari desain gerbang dan dinding depan, lalu halaman teras. Gerbang yang sering dipakai pada desain minimalis ini adalah gerbang yang simple dan hanya berdasarkan pada fungsi gerbang saja sebatas pembatas rumah dengan jalan raya. Selanjutnya adalah halaman depan rumah. Yang paling simple adalah dengan menjadikan taman sebagai hamparan rumput jepang saja tanpa tambahan pohon pohon yang besar karena itu terlihat lebih kompleks. Kalaupun ada tambahan pepohonan, maka halaman depan bisa ditambahi dengan pepohonan bonsai yang kecil kecil saja juga sudah cukup. 

b. Ruang Tamu

Kembali pembahasan tentang rumah minimalis ini selalu mengenai tampilan ruang tamunya. Karena ciri khas dari sebuah ruang tamu dengan desain minimalis adalah ruang tamu yang tidak bersekat dengan ruangan lainnya. Jika seseorang mengklaim rumahnya desain inimalis, maka lihatlah bagian ruang tamunya apakah dipisahkan oleh dinding dengan ruangan lain. Jika ya, berarti itu bukanlah rumah dengan gaya minimalis karena seyogyanya rumah desain minimalis ini ruang tamunya selalu terintegrasi dengan ruangan lainnya.

c. Rak Dinding

Yang paling tenar saat ini pada rumah dengan desain minimalis adalah adanya rak dinding. Rak dinding mulai menjadikan pilihan atau opsi lain dari lemari lemari jati yang ukurannya besar. Dengan adanya rak dinding tersebut, maka penggunaan lemari sedikit berkurang sehingga rumah pun tidak membutuhkan lagi lemari untuk pajangan di rumah yang hanya akan membuat rumah menjadi terlihat sempit.

d. Dapur Dan Meja Makan

Dapur dan meja makan pada rumah dengan desain minimalis terdapat dalam satu ruangan lagi. Jika di rumah dengan desain minimalis tidak ada lagi ruangan khusus meja makan. Semua sudah terintegrasi di dapur. Oleh karena itu, kebersihan dapur di rumah dengan desain minimalis tak boleh lagi terlihat kotor dan berantakan. Semua harus tertata dengan rapi dan bersih.

Rumah Minimalis, Desain Modern Nan Simple

Di zaman yang sudah serba modern ini semakin banyak model dan desain rumah yang ditawarkan kepada para konsumen. Namun, dari sekian banyak desain dan model tersebut hanya rumah dengan desain minimalis lah yang paling laku di pasaran.

image urbanindo.com

Tentu semuanya ini memiliki alasan yang jelas. Oleh karena itu mari kita bahas satu satu rahasia mengapa rumah dengan desain minimalis ini dibanjiri pembeli di seluruh wilayah Indonesia. Yang pertama dan yang paling mendasar adalah tampilan dari rumah minimalis yang serba simple.


Tidak lagi terlalu banyak ornament disana sini. Rumah minimalis di desain dengan model yang praktis akan tetapi tanpa menghilangkan fungsi fungsi penting dari sebuah rumah. Misalnya contoh adalah tidak adanya pemisah antara ruang tamu dan ruang keluarga. Hal ini mempersimple tampilan interior dari rumah minimalis tersebut tapi tetap mampu membedakan mana ruang tamu dan mana ruangan lainnya. Sekat atau partisi merupakan salah satu konsep lama yang telah ditinggalkan oleh desain rumah minimalis tersebut di masa kini.

Rumah minimalis ini memang memiliki desain yang modern nan simple. Masyarakat modern saat ini juga sesuai survey memang lebih senang dengan hal hal yang berbau simple dan salah satunya dilambangkan dengan m=rumah model minimalis tersebut. memiliki rumah minimalis di zaman sekarang ini pun sudah sangat mudah karena kebanyakan perumahan yang dibangun itu sudah memegang konsep desain yang minimalis dan juga siap huni. Mewujudkan impian untuk memiliki rumah minimalis di zaman modern inisudah seperti membeli kacang goring ibaratnya karena saking mudahnya. Rahasia lainnya yang membuat rumah minimalis dengan desain nan simple ini menjadi idola masyarakat Indonesia adalah karena dari sisi tampilan luarnya jauh terlihat elegan. 

Gaya klasik memang terlihat lebih seperti orang tajir dan ningrat, akan tetapi orang yang rumahnya bergaya minimalis dengan desain nan elegan lebih terlihat intelektual. Namun tidak berarti semua dipukul rata seperti itu hanya saja kebanyakan orang memandangnya memang demikian seperti yang telah diungkapkan diatas.



Tunjukan Kreatifitas Dalam Desain Rumah Minimalismu

Memiliki kreatifitas yang tinggi bisa kita salurkan ke dalam beragam jenis. Hobi mendesain rumah misalnya bisa kita salurkan dengan mencoba mendesain rumah yang kita tinggali saat ini sebagai bahan experience atau percobaan.

image urbanindo.com

Kreatifitas yang tanpa hasil yang diciptakan seperti hanya sebuah ide dalam pikiran saja. Akan tetapi jika sudah diimplementasikan ke dalam suatu bentuk yang nyata itulah yang disebut sebagai hasil karya seni.


Membicarakan mengenai desain rumah tentunya tidak hanya membicarakan ilmu pembangunan rumah akan tetapi ada nilai seninya juga disana. Yang paling sederhana adalah mencoba mendesain rumah dengan type minimalis. 

Type rumah dengan gaya minimalis ini merupakan yang paling mudah dan paling simple. Unsurnya pun tidak sekomplek rumah pada umumnya. Hanya dibutuhkan beberapa sentuhan dasar saja agar rumah minimalis ini memiliki tampilan yang apik.

Menunjukan kreatifitas dalam desain rumah minimalis ini selain mencoba bereksperimen juga bisa mengasah keterampilan desain kita sendiri. Dari sana kita bisa coba evaluasi hasil desain rumah minimalis yang telah jadi apakah masih perlu banyak tambahan dan perbaikan atau sudah cukup. Dengan begitu, semakin matangnya skill atau keterampilan kita dalam mendesain rumah minimalis tersebut. apalagi bagi para pemula, percobaan dengan frekuensi tinggi sangat diperlukan untuk membuat skil desain rumahnya tersebut menjadi matang. 

Terlalu banyak teori hanya akan memperlihatkan skill di permukaan saja tidak mendalam. Tunjukan kreatifitas dalam desain rumah minimalismu! Setelah itu coba minta saran kepada rekan atau orang yang sudah lebih senior dalam desain rumah agar kita mendapat pelajaran yang baru mengenai desain rumah tersebut. Ketika semuanya sudah siap, ide dan juga keterampilan maka kita pun secara otomatis akan siap terjun ke dunia desain rumah, khususnya minimalis tersebut. 

Menjadi desainer rumah professional itu tidaklah mudah, ada proses panjang yang harus dilalui. Mulia dari mencoba tidak membatasi ide, lalu mempraktekannya, dan tidak menutup diri dari beragam macam saran dari orang yang jauh lebih berpengalaman dari kita.

12 February 2016

Vending Machine Sarung Tangan Karet

Boku no BlogVending Machine kali ini adalah Vending Machine yang menjual sarung tangan karet. Mesin ini ada di negara Jepang yang mana merupakan salah satu negara di dunia yang paling banyak dalam penggunaan Vending Machine.



Dengan adanya Vending Machine sarung tangan ini sangatlah menguntungkan bagi mereka yang bekerja mencuci piring atau yang berhubungan dengan pekerjaan yang menggunakan air. Bahkan sarung tangan karet ini juga bisa digunakan untuk pekerjaan seperti transportasi, bangunan, pertanian, konstruksi dan lain-lain.


Lebih praktis membeli sarung tangan karet di Vending Machine ini manakala semua toko sudah tutup. Kadang kalanya mereka malu hanya sepasang sarung tangan saja di toko atau di swalayan. Sekarang tidak perlu malu lagi karena bisa membeli sarung tangan meskipun hanya sepasang saja dengan Vending Machine.

Kalau di toko atau mini market beli sarung tangan sejenis, harga ecerannya adalah ¥ 600 (sekitar Rp 60.000 an) per pasang. Membeli di Vending Machine ini lebih murah karena hargannya adalah ¥ 500 (sekitar Rp. 50.000 an) saja.


Ada beberapa Vending Machine sarung tangan merek dari ATOM ini sudah dipasang di beberapa lokasi kota di Jepang. 

inventorspot

9 January 2016

LiFi Lebih Cepat 100 Kali daripada Wi-Fi

Boku no Blog - Saat ini dalam urusan transmisi data Wi-Fi lah yang paling populer dan banyak dikenal oleh masyarakat. Namun saat ini sudah muncul teknologi dalam hal transmisi data yang jauh lebih cepat daripada Wi-Fi.



LiFi akan menjadi teknologi baru untuk mentransmisi data yang diklaim 100x lebih cepat dibandingkan Wi-Fi dan yang satu ini menggunakan spektrum cahaya sebagai pengganti frekuensi radio.

​Pada umumnya Wi-Fi menggunakan router untuk menyebar sinyal Wi-Fi, akan tetapi LiFi menggunakan cahaya lampu untuk melakukan transmisi data dengan bantuan alat yang disebut dengan Li-Flame Ceiling Unit sedangkan untuk menerima sinyal menggunakan alat yang disebut dengan Li-Flame Desktop Unit yang disambungkan ke komputer atau notebook via koneksi USB.




Li-Fi memang saat ini diklaim bisa menembus kecepatan 1 Gbps tetapi secara teori teknologi ini mampu mencapai kecepatan 224 Gbps, selain cepat, LiFi juga lebih aman dari masalah gangguan frekuensi radio dan lebih aman karena sinyal LiFi tidak menyebar seperti sinyal Wi-Fi melainkan fokus di wilayah tertentu saja.



Dalam sisi biaya produksi LiFi lebih hemat dibandingkan dengan Wi-Fi dan yang tidak kalah pentingnya, bila saat ini masalah sinyal Wi-Fi masih menjadi perbincangan apakah dapat mengganggu kesehatan atau tidak, LiFi yang menggunakan cahaya atau sinar lampu diklaim sangat aman karena memang dalam hal ini belum ada klaim yang menyatakan sinar lampu dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Akan tetapi LiFi karena menggunakan cahaya sebagai koneksinya tentu saja punya keterbatasan dan akan menjadi masalah bila titik LiFi tidak tersebar secara merata di dalam ruangan, sepertinya LiFi lebih cocok untuk alternatif pengganti koneksi LAN atau Wi-Fi yang posisinya selalu sama seperti di PC ataupun notebook yang berada di atas meja kerja.

pureLiFi

2 January 2016

Bila Teknologi Menyentuh Dari Jarak Jauh

Boku no Blog - Teknologi menyentuh pada layar atau "Touch screen" itu sudah biasa dan banyak digunakan pada berbagai device saat ini. Tidak cukup dengan itu, teknologi menyentuh dari jarak jauhpun sudah mulai dikembangkan.



Seperti yang Boku kutip dari kompas tekno berikut ini, negara Jepang mengembangkan teknologi menyentuh dari jarak jauh.


Peneliti asal University of Tokyo, Jepang, menggodok teknologi hologram yang bisa disentuh. Bertajuk "Haptoclone", peneliti ingin komunikasi via hologram lebih nyata.

Hal tersebut dimungkinkan dukungan sistem interaktif bernama "telehaptic". Sistem memungkinkan pengguna mengirimkan gambar multi-dimensi tangan atau wajah ke teman.

Tak hanya mampu melihat gambar dengan tampilan hologram, lawan bicara juga bisa merasakan sentuhan hologram. Asalkan perangkatnya juga mendukung sistem telehaptic.

Menurut peneliti, Haptoclone pas dipasangkan dengan proyek Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR), sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (26/12/2015).

“Bayangkan kau ada di kebun fauna. Ada singa di sisi lain dari penglihatanmu. Dengan kacamata VR kau Dapat merasakan sensasi menyentuh singa,” kata perwakilan peneliti.

Haptoclone Memakai sensor kinetik untuk memindai gerakan secara real-time. Sensor didukung empat tampilan ultrasound yang menghantarkan tekanan radiasi ultrasonic. 

Itulah yang Menjadikan pengguna percaya dirinya sedang benar-benar menyentuh seseorang atau sebuah benda. “Kami akan terus melanjutkan fungsi haptic untuk memperkaya komunikasi manusia,” kata peneliti.

kompastekno.com