INTEL melepas flash drive Thunderbolt pekan ini. Sebuah gebrakan baru yang konon telah membuat badai di jagat komputer dan gadget.



Apa itu Thunderbolt? Thunderbolt merupakan port mirip USB yang bisa untuk mentransfer foto, video, dan file dari perangkat lain ke komputer, yang jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

Thunderbolt juga bisa dipasang ke laptop untuk mentransfer video HD. Jika Anda menggunakan kabel USB atau kabel FireWire, malah proses mentransfernya lebih lama. Para pengamat teknologi mengakui ketika memakai kabel baru Thunderbolt, port bekerja 20 kali lebih cepat dari USB 2.0, dan 12 kali lebih cepat dibandingkan FireWire.

''Teknologi Thunderbolt dapat mentransfer film HD yang panjang dalam waktu kurang dari 30 detik,'' kata Intel dalam rilis beritanya. Sedangkan untuk file, Thunderbolt mampu mentransfer dengan kecepatan 10 gigabyte per detik.

Saat ini pesaing terdekatnya adalah USB 3.0 yang memungkinkan untuk transfer file pada tingkat 5 gigabyte per detik. Dengan kata lain Thunderbolt jauh lebih cepat dua kalinya. Pengembangan teknologi Thunderbolt ini, Intel menggandeng Apple. Untuk itu dalam penjualan Thunderbolt, hanya tersedia di line MacBook Pro yang baru dari Apple.

Adanya Thunderbolt ini, komputer kelas tinggi pun harganya langsung meroket. Apabila komputer high-end semula harganya US$1200 menjadi US$2.500, gara-gara memakai Thunderbolt.

Silicon Alley Insider dalam pernyataannya menilai Thunderbolt diperkirakan akan diadopsi secara luas oleh beberapa produser. Dan nantinya perusahan-perusahaan komputer akan mengembangkan hardware baru yang kompatibel. Nantinya sebagian besar gadget akan diarahkan ke video dan audio editing yang profesional



News source:mediaindonesia

5 comments:

  1. wao kapan bisa kita nikmati!?

    ReplyDelete
  2. widiw...keren tuwwhh.,.udah ada versi ketigax usb nya...izin share yahh..hehehe lamz kenal

    ReplyDelete
  3. Salam sagabat
    Kalau begitu pemanfaatan USB semakin menurun nuh mas?maaf telat

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum
    ini kunjungan kesekian kali ke blog sahabat :)
    dan menyimak terus update postingan yang semakin menarik
    sekaligus memberi info bahwa kangmusa telah membuat ebook baru
    "Blog Monetization Options" yang bisa diunduh disini
    terima kasih, saya tunggu kunjungan Anda di kangmusa.com
    salam hangat
    kangmusa

    ReplyDelete
  5. Waduh susah dibayanginnya tuh Sob... 2 kali lebih cepet dari port USB 3.0 mantabz bener tuh pasti.... hem... harganya kayanya masih wah tuh... hhe...

    ReplyDelete

 
Top