Boku no Blog-Persaingan bisnis dalam pemasaran dan pengembangan teknologi bidang otomotif yang tinggi memunculkan berbagai langkah alternatif yang ditempuh oleh beberapa perusahaan otomotif di dunia.

Bis dari Toyota dengan bahan bakar hidrogen

Seperti kita ketahui sekarang banyak bermunculan mobil-mobil dengan tenaga baterai, hybrid, sampai dengan mobil dengan bahan bakar alternatif dari BBM seperti hidrogen, dan lain sebagainya.


Pada postingan terdahulu Boku no Blog juga sudah membahas mengenai mobil sedan dari Toyota, yaitu Toyota Mirai dengan menggunakan bahan bakar hidrogen (fuel cell).

Saat ini tidak hanya pada sekelas mobil pribadi saja, perusahaan otomotif raksasa dunia yaitu Toyota Motor Corporation and Hino Motors beberapa waktu lalu melakukan uji coba bis pertama mereka yang menggunakan bahan bakar hidrogen (fuel cell) sebagai pengganti bis yang pada umumnya menggunakan bahan bakar minyak. 

Uji coba tersebut dilakukan di Tokyo, Jepang berlangsung mulai tanggal 24 – 30 Juli 2015.


spesifikasi Field Test Bis dari Toyota


Dalam hal kerjasama ini, Toyota bertanggung jawab mengenai segala yang berkaitan dengan mesin sedangkan Hino bertanggung jawab untuk bagian body atau karoseri bis.

Penggunaan bahan bakar alternatif seperti hidrogen (fuel cell) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mobil dengan tenaga listrik maupun hybrid, diantaranya adalah mesin tidak berisik, ramah lingkungan, jarak tempuh lebih panjang dibandingkan dengan mobil listrik.

toyota newsroom

34 comments:

  1. Indonesia kapan bisa punya bus ini nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tahun depan Indonesia bisa memil;iki bis umum yang bahan bakar nya hidogen ya Mas..? biar lebih ramah lingkungan

      Delete
    2. amin semoga tahun depa deh

      Delete
  2. Dengan bahan bakar hidrogen (fuel cell), selain ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara, bisa jadi solusi BBM yang suatu saat pasti habis keberadaannya di bumi..

    Semoga Indonesia juga bisa mengembangkan teknologi ini..

    ReplyDelete
  3. sejak Toyota memproduksi mobil pribadi berbahan bakar fuel cell kami sekeluarga sudah berencana mengganti seluruh kendaraan dirumah dengan yang ber bbm hydrogen ini loch mang...tapi baru rencana sih...ngimpi gitu deh.
    kalau bis ber bahan bakar fuel cell mah rasanya ngga mungkin kebeli saya mah

    ReplyDelete
  4. Ingat naik bus umum dengan bahan bakar hidrogen seperti ini waktu diluar negeri, mudah-mudahan bisa merawatnya dengan bik deh. Masalahnya perawatan di sini kurang maksimal sih, yang ada kasihan para penumpang bila masuk usia bus di tahun ke 4 banyak yang konslet dan kebkaran di jalan Mas. Kalau udah kaya gitukan kan yang jadi korban konsumen.....

    ReplyDelete
  5. saya kapan ya bisa merasakan naik Bus berbahan bakar hidrogen seperti ini.... Soale harus keluar negeri nih

    ReplyDelete
  6. Bahan bakar hidrogen itu seperti apa ya ? apakah seperti bahan bakar gas ? Di Jakarta cepat panas dan mudah terbakar ,tidak mengherankan jika transjakarta meleduk satu persatu.

    ReplyDelete
  7. Tampilan eksteriornya ok mas...kira2 interior dalamnya gimana ya?

    ReplyDelete
  8. keren juga nih bahan bakar nya, bisa lebih hemat ya daripada bensin boros banget :)

    ReplyDelete
  9. Kecanggihan dan kepintaran orang semakin berkembang, sehingga banyak eksperimen-eksperimen dibidang otomotif, dan salah satunya adalah bis Umum berbahan bakar hidrogen ini yah.

    ReplyDelete
  10. trus gimana hasil ujicobanya mas?
    sampai sekarang masih beroperasi ato hanya ujicoba pada bulan 7 kemarin?

    ReplyDelete
  11. bisa tidur nyenyak nih bila didalam bis tersebut yamas.
    soalnya nyaris tak terdengar suaranya :D

    ReplyDelete
  12. mas lulus udah pernah nyobain belum nih?

    ReplyDelete
  13. Berarti mobil izuzu fanther kalah ya suaranya sama Bis umum yang bahan bakarnya hidrogen itu ya Mas Boku :) keren keren (c)

    ReplyDelete
  14. makin creativ aja ya , persaingan bisnis kalo gak creativ bisa ketinggalan ya mas :d

    ReplyDelete
  15. hebat, keren, GG, indonesia kapan yah? :D

    ReplyDelete
  16. Indonesia kapan ya ada mobil hydrogen ini??

    ReplyDelete
  17. Bagus ini. Kalo beneran bisa berkembang kedepannya kendaraan berbahanbakar air bisa beneran terwujud. Air dielektrolisa dapet hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen dicampur bukannya jadi air lagi tapi jadi pembakaran. Keren banget...

    ReplyDelete
  18. Anonymous20/8/15

    bisnya udah canggi dan semoga bisa berjalan mulus dengan bahan bakar hidrigen ini...alias tidak menjadi bencana seperti ledakan yang bisa membahayakan.

    ReplyDelete
  19. keren, bisa menghemat sdm. semoga semua kendaraan juga bisa nyusul make bahan bakar hidrogen!

    ReplyDelete
  20. wah bagus ini, semoga bus-bus seprrti ini ada di indonesia

    ReplyDelete
  21. Kok bisa tidak brisik Pak Boku kalau pake tenaga listrik jelas jauh lebih tidak berisik tapi kalau dengan hidro(fuel cel) beda ya sistim kerjanya dengan BBM yang tenaga kendaraan di hasilkan dari edakan

    ReplyDelete
  22. Ledakan di dapur pacu maksudKu

    ReplyDelete
  23. wah hebat ya, coba Indonesia udah ada kendaraan seperti ini,, mantap infonya. makasih banyak sob

    ReplyDelete
  24. kapan di indonesia bis ini ada ya...

    ReplyDelete
  25. bagus, lebih ramah lingkungan ya..

    ReplyDelete
  26. alternatif bbm yg bagus, gk harus pake bensin (o)

    ReplyDelete

 
Top