Boku no Blog - Saya merasa terkejut dan senang sekali kali ini bisa lulus Nihongo Nouryoku Shiken (日本語能力試験) atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N1. Ini merupakan level paling tinggi dalam ujian bahasa Jepang.

sertifikat lulus JLPT N1


Sekilas Tentang JLPT atau Nihongo Nouryoku Shiken atau "NOKEN"


JLPT, singkatan dari "Japanese-Language Proficiency Test", atau dalam bahasa Indonesia disebut juga" Ujian Kemampuan Bahasa Jepang". Ujian ini ditujukan untuk pelajar asing, untuk menguji seberapa dalam kemampuan bahasa Jepang. Mungkin kurang lebih mirip dengan TOEFL atau TOEIC di dalam ujian bahasa Inggris.JLPT terbagi menjadi 5 tingkat. N5, N4, N3, N2 dan N1. Tingkat terbawah dan yang termudah adalah N5, sedangkan tingkat tertinggi dan yang tersulit adalah N1. 

Materi yang diujikan di dalam JLPT adalah: Kanji-Goi (Kanji dan Kosakata), Bunpo (Tatabahasa), Membaca dan Mendengarkan.

Ujian JLPT ini diadakan satu tahun 2 kali di Jepang pada bulan Juli dan Desember. (Sedangkan di negara asing kebanyakan hanya 1 kali setahun)

Perjuangan Mencapai Kelulusan JLPT N1

Tahun 2014, saya ikut N2 yang sebelum sebelumnya hasilnya belum lulus. Malah hasilnya yang terakhir nilainya turun drastis. 

Ada apa dengan ini? lalu saya mencoba lebih semangat lagi belajar dan mencoba ikut sendiri di Surabaya pada bulan Juli 2015. Kenapa saya ikut ini karena saya tidak ingin kehilangan semangat belajar dari bulan Desember akhir tahun lalu.

Hasil ujian N2 bulan Juli 2015, Alhamdulillah saya lulus. Dan selanjutnya dengan semangat belajar dan ingin lulus, bulan Desember saya ikut N1. Masih dalam semangat belajar yang membara, bulan Juli sampai Desember setiap hari sepulang kerja saya belajar bahasa mengerjakan soal soal latihan, listening, dan bacaan bahasa Jepang.

Sebenarnya saya ikut N1 kali ini sebagai uji coba, karena sebelumnya saya barusan lulus N2. Dengan kondisi itu, saya merasa enjoy, tanpa beban tekanan yang mengharuskan saya harus lulus N1. Tapi, dengan kondisi seperti itu malah pikiran saya lebih santai dan fresh dan saat mengerjakan soal menjadi lebih mudah memahami. Tapi ini tidak bisa dijadikan patokan, setiap orang kondisinya berbeda-beda.

Disini saya akan berbagi mengenai belajar bahasa Jepang. Sebagai orang Indonesia, wajar kalau kita tidak bisa berbahasa Jepang karena itu bukan bahasa kita. 

Tapi jikalau Anda bekerja di perusahaan Jepang, tentunya segala seuatu informasi, komunikasi, mau tidak mau akan berhubungan dengan bahasa Jepang. Oleh karena itu kalau tidak mengerti bahasa Jepang akan merasa susah.

Tips dalam menghadapi ujian bahasa Jepang 

- Membaca

Banyak membaca artikel, berita bahasa Jepang. Kebetulan saya mempunyai blog yang kadang mereview produk produk baru, teknologi dari Jepang. Jadi mau tidak mau saya harus membaca tulisan Jepang tersebut dan menyusunnya kedalam bahasa Indonesia untuk saya posting di Blog saya.

- Mencari

Mencari di sini adalah mencari dalam kamus jika ada kosa kata yang tidak dimengerti.

- Berlatih mengerjakan soal 

Berlatih dengan soal soal tahun sebelumnya, sehingga kita bisa tahu soal seperti apa yang sering keluar dalam ujian.

- Bergabung dengan komunitas yang membahas seputar trick trick ujian bahasa Jepang 

Tidak cukup dengan belajar saja, karena bahasa Jepang bagi kita orang asing sangat sulit. Trick dalam persiapan menghadapi ujian, saat mengerjakan soal, dalam memanfaatkan waktu saat ujian, dan lain lain. Dalam komunitas seperti ini biasanya saling share antara satu dengan lainnya sehingga wawasan kita bertambah dan kesiapan mental dan fikiran kita akan lebih siap.

- Berdo'a

Sebagai seorang muslim saya meyakini bahwa segala usaha harus disertai dengan do'a. Karena Allah lah yang maha berkehendak.

- Jaga stamina

Pada umumnya malam hari sebelum pelaksanaan ujian, kita kebut dengan belajar sampai larut malam. Itu membuat stamina kita down dan juga mengantuk di keesokan harinya. Stamina yang sehat sangat diperlukan agar pada saat mengerjakan soal ujian, badan kita sehat, tidak mengantuk, dan pikiran kita bisa segar serta bisa berkonsentrasi.

Demikian share saya mengenai kelulusan bahasa Jepang kali ini. Sekali lagi jangan hanya mengandalkan pada keberuntungan. Berdoa, berusaha, belajar, berlatih dengan sungguh sungguh secara kontinyu merupakan salah satu kunci keberhasilan apapun itu.


19 comments:

  1. wah selamat mas :),,traktirannya kapan mas :)

    ReplyDelete
  2. waoww mantep mas brow

    ReplyDelete
  3. wah selamat bang
    hebat lho bahasa jepang kan nggak gampang belum lagi tulisannya

    ReplyDelete
  4. selamat mas, sukses trus, keren neh bahasa jepang sudah mahir.
    saya baru bahasa jawa :)

    ReplyDelete
  5. juara banget Mas.
    kapan-kapan nanti saya kenalin sama Laksamana Maeda

    ReplyDelete
  6. Waw manteb baget Mas... selamat ya mas atas kelulusan Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N1-nya

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Boleh nanya buku/ materi yang di pakai apa aja ?

    ReplyDelete
  9. keren mas!!
    おめてまとうございます!
    saya aja baru mulai pgen coba yg N5 dulu,
    hehehe😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous4/9/19

      おめでとうございます。
      Ini revisi koment nya mas.

      Delete
  10. mas,
    bisa share cara blajar bhs Jepang dgn cra membaca sperti yg mas sebutin
    mksud ku bisa di jelasin lagi cra mas translate nya
    よろしくお願いします!😊😊

    ReplyDelete
  11. mas,
    bisa share cara blajar bhs Jepang dgn cra membaca sperti yg mas sebutin
    mksud ku bisa di jelasin lagi cra mas translate nya
    よろしくお願いします!😊😊

    ReplyDelete
  12. joy replica bags review replica hermes bags d5b46t0d22 replica bags dubai zeal replica bags over at this website f7v19u7o02 replica bags joy read the full info here c5k65i0e92 replica bags replica bags korea

    ReplyDelete
  13. replica bags high quality replica gucci bags m0k52g1c84 replica bags online shopping replica bags manila replica hermes bags x8c47h2i40 replica bags and watches replica bags in pakistan redirected here s8q44u2h71 7a replica bags wholesale

    ReplyDelete
  14. replica chanel bags ebay fake hermes g0j02z8n59 replica goyard bags click reference m8g91i6r21 replica louis vuitton bags replica bags nancy great post to read t3c79y2i41 7a replica bags wholesale replica bags in gaffar market

    ReplyDelete
  15. Anonymous25/9/22

    mantullll artikelnyaaa

    ReplyDelete

 
Top