image:sikhchic.com

Mengapa kacamata yang dipakai kuda menutup sepenuhnya pada bagian sebelah kanan dan kiri sebelah matanya?. Ya.., mungkin supaya kuda tersebut tidak bisa “lirak-lirik” saat melihat orang cakep, sehingga pandangannya lurus kedepan, dan biar cepat sampai tujuan. Atau juga mungkin kalau kuda pakai kacamata Ray Ben, Oakley, dll banyak yang ngajakin untuk photo bersama..:)

Sebuah metode baru untuk pencegahan kecurangan menyontek atau bertanya ke teman lain saat ujian di sebuah universitas di Thailand, menggunakan sistim atau cara seperti kacamata yang dipakai seekor kuda.

Jadi masing-masing peserta mengenakan ikat kepala yang tergantung kertas disamping kiri dan kanan wajah, supaya tidak bisa melihat kiri dan kanan peserta lainnya.


Departemen Pertanian di Kasetsart University di Thailand menguji metode baru ini kepada lebih dari 90 siswa tingkat ketiga pada 14 Agustus.

Foto di atas telah diposting online, menyebabkan perdebatan tentang situs internet di seluruh Thailand dan begitu kontroversial.

Kepala Departemen Pertanian terpaksa mengadakan konferensi pers dua hari kemudian pada 16 Agustus. Selama konferensi, itu menjelaskan bahwa penggunaan ikat kepala kertas diusulkan oleh mahasiswa sendiri dan disepakati oleh staf dan mahasiswa.

Namun, "Alat pencegah kecurangan saat ujian" ini muncul banyak kritikan, sehingga diputuskan untuk menghentikan penggunaannya.




en.rocketnews24, newsclip

85 comments:

  1. sayang ya mas cara tersebut menuai kritik berarti perlu dicari cara baru yang manusiawi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas harus di cari cara yang manusiawi, kalo seperti foto itu kan serasa kudawi yah berarti :D

      Delete
    2. kalau sudah ada kata kuda ini tinggal nunggu meletus saja nih komen, hehehe

      Delete
    3. itusih bukan kacamata kuda orang kaga ada mirip miripnya

      Delete
    4. Kacamata apa donng...?

      Delete
    5. @Thanjawa Arif_Iya Mas saya juga setuju...
      for all_T.A.K

      Delete
    6. maunya meja berdinding samping mas seperti warnet begitu...

      Delete
    7. @agus bg_ oke mas asal gak pakai billing lho ya..

      T.A.K

      Delete
  2. pasti bakal heboh lagi kalo setiap peserta ujian memakai helm ya pak boku :) hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. helm bungkus kepala gitu mas ?

      Delete
    2. Helm cakil mas..:)

      Delete
    3. @mas-andes_ Iya Mas, biar kepalanya juga aman..:)

      for all_T.A.K

      Delete
    4. setuju tuh pakai helm teropong,aman nyaman dan keren lagi hihihi

      Delete
    5. @Dede Thea_ pasti akan menurunkan angka kecelakaan ya kang, hehehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  3. kenapa harus dihentikan y...padahal menurut sayah mah keren banget tuh....nyontek itu kan kembangnya korup...bener kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belon belon kembanglah mang baru bibit tuh namanya.

      Delete
    2. huss...pak bibit itu tokoh jatim tauu....;o)

      Delete
    3. bukan2 Pak bibit itu mantan gub jateng lho..

      Delete
    4. @Cilembu thea_Iya kang, saya juga heran kenapa dihentikan..? yuk kita tanya bareng2 kesana Kang..:)

      for all_T.A.K

      Delete
    5. ikutan dong ,,,

      Delete
    6. @Dede Thea_ Yuk kang kursinya masih kosong nih..:)

      T.A.K

      Delete
  4. Foto yang menarik dan unik. Ketika melihatnya saya langsung tersenyum simpul. Ada-ada saja. Hanya untuk mencegah kecurangan ujian dengan memakai 'kacamata kuda'.

    Di Indonesia contek-mencontek dalam ujian dapat diatasi dengan membuat variasi soal. Peserta ujian yang duduk saling berdekatan diberikan 'soal yang tidak sama', sehingga sudah tidak bisa lagi bertanya kepada kawan sebelahnya.

    Sebenarnya dalam dunia pendidikan yang lebih penting adalah 'pembangunan karakter kepada para siswa'. Bagaimana agar para siswa mempunyai karakter atau kepribadian yang unggul.

    Dengan memiliki kepribadian yang unggul, maka siswa akan menjauhi perbuatan atau tindakan yang tidak terpuji, seperti : berbuat curang dalam ujian, mencontek kawannya, tidak jujur atau berbohong kepada guru dan orang tuanya, kenakalan remaja, dan sebagainya.

    Terima kasih sharingnya yang menarik. Salam cemerlang !

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herdoni Wahyono_Setuju sekali pak Herdoni, semoga dunia pendidikan nasional kita bisa mencipatakan kepribadian yang unggul bagi siswa2 Indonesia.

      Salam cemerlang juga.

      T.A.K

      Delete
  5. sebenarnya ini teknik yang perlu di contoh oleh guru di Indonesia, bagus lho, kalau gerak dikit aja pasti kedengaran, dan itu artinya ada yang nyontek, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_Iya Mas, jadi siswanya tambah ongkep mas, kringeten..:)

      T.A.K

      Delete
    2. sumuk gobyos kabeh mas

      Delete
    3. @Agus Setya_dikipasi mas, ben rodo isis..:)

      T.A.K

      Delete
  6. Wah ini cara baru ya pak boku? untuk meminimalisasi kecurangan ujian nasional. Tapi saya kira upaya tersebut kurang efektif, karena dapat mengganggu konsentrasi siswa ketika mengerjakan ujian. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Eka Prasetiyarini_betul sekali Mbak Wahyu, disisi lain siswa akan merasa terganggu konsentrasinya.

      T.A.K

      Delete
  7. wah bisa kalau ada AC nya kelas tersebut kalau nggak ada bisa-bisa mandi keringat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bayu Usman_Betul Pak karena merasa gerah ya Pak..:)

      T.A.K

      Delete
  8. dari tadi siang mau komen malah sibuk ngasih makan ikan...padahal sejak di kolom no 2...

    saya kok kurang sreg dengan metode seperti itu ya, kayak nggak manusiawi gitu. apa nggak sebaiknya yang diperbaiki adalah cara pikir dan sudut pandang siswa yang dirubah, membangun kepribadian yang kuat dan nggak gampang goyah, jadi walaupun ditaruh diruangan yang tanpa pengawaspun nggak bakalan saling contek--aaah tapi kayaknya bakalan susah sekali ya, sudah sifat dasar manusia maunya enaknya saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khusna khairunnisa_Terima kasih lho Mbak Khusna, pasti selalu menyempatkan ngasih makan ikan2 itu..:) entar boleh ambil kok mbak..?
      oiya betul sekali mbak, yang terpenting adalah menanamkan sejak dini ke peserta didik tentang kurang baiknya menyontek..

      T.A.K

      Delete
  9. wahahha

    ia ia bener juga tuh saya setuju

    tapi jadi gokil geto yya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Em Albar_ suka yang gokil ya Mas Albar..? :)

      T.A.K

      Delete
  10. simple, but brilliant...

    dan kenapa diprotes ya? yang protes yang suka nyontek nih, ketahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uyo Yahya_Yang mrotes jadi gerah..:)
      mungkin ini kurang pas saja mas

      T.A.K

      Delete
  11. wah berarti manusia kuda dong. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kolongtulis_ jangan bilang gitu ah,..:)

      T.A.K

      Delete
  12. idenya sih bagus juga untuk menghindari para murid mencontek, harusnya diciptakan menggunakan alat elektronik yang lebih canggih dan efektif, bisa juga khan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sehatalami99_Iya Mas, mungkin kedepannya bisa jadi inspirasi alat yang lebih canggih lagi..

      T.A.K

      Delete
  13. Bagus idenya namun ga manusiawi namanya, pakek bawa bawa kuda segala. Seadainya ga di ikutkan kuda munkinkah lain kejadiannya kali ya..o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mus Djono_ Iya Mas, jadinya nggak pas ya kalau pakai Kuda..:)

      T.A.K

      Delete
  14. bisa juga tipsnya, buat mencegah kecurangan nyontek.. cuman model nya mungkin harus dikit rubah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cuute Yanti_Iya Mbak yanti, modelnya yang lebih keren ya..:)

      T.A.K

      Delete
  15. hahaha...apa efektif tuh metodenya...terima kasih boss sudah berbagi info. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TCC Sampit_Iya itu sobat, kayaknya kurang efektif dan karena banyak kritikan terus dihentikan pemakaiannya.

      Salam,

      T.A.K

      Delete
  16. niatnya bagus kok malah dikritik, malahan sudah disepakati anatara sesama mahasiswa dan dosen serta staff...berarti yang kritik itu semua pada doyan mencontek dong :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS Of Hariyanto_Iya mungkin saja seperti itu ya Mas Har..:)

      T.A.K

      Delete
  17. wah bisa dijadiin accesoris trendi nih..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @posting review_iya sobat..:)

      T.A.K

      Delete
  18. mantab si... tapi mereka seperti kuda bukan siswa lagi..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mekanik komputer_hehehehe...masih sama kok seperti siswa..:) cuman penutupnya kayak kacamata kuda..

      T.A.K

      Delete
  19. Alhamdulillah, dihentikan penggunaannya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Alfiansyah_ emang kenapa Mas wahyu? :)

      T.A.K

      Delete
    2. takut nggak bisa nyontek lagi yah mas Wahyu hehe...

      Delete
    3. @Anthonie Eka_bukan itu Mas, takut kalau2 kelasnya gak ada AC atau kipas, bisa jadi biang keringat..:)

      Delete
  20. harusnya dibikin lebih praktis yah, soalnya kayaknya ribet keliatannya, tapi idenya sih boleh juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sehatalami99_ Iya Mas, kita tunggu saja edisi praktisnya..:)

      T.A.K

      Delete
  21. kira-kira kalau Kang Hadi pakai itu pasti kliatan keren ya..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kstiawan®_keren-keren....
      jangan kawatir, pakai apa saja orangnya tetep keren..:)

      T.A.K

      Delete
  22. Tapi justru saya setuju dengan uji coba tersebut. lebih lucu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi_lucu dan menarik ya Kang..:)

      T.A.K

      Delete
  23. boleh dicoba tuh di negara kita siapatahu ada manfaatnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. entar malah didemo oleh para murid kang hehe...

      Delete
    2. demo atau praktek memakai ya Mas..?:)

      Delete
    3. @Dede Thea_ Iya kang boleh juga kang dicoba..:)

      for all_T.A.K

      Delete
  24. kalo aku pake gituan sih bukannya buat nutup mata agar ga nyontek. tapi biar ga jelalatan liat paha mulus bertebaran kek gitu, hheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rawins_ hehehehe...ini malah ada fungsi baru lagi ya Mas Rawins..:)

      T.A.K

      Delete
  25. follow sukses, mohon folback :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Update Campuran_ Oke sobat terima kasih dan sudah foll back..:)

      T.A.K

      Delete
  26. terlihat lucu dan unik hehe.., seharusx pake kesadaran masing2 aja dech... thx infpx pak *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook_ iya sobat rohis, perlu kesadaran sendiri2 ya..:)

      T.A.K

      Delete
  27. Wah sayang yah, kok bisa dihentikan. Kayanya yang protes yang seneng nyontek tuh hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy_ kayaknya iya Kang..:)

      T.A.K

      Delete
  28. Liat foto yg dibawah... sadis sekali ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bangancis.web.id_ heheheee...sadis gimana bang ancis..? ;)

      T.A.K

      Delete
  29. kalau cara ini apa masih bisa diterapkan di Indonesia yah mas Boku, kalau liat tujuannya sih bermanfaat banget tapi efisien nggak yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anthonie Eka_ iya sih Mas, tujuannya sih baik, tapi efisiensinya perlu diperhatikan juga..

      T.A.K

      Delete
  30. Biar lebih fokus untuk tidak melihat pemandangan lain yang ada di kanan atau kiri kita kali ya Kang, nanti malah buyar semua. he,,, he,,, he,,,


    Salam wisata

    ReplyDelete
  31. Wah sepertinya ini methode yg luar biasa mas
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  32. Wanjir....ngakak gan kalau ujian malah pake yang kayak gitu.

    tapi bener sih, jadi pada fokus buat ujian.

    ReplyDelete

 
Top