Boku no Blog - Arfi’an Fuadi dan M. Arie Kurniawan, kakak beradik ini berhasil menjadi juara pertama dalam 3D Printing Challenge yang diadakan General Electric tahun ini, mengalahkan sekitar 700 peserta dari 56 negara.


Bahkan mereka berhasil mengalahkan peserta dengan gelar Ph.D dari Swedia yang menyabet peringkat kedua dan insinyur lulusan University of Oxford yang meraih juara ketiga.

Mereka bekerja dari rumahnya, dengan tiga unit komputer. Rupanya, di ruangan kecil itulah Arfi –panggilan Arfi’an Fuadi– bersama sang adik M. Arie Kurniawan dan dua karyawannya mengeksekusi order design engineering dari berbagai negara.

Keberhasilannya adalah memenangkan kompetisi tiga dimensi (3D) design engineering untuk jet engine bracket (penggantung mesin jet pesawat) yang diselenggarakan General Electric (GE) Amerika Serikat.

Awal perkenalan dengan dunia desain enginering ini, mereka dapatkan setelah mencari pekerjaan melalui sebuah website yang menawarkan berbagai pekerjaan sebagai tenaga profesional freelance. Dari sinilah, mereka mulai menawarkan keahlian mereka membuat berbagai model barang melalui desain tiga dimensi yang mereka gabungkan dengan ilmu permesinan.

Hasil karya mereka ini menuai hasil puncaknya saat memenangi perlombaan internasional untuk membuat engin bracket atau alat penggantung mesin pesawat jet. Mereka mengalahkan tiga insinyur berpengalaman dari berbagai negara yang selama ini dikenal sebagai produsen pesawat terbang.

Menurut Arfi'an, persaingan di pasar global untuk desain enginering ini memang sangat ketat. Persaingan dengan desainer-desainer enginering internasional membuatnya merasa tertantang dan bersemangat untuk terus belajar serta berimajinasi menciptakan sesuatu yang berguna bagi dunia enginering.

Selain desain enginering, saat ini mereka juga tengah membuat proyek sendiri di rumah mereka yaitu sebuah pulpen tanpa tutup. Keistimewaan dari pulpen eksklusif ini adalah dari bahan pembuatannya yakni dari bahan titanium. Bahkan pulpen yang sudah diorder oleh warga Amerika ini diberi harga lebih dari seratus dolar per buahnya.

Untuk pengerjaan pulpen titanium ini, lagi-lagi dua kakak beradik ini hanya mengandalkan mesin bubut yang mereka buat sendiri dari limbah mesin bekas. Untuk mengatur model dan presisi hitungan mereka gabungkan dengan sebuah komputer yang mereka rakit sendiri dengan menggunakan casing kayu.

Meski dengan berbagai keterbatasan dana dan peralatan, saat ini dua bersaudara yang telah dibantu oleh 6 orang karyawan ini telah menunjukkan bahwa lulusan SMK Indonesia pun mampu bersaing di level internasional. Dengan ketekunan, saat ini mereka berburu dolar melalui ide-ide kreatif di dunia desain enginering.

news.viva
liputan islam

37 comments:

  1. hanya satu kata yang bisa mewakili kekaguman saya mas " luar biasa" kakak beradik ini, semoga bisa terlahir pemuda2 seperti ini ya..

    masih suasana lebaran, mohon maaf lahir batin ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga kang...lama tak maen kesinih soalnya.
      Mohon maaf lahir dan batin ya kang.

      salam sehat dan ceria selalu

      Delete
    2. #Kang Muroi,
      #Cilembu thea,

      Iya Kang, Boku juga mohon maaf lahir dan Bathin..

      T.A.K

      Delete
  2. sangat menginspirasi yah gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #cerita misteri_ Iya betul sekali gan..

      T.A.K

      Delete
  3. yang kaya gini nih yang patut diacungi jempol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Intan Sudibjo_ Betul sekali Mas Intan.. (h)

      T.A.K

      Delete
  4. smk memang luar biasa ya mas.. coba saya dulu sekolah SMK pasti seperti ini. Saya malah sekolah STM mas ... SMK dan STM itu beda khan ? :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mang Yono_Hehehehe..benar Mang, memang luar biasa, STM sama SMK itu saudara kembar, ibarat pinang dibelah dua Mang.., hehe..

      T.A.K

      Delete
  5. dua lagi anak bangsa sebagai mutiara khatuistiwa yang patut dijadikan anak mas negeri ini, segera direkrut dan disayangi oleh pemimpin negeri ini sebelum mereka diiming-imingi oleh bule untuk pindah jadi warga negara mereka.
    kalau saya jadi salah satu dari mereka, saya udah pasti pindah jadi warga negara asing...ilmunya pasti akan lebih dihargai....pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Cilembu thea_Iya Kang, kebanyakan sich memang seperti itu Kang ya, sangat disayangkan sekali..

      T.A.K

      Delete
  6. iq mereka patut di acungi jempol, salut deh. minal aidzin alfaidin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Kang lili.s_ Iya Kang, memang luar biasa..

      minal aidzin walfaidzin juga Kang..

      T.A.K

      Delete
  7. Ini yang awalnya disangka pelihara tuyul itu. Padahal mereka kerja keras dengan ide kreatif. Inspirasi anak muda indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. #YugoBlog_Betul sekali sobat, ndak taunya mereka malah berkarya yang luar biasa..

      T.A.K

      Delete
  8. ternyata banyak anak negeri Indoensia yang sarat dengan prestasi hebat luarbiasa..mereka diakui oleh dunia,,,namun tidak diperhatikan oleh negara sendiri...sungguh tragis....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Blogs Of Hariyanto_Sangat disayangkan sekali ya Mas Har..?

      T.A.K

      Delete
  9. Subhanallah, keren banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Return to My Blogg_Iya sobat, terima kasih..

      T.A.K

      Delete
  10. nah ini dia. bangganya saya menyaksikan generasi-generasi emas begini. top!

    ReplyDelete
    Replies
    1. #zach flazz_Iya kang, Bokupun juga sangat merasa bangga Kang Zach..,

      Minal aidzin walfaidzin Kang..

      T.A.K

      Delete
  11. biarpun cuma lulusan smk tapi mempunyai kemampuan yang luar biasa, pemuda seperti ini yang seharusnya mendapatkan perhatian oleh negara :)

    ReplyDelete
  12. Anonymous15/11/14

    insfiratif

    ReplyDelete
  13. infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. terima kasih infonya sangat keren

    ReplyDelete
  15. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. SALUTE BUAT MEREKA YANG SUDAH MENGHARUMKAN NAMA BANGSA, WALAUPUN TIDAK MASUK INFOTAINMENT ATAU BERITA DI TV2 NASIONAL. SALUT TERUS BERKARYA GAN.

    ReplyDelete
  17. Bahkan mereka berhasil mengalahkan peserta dengan gelar Ph.D dari Swedia yang menyabet peringkat kedua dan insinyur lulusan University of Oxford yang meraih juara ketiga.
    عزل خزانات بالرياض شركه عزل خزانات بالرياض

    شركات عزل خزانات بالرياض شركات عزل خزانات بالرياض

    شركة عزل خزانات المياه بالرياض شركة عزل خزانات المياه بالرياض

    شركة عزل خزانات بالرياض شركة عزل خزانات بالرياض

    عزل اسطح بالرياض شركه عزل اسطح بالرياض

    شركة عزل الاسطح بالرياض شركة عزل الاسطح بالرياض

    شركات عزل اسطح بالرياض شركات عزل اسطح بالرياض

    كشف تسربات المياه بالرياض شركة كشف تسربات المياة بالرياض

    شركات كشف تسربات المياه بالرياض شركات كشف تسربات المياه بالرياض

    شركة كشف تسربات مياه بالرياض شركة كشف تسربات مياه بالرياض

    تنظيف بيارات بالرياض شركه تنظيف بيارات بالرياض

    شركة شفط بيارات بالرياض شركة شفط بيارات بالرياض

    شركة تنظيف بيارات بالرياض شركة تنظيف بيارات بالرياض

    تسليك مجاري بالرياض شركة تسليك مجارى بالرياض

    شركة تسليك مجاري شركة تسليك مجارى

    تسليك مجاري بالرياض تسليك مجارى بالرياض

    ReplyDelete
  18. di indonesia sebenarnya banyak orang pinter hanya saja kurang ter salurkan atau ter vasilitasi

    ReplyDelete
  19. Anonymous26/2/20

    My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    ReplyDelete
  20. Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::teddyliza2020@gmail.com
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    ReplyDelete
  21. Hey there, You have done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this site.
    http://pialaqq.best

    pokerace77

    ratudomino88

    arahqq

    asiaqq

    bagiqq

    ReplyDelete
  22. Untuk pengerjaan pulpen titanium ini, lagi-lagi dua kakak beradik ini hanya mengandalkan mesin bubut yang mereka buat sendiri dari limbah mesin bekas. Untuk mengatur model dan presisi hitungan mereka gabungkan dengan sebuah komputer yang mereka rakit sendiri dengan menggunakan casing kayu. ready made sofa covers , fancy bed sheets in pakistan online

    ReplyDelete

 
Top