Boku no Blog - Mungkin hashtag kali ini yang tepat adalah #2019gantihpbaru :). Berawal dari hape GALAXY NOTE 3 NEO, yang rusak setelah liburan tahun baru 2019 kemarin, Boku no Blog kali ini posting tentang "Cara Mengatasi "Kernel is not Seandroid Enforcing" pada Samsung GALAXY NOTE 3 NEO" berdasarkan pengalaman pribadi.

tampilan saat Kernel is not Seandroid Enforcing

Saat itu, GALAXY NOTE 3 NEO setelah direstart terjadi hang dan muncul pesan eror di bagian atas layar "Kernel is not Seandroid Enforcing" .


Sebenarnya kejadian ini sudah kedua kalinya. Yang pertama setelah eror seperti ini langsung HP Boku bawa ke Service Centre Samsung. Dan bisa ditangani oleh teknisinya.

Kejadian yang kedua kalinya, Boku sempat bimbang, kalau dibawa ke Service Centre lagi, paling suruh ganti HP nya, atau kalaupun bisa harus merogoh kocek lagi untuk biaya service. Akhirnya, ya sudahlah karena pentingnya HP buat Boku sebagai alat komunikasi, lalu Boku beli HP baru Samsung J8.

Masih terbesit rasa penasaran di benak Boku, akhirnya dengan browsing kesana kemari bertanya sama "Eyang Google" dan mempraktekkan langkah step by step, akhirnya "FIXED" HP Samsung GALAXY NOTE 3 NEO bisa hidup kembali.

Disini, Boku akan membagikan langkah-langkah Cara Mengatasi "Kernel is not Seandroid Enforcing" pada Samsung GALAXY NOTE 3 NEO


1. Sebelum Anda bereksperimen, siapkan "bahan-bahan" pendukungnya agar 
saat proses nantinya berjalan lancar.


"Bahan-bahan" pendukungnya adalah:

- SAMSUNG USB DRIVER
Pastikan computer Anda sudah terinstal SAMSUNG USB DRIVER, agar HP Anda bisa koneksi dengan computer Anda. Bagi yang belum punya, silakan download di website ini.

- SAMSUNG KIES
Pastikan computer Anda sudah terinstal SAMSUNG KIES, agar HP Anda bisa terdeteksi oleh computer Anda. Bagi yang belum punya silakan download di website ini.

- Firmware Phone

Silakan anda menuju ke website ini untuk mendapatkan Firmware sesuai dengan jenis HP Anda. Kali ini HP Boku adalah GALAXY NOTE3 NEO (SM-N750). Anda perlu sign up terlebih dahulu dengan free account. 

Pilih negara tujuan yaitu Indonesia (XSE). Setelah itu akan muncul Firmwarenya dan pilih Versi yang terbaru dan silakan didownload.






Kemudian ekstrak file download tadi dan jalankan di computer Anda.

- ODIN
Kemudian silakan Anda download ODIN versi terbaru di website ini. Setelah selesai download buka file compress (.ZIP) dan jalankan di computer Anda.

Tampilan ODIN setelah ODIN dijalankan.




2. Matikan Samsung GALAXY NOTE 3 NEO Anda yang error tersebut. Kalau bingung mematikan pada saat eror, boleh dengan mencopot baterainya langsung. 

3. Setelah hape mati, Tekan Volume Down+Home+Power secara bersamaan, nanti akan masuk ke download mode.


Tampilan HP Anda akan berubah menjadi seperti ini.


tekan Volume Up untuk melanjutkan (Continue)


4. Pada Tampilan Odin3_v3.13.1 Klik menu PDA


Lalu Anda akan diarahkan untuk mencari dimana firmware yang tadi sobat ekstark, nama filenya harus berakhiran .tar.md5

File Firmware yang sebelumnya sudah diekstrak


Contreng Auto Reboot dan F.Reset Time pada tabs Options (biasanya ini sudah otomatis tercontreng)

5. Selanjutnya sambungkan Samsung GALAXY NOTE 3 NEO menggunakan kabel USB, pastikan terdeteksi di Odin. Cirinya terdetek akan terisi 0:[COM..] pada kolom ID:COM dan ada pesan Added! di kolom Log.

6. Terakhir, Klik Start. Jika pada tahap ini Berjalan normal dengan ditandai pesan BOOT - RECOVERY dan lainnya pada jendela kiri atas Odin, maka sudah dipastikan Samsung GALAXY NOTE 3 NEO Anda akan hidup kembali. Tunggu proses ini hingga Selesai sampai terlihat tulisan PASS!

Jika HP Anda masih normal, pada umumnya dengan langkah-langkah tersebut diatas HP Anda akan bisa hidup lagi dan tinggal setting sesuai keinginan Anda.

Namun berbeda dengan HP GALAXY NOTE 3 NEO punya Boku ini, meskipun sudah melakukan langkah-langkah diatas, namun masih Hang di tampilan Logo Samsung

Untuk pemecahannya akan Boku posting di Boku no Blog postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat dan bisa memecahkan permasalahan yang sama untuk Anda.

3 comments:

  1. BANG GIMANA CARA DOWNLOAD DEVICE MODEL HPNYA KENAPA HARUS JOIN DLU SAYA MOHON BANG BANTU SAYA ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mau download Firmwarenya kan? Silakan Anda menuju ke link website di atas. Joinnya free kok, setelah itu akan muncul tampilan seperti di atas dan silakan ikuti sesuai langkah-langkahnya.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  2. izin nanya untuk kode N750 nya hp saya tidak ada dalam list yg di website Kies, apa sama saja atau harus sm dgn yg tertera di handphonenya? mohon pencerahan

    ReplyDelete

 
Top