Boku no Blog - Hidup di negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia tentunya kita tidak pernah merasakan bagaimana rasannya musim dingin dan melihat salju secara langsung seperti di negara-negara yang mempunyai iklim dingin. Bagaimana rasannya ya…?, kalau pas melihat acara sepak bola di televisi atau melihat drama dan film barat, Korea, Jepang saat musim dingin dengan memakai jacket, pakain yang berangkap-rangkap serta kalau waktu berbicara mengeluarkan asap dari mulut, wah.., kelihatannya kok keren sekali ya..

Bermain Ski
 
Apalagi melihat salju yang turun, putih bersih, rumah, ladang, jalan tertutup salju, kelihatannya indah sekali. Dan apakah salju tersebut bisa diminum langsung ya..? kan bentuknya seperti es batu yang diserut, lalu seandainya dikasih sirup apakah salju tersebut bisa langsung diminum ya..?


Pertanyaan-pertanyaan seperti itu kadang sering terbesit dipikiran dan menjadikan angan-angan untuk bisa melihat salju yang sesungguhnya di negara yang memiliki iklim dingin dan bersalju seperti di Jepang.

Pernah sih melihat salju di Indonesia, tapi di acara “Dunia Es”, yaitu pihak penyelenggara hiburan yang menyelenggarakan hiburan istana es, dengan sebuah ruangan yang dipasang instalasi pendingin. Di situ diletakkan patung-patung yang terbuat dari es, dan ruangan yang disetting dingin sehingga bisa bersalju, atau memang dibuatkan salju tiruan. Akan tetapi setelah keluar ruangan kembali lagi seperti sedia kala, yaitu hawa tropis yang panas.


"dunia es"
Salah satu negara yang mempunyai iklim dingin dan bersalju adalah Jepang. Negara Jepang memiliki 4 musim yaitu Musim Semi (Spring, Haru, 春 ), Musim Panas (Summer, Natsu,夏), Musim Gugur (Autumn, Aki, 秋 ), dan Musim Dingin (Winter, Fuyu, 冬). Jangka waktu antara 4 musim tersebut adalah 3 bulan.

- Musim Semi (Autumn, Haru,春). (Berlangsung dari bulan Maret sampai Mei/pertengahan Juni).
- Musim Panas (Summer, Natsu,夏 ). (Berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus).
- Musim Gugur (Autumn,Aki,秋 ). (Berlangsung dari bulan September sampai    November/Desember ).
- Musim Dingin (Winter,Fuyu,冬). (Berlangsung pada bulan Desember sampai Februari).


Pada musim dingin, orang Jepang dan wisatawan biasanya bermain ski, snowboard, dan es skating. Lalu juga pergi ke onsen atau pemandian air panas. Banyak tempat-tempat ski yang berdekatan dengan pemandian Airpanas (onsen). Jadi, habis bermain ski langsung berendam di air hangat yang kadang berada di outdoor area.

Nah, disini saya ingin sedikit berbagi pada sobat-sobat pembaca budiman semuannya jika ingin melakukan liburan musim dingin di Jepang, melihat langsung turunnya salju dan tumpukan salju, bermain ski, merasakan berendam di pemandian air panas, menikmati keindahan alam di Jepang saat musim dingin.

 

MUSIM DINGIN DI JEPANG

Musim dingin di Jepang berlangsung dari bulan Desember hingga Februari. Musim dingin di Jepang ditandai dengan turunnya salju pertama di awal Desember. Di beberapa daerah seperti Hokkaido, yaitu Jepang bagian utara, suhu udara bisa mencapai -20 derajat celcius. Tapi di daerah selatan seperti Tokyo dan Yokohama suhunya relatif lebih tinggi, dengan suhu minimum sekitar minus 2 derajat pada bulan Februari. Daerah perkotaan seperti Tokyo, Yokohama, dan Osaka pun salju hanya turun 2 atau 3 kali dalam setahun, jauh lebih sedikit dibanding Hokkaido dan kota-kota pegunungan yang saljunya turun hampir setiap hari.

Berikut ini adalah lokasi tempat turunnya salju dan kondisi suhu pada musim dingin di beberapa daerah di Jepang.


 

PERSIAPAN PAKAIAN MUSIM DINGIN


Bagi teman-teman yang ingin berlibur di Jepang pada waktu musim dingin, harap memperhatikan pakaian yang harus dipersiapkan saat berada di Jepang. Musim dingin di Jepang biasanya cuacanya mendung dan hampir tidak ada matahari, kalaupun ada dan cuaca saat itu cerah masih tetap saja terasa dingin. Selain itu juga hembusan angin utara yang kering, serta suhu udara yang dingin, tubuh akan gampang sakit jika tidak fit. 


Oleh karena itu lebih baik mempersiapkan pakaian untuk musim dingin diantarannya;

- Pakaian tebal/jacket yang terbuat dari cotton atau wol
- Topi/penutup kepala
- Google dan kaca mata (sun glass)
- Sarung tangan
- Penutup telinga
- Celana tebal musim dingin
- Sepatu
- Masker
- Lipsgloss untuk mencegah kelembaban bibir

MAKANAN SAAT MUSIM DINGIN DI JEPANG


Berbicara soal kuliner, di negara Jepang ada beberapa kuliner yang identik dengan musim dingin. Beragam sajian tersebut sering dikonsumsi untuk menghangatkan badan.

 
1.Tori Zosui




Bila di Indonesia biasanya bubur ayam dijadikan sebagai menu sarapan, di negara Jepang ada sajian bubur khas musim dingin yang bernama ‘Tori Zosui’. Makanan ini merupakan makanan olah nasi yang mirip dengan bubur ayam, namun disana seperti sajian sup nasi yang dimasak dengan potongan ayam dan disajikan selagi masih panas.


2. Yosenabe



Sup memang selalu lekat sebagai sajian yang paling pas dimakan saat musim dingin. Seperti sup tradisional khas Jepang yang satu ini yosenabe. Yosenabe adalah sup yang isinya beragam seperti udangm daging, sayur telur dan tahu yang dimasak dalam hotpot.
Yang unik biasanya menu ini bisa dimasak diatas meja sambil langsung dimakan dalam keadaan masih sangat panas. Selain menghangatkan tubuh menu satu ini sangat mengenyangkan.

 
3. Ramen



Ramen menjadi sajian wajib dan selalu lekat dengan cuaca dingin. Sajian mie ini memang paling enak dinikmati untuk menghangatkan badan. Tak hanya dapat dibuat sendiri, biasanya orang Jepang akan keluar di malam hari untuk pergi ke kedai ramen menikmati sajian mie panas khas ini.

 
4. Yudofu





Salah satu makanan favorit saat musim dingin adalah yudofo. Yudofo sendiri artinya tofu hot spot, yaitu sajian sup tahu lembut yang dimasak dengan kuah kaldu dan beragam sayuran. Umtuk menambah kenikmatan biasanya yudofo akan disantap dengan tambahan saus ponzu atau yuzu kosho. Saus ini terbuat dari bubuk cabai dan kulit jeruk serta garam.

5. Oden


Tak hanya sup dan makanan kuah saja yang enak disantap saat musim dingin, di Jepang juga ada jajanan khas musim dingin. Yap odeng, adalah makanan khas musim dingin tradisional negara Jepang. Odeng sendiri adalah fish cake yang disajikan dengan kuah kaldu ikan, Atau berbagai sajian kue-kue laut lainnya seperti bola ikan atau tahu ikan yang juga disajikan dengan tambahan kuah kaldu ikan segar.

TEMPAT-TEMPAT WISATA MUSIM DINGIN DI JEPANG

- Wisata Salju dan Pemandian air panas (onsen)


Onsen (温泉) adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen (onsen yado). Kota wisata yang berkembang di sekeliling sumber air panas disebut kota onsen.

Sangatlah menyenangkan manakala suhu dingin di musim dingin, kemudian kita berendam di sebuah onsen, apalagi onsen tersebut lokasinya di outdoor. Kita bisa berendam sambil menikmati pemandangan alam dengan tumpukan salju yang memutih.


Berikut adalah beberapa onsen di mana Anda akan dapat menikmati pengalaman melihat langsung salju sambil berendam di dalam onsen.

 
1. Nyuto Onsen




Nyuto Onsen merupakan salah satu dari kumpulan ryokan onsen yang berlokasi di pegunungan timur prefektur Akita, yang menawarkan pemandian air panas di pedesaan. Banyak ryokan memiliki onsen yang terbuka dan menawarkan pemandangan salju di musim dingin.


2. Kusatsu Onsen



Kusatsu Onsen di Prefektur gunma memiliki volume mata air panas yang besar dan secara konsisten mampu bertahan sebagai tujuan onsen terbaik bagi wisatawan. 


3. Minakami Onsen



Osenkaku, Takaragawa onsen, merupakan salah satu ryokan di Minakami Hot Springs yang memiliki pemandian outdoors terluar dan terbesar di Jepang. Takaragawa Onsen adalah yang paling dekat dengan Tokyo.



4. Okukinu Onsen



Okukinu Onsen adalah kumpulan empat ryokan panas di sebuah lembah terpencil di pegunungan Prefektur Tochigi.



5. Manza Onsen



Manza Onsen pusat air panas yang terletak 1800 meter di atas permukaan laut, di lereng Gunung Shirane. Gunung ini menyediakan onsen dengan perairan paling sulfat. Sejumlah besar salju di musim dingin membuat kota ini menjadi salah satu tempat terbaik yang dekat dengan Tokyo untuk menikmati mandi air panas dengan pemandangan salju.





6. Shirakawago



Shirakawago menjadi situs warisan dunia UNESCO, berlokasi di sebuah daerah pegunungan terpencil di Prefektur Gifu.Terkenal dengan rumah-rumah pertanian tua yang biasanya ditutupi salju setebal satu meter pada bulan Februari. Ini menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk menambah pengalaman melihat salju pedesaan. Di bulan Januari dan Februari, biasanya desa menyala di malam hari.




- Festival Salju


Festival musim dingin yang melibatkan salju dan es, diadakan di kota-kota di seluruh wilayah yang kaya salju di Jepang. Mereka menyajikan cara yang menyenangkan untuk menikmati musim dingin bagi wisatawan dan hiburan yang menyenangkan dari ketidaknyamanan yang disebabkan oleh salju untuk penduduk setempat. 

Berikut adalah beberapa festival musim dingin yang terkenal:


1. Sapporo Snow Festival



Festival Salju Sapporo ( Sapporo Yuki Matsuri ) diadakan selama satu minggu setiap bulan Februari di ibukota Hokkaido Sapporo . Ini adalah salah satu acara paling populer musim dingin di Jepang .


2. Otaru Snow Light Path



Festival ini diadakan selama sepuluh hari setiap bulan Februari di Otaru, di mana kota didekorasi dengan lampu dan patung salju kecil. Kombinasi dari kota bersalju dan lentera berkilauan menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dan romantis.


3. Asahikawa Winter Festival



The Asahikawa Winter Festival berlangsung lebih dari seminggu di awal Februari, memamerkan patung salju terbesar di Jepang. Tempat-tempat menarik lain yang ditemukan di festival ini termasuk sebuah kompetisi patung es, salju dan slide snowmobile rides.


4. Tokamachi Snow Festival



Tokamachi Snow Festival diadakan setiap tahun yang berlangsung selama tiga hari di sekitar hari Sabtu minggu ketiga Februari di Tokamachi, sebuah kota yang mengalami salah satu tingkat hujan salju tertinggi di Jepang. Pengunjung dapat menikmati banyak patung salju, slide salju dan festival stalls.


5. Yokote Kamakura Festival



Festival Kamakura adalah salah satu festival musim dingin di daerah Tohoku yang mulai diadakan lebih dari 400 tahun yang lalu. Malam Festival Kamakura ini diadakan di kota Yokote, Akita.

 

SKI RESORT


Ada lebih dari 500 resort ski di Jepang, yang bervariasi mulai dari ukuran dari resor kecil hingga besar sampai berjalan kaki ke lereng-lerengkecil. Resor terbaik dengan kondisi salju yang banyak, dapat ditemukan di Jepang utara (Hokkaido dan Tohoku) dan di pegunungan sepanjang Laut Jepang Coast (terutama Niigata dan Nagano). Bagi mereka yang tertarik dengan olahraga salju seperti bermain ski atau snowboard, kebanyakan resor memiliki zona bermain yang dirancang untuk keluarga dengan anak-anak kecil. Berikut adalah beberapa resor ski yang direkomendasikan:


1. Yuzawa


Dengan salju yang sangat baik, air panas dan lebih dari dua puluh resor ski, menjadikan Yuzawa sebagai tujuan dalam olahraga salju. Hampir semua resor di daerah ini dapat diakses oleh transportasi umum dan menawarkan taman bermain anak-anak.


2. Niseko



Niseko, adalah sebuah kota dengan resor salju spektakuler di Hokkaido, mungkin adalah resor ski paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, terutama Inggris. Pemandangan salju yang fantastic dilihat dari Mt. Yotei membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer.



3. Shiga Kogen



Shiga Kogen di Yamanouchi memiliki wilayah skiable terbesar di Jepang. Daerah ini terdiri dari lebih dari 20 resor, sebagian besar dihubungkan oleh dengan ski.


4. Hakuba



Hakuba adalah kota ski dan snowboard populer yang terletak di barat laut dari Prefektur Nagano. Happoone resort menjadi tuan rumah dalam Olimpiade Musim Dingin 1998 Nagano.


5. Karuizawa


Terbuka pada awal November, Karuizawa Prince Ski Resort adalah salah satu resor yang paling pertama buka, meskipun dengan salju buatan manusia. Karuizawa adalah liburan gunung kelas atas dilengkapi dengan outlet mall sebelah resor.
Selain tempat-tempat di atas yang menarik untuk teman-teman kunjungi saat liburan musim dingin di Jepang, masih banyak tempat-tempat menarik lainnya mumpung masih di Jepang seperti; Ueno Park, Tokyo Tower, Tokyo SkyTree, Tokyo Disneyland, Tokyo Disney Sea, Odaiba, Akihabara, dan masih banyak lagi.

Pokoknya seru deh…!, asal waktu dan budget liburan teman-teman mencukupi, teman-teman bisa menghabiskan waktu liburan di negeri Sakura Jepang.
O, iya.., ada info menarik dari Tokyo Rail Days bagi teman-teman yang akan berlibur musim dingin ke Jepang yaitu ke Gala Yuzawa

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. 

Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:

Website resmi:          http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/





My Ideal Japanese Winter Vacation Blog Competition


Sumber:
- http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
- http://j-cul.com/
- http://www.japan-guide.com/
- http://www.infojepang.net/
- http://www.dreamersradio.com/
- Wikipedia

147 comments:

  1. Bernostalgia nih mas lulu atau mau kembali liburan ke Jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. #islam_Bernostalgia sobat, kalau ada rezeki ngajak keluarga libura ke sana :)

      T.A.K

      Delete
    2. ngajak saya kapan?

      Delete
  2. Wah jadi penasaran nih sama budaya dan tradisi di sana, kayaknya enak juga, hahahaha,,, btw, kenapa ada beginian: Google dan kaca mata ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Bang Ancis_ :d.., sudah tak revisi Bang Ancis, Google untuk dipakai ski, sedangkan kacamata adalah sun glass pelindung matahari... :))

      T.A.K

      Delete
    2. jadi google temennya kacamata ya ternyata

      Delete
  3. Orang jepang kreatif bangetz ya, jiwa seninya besar, seperti orang bali :) jgn lupa komentar balik di artikelku ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Cara Perbaiki Rambut Rusak_ Iya sobat, mereka kreatif..
      nanti Boku langsung ke TKP

      T.A.K

      Delete
    2. kalo soal nyeni sih Mas Lulus juga nyeni
      coba kita mintai Mas Boku nari jaipongan

      Delete
  4. bulan kemarin saya mengantarkan teman saya untuk membeli jacket winter :), karena akan ke jepang... emang di jepang kalo musim dingin bajunya harus super tebal ya bang... :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Achmad Fazri_ oh ya, sebenarnya sih nggak harus tebal2 banget, tapi untuk menjaga agar tubuh tetap hangat dan tidak mudah masuk angin.

      T.A.K

      Delete
  5. lengkap ya, semua ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mbak Erna_ Terima kasih Mbak Erna..

      T.A.K

      Delete
    2. iya mas, sama-sama :)

      Delete
  6. Wah menang ini kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Asep Haryono_ Amiin..., harus banyak berguru ke pak Asep..

      T.A.K

      Delete
  7. best kalau dpt bercuti ke jepun musim sejuk ya...happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #paridah_musim semi udaranya sejuk..

      T.A.K

      Delete
  8. best kalau dpt bercuti ke jepun musim sejuk ya...happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #paridah_musim sejuk adalah musim semi, bisa sambil lihat sakura..

      T.A.K

      Delete
  9. sekarang bulan februari berarti di jepang lagi musim dingin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Dewi Elsawati_ Betul Mbak..

      T.A.K

      Delete
  10. Kayaknya aku gak sanggup kalau main-main salju. Bisa ciut semua gara-gara kedinginan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Haris Luqman Hakim_ Apanya yang ciut mas Lukman :-?

      T.A.K

      Delete
  11. ulasannya lengkap banget....
    belum pernah megang salju beneran, rasanya mungkin seperti megang es serut gitu ya? #kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ninik Setyarini_ Iya Mbak Ninik, mau nyobain..?

      T.A.K

      Delete
  12. dua tahun kebelakang pernah dikirim ke Jepang selama seminggu, sayangnya ngga sempat main salju, acaranya saat itu sangat padat dan demi karier taklah berani saya mencuri waktu buat bermain salju...akhirnya ya mimpi itu lewat tanpa bekas... =p~

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Cilembu thea_ Wah hebat dong Kang Cil bisa sampai ke Jepang (h)

      T.A.K

      Delete
  13. wihhh, serasa mimpi sedang di jepang di musim salju...kapan yah bisa menikmatinya,...ngebayangin camping di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Wong Crewchild_ Iya silakan Mas Wong camping di sana..

      T.A.K

      Delete
  14. wah saya juga jadi ikut penasaran nih dengan salju dan makanannya mas.
    memang punya daya tarik tersendiri sih mungkin karena belum pernah ngalamin yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. #yanto cungkup_ Iya Mas Yanto

      T.A.K

      Delete
  15. wah saya juga jadi ikut penasaran nih dengan salju dan makanannya mas.
    memang punya daya tarik tersendiri sih mungkin karena belum pernah ngalamin yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. #yanto cungkup_ Yuk nnti kita sama-sama ke sana Mas.. :d

      T.A.K

      Delete
  16. Menarik ulasannya. Jadi pengen ke Jepang, suatu saat.
    Dari makanan-makanan di atas, yang sesuai dengan lidah Indonesia cuma ramen kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Renggo Starr_ Hehehe...sebenarnya banyak juga yang cocok dengan lidah kita kok Mas, asal makanan halal..

      T.A.K

      Delete
  17. cuma bisa melihat gambarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Desi Isna Hernayanti_ hehehe.. :d, Mbak Desi bisa saja..

      T.A.K

      Delete
  18. Penasaran sekali ingin mencicipi masakannya itu mas :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Hary Wardiansyah_ Wisata kuliner mas Hary.. :-)

      T.A.K

      Delete
  19. teman saya ada yang kuliah dijepang kok jadi gila ya? padahal di jepang ada mie ramen (jaga sembung bawa golok) 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Suhendri Mr_ Lhoh kenapa Mas .. :-?

      T.A.K

      Delete
    2. mungkin karena ketemu sama ninja

      Delete
  20. Walaupun saya belum pernah ngerasakan dinginnya salju tapi udh kebayang enaknya....kapan2 klau udah punya planing boleh juga liburan ke jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Daniel Nagata_ Iya Mas Daniel, silakan..

      T.A.K

      Delete
  21. Kapan ya aku ke jepang
    Salju bisa kupandang
    Bermain salju hati riang
    Walau dingin nya tak terbayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. terbayang puisi saat salju datang
      pasti lebih hangat

      Delete
    2. dan berkeringat :-d

      Delete
    3. #Anisayu Nastutik_Setelah menjadi nyata, ternyata salju itu dingin,..brrrrrr..... =))

      for all_T.A.K

      Delete
  22. Kalau megang salju sepertinya enak ya kang, kayanya koplit pakai telor nh.... he,, he, he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo megang jemarinya wonder woman

      Delete
    2. #Indra Kusuma Sejati_Iya Mas Indra kayaknya gimana gitu..

      for all_T.A.K

      Delete
  23. ya syukuri aja mas..di negri kita ini. emang sih rumput tetangga terlihat lebih hijau.
    jadi inget flem subasa..ya..yang YUGHA latihan di salju.
    hehehehe

    Gimana pun kacaunya politik di indonesia tapi masih keindahan alam yang kita belum lihat mas.hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apalagi wanitanya cantik2

      Delete
    2. #pai mung_Iya betul mas Paimung,

      for all_T.A.K

      Delete
  24. Yang menarik perhatianku justru makanan ramen. Ternyata berasal dari jepang. Musim salju enak ya, tak perlu repot beli kulkas. Tinggal direndam depan halaman,buah atau sayur kan awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ramen itu sebangsa rames deh Mas

      Delete
    2. #Djangkaru Bumi_Iya Kang, semua ditimbunin sama salju... :-d

      for all_T.A.K

      Delete
  25. nah kalo saya masih pengin bawa anak2 dan istri kemana aja deh yang penting pas ada saljunya. kayaknya sensasinya nyata adanya. sekian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #zach flazz_Untuk acara selanjutnya sambutan dari tuan rumah..dipersilakan

      T.A.K

      Delete
  26. bagus sekali nih pemandangannya, tapi tidak kebayang dinginnya bagaimana, mesti siap-siap yang ekstra kalau mau ke sana. Terima kasih banyak infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #ilmu des_Sama-sama sobat ilmu des

      T.A.K

      Delete
  27. kapan ya saya ngerasain hujan salju..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #santika fadilah_Pas musim salju mbak Santika =))

      T.A.K

      Delete
  28. jujur saya paling tidak kuat dengan kedinginan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mas Rip_Harus siap-siap bawa selimut nih Mas Rip

      T.A.K

      Delete
  29. sebuah sensasi dari perjalanan yang tidak akan terlupakan ya mas kenangan manisnya, apalagi di negri sakura, berlibur sekalian menyantap makanan khas yang tiada tara lezatnya ,hmmm kapan ya bisa ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ibrahim M.Pd.I_Semoga bisa terwujud Pak Ibrahim

      T.A.K

      Delete
  30. Kebayang dinginnya kyk apa, wong ujan air aja dinginnya udah minta ampun ya mas =p~

    ReplyDelete
    Replies
    1. #budi purnomo_ Wah Mas budi perlu bawa selimut nih.. =))

      T.A.K

      Delete
  31. makasih infonya mas,,tapi saya tak keliling Indonesia dulu aja,,gk kuat kalau ke jepang,,hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Bagus Hermawan_Iya Mas Bagus, sama- sama

      T.A.K

      Delete
  32. memang teringin ke sana satu hari nanti. mudah2an sepupu saya dapat kerja di sana dan saya boleh melawatnya kelak ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Khai♥Rin : anies_Iya Mbak semoga saja..

      T.A.K

      Delete
  33. Jepang itu jadi kayak negeri impian dan fantasi ya Mas .... ada salju, ada berbagai festival .. negerinya Dora Emon .. dll

    Sukses ya lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mugniar Marakarma_Iya Mbak Mugniar, Aamiin..

      T.A.K

      Delete
  34. Jadi pingin ke Jepang lagi lihat photo2nya :o
    Salam kenal ya KK

    ReplyDelete
    Replies
    1. #MP3 Music Zone_Iya sobat, terima kasih,
      salam kenal balik

      T.A.K

      Delete
  35. memang jepang muantab musim dinginnya,...melihat foto musim dingin dijepang jadi ngiler mau kesana...kapan di aja saya mas admin? saya tunggu ya...heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mbah dinan_Iya Mbah Dinan.. :-)

      T.A.K

      Delete
  36. lihat foto ramen jadi pengen makan marugame udon haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ninda_Whahaa.. Iya sobat ninda cheer

      T.A.K

      Delete
  37. Selamat sore mas BOKU maaf terlambat nih,,,BTW postinganya lengkap banget mas dari mulai salju sampai dengan makanan,,,kalau baca artikel tentang Jepang saya hanya bisa membayangkan saja ,kapan bisa kesana hehe,,,apalgi lihat salju,enak banget kalau disiram sirop merah jadi es campur tuh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Dede Thea_ Iya Kang Dede, terima kasih telah sudi berkunjung,,

      T.A.K

      Delete
  38. #ninda- suka masakan japan ya..?

    T.A.K

    ReplyDelete
  39. Mas, semoga beruntung yaa :)

    huaaa, pengen banget ya bisa nyobain main ski abis itu makan Yosenabe atau ramen yang super pedas :d

    oh iya sukses follow di #1088, follback ya mas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. #De Widiani_Aamiin terima kasih Mbak Widi,
      semoga Mbak Widi juga beruntung..

      T.A.K

      Delete
  40. terima kasih atas informasihnya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. #sound level meter termurah_Sama- sama sobat..

      T.A.K

      Delete
  41. terima kasih infonya sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. #jual lan tester termurah_ sama-sama, terima kasih sobat..
      T.A.K

      Delete
  42. sayang bebas visanya baru yang E-paspor ..punyaku belum. coba kalo udah..
    tiket pesawatnya cuma 25jt rupiah bolak balik dari korea...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih sebenarnya tinggal melompat dari Korea ya Kang..,
      Kapan balik Indonesia Kang Pacul..?

      for all_T.A.K

      Delete
  43. Wah masakan, tempat wisata, dan lainnya lengkapi pengen banget berkunjung ke sana. Kalau ada paket hemat pengen dah nabung.

    Kali aja bisa dapet gadis jepang yang muslimah buat dibawa pulang hehe.

    Makasih reviewnya cukup lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Muhammad Adam Hussein, SPd, CM_Iya Pak Adam
      terima kasih atas kunjungannya..

      T.A.K

      Delete
  44. tidk dapat membayangkan bagaimana tinggal di negara yang punya musim dingin seekstrim jepang ini, di indonesia saja kalau musim hujan saya sudah kena alergi influensa, bagaimana kalau sudah di jepang,... semoga sukses saja pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Zulham Efendi_Iya mas Zulham, oleh karena itu kalau waktu ke sana pada musim dingin, harus persiapan ekstra dengan pakaian tebal (jacket, dll)

      T.A.K

      Delete
  45. menarik juga ya bermain salju, makanannya juga kelihatan lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini calon putri salju nih
      biar Mas Luluus jadi pangerannya

      Delete
    2. Ada putri salju, ada pangeran matahari..
      klop kan.. kang Zach..?

      Delete
  46. terimakasih artikelnya sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diceritakan kembali ke saya?

      Delete
    2. Iya besok kalau hbis ke sana saya maju di depan kelas bercerita :)

      Delete
  47. Aduh..jadi tergiur juga pengen ke jepang..festival2 yang ga ada di Indonesia menggiurkan..hehe

    Oh, ya..semoga sukses lomba blognya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggiurkan kayak wonder woman aja

      Delete
    2. Pretty woman :-)

      Delete
    3. # Irly iya mbak, terima kasih. Aamiin...
      For all T.A.K

      Delete
  48. Jepang termasuk dalam daftar negara yang ingin saya kunjungi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #GUNAWAN EFENDI_Sama Mas dengan Boku..

      T.A.K

      Delete
  49. Replies
    1. #Ollyvia Laura Arnold_ Thanks Laura
      Good luck too

      T.A.K

      Delete
  50. Makanannya itu loh yang bikin nggak kuat pengin nyoba tapi ada nggak ya dindonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Dwi Sugiarto_Mungki ada Pak Dwi di Japanese Resto

      T.A.K

      Delete
  51. Mari bergabung bersama ASIANBET77.COM Disini kami menyediakan berbagai macam jenis permainan betting online, seperti Taruhan Bola Online, Casino Online, Togel Online, Sabung Ayam Online dan masih banyak lagi game taruhan online lainnya....

    Pendaftaran gratis tidak dikenakan biaya apapun juga, minimal Deposit sangat ringan, hanya dengan Rp 100.000 saja anda sudah bisa bergabung bersama kami. ASIANBET77.COM bekerja sama dengan bank lokal yakni BCA, MANDIRI & BNI. Sehingga memudahkan anda untuk bertransaksi bersama kami.

    Customer service kami yang Ramah dan Profesional akan siap membantu anda selama 24 jam full, ayo segera daftarkan diri anda bersama kami ASIANBET77.COM. Dan dapatkan promo2 menarik dari kami.untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi CS kami :

    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    Wechat : asianbet_77
    sms center : +639052137234
    pin bb : 2B4BB06A

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Regina Liu_ Semoga dari sobat-sobat semua ada yang berminat.. :)

      T.A.K

      Delete
  52. asik banget ya di Jepang, kapan ya bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih Mas baca komen bawah saya
      siapa tau mau diajakin
      tapi saya duluan

      Delete
    2. Saya nyusul... =))

      Delete
    3. #Buret mrj_Kapan-kapan yuk Mas Buret..
      sama Kang Zach, yang ngongkosin..

      for all_T.A.K

      Delete
  53. beruntung sangat saya singgah di blog gudang ilmu daninformasi ini, kebetulan liburan tahun ini berencana hendak berlibur ke JEPANG,sangat tertarik menikmati salju di jepang sana dengan sake kesukaan sebagai penghangatnya...amboi banget kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak diajak?
      tega
      tegaaa

      Delete
    2. Ku tak mau tak..

      Delete
    3. #Mang Lembu_Hebat deh Mang Lembu bisa holiday di japon..., kapan ke sana lagi Mang..?
      Ikutan dong..

      for all_T.A.K

      Delete
  54. yuhuuu...melihat salju itu, indah banget ya.... lengkap bingit informasinya ditunjang dgn gambar yg indah pula...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Eka Fikriyah_Iya Mbak Eka, terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  55. keren tulisannya. kunjung balik ya
    http://darwinjh.blogspot.com/2015/02/musim-dingin-di-negeri-matahari-terbit.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. koq nggak gambar tangan bertepuk?
      ehh

      Delete
    2. Itu gambarnya jabat tangan.. ;-(

      Delete
    3. #darwin jh_ Iya mas Darwin..godd luck..
      T.A.K

      Delete
  56. kok jadi pengen ngerasain ya 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #anak nelayan_ Ngrasain paran Kang..

      T.A.K

      Delete
  57. Wow! ulasan yang sangat lengkap, Jepang adalah salah satu negara yang ingin saya kunjungi, smoga suatu saat mimpi itu bisa jadi kenyataan :), thank you for your article

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Sade_ Terima kasih sobat Sade, sama dengan saya :)

      T.A.K

      Delete
  58. Saya punya teman yang dapat besiswa studi di Jepang.
    Sejak itu, saya ingin semoga suatu saat bis ke Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Akhmad Muhaimin Azzet_Semoga keinginan dari Mas Akhmad bisa terwujud..

      T.A.K

      Delete
  59. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    ReplyDelete
  60. keren bangat artikel terima kasih

    ReplyDelete
  61. Kabar gembira buat para pecinta judi kartu dan poker.
    dewajudiqq sebuah situs judi online terbaik dan terpercaya SE-INDONESIA yang khusus di persembahkan buat anda semua.

    DEWAJUDIQQ merupakan situs judi kartu online terbaik dan terpercaya di INDONESIA, Disini dipastikan tidak ada campur tangan BOT dalam permainan. DIJAMIN 200% play FAIR (player vs player).

    DEWAJUDIQQ mempunyai banyak bonus promo yang menarik dari pada situs JUDI lainnya.
    = Bonus Cashback/Turnover yang besar.
    = Bonus Referral/Refrensi yang sangat menguntungkan para member setia yang telah mengajak temannya bermain di DEWAJUDIQQ.

    DEWAJUDIQQ juga menyediakan banyak jenis permainan yakni.

    Minimal Deposit dan WD yang sangat murah yakni Rp.15.000,- anda sudah dapat bermain 7jenis permainan di sini.

    SUPPORT BANK NASIONAL yang disediakan oleh DEWAJUDIQQ, memastikan segala proses transaksi para member akan dilakukan secara CEPAT, AMAN dan NYAMAN.

    Dengan support SISTEM TERBARU membuat anda para member DEWAJUDIQQ , dapat mengakses segala jenis permainan dari smartphone anda.DEWAJUDIQQ sudah menggunakan sistem terkini yakni mensupport anda bermain di IOS dan ANDROID.

    Anda dapat langsung mengunjungi situs resmi kami dewajudiqq

    Bila anda mempunyai pertanyaan silahkan langsung menghubungi kami di
    Twitter : dewajudiqq99
    Facebook : dewajudiqq
    BBM : 2AF2314F
    WA : +85593827763

    ReplyDelete

 
Top