Boku no Blog - Saat ini dalam urusan transmisi data Wi-Fi lah yang paling populer dan banyak dikenal oleh masyarakat. Namun saat ini sudah muncul teknologi dalam hal transmisi data yang jauh lebih cepat daripada Wi-Fi.



LiFi akan menjadi teknologi baru untuk mentransmisi data yang diklaim 100x lebih cepat dibandingkan Wi-Fi dan yang satu ini menggunakan spektrum cahaya sebagai pengganti frekuensi radio.

​Pada umumnya Wi-Fi menggunakan router untuk menyebar sinyal Wi-Fi, akan tetapi LiFi menggunakan cahaya lampu untuk melakukan transmisi data dengan bantuan alat yang disebut dengan Li-Flame Ceiling Unit sedangkan untuk menerima sinyal menggunakan alat yang disebut dengan Li-Flame Desktop Unit yang disambungkan ke komputer atau notebook via koneksi USB.




Li-Fi memang saat ini diklaim bisa menembus kecepatan 1 Gbps tetapi secara teori teknologi ini mampu mencapai kecepatan 224 Gbps, selain cepat, LiFi juga lebih aman dari masalah gangguan frekuensi radio dan lebih aman karena sinyal LiFi tidak menyebar seperti sinyal Wi-Fi melainkan fokus di wilayah tertentu saja.



Dalam sisi biaya produksi LiFi lebih hemat dibandingkan dengan Wi-Fi dan yang tidak kalah pentingnya, bila saat ini masalah sinyal Wi-Fi masih menjadi perbincangan apakah dapat mengganggu kesehatan atau tidak, LiFi yang menggunakan cahaya atau sinar lampu diklaim sangat aman karena memang dalam hal ini belum ada klaim yang menyatakan sinar lampu dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Akan tetapi LiFi karena menggunakan cahaya sebagai koneksinya tentu saja punya keterbatasan dan akan menjadi masalah bila titik LiFi tidak tersebar secara merata di dalam ruangan, sepertinya LiFi lebih cocok untuk alternatif pengganti koneksi LAN atau Wi-Fi yang posisinya selalu sama seperti di PC ataupun notebook yang berada di atas meja kerja.

pureLiFi

19 comments:

  1. Wah! ada yang baru lgi ya?
    Kapan kira2 masuk Indonesia ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Bintang Share_ Iya sobat, mungkin nanti juga akan masuk, tapi kapannya kurang tahu :)

      T.A.K

      Delete
  2. Kira-kira daerah atau kota mana yang sudah memakai Lifi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Djangkaru Bumi_ Setahu Boku tempat kita masih belum ada ya Kang..

      T.A.K

      Delete
  3. Bagaimana juga bila dipakae diluar ruangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #TABUH GONG_ Pertanyaan yang bagus sobat,
      mungkin perlu dilakukan percobaan ya..

      T.A.K

      Delete
  4. Bagaimana juga bila dipakae diluar ruangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #TABUH GONG_Idom sama reply komen di atas.. :)

      T.A.K

      Delete
  5. Replies
    1. #Gustyanita Pratiwi_Iya betul mbak Yanita..

      T.A.K

      Delete
  6. kayaknya betul hanya untuk alternatife saja, soalnya lampu tidak seperti sinyal lewat udara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ajay Sin'K_Iya betul sekali Mas Ajay,
      kayaknya masih sebatas alternatif saja..

      T.A.K

      Delete
  7. kalau menggunakan cahaya, radiusnya yang terbatas ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. #dr. Tubagus_Iya sobat, karena masih menggunakan radius dari cahaya.

      T.A.K

      Delete
  8. lama nggamaen kesini, ada LIFI yang lebih bagus dari WIFI, sayangnya adminnya sudah membengkalaikan blognya, tuh banyak sampah tuh di kolom komentarnya

    ReplyDelete
  9. Saya berharap secepatnya masuk ke Indonesia, jd nggak sabar nyobain lifi nih, kalau wifi udah biasa, pengen yang nggak biasa

    ReplyDelete

 
Top