facebook
Tidak seperti di negara-negara lainnya seperti Amerika,Eropa,Asia,terutama Indonesia yang saat ini Facebook merupakan situs jaringan social yang sangat terkenal dan memasyarakat.Di Jepang Facebook belum begitu terkenal. Bahkan menurut Alexa rangking top sites di Jepang menunjukkan bahwa Facebook ini berada diantara sekitar rangking 20, dan kadang hanya berkisar sekitar rangking 40 sampai 50 diantara situs-situs lainnya.

Beberapa bulan yang lalu,tatkala aku sedang dinas luar kerja di Jepang,beberapa teman perusahaanku bertanya,bagaimana aku berkomunikasi dengan keluarga,dan teman-teman ketika aku berada di jepang.Apakah lewat e-mail atau telephone?. Aku menjawab kedua-duanya.Dan aku juga berkata bahwa sekarang ini sedang ngetrend situs Facebook untuk bisa menjalin komunikasi dengan teman& keluarga.Bahkan kita bisa menemukan teman lama kita jika punya akun di Facebook.

Herannya mereka belum begitu mengenal dengan Facebook,dan belum mempunyai akun di Facebook ini.

mixi

Setelah aku bertanya,mereka menyampaikan beberapa alasan, bahwasanya di Jepang orang lebih banyak sign in dalam jaringan social yang disebut "mixi" ,yaitu situs jaringan social yang terkenal di Jepang.Selain itu juga sign in di Gree,sebuah jaringan social yang banyak di akses lewat mobile phone.

Gree

Beberapa orang mengemukakan,kenapa Facebook belum begitu terkenal di Jepang, meskipun Facebook bisa dipakai dalam bahasa jepang.Ini kenapa karena pada dasar nya banyak orang jepang yang tidak bisa berbahasa asing (Inggris)dengan lancar.Jadi mereka lebih menyukai situs yang berbahasa Jepang.Ini karena mereka beranggapan bahwasanya jepang adalah negara
industri yang besar dan maju.Jadi selain hasil industri dengan teknologi majunya banyak di eksport keluar negeri,juga banyak dipakai didalam negeri mereka sendiri.jadi mereka tidak usah susah susah mempelajari bahasa asing.

Selain itu orang Jepang biasanya dalam menyampaikan identitasnya,selalu memakai nama yang terang dan jelas.Tidak ditutup-tutupi dan disembunyikan /disamarkan, biasanya orang menyamarkan nama foto dan alamat.(Seperti profil Facebook BokunoBlog,photonya kok gambar sumo,?habis suka banget sama sumo,maka photo profil dipasang sumo saja)

Mungkin dengan beberapa alasan diatas,yang menyebabkan Facebook belum begitu terkenal di Jepang.Alasan-alasan tersebut tidaklah mutlak, dan mungkin juga ada alasan lain yang menyebabkan Facebook ini belum begitu terkenal di Jepang.









5 comments:

  1. Asia tenggara no 1, bro soal FB.Jepang dan India kurang begitu dg FB, di Belanda org lebih suka jejaring sosial lainnya drpd FB.

    ReplyDelete
  2. gitu yah mkasih infonya nice article mas lulu

    ReplyDelete
  3. ya begitulah jepang . . . benar2 negara maju , coba indonesia sedikit mencotoh kehidupan disana

    ReplyDelete
  4. Thanks Nice Post Facebook Admin .? Problems Banar.!

    ReplyDelete
  5. ^^ bangga akan budayanya sendiri, cinta akan bahasanya tp menurut saia klo utk lingkungan global kayanya harus mempelajari bahasa asing

    artikelnya menarik mas^^

    ReplyDelete

 
Top