Boku no Blog – Pemandangan tebing-tebing tinggi yang sangat indah di negara Amerika sana terkenal dengan sebutan “GRAND CANYON”, di Semarang pun juga ada tempat yang nuansanya hampir mirip dengan GRAND CANYON, yang terkenal dengan sebutan “BROWN CANYON".

Brown Canyon Semarang

Sekilas Tentang “BROWN CANYON” di Semarang


BROWN CANYON terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang.

Sebenarnya sebutan nama BROWN CANYON di Semarang ini adalah sebutan populer bagi para pengunjung lokasi ini. Kalau kita bertanya kepada kebanyakan penduduk sekitar, banyak dari mereka yang kurang familiar dengan sebutan itu, mereka lebih tahu dengan sebutan “Padas Keruk” (bekas bukit yang dikeruk, yang menyisakan tanah padas).

Jadi nama BROWN CANYON mungkin artinya tebing-tebing seperti di Grand Canyon yang berwarna coklat padas. Nama BROWN CANYON menjadi populer, mana kala pengunjung banyak yang mengunggah hasil foto-foto mereka di akun sosial media.

BROWN CANYON tadinya merupakan sebuah perbukitan yang sudah lebih dari 10 tahun dilakukan kegiatan pengerukan tanah urug, penggalian padas dan pasir. Jadi, tempat tersebut merupakan tempat sebagai proyek galian C. Karena tadinya setiap hari dalam sekian tahun dilakukan pengerukan dan pengambilan material, maka terbentuklah tekstur tebing yang unik yang mirip dengan “GRAND CANYON”.

Tebing-tebing terbentuk karena tidak semua bukit menjadi area proyek galian, sehingga di perbatasannya terbentuk tebing-tebing seperti saat ini. Menurut informasi dari penduduk sekitar, bagian yang membentuk tebing-tebing itu sangatlah keras, dan perlu peralatan mesin keruk yang canggih untuk bisa mengeruknya.

Brown Canyon



Brown Canyon

Gowes Menikmati Pemandangan Di BROWN CANYON Semarang.


Gowes atau bersepeda santai sudah menjadi hobi setiap minggu beberapa bulan terakhir ini. Kadang aku bersepeda ke area Simpang Lima Semarang, karena setiap minggu pagi ada acara Car Free Day, kadang juga bersepeda keliling kota di Semarang.

Hari Minggu pagi, 3/5/2015, aku dan kedua teman kerjaku bersepeda ke BROWN CANYON, Semarang. Kami berangkat pagi jam 05.30 start dari rumah masing-masing, dan bertemu untuk berkumpul di Stasiun TVRI Jawa Tengah, di Pucang Gading.

Setelah istirahat sejenak sembari memeriksa kondisi sepeda, kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi BROWN CANYON. Dari Stasiun TVRI Jawa Tengah, mungkin sekitar 2KM. Kami bersepeda menyusuri jalan perumahan dan jalan pedesaan. Tak lama kemudian akhirnya kami sampai di lokasi “BROWN CANYON”, saat itu waktu menunjukkan pukul 07.00 WIB. Subhanallah..!! luar biasa indahnya!, sepintas memang betul apa yang diberitakan oleh banyak orang saat ini bahwa tebing-tebing tersebut mirip dengan GRAND CANYON Amerika, yang aku saksikan di Televisi.



Saat akan melanjutkan perjalanan lebih dekat, disitu ada penjaga yang menarik uang untuk tiket masuk lebih dekat ke lokasi sebesar Rp 3.500,- per orang. Uang tersebut katanya digunakan untuk retribusi jalan. Memang tidak ada loket tiket masuk yang resmi, mungkin itu pungli atau apalah yang penting kami bisa melanjutkan perjalanan mendekat ke lokasi.





Setelah sampai lokasi akhirnya kami menelusuri perbagian tebing BROWN CANYON, dan tak lupa, kami juga mengambil foto-foto “ ber Selfie” ria. O, ya di lokasi tersebut juga ada sebuah warung kecil yang menjual kopi, mie instant, gorengan, es. Kami pun pergi istirahat untuk ngopi dan menikmati hangatnya gorengan. Setelah kami isitirahat kami pun melanjutkan penjelajahan ke bagian-bagian lainnya di BROWN CANYON dengan bersepeda.





Ada kalanya lokasi bisa dilalui dengan bersepeda, dan ada kalanya untuk jalanan yang menanjak yang terjal kami harus turun, berjalan sambil menuntun sepeda.





















Pas naik ke puncak, ada pelatihan Pramuka

Pemandangan di puncak Brown Canyon

Waduk buatan






Keindahan panorama alam yang eksotik membuat BROWN CANYON ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.


Setelah kami puas “Nggowes” menjelajahi penjuru BROWN CANYON dan “ber-Selfie” ria, akhirnya kami pulang setelah waktu menunjukkan pukul 11.30 WIB.
 
Berikut ini Boku no Blog akan berbagi mengenai rute dan persiapan menuju BROWN CANYON.

Rute Menuju BROWN CANYON Semarang

 
Oke, kebetulan tempat tinggalku berada di kota Semarang, jadi langsung tahu lokasi BROWN CANYON tersebut. Di sini Boku no Blog akan berbagi rute menuju BROWN CANYON kepada sobat dan sobit semua, yang mungkin belum tahu lokasinya dan ingin ke sana.


Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata, tentu saja para wisatawan harus mencari petunjuk arah sendiri, karena warga sekitar hanya tahu bahwa tempat tersebut hanyalah sebagai tempat penambangan material berupa pasir, tanah urug dan batu padas.


Berikut Rute menuju lokasi BROWN CANYON Semarang. 


 
- Dari arah timur (Purwodadi), setelah melewati bekas pasar Mranggen, ada perempatan, ambil arah ke kiri (Jalan Raya Batur Sari) lurus terus ikuti jalan, sampai terakhir masuk desa Dongko dan akan tiba di lokasi.



- Dari arah Simpang Lima, menuju ke Pedurungan, setelah sampai di pertigaan Polres Semarang Timur bisa belok kanan melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan dengan melewati jembatan besi, setelah itu akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM Anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.


- Juga bisa, dari arah Simpang Lima, menuju ke Pedurungan, pertigaan Polres Semarang Timur lurus terus ke arah Mranggen atau arah Purwodadi, ada pertigaan belok kanan menuju ke Stasiun TVRI Jawa Tengah, Pucang Gading. Jalan menuju Stasiun TVRI menanjak lalu belok kiri ikuti jalan perumahan dan akan ketemu jalan Raya Batur Sari belok ke kanan, lurus dan sampai lokasi.
 

- Rute Brown Canyon dari arah Solo, Yogya dan Semarang atas bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni Sigar Bencah sampai perempatan Pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus.


Persiapan Menuju BROWN CANYON

- Sebaiknya pagi atau sore hari, karena selain pemandangan bagus, kalau siang hari panas sekali karena tidak ada pohon dan debu debu beterbangan. Karena tempat ini merupakan tempat panambangan bahan material dan masih aktif maka datanglah pada waktu diluar jam kerja, jika terpaksa harus datang disaat jam kerja maka jangan lupa persiapkan masker atau slayer sebagai penutup mulut dan kacamata. 



- Karena kondisi jalan pedesaan yang cukup berdebu dan bergelombang maka gunakanlah sepeda motor yang fleksibel, mobil offroad, mobil standar asal tidak mobil sport seperti “Ferrari” atau jika menyukai tantangan Anda bisa menggunakan “Motor Trail”, dan “Sepeda Gunung”. 



- Untuk fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, dan lain-lain juga tidak akan ada. Untuk melengkapi akomodasi dan kebutuhan tersebut, lokasi ini lumayan dekat dengan desa, jadi bisa bertandang ke rumah warga atau ke masjid/mushola.



- Selalu berhati-hati, karena jalan berpasir, banyak tanjakan dan turunan curam dengan samping kanan jurang bekas galian. 



- Jangan terlalu dekat atau berada di bawah tebing, untuk menghindari bahaya reruntuhan.


Sungguh pengalaman mengesankan menikmati nuansa GRAND CANYON Amrik di BROWN CANYON Semarang. Entah sampai kapan tebing-tebing indah BROWN CANYON ini berdiri eksotik dan indah. Mungkin juga jika pengerukan ini dilanjutkan, tebing-tebing tersebut akan hilang dan akan menyisakan puing puing sisa bekas pengerukan.


(Person in photo: Lulus, Hery W, Mury Naga)


80 comments:

  1. Keren nih pemandangan brown canyon-nya mas. Tadi saya pikir itu di Amerika ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi mas indra sebagai petualang sejati belum pernah ke sana?
      sungguh terlalu

      Delete
    2. Mas Indra sebagai traveller sejati langsung capcuss... :)

      Delete
    3. Indra Kusuma Sejati_ Iya Mas, GRND CANYON KW2... :d
      for all_T.A.K

      Delete
  2. enak sekali jalan-jalan bersepeda di brown canyon, boleh juga tuh bagi kopi nya kang 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak Nelayan_ Oke Kang, silakan... cheer

      T.A.K

      Delete
  3. tapi kalau ditambang terus lama-lama bisa hilang ya.. harus dijaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nandar_Iya mirisnya tuh di sini... ;-(

      T.A.K

      Delete
  4. pemandangan nya bagus juga ya mas boku, tapi kok pengunjungnya dikit yah?atau kebetulah bukan hari libur jadi sepi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hendri hendriyana_Iya mas Hendri, hari masih pagi, kebanyakan datang pas sore hari..

      T.A.K

      Delete
    2. kalo sore mungkin ada sunrise ya mas boku?makanya banyak yang kesana sore :)

      Delete
  5. Anonymous5/5/15

    wajar kalau di katakan brown canyon karena banyak tebing yang coklat. selain itu kayaknya track sepeda atau motor juga lebih manantang ya gan. makasih infonya. kapan saya di ajak ke sana nih? heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya duluan, weeek

      Delete
    2. Yuk bareng-bareng yuk... (h)

      Delete
    3. Mbah dinan_ Iya Mbah, memang cocok untuk cross country..
      yuk Mbah barengan sama Kang Zach..

      for all_T.A.K

      Delete
  6. masyaa Allah ... asyiik banget genjoott sepeda ampe puncak mas .. stamina tangguh :) saya baru maen ke green canyon Pangandaran ... kalo pas di Jateng, boleh nih ke Brown Canyon Semarang.. Kendaraan umum available nyampe sana mas? i joined ur site alrdy :) ..thx great post, bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mysweet Ladyluck_Iya sobat ada juga Green Cnayon Pangandaran, saya juga pingin ke sana.. :)

      T.A.K

      Delete
  7. Indah banget pemandangan tebing2nya Pak, tebing2 nya seperti Grand canyon yah sehingga dinamakan Brown Canyon. Cocok sekali untuk yg suka petualang, bisa buat belajar panjat tebing gak ya pak hehehe... sayangnya jauh, kalo deket saya pasti nyempetin pengen lihat dari dekat... :) terima kasih Bapak atas informasinya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. EKA IKHSANUDIN_Iya Pak EKA, tapi untuk panjat tebing kayaknya tidak direkomendasikan :)

      T.A.K

      Delete
  8. nuansanya amrik banget
    bener2 penasaran dengan lokasinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah kesana ngapa, cepetan, saya diceritain

      Delete
    2. Nanti dibacakan di depan kelas :>)
      Kang Zach yang ngrangkum.. :d

      Delete
    3. Wong Crewchild_silakan Mas Wong, cepetan ke sini.. :)

      for all_T.A.K

      Delete
  9. wah bagus banget nih mas, di semarang ada kaya ginian.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Muroi_ Iya Kang El, ini di Semarang..

      T.A.K

      Delete
  10. wuih mantap bro pemandangannya. asik nih sambil gowes kesini.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alris_Iya sobat Alris.., gowes ke sini Asyik..

      T.A.K

      Delete
  11. infomasi yang menarik sekali gan, jadi tambah pengetahuan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boim_ sama-sama sobat boim..

      T.A.K

      Delete
  12. BROWN CANYON ala Indonesia, Keren!

    lama gk kemari, smg sehat selalu pak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rohis Facebook_Aamiin, terima kasih sobat Rohis Facebook..

      T.A.K

      Delete
  13. ada ya yang mirip grand canyom di Indonesia Subhanallahu Indah nian pak cocok untuk downhill

    ReplyDelete
    Replies
    1. islam di dadaku_Iya Pak, sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan..

      T.A.K

      Delete
  14. hihihi mang boku ternyata juga suka selfie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan Mbak Elsa maksudnya?

      Delete
    2. Sama kang Zach juga.. :-d

      Delete
    3. Dewi Elsawati_ikut ikutan kekinian mbak ..

      for all_T.A.K

      Delete
  15. Seru yah naik gunung pake sepeda, tempatnya juga mirip dengan grand canyon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamu Tradisional Mujarab_Iya sobat seru banget.. (h)

      T.A.K

      Delete
  16. kayaknya brown canyon ini cock untuk berbagai kebutuhan yamas,dapat dijadiin tempat narsis,camping,sampai gowes

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan jadi tempat tinggal nggak ya
      ehh

      Delete
    2. tinggal tempat.. :-)

      Delete
    3. yanto cungkup_Pokoke seru Mas Yanto.. (h)
      for all_T.A.K

      Delete
  17. Kalo yang suka bikin filem bagus nih bauat temoat sooting

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar kalo saya yang jadi pemeran utama, saya libatkan semua teman2 di sini

      Delete
    2. saya bagian konsumsi.. (c) cheer

      Delete
    3. Mangs Aduls_Betul Mang.., Kang Zach jadi produsernya.. :>)

      for all_T.A.K

      Delete
  18. ohh jadi enak dari arah Klipang to Mas? walah jaman saya di sana belum ada tempat ini je. maksud saya belum ada yang di foto2 Sampeyan itu. sekarang jadinya malah saya pengen ke sana.
    yuk saya diajak? ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. zach flazz_ Iya Kang Zach, mungkin dulu masih utuh zamannya Kang Zach, belum di keruk kali ya.. :-)
      Ayo Kang ke sini..

      T.A.K

      Delete
  19. indah sekali pemandangannya mas boku, saya jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  20. seru sekali perjalanan nya , kalo cowe ada engga ya yg perjalanan pake sepeda

    ReplyDelete
  21. keren banget yah, kalo buat poto2 atau buat traveling emang seru banget kayanya :>)

    ReplyDelete
  22. wah aksi yang menantang sekaligus menyerukan ya mas :D

    ReplyDelete
  23. keren banget pemandangan nya

    ReplyDelete
  24. infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. Masya Allah. Sudah sangat mirip dengan GRAND CANYON di Colorado Amerika Serikat, Wwowwwwwwwwwwwwww

    ReplyDelete
  26. infonya sangat menarik terima kasih

    ReplyDelete
  27. keren bangat artikelnya thanks

    ReplyDelete
  28. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  29. wah kupret ini
    kenapa aku kurang apdet sampe ga tau kalo di semarang ada spot asik begitu..?

    ReplyDelete
  30. Brown Canyon semarang cocok buat prewedding

    ReplyDelete
  31. Medannya terjal bro, harus pake mobil yg gede :(

    ReplyDelete
  32. Tapi pemandangannya bagus banget gan, kyk di eropa2

    ReplyDelete
  33. apalagi kalo foto disana pake drone

    ReplyDelete
  34. untuk masuk kesana tidak dikenai biaya

    ReplyDelete
  35. Ijin share beberapa link yah gan

    ReplyDelete
  36. Suatu saat kalau ke Semarang, saya akan mampir ke GRAND CANYON versi lokal alias BROWN CANYON, heee
    Jual Umbul Umbul Merah Putih dan Warna Warni
    Shaki Pramuka

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. Di petungkriyono pekalongan ada black canyon. Barangkali pas ke pekalongan bisa singgah sejenak. Jaraknya kurang lebih 43km dari pusat kota. Atau 23 km dari tempat tinggalku.

    ReplyDelete

 
Top