Boku no Blog - Seperti kita ketahui Jepang adalah salah satu negara yang banyak dalam penggunaan Vending Machine. Bahkan, bisa dikatakan terdapat satu Vending Machine untuk setiap 34 orang yang tinggal di sana. Itu angka yang luar biasa, namun apakah Vending Machine tersebut hanya diam berjajar saja dan tidak ada sesuatu inovasi dalam mendistribusikan minuman dingin?

Mobil ini tampak seperti robot Vending Machine

Vending Machine yang berderet di pinggir jalan seperti ini sudah biasa terlihat di Jepang


Vending Machine berderet di pinggir jalan

Saat ini Sistem Komunikasi Kyocera memanfaatkan space lokasi meskipun sempit dengan meletakkan mesin penjual otomatis tanpa awak pengemudi di atas roda. Mesin yang belum disebutkan namanya ini seukuran mobil yang sangat kecil, panjangnya 2,5 meter, lebar 1,3 meter dan tingginya hingga 2 meter.

Tanpa awak pengemudi, mobil Vending Machine ini akan melintasi rute yang telah ditentukan di jalan-jalan kota, terutama di sekitar area yang mungkin membutuhkannya seperti taman umum atau kompleks apartemen. Setelah diisi dengan minuman panas atau dingin dan makanan ringan yang perlu suhu rendah seperti cokelat dan jeli, mobil Vending Machine ini akan bergerak dengan kecepatan sekitar 15 kilometer per jam (9 mil per jam) dan menjual barang yang ada di dalamnya melalui panel layar sentuh (touch screen) yang terpasang dan sistem pembayarannya dengan smartphone.


Bekerjasama dengan pemerintah kota Chiba dan atas persetujuan dari Biro Transportasi Kanto, mobil kecil ini akan berkeliling distrik Wakaba 3-Chome di Chiba, lima hari dalam seminggu, antara jam 10 pagi dan 6 sore.

Peta rute mobil Vending Machine


Pertama-tama mobil ini akan mengitari perimeter pusat perbelanjaan Aeon Style Makuhari Bay Park, kemudian berputar di sekitar Wakaba 3-Chome Park, lalu berputar di kompleks kondominium sekitar kota tersebut.

Akan tetapi, karena ini adalah mesin uji coba, waktu pelayanan yang diberikan menjadi tidak teratur dan perjalanan akan dibatalkan selama cuaca buruk atau jika mobil memerlukan perawatan. Selain itu, meskipun kendaraannya otonom, akan terus dipantau dan segera ditinjau jika mengalami kecelakaan atau dibajak oleh pencuri makanan ringan.

Meski demikian, untuk masa aktifnya, mobil makanan dan minuman ringan Kyocera ini tentunya akan memberikan sentuhan tambahan kenyamanan berteknologi tinggi ke negara yang sudah sangat nyaman ini.

Mungkinkah kedepannya nanti akan muncul mesin penyaji makanan dan minuman ringan dengan cara terbang seperti pesawat?


soranews24

1 comments:

  1. In the last couple of years TrackoBit established itself as a leading telematics software offering advanced fuel management solutions and 20+ other modules. On-point telemetry data, in-depth fuel reports and live fuel level charts are some of the highlights of the fuel module. It’s the leading fluel management software provider to the logistics, construction, transport and mining sectors. 

    ReplyDelete

 
Top