4D Sportsground adalah lahan buatan Belanda dengan teknologi yang bisa membuat sebuah lahan yang terbatas menjadi 3 buah lapangan olahraga yang berbeda.






Lahan ini bisa berputar, memliki 3 sisi dengan mekanik yang bisa berputar dan mekanik ini ditanam didalam tanah, sehingga jika kita menginginkan untuk memakai lapangan olahraga misalnya lapangan sepakbola menjadi lapangan tenis atau lapangan basket hanya dengan sekali tekan tombol.


Lapangan ini juga dilengkapi dengan panel surya, sehingga jika lapangan tidak digunakan siang hari, maka bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber listrik dari sinar matahari.


Dalam satu lapangan bisa terdiri dari beberapa modul yang mana setiap modul mempunyai 3 sisi yang setiap sisinya dipasang jenis permukaan yang dibutuhkan oleh setiap jenis lapangan yang akan digunakan.

Mungkin, dengan lahan yang memakai teknologi seperti ini nampaknya sangat bisa memanfaatkan lahan yang terbatas, tapi tak lepas dari hal tersebut, pembuatannya pun memakan biaya yang tidak sedikit tentunya.



gizmag, profitproject

3 comments:

 
Top