Boku no BlogMungkin kita yang sering pemerhati hal-hal tentang Jepang, anime, manga, sering mendengar istilah atau kata Wibu, Otaku, dan Wota. 

Atau bahkan menjuluki diri kita dengan tiga sebutan kata tersebut? Nah berikut ini sedikit penjelasan masing-masing arti kata atau istilah Wibu, Otaku, dan Wota.

(Foto Boku no Blog: salah satu sudut kota Akihabara)


1. Otaku

Otaku dalam Bahasa Jepang ditulis dengan huruf katakana atau hiragana seperti ini,  オタク/おたく
 Kata Otaku berarti rumah seseorang. Kata ini berarti obsesi terhadap sesuatu. 

Istilah Otaku ini pertama kali digunakan dalam sebuah esai yang ditulis oleh Akio Nakamori di Manga Burikko pada 1983. Kata atau istilah satu ini sering ditujukan kepada penggemar anime, manga, dan mulai terobsesi hingga di kehidupan sehari-hari mereka. Bisa dikatakan, Otaku dipandang sebagai anime mania. 

2. Wibu

Wibu dalam bahasa Inggris Weeaboo dan dalam bahasa Jepang Wannabe. Istilah ini sering ditujukan kepada mereka yang menyukai budaya Jepang. Saking cintanya dengan kebudayaan Jepang, kadang sampai kurang mengenal akan budayaya sendiri. Tidak semuanya, tapi kebanyakan dari mereka menyukai kebudayaan Jepang dari Anime juga.

Seorang yang dijuluki Wibu biasanya sering menggunakan unsur Jepang dalam kehidupan sehari-harinya meskipun bukan warga negara Jepang atau masih belum pernah sama sekali pergi ke Jepang atau tinggal di Jepang. Misalnya saja, mereka memakai gaya ala Jepang atau menggunakan unsur bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari.

3. Wota

Wota merupakan penggemar grup idol Jepang, contohnya seperti AKB48, Keyazaka46, Morning Musume, dan masih banyak lagi. Mereka yang menyebut dirinya Wota biasanya sangat setia menonton pertunjukan yang diselenggarakan oleh grup musik tersebut, dari mulai theater mingguan, pemilihan anggota baru, berita tentang perkembangan grup tersebut dan lain-lain. 

Bahkan tidak sampai di situ aja, mereka membeli dan mengoleksi CD, aksesoris, menghafal gerakan tari dan chant khusus untuk idola mereka yang disebut Wotagei. 

Nah, demikianlah istilah Otaku, Wibu, Wota. Kira-kira Boku no Blog ini masuk kategori istilah yang mana ya Sob..? :)

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

8 comments:

  1. alhamdulillah.. ternyata masih aktif nulis ...

    ReplyDelete
  2. Anonymous17/9/22

    yang penting tidak nomor 2 ya

    ReplyDelete
  3. Anonymous20/9/22

    apakah anda wibu garis keras

    ReplyDelete
  4. wah dibawah ini wibu dan otaku, nice info

    ReplyDelete
  5. wah, mksh mas, saya jd tau nih ketiga kata tersebut... BTW itu mobil yg digambar punya siapa ya... naksir nih, hehe :D

    ReplyDelete
  6. sekarang sering sekali ada kata2 wibu

    ReplyDelete

 
Top