Pameran Mobile World Congress 2013 yang telah berlangsung sejak Senin (25/2/2013) di Barcelona, Spanyol, ini banyak menampilkan pemanfaatan ponsel pintar untuk berbagai kegiatan di luar fungsi utamanya.



Misalnya, ponsel pintar bisa digunakan untuk membayar tagihan restoran dan menyalakan sepeda motor dengan memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC).

Perusahaan komunikasi asal Korea, KT, menampilkan alat pembayaran untuk restoran berbasis NFC dengan tablet dan ponsel pintar yang disebut "Cloud Pad Pos".

Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com, Heru Margianto, KT mengembangkan sebuah aplikasi manajemen pembayaran yang dapat diunduh dalam tablet pemilik restoran.

Tablet itu cukup ditaruh di atas "Cloud Pad Pos". Tablet juga dapat bekerja nirkabel, tanpa perlu ditaruh di atas alat itu. Aplikasi tersebut dapat mencatat seluruh transaksi, daftar menu, daftar pesanan, dan nomor meja pelanggan.

Saat membayar, pelanggan dapat menggunakan kartu kredit atau meletakkan ponsel yang telah dilengkapi teknologi NFC di atas alat tersebut. Tanda tangan, lalu struk pembayaran tercetak.


Menyalakan sepeda motor

Atraksi menarik juga disajikan perusahan eCooltra, perusahaan transportasi urban asal Spanyol. Perusahaan ini memajang sebuah sepeda motor listrik yang dapat disewa.

Seluruh informasi mengenai perjalanan, harga, tujuan, tertanam dalam sebuah aplikasi yang dapat diunduh oleh konsumen dalam ponsel atau tablet mereka. Motor ini tidak mungkin hilang sebab dilengkapi GPS yang dapat dimonitor dari kantor pusat.

Jika penyewa ingin menyalakan sepeda motor ini, yang perlu dilakukan adalah menempelkan ponsel mereka di sisi setang sebelah kiri yang terdapat tanda NFC. Sepeda motor seketika menyala dan catatan harga sewa, tujuan perjalanan serta lama perjalanan, otomatis terekam di ponsel penyewa.


kompastekno

1 comments:

 
Top