Kini sudah saatnya kita membeli barang dari Vending Machine di Indonesia.

Vending Machine Minuman kemasan kaleng dan botol PET
Boku no Blog - Bagi negara - negara yang sudah maju, istilah Vending Machine mungkin tidak asing lagi bagi mereka.

Karena dinegara - negara maju seperti di Eropa, Amerika, Asia (Jepang, Korea), Australia dan negara maju lainnya pemakaian Vending Machine sebagai alat jual beli barang ini sudah dilakukan sejak lama.

Istilah Vending Machine itu sendiri adalah suatu mesin penjual otomatis, yang bisa mendistribusikan barang kepada pembeli barang tersebut secara otomatis.

Tentunya disini kita perlu melakukan pembelian barang ke Vending Machine tersebut terlebih dahulu.

Tentang Vending Machine yang sudah masuk ke Indonesia Boku no Blog sudah membuat postingan beberapa tahun yang lalu dengan judul " Vending Machine sudah merambah Indonesia? ".


Vending Machine minuman di Bandara

Tepatnya tanggal 21 Maret 2013, PT. Metec Semarang yang merupakan perusahaan manufaktur Vending Machine satu - satunya yang berada di Indonesia telah meluncurkan produk pertama kali Vending Machine yang menjual minuman kemasan kaleng dan botol PET di Indonesia.



Vending Machine di tempat pembelian tiket kereta api stasiun Tawang, Semarang

Vending Machine ini dipasang oleh salah satu perusahaan minuman air mineral Aguaria dan diletakkan di tempat penjualan tiket kereta api di stasiun Tawang, kota Semarang. Vending Machine ini menjual minuman produk dari Aguaria.
Menurut informasi, Vending Machine yang diproduksi oleh PT. Metec Semarang ini selanjutnya akan dipasang oleh perusahaan Aguaria di lokasi sekolahan, Mall, Bandara, yang ada dikota Semarang, dan selanjutnya di beberapa kota lainnya.

Ini merupakan yang pertama kali PT. Metec Semarang meluncurkan produk buatannya yaitu Vending Machine.

Sebagai perusahan PMA yang merupakan anak cabang perusahaan Kubota Jepang yang membuat Vending Machine, selama ini produk Vending Machine buatan PT. Metec Semarang diekspor ke Jepang, China, Malaysia, dan Singapura.

Untuk negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, istilah Vending Machine masih asing bagi sebagian masyarakat.

Dengan kurangnya pengertian tentang apa Vending Machine tersebut, menjadikan sebagian dari masyarakat kita enggan dan perasaan takut salah untuk membeli barang dari Vending Machine.

Namun pada Vending Machine ini juga sudah ada label petunjuk dan cara pembelian minuman pada bagian depan Vending Machine, didekat tempat memasukkan uang.

Jadi pembeli yang ingin membeli minuman tidak perlu enggan dan takut lagi dalam membeli minuman di Vending Machine.

Vending Machine Coca Cola
Dengan adanya Vending Machine, kita tidak perlu lagi mengantri dikasir, menunggu uang kita dihitung dikasir, dan menunggu barang tersebut dibungkus dikasir.

Hanya dengan waktu yang singkat, memasukkan uang, tekan tombol pilihan minuman, maka minuman akan keluar dengan sendirinya.

Pemakaian Vending Machine di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu namun masih dibilang merupakan produk baru, dan itupun dulu hanya berada di Jakarta dan kota sekitarnya.


Vending Machine tersebut merupakan Vending Machine yang didatangkan atau di impor dari perusahaan Vending Machine diluar Negeri seperti Korea, China, Italia, Amerika, Jepang dan beberapa negara lainnya.

Di Jakartapun pemasangan Vending Machine juga masih dilokasi - lokasi terntentu misalnya di Bandara, Rumah sakit, Mall, Halte Bis, Restoran, Sekolah, Stasiun, dan tempat publik lainnya.

Vending Machine Kopi Cup
Kini dibeberapa kota besar di Indonesia sudah banyak kita jumpai Vending Machine yang sudah dipasang dilokasi - lokasi layanan publik.
Sebagian besar Vending Machine yang ada di Indonesia adalah Vending Machine yang menjual minuman ringan kemasan kaleng dan botol PET, serta minuman kopi panas siap saji kemasan cup.

Namun seiring berkembangnya teknologi, dan juga semakin familiar penggunaan Vending Machine, kini juga sudah ada Vending Machine yang menjual surat kabar seperti di Bandara Soekarno - Hatta, Vending Machine yang bisa mengolah sampah seperti yang ada di kawasan Monas, dan mungkin sekarang bermunculan Vending Machine yang fungsinya tidak hanya menjual minuman saja.

Bagi pelaku usaha penjual minuman, mungkin menjual minuman dengan Vending Machine merupakan solusi bisnis yang menguntungkan. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh negara - negara lain yang sudah memakai Vending Machine, yang semakin lama semakin bertambah banyak dalam pemakaian Vending Machine.

Vending Machine Koran
Dengan Vending Machine, otomatis kita tidak memerlukan operator dan bisa menjual selama 24 jam. Vending Machine juga bisa diletakkan didalam dan diluar ruangan.

Pelaku usaha penjual minuman hanya membeli unit Vending Machine, bayar sewa tempat, dan pengontrolan tentang pengisian dan perawatan unit Vending Machine tersebut.

Kendala dalam pemakaian Vending Machine di Indonesia adalah adanya ulah dari orang - orang yang tidak bisa dipertanggung jawabkan seperti pencurian, pengrusakan dan lain sebagainya.

Sumber daya manusianyalah yang menjadi faktor kekhawatiran bagi para pelaku usaha pemakai Vending Machine untuk memulai bisnis penjualan barang dengan Vending Machine.

Meskipun secara konstruksi Vending Machine sudah diperhitungkan tentang keamanan dan ketahanan dari upaya pengrusakan dan pencurian, namun kalau sumber daya manusia kita masih rendah, hal tersebut tidak berarti apa - apa.

Oleh karena itu, kebanyakan Vending Machine yang ada di Indonesia saat ini masih diletakkan didalam ruangan, atau tempat yang sekirannya aman dari pencurian dan pengrusakan.

Jika Vending Machine yang sudah ada saat ini didatangkan dari luar negeri, maka hal inilah yang membuat para pelaku usaha penjual minuman yang memakai Vending Machine di Indonesia harus berpikir keras tatkala ada part dari Vending Machine yang rusak.

Karena jikalau ada part yang rusak otomatis harus membeli part tersebut dari negara asal Vending Machine yang tentunya perlu waktu dan biaya.

Kalaupun tidak dilakukan pembelian part, bisa dilakukan penggantian part atau penggantian part dari unit yang rusak, namun lambat laun jika unit semua rusak, maka tidak ada yang dapat dioperasikan sama sekali.

Dengan adanya Vending Machine yang sudah diluncurkan kedalam negeri Indonesia oleh perusahaan manufaktur Vending Machine PT. Metec Semarang, maka pelaku usaha pembeli Vending Machine tidak perlu khawatir lagi tentang penggantian part yang rusak, karena bisa dibeli langsung didalam negeri. Ini akan menghemat waktu dan biaya.

Yang tidak kalah pentingnya dan perlu juga diperhatikan bagi perusahaan Vending Machine adalah bahwasanya Vending Machine yang dibuat haruslah produk yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian alam dan lingkungan harus tetap terjaga, meskipun bermunculan produk dengan inovasi baru.







Lulus Sutopo
Vending Machine Design Product


60 comments:

  1. Info yang bagus ini Kang
    bingung gak ya, saat saya pertama kali membeli barang di mesin ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu bingung Kang, karena dah ăĎª ♧☀ petunjuk cara pembeliannya

      Delete
    2. Saya cari company yang menyewakan alat ini. Bisa bantu untuk share kontak personnya?

      Delete
  2. Info menarik sob, tapi tingkat kesadaran penduduk Indonesia sepertinya perlu di tingktkan demi keberlangsungan mesin ini biar tahan lama ya sob...salam kenal dan sukses selalu sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, perlu memperkenalkan pada masyarakat tentang penggunaan produk ini. Terimakasih kunjungannya. Salam kenal juga.

      Delete
  3. semakin canggih dan bertekhnologi dunia kita ya kang, asal jangan ganggu pedagang asongan, kesianan mereka kang...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sob, bagaimanapun juga rekan2pedagang asongan, kaki lima juga perlu diperhatikan. Jadi boleh beli ϑĭ machine dan ϑĭ asongan. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  4. kalo penempatannya tidak strategis, ada juga di rusak atau di bopong orang yg tidak bertanggung jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Isnan_ iya mas, saat ini masih ditempatin ϑĭ area yang cukup aman atau dalam ruangan. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. pake vending machine emang lebih praktis sob, tp di daerah malang, belum ada nih...
    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sempat lihat Mas ϑĭ Malang, kalo ϑĭ Juanda sudah ada. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  6. Sulit diterapkan disini, sama aja harus dijaga biar aman kalo gak mau dirusak orang iseng,,
    heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi kita harus mengedukasi masyarakat kita dulu, dan skrg ini mmg masih dilokasi yang ăĎª ♧☀ penjaganya. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  7. wah kalo diindonesia rentan kerusakan kalo tidak diletakkan ditempat yg aman ...hehehe mksih infonya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, tapi nanti lama2 setelah banyak orang tau, dan diharapkan masyarakat juga bisa menggunakannya. Mmg saat ini masih ditempatkan ϑĭ lokasi ÿ̲̣̣̣̥
      ​A̶̲̥̅̊
      п̥̥̲̣̥
      Ǧ̩̥
      aman, karena masih produk baru. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  8. informasi yang sangat bermanfaat.jujur saya baru tau.terimakasih sob!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Agus kompac_ iya sama-sama sob, silahkan mencoba menggunakannya. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  9. Pertamax gan jangan lupa komen back ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rengga_ iya, Terimakaish atas kunjungannya.

      Delete
  10. Ikutan pertamax aja lah..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cabang II_ Iya sob, terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  11. kunjungan perdana , terimakasih mas sudah mampir ke blog ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. @vina devina_ sama-sama mbak..

      Delete
  12. selamat pagi kawan.. kunjungan perdana, ijin muter2 dulu diblog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Situs Top Info_ silahkan sobat muter2 ϑĭ blog saya, dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  13. bagus juga, praktis dan hemat waktu utk penjualnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P_ bagus juga utk pembelinya, karena praktis dan hemat waktu. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  14. Untuk sa'at ini vending mechine masih jarang kita jumpai tapi lambat laun pasti akan ada di mana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cik Awi_ Iya, tidak menutup kemungkinan demikian. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  15. salam kenal pak, folbek ya.., makasih *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook_ salam kenal juga, sudah ªķku̶̲̥̅̊ fol bek blognya, terimakasih juga atas kunjungannya.

      Delete
  16. Pertamax gan makasih akan artikel nya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Rengga_ Sama- sama Sobat..

      Delete
  17. Replies
    1. @ Cabang II_ Terimakasih Gan..

      Delete
  18. Meski belum pernah bertransaksi dengan vending machine, kalau yang menyediakan minuman sudah cukup sering lihat di televisi, tapi kalau yang menyediakan koran baru tahu.
    Terima kasih informasinya, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Abi Sabila_ Iya Mas, di Bandara Soekarno Hatta sudah ada yang koran.Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  19. distasiun gubeng juga ada mesin ini, tapi aku belum pernah membeli minuman lewat mesin ini, gak bisa mengoperaasikan , heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ Jangan khawatir Mas, semua kalau belum terkelupas, ada petunjuk cara pembeliannya. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  20. yg repot kalo mesin ngadat. duit dah masuk ga bisa keluar deh hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sang Cerpenis bercerita_ Iya hal itu yang tidak diinginkan, makanya perawatan mesin harus tetap dijaga dan dikontrol secara rutin. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  21. Tanya nih sama babe lulus.... gak bikin web bwt kb gs -i??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ARIEF SIGIT Prabowo_ Udah ada proyek dari dulu, tapi gak dilanjutin, mungkin nanti akan muncul, hehehee..,
      Terima kasih kunjungannya.

      Delete
  22. Wow, mas Lulus kerja di perusahaan ini toh. Saya belum pernah lihat di Makassar, kayaknya belum ada deh. Cuma kalo liat di film2 barat, kayaknya keren ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mugniar_ Iya, mungkin nanti lama - lama akan hadir di Makassar. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  23. sudah lama tidak melihat mesin2 sebegini.. wah, kalau dulu tip top coca cola.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @boni kacak_ Iya sob, terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  24. di bandara banyak vending machine ya? maklum gak pernah ke bandara nih. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Elsawati Dewi_ distasiun, mall, halte trans jakarta sudah ăĎª ♧☀ Mbak. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  25. untuk info penjualannya dimana,,,,, saya ada minat mau beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Opik.c3_ silakan hubungi PT. Metec Semarang sobat. Ditunggu konfirmasinya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  26. gan minta no kontaknya dunk,,,,,????

    ReplyDelete
    Replies
    1. @opik.c3_ silakan hubungi PT. Metec Semarang, sobat. Terima kasih.

      Delete
  27. kapan ya indonesia punya vending machine makanan kayak d jepang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Yanti - chan_ Iya melihat pangsa pasar dan kebutuhan konsumen dulu Mbak, semoga saja bisa segera terwujud.. :)

      T.A.K

      Delete
  28. Anonymous7/5/14

    Nice post! Ngomong2, vending machine yg ada Indonesia kelihatannya jarang dipakai karena:
    1. Harga Mahal
    2. Gak mengeluarkan kembalian.
    Beda dengan di luar negeri yang rata-rata mengeluarkan kembalian. Kira2 di Indonesia sendiri ada gak ya VM yang mengeluarkan kembalian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Anonim_ Terima kasih masukannya, memang untuk sekarang konsumen masih berfikiran seperti itu, karena Vending Machine masih produk baru di Indonesia.

      Sekarang memang belum ada untuk uang kembalian, karena uang receh rupiah kita sering ganti, dan untuk coin mechanisme uang receh belum banyak dikembangkan.

      T.A.K

      Delete
  29. makasih infonya sangat keren

    ReplyDelete

 
Top