Tidak terasa, layanan mikroblog Twitter sudah memasuki usia ke-7. Tepat pada hari ulang tahunnya ini, Kamis (21/3/2013), Twitter, melalui blog resminya, banyak menceritakan perjalanan hidupnya selama 7 tahun belakangan ini,

Tanggal 21 Maret 2006 menjadi hari pertama di mana Twitter mulai beroperasi. Sang pendiri situs Twitter, Jack Dorsey, menjadi orang pertama yang melontarkan kicauan di situs mikroblog 140 karakter tersebut. "Just setting up my twttr," kicau Dorsey kala itu.
Kicauan pertama di Twitter yang dilontarkan Jack Dorsey Pada tahun 2007, pihak Twitter mulai mengenalkan fungsi baru yang hingga saat ini banyak dicontoh oleh layanan-layanan lain. Fungsi tersebut adalah Retweet dan juga tagar (hashtag).

Twitter juga sudah menjadi tempat penyebaran berita-berita penting dunia, seperti musibah Tsunami di Jepang dan demonstrasi besar-besaran di Mesir.

Bisnis Twitter pun tidak berhenti di layanan mikroblog saja. Pada akhir Januari 2013, Twitter merilis aplikasi berbagi video singkat Vine. Aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk mencari objek video yang saling terhubung dan bercerita hanya dalam durasi 6 detik saja.

Hingga saat ini, pengguna aktif Twitter terus meningkat drastis. Apabila pada tahun 2012 lalu, hanya ada sekitar 100 juta pengguna aktif, kini sudah ada 200 juta pengguna aktif di Twitter yang nge-tweet sebanyak 400 juta kicauan setiap harinya.

Happy birthday, Twitter!




kompastekno

1 comments:

  1. Angka yang 'luar biasa' 200 juta pengguna aktif Twitter di tahun ke-7 sejak berdirinya. Kita tentu berharap 'kicauan' yang berkualitas dan bermanfaat bagi kemanusian dan kesejahteraan. Selamat dan sukses Twitter.

    ReplyDelete

 
Top