Tempat sampah pintar ini dinmakan Smart Trash Can, yang merupakan hasil pengembangan dari Minoru Kurata.


Kenapa pintar atau smart, karena tempat sampah ini dapat mengikuti arah kertas atau sampah yang kita lempar pada tempat sampah.
 

Anda mungkin pernah melakukan, atau bahkan mungkin sering membuang kertas atau sampah ke tempat sampah dengan cara melempar ke tempat sampah.

Kadang kalanya kalu pas pada tempat sampah itu bagus, tapi kalau meleset dari tempat sampah akan menambah sampah yang berserakan.
Dengan Smart Trash Can ini sampah yang meleset saat kita lempar dan berserakan akan berkurang hingga 80% - 90%.
Tempat sampah ini terdiri dari 2 bagian yaitu sebuah sensor yang ditempel di dinding seperti sistem Microsoft Kinect yang akan mendeteksi benda dan menghitung posisi benda ketika akan jatuh ke lantai.

Bagian kedua adalah sebuah tempat sampah yang bagian bawahnya dilengkapi dengan roda yang dapat berputar dengan cepat ketika mendapat sinyal perintah dari sensor.

Cara kerjanya cukup sederhana, saat Anda melempar kertas atau sampah, sensor akan mendeteksinya dan mengkalkulasi posisi jatuh kemudian tempat sampah akan bergerak sesuai dengan titik lokasi yang diberikan.

Meskipun masih dalam tarap pengembangan, namun diharapkan tempat sampah pintar ini kedepannya bisa berguna.Smart Trash Can memenangkan event Japan Media Arts Festival.


diginfo

5 comments:

 
Top