image: remotang

Tidak terasa ibadah puasa bulan suci Ramadhan ini sudah memasuki hari kesepuluh yang ketiga atau terakhir. Ini artinya sebentar lagi kita akan memasuki bulan kemenangan yaitu Idul Fitri dibulan Syawal.

Idul Fitri, bagi negara kita Indonesia merupakan hari raya umat Islam yang paling meriah diantara hari-hari raya lainnya. Idul Fitri juga identik dengan tradisi "mudik" atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan kemenangan di hari yang fitri, bersilaturahmi, saling bermaafan, dan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri.

Saya juga termasuk salah seorang yang setiap tahun menjelang lebaran selalu melakukan tradisi "mudik" tersebut bersama keluarga dari Semarang ke Banyuwangi. Sudah kurang lebih 10 tahun saya merantau di Semarang, jadi sudah sekitar 10 kali saya melakukan kegiatan mudik setiap tahunnya menjelang Lebaran.

Tradisi mudik ke kampung halaman ini merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu terutama bagi para perantauan seperti saya yang bekerja jauh dari kampung halaman. Dan pada setiap tahunya jumlah pemudik dan kendaraan yang dipakai untuk mudik selalu mengalami peningkatan.

Bisa kita bayangkan berapa jumlah mobil pribadi, kendaraan bermotor, armada angkutan, kereta api, Kapal laut, semua jumlahnya selalu ditambah saat mudik lebaran tiba, karena hal tersebut untuk mengantisipasi supaya para pemudik bisa mudik dengan lancar sampai tujuan.

Dengan adanya penambahan jumlah kendaraan, dan jumlah pemudik setiap tahunnya tentu hal tersebut ada pengaruhnya juga terhadap lingkungan dan bumi kita ini, misalnya penggunaan bahan bakar yang berlebih, sampah makanan dan minuman yang ditimbulkan saat perjalanan, kemacetan dijalan sehingga akibat emisi kendaraan bermotor bisa menimbulkan udara menjadi panas, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tips mudik lebaran yang ramah lingkungan


1. Periksa tekanan angin ban kendaraan
Jika Anda mudik dengan membawa kendaraan pribadi, pastikan tekanan angin pada ban kendaraan anda cukup, karena hal ini bisa menghemat bahan bakar.

2. Saat mengisi bahan bakar kendaraan bermotor anda usahakan mengisinya dipagi hari atau sore hari sehingga bahan bakar kita banyak menguap saat pengisian.

3. Bila berhenti untuk istirahat, atau berhenti cukup lama karena kemacetan dan lain sebagainya, usahakan anda mematikan mesin kendaraan supaya tidak boros bahan bakar.

4. Bawalah selalu kantung sampah yang bisa anda gunakan saat membuang sampah dikendaran pribadi atau kendaraan umum. Jangan membuang sampah dimana-mana atau pun membuang sampah sembarangan didalam angkutan atau dijalanan.

5. Usahakan untuk mengurangi beli makanan jajanan saat perjalanan, karena selain kurang bersih juga kurang sehat. Lebih baik membawa makanan dari rumah. Jikalau memang terpaksa harus membeli makanan gunakan tupper ware atau perlengkapan keluarga lainnya yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Istri saya selalu membawa segala peralatan makanan sendiri saat mudik. Anda bisa menyiapkan sebelumnya peralatan makanan tersebut sebelum melakukan mudik. Anda bisa membelinya di swalayan atau bisa beli secara online beli di Lazada.
Karena di Lazada saat ini diskon besar-besaran.

6. Hematlah pemakaian air di WC umum, pom bensin, atau tempat umum lainnya saat anda berhenti untuk buang air, mandi atau sholat. Jangan lupa mematikan lampu dan kran air setelah habis dipakai.

7. Jika anda sempat berhenti untuk belanja dan lain sebagainya usahakan meminimalkan pemakaian kantung plastik. Lebih baik lagi anda sudah punya tas belanja sendiri dari rumah.

8. Untuk urusan gadget, sering kali kehabisan baterai dalam perjalanan. Jadi untuk menghemat kapasitas baterai gadget anda, gunakan seperlunya saja atau bawa energi power saving seperti power bank dan lain sebagainya.


Meskipun sudah ada yang melakukan mudik pada saat ini, namun masih ada waktu untuk mempersiapkannya sampai H-1 lebaran nanti. Anda masih punya waktu untuk mempersiapkan mulai dari tas, koper, perlengkapan perjalanan, gadget, oleh-oleh untuk keluarga dikampung halaman dan sebagainya.

Jika anda tidak punya waktu atau malas berdesak-desakan di mall atau swalayan, karena pada umumnya menjelang lebaran seperti ini mall dan swalayan pasti pengunjungnya membludak. Nah, untuk itu anda bisa belanja barang-barang tersebut lewat belanja online Lazada.

Itu juga akan sedikit berhemat biaya anda pergi ke mall atau swalayan, belum lagi makan di mall atau swalayan, yang seharusnya biaya tersebut bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya. Belanja online Lazada.co.id saat ini sedang ada diskon besar-besaran pada bulan Ramadhan ini. Anda bisa membeli apa saja mulai dari popok bayi, gadget, otomotif, dan lain sebagainya.

Semoga amal ibadah kita dibulan suci Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT, kualitas keimanan kita meningkat, kita bisa meraih kemenangan dihari yang fitri nanti, bisa mudik dengan aman dan lancar, serta bisa berkumpul dengan keluarga kita tercinta.

Dan semoga dengan tips mudik lebaran ramah lingkungan ini bisa bermanfaat, karena kita turut serta juga dalam upaya pelestarian dan penyelamatan lingkungan atau kegiatan "Go Green" yang saat ini sedang gencar dilaksanakan diseluruh dunia untuk menjaga kelestarian Bumi kita tercinta.



143 comments:

  1. sangat berguna Pak, terutama bagi pemudik jarak jauh, misal dari Riau ke lampung dll dengan kendaraan pribadi. Tapi tentang hemat air dan energi, bukankah di mana berada kita harus hemat, mengingat sekarang air bersih sudah langka terutama di perkotaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa hemat tisu juga mengingat pohon sudah habis, solusinya ya cari batu aja, kan masih banyak. eh cebok dengan batu kan termasuk toharoh ya, selain air

      Delete
    2. ya iya lah Pak...batu bata juga boleh hahaha...betul, kasihan hutan akasia sudah menggantikan hutan alami...pernah dulu ayah e kerja di pabrik pulp yang bikin tissue---rupanya tak cuma hutan yang dikorbankan, tapi pekerja juga...ngeri.

      Delete
    3. Iya, ini semua sudah sadar akan pentingnya ramah lingkungan.

      Delete
    4. @khusna khairunnisa_ syukurlah kalau bisa berguna Mbak Khusna, saya senang sekali..

      for all_ T.A.K

      Delete
    5. godong pting
      daun bambu

      Delete
    6. @MaYa KayLa_ godong jati kasab..:)

      Delete
    7. ya ya ya mudik ramah lingkungan perlu juga ya? Namun capek kayaknya tiap lewat suatu lingkingan menunduk dan mengucapkan permisi... Gitooh

      Delete
    8. Apa lagi menunduk sambil nyunngi karung bawaan ya mas Mus..:)

      Delete
  2. Rasanya mudik gimana tuh pak
    q gk pernah mudik soalnya keluarga disini semua,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Moeji Kuswoyo_ baa koper dari MS ke demak, entar kan dikirain mudik Mas..hehehe..:)

      T.A.K

      Delete
  3. makasih gan buat tipsnya.. dan yg lagi mudik semoga nyampe ditempat tujuan :D

    btw lagi ikutan kontes ya mas ? :)
    jangan lupa mampir balik ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nandar Sunandar_ siip Mas nandar,, terima kasih ya..

      T.A.K

      Delete
  4. tips yang sangat luar biasa mas,

    semoga mudiknya selamat sampai tujuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dins sam_ Amiin..., terima kasih Mas Dins..

      T.A.K

      Delete
  5. saya ga mjudik, menetap di kost
    selamat mudik yg lagi sedang mudik <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. @thika_ heheheh...terima kasih sobat thika,,

      T.A.K

      Delete
  6. Ga punya desa :( jadi menetap dah di Surabaya...


    Ditunggu kunjungan baliknBya, Klik Disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aprino Achmad_ Iya mas Aprino, Surabaya nya mana mas?

      T.A.K

      Delete
  7. saya bookmark nih Mas, panduan mudik saya minggu depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipotokopi saja lik... :D

      Delete
    2. sekalian dilaminating iar tidak kena air saat pipis

      Delete
    3. minta tanda tangan sisan trus dijilidkan

      Delete
    4. monggo-monggo jangan lupa dilegalisir ya semuannya..

      Delete
    5. @zachflazz_ Silakan Kang Zach..mudik cilacap Kang..jangan lupa bawa minyak bulus ya kang..

      for all_ T.A.K

      Delete
  8. Terima kasih tipsnya tentang mudik lebaran yang ramah lingkungan. ini perlu diperhatikan, terutama tentang sampah yang dibuat diperjalanan, apalagi seperti kulit pisang yang bisa mencelakakan orang lain. Semangat blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kurnia Tuhadi_ Iya sobat Kurnia...

      terima kasih..

      T.A.K

      Delete
  9. tips nya mantep mas :)

    semoga sobat2 yang lagi mudik selamat sampai tujuan yah mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. ya robbal alaminn..

      Delete
    2. @Wahyu Dwi_ Iya Mas, semoga semua selamat sampai tujuan Amiin..

      for all_ T.A.K

      Delete
  10. mantep tipsnya mas, kalau saya lebih suka anteng dirumah, karena keluarga saya dirumah semua,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @HeQris_ Iya mas, terimakasih,,

      T.A.K

      Delete
  11. mantap gan tips nya..

    ane ingat2 deh tips dari sini,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yogi Vipre_ silakam Mas yogie...

      T.A.K

      Delete
  12. mampir om. http://sidadam92.blogspot.com/2013/08/tips-tips-mengelola-keuangan-di-bulan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas, nanti saya akan kesana..

      T.A.K

      Delete
  13. terimakasih sudah mengingatkan mas, kalau saya mudiknya besok tengah hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mangyono_ Iya Mang, semoga perjalanannya lancar ya mang, hati2 dijalan Mang..

      T.A.K

      Delete
  14. Ide yang bagus tuh untuk membawa kantung sampah sendiri. Jadi nggak mencemari lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @HP Yitno_ Iya kang Yitno, setidaknya kita juga ikut serta dalam menjaga kebersihan dan lingkungan ya kang..

      T.A.K

      Delete
  15. eh ikut dong, om...
    aku dah lama pengen ke baluran. kayaknya asik tuh. sekalian kursus ngomong osing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman gl pro trobel di alas baluran, hehe

      Delete
    2. wah ngeri nggak itu trobelnya apa mas..?

      Delete
    3. @Rawins_ Ayo mas Rawins kalau mau ikutan....:)

      for all_ T.A.K

      Delete
  16. keren nih mas tipsnya, tapi kalau naik bis umum apa perlu juga saya harus cek tekanan bannya ? lha kalau naik kereta apa perlu juga tak cek tekanan angin ban kereta?
    terus kalau di bis umum kan tidak ada toiletnya nih, pipisnya dimana dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya_ kalau naik bis umum, biasanya sopir ma kernetnya dah ngecek, terus kalau ban sepur petugas yang berwenang yang ngecek tekanan anginnya, masalah pipis, jangan diempet mas heheheh dan jangan pipis dekat pintu pas masuk trowongan lho mas, gak ilok jare mbah wek..:)

      T.A.K

      Delete
  17. tipsnya bagus tapi kalau yg jual makanan baca pasti jersinggung

    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anisayu_ Iya mbak anisa, tapi boleh kok beli jajan, asal sampahnya gak dislempitin dikursi bis atau kereta, atau ditaruh dibawahnya, hehehehe

      T.A.K

      Delete
  18. dan jangan pake gadget ditempat umum, takutnya jadi incaran/target maling... heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ahmad Zaelani_ betul sekali Mas Ahmad, mengundang tindak kriminalitas mas..

      T.A.K

      Delete
  19. Wah ini khusus untuk perjalanan jauh ya Mas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Alfiansyah_ perjalanan dekat juga boleh kok Mas Wahyu..

      T.A.K

      Delete
  20. sebelum mudik perhatikan pintu jendela rumah udah dikunci apa belum

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahmad rizal samsi_ Iya mas rizal, sama listrik dan colokan juga dimatikan, air juga dicek mas,,:)

      T.A.K

      Delete
  21. udah lama saya belanja via Lazada, sayang Lazada ngga pernah ngasih THR tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu thea_ Hehehehee..., nanti biar Boku sanpein Kang..

      T.A.K

      Delete
  22. Tips seperti ini sangat berguna saat aku masih mudik dulu, sekarang akunya gak mudik lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra_ kok nggak mudik Mas sekarang?

      T.A.K

      Delete
  23. tipnya sangat berguna sekali, entar rumah saya titipin tetangga saja kalau ditinggal mudik

    ReplyDelete
    Replies
    1. titipin saya azh. lebih aman dan terkendali deh.

      T. A. K
      (Terima Kasih AtasKomentarnya)

      Delete
    2. Hehhehehh..asal jangan dititipin ke mengatasi masalah tanpa masalah..

      Delete
    3. @Mbak Iis_ wah enak dong mbak, ada tetangga yang mau dititipin rumah, tuh Kang Cil juga mau, ...:)

      For all_ T.A.K

      Delete
  24. nggak usah mudik itu justru sangat ramah lingkunngan bang heheh..monggo pinarak di giveaway pernikahan saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Amri Evianti_ iya sih mbak, kalau nggak mudik nglangut mbak, iya mbak selamat ya mbak Amri..

      T.A.K

      Delete
  25. selamat bermudik ria..semoga tiba di tujuan dengan selamat...selamat menyambut idul fitri..mohon maaf lahir batin ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS of Hariyanto_ terima kasih Mas Har, sama-sama mohon maaf lahir bathin Mas..

      T.A.K

      Delete
    2. Amiin,mohon ma'aff lahir batin juga

      Delete
  26. pasti sangat bermanfaat om buat pemudik...

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rafresh sulaeman_ iya mbak, terima kasih, salam kenal juga..

      T.A.K

      Delete
  27. Mantap gan tipsnya, bener juga yah. Tekanan ban bisa pengaruh ke konsumsi bahan bakar. Muantep dahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yanuar catur_ iya Mas Yanuar, sama-sama..

      T.A.K

      Delete
  28. Kantung sampah itu gak banyak yang peduli ya mas.
    Selamat mudik. Hati2 di jalan. Met lebaran.
    Moga sukses reviewnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mugniar_ heheehehhe..,iya, semoga dengan membaca postingan ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Amiin..

      T.A.K

      Delete
  29. saya gak mudik mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sukaseo.com_ nggak apa-apa sobatku, asal tetap sehat dan tali silaturohim tetap terjaga. Amiin..

      T.A.K

      Delete
  30. udah di udik dari dulu Pak Boku.. Namun begitu juga degan diriki dulu saat perjalanan jauh motor Gl Cepek tak isi penuh pas pagi pagi dan bensin serasa lebih irite..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mus Djono_ Iya Mas Mus, pasti motornya larinya masih kenceng ya Mas.., itu dulu kalau orang yang punya GL cepek kelihatan gagah dan prianggono Mas..

      T.A.K

      Delete
  31. Wah.. bermanfaat tipsnya mas... alhamdulillah saya tidak mudik .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mohammad Fanirifanto_ Alhamdulillah.., semoga tetap diberi kesehatan dan tali silaturahmi tetap terjaga ya Mas..

      T.A.K

      Delete
  32. Saya merasakan mudik yang agak jauh setelah menikah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lidya - Mama Cal-Vin_ mudiknya kemana Mbak..?

      T.A.K

      Delete
  33. Tips yang sangat bagus untuk dipraktekkan bagi kita yang hendak melaksanakan mudik lebaran. Sehingga proses mudik kita bisa berjalan lancar tanpa suatu kendala. Nice share kawan :) Izin follow blog nya dan mengharap follow back hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Eka Prasetiyarini_ Iya mbak terima kasih, dan nanti pasti Boku poll beck Mbak..

      T.A.K

      Delete
  34. uh ane jadi pengen mudik deh gan, sayangnya gak punya kampung halaman :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TUMPAS_ hehehehe...yang penting tali silaturahmi tetap terjaga ya sobatku..

      T.A.K

      Delete
  35. sekarang posisi dimana Mas Boku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz_sekarang dah di Banyuwangi Kang..., mampir Kang zach..

      T.A.K

      Delete
  36. Makasih pak atas infonya.. sangat bermanfaat... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak... ngomong-ngomong mudik nggak nih? hehe...

      Delete
    2. @Cyber pagak_ sama-sama sobat, terima kasih..

      For all_ T.A.K

      Delete
  37. terimakasih mas Boku buat tips mudiknya, kalau udah ada tips ini mau mudik juga nyaman yah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rahasia Hidup Sehat_ iya Mas semoga selamat sampai tujuan mudiknya, amiin..

      T.A.K

      Delete
  38. keselamatan dan ketaatan menjaga lingkungan harus selaras dalam rangka mudik

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Munir Ardiku_ setuju sekali Pak Munir.

      T.A.K

      Delete
  39. Terima kasih TIPS-nya mas, kalau boleh tambahin satu lagi tips paling penting "jangan lupa banyak berdo'a diperjalanan" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @SaputraMZ_ terima kasih Mas tambahannya, semoga sampai balik nanti juga selamat.., Amiin..

      T.A.K

      Delete
  40. sangat lengkap pak boku tipsnya mudik, ini perlu diketahui untuk pemudik. terimakasih banyak udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas Andes kalau mau mudik perlu baca dulu tipsnya mas Boku biar aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan :)

      Delete
    2. Amiin..., semoga semua bisa selamat saat mudik dan balik

      Delete
    3. @mas- andes_ sama-sama mas, hanya sekedar berbagi..

      For all_ T.A.K

      Delete
  41. Hellooo mas boku,, ap kabarnya?
    Masih ingedin aku ga?
    Hehe . .

    Wah tipsny sangat brmanfaat untuk mrka, sygnya aku ga prnah ngalamin mudik . Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iin indriani_ alhamdulillaah baik mbak iin, jelas masih ingat dong mbak, kemana saja mbak, barusan muncul hehehee..:)

      T.A.K

      Delete
  42. Nice in fo sob...
    visit and comment back http://www.center60.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Febrianto Putra_ Iya mas Febrianto, terima kasih, nanti saya akan kunjung balik.

      T.A.K

      Delete
  43. sebelum hari raya idul fitri !! saya mohon maaf lahir batin ya..!! gan !! saya mau tanya Hp cross andromeda A5 star enak gak dipakai !! tolong beri balasan di postingan blogku !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nokia-asha...._ sama sama sobatku Boku juga Mohon Maaf Lahir Dan Bathin. Nanti Boku akan koment back.

      T.A.K

      Delete
  44. Mudik merupakan rutinitas tahunan yang tentunya banyak suka dukanya, tapi kalau menggunakan tipsnya dari mas Buku mudah-mudahan semuanya akan berjalan dengan baik, makasih mas buat tips mudiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rahasia Hidup Sehat_ sama sama mas, terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  45. Tips yang manfaat mas, tahun ini saya juga mudik mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El- Barezy_ semoga selamat sampai tujuan Kang El..

      T.A.K

      Delete
  46. Sory banget kawan saya baru bisa hadir lagi disini,maklum di DUMAI lagi suibuk hehe

    Tipsnya boleh nih buat yang mo mudik,namun sayang sekali saya tidak bisa mudik bro huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dede Thea_ sama-sama Kang, Boku juga bulan Ramadhan ini, banyak kegiatan Kang. Semoga tahun2 berikutnya bisa mudik ya Kang..

      T.A.K

      Delete
  47. mantap ini buat yang mudik ^^

    Mohon maaf lahir bathin :)
    Selamat lebaran bagi yang merayakan, selamat liburan bagi yang tidak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rian Ra-kun_ sama sama sobatku, mohon maaf lahir dan bathin ..

      T.A.K

      Delete
  48. Selamat Idul fitri.. Mohon maaf lahir batin ya sob

    ReplyDelete

  49. Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H. Bagi yang merayakannya. Mohon Maaf lahir dan bathin


    Salam wisata

    ReplyDelete
  50. sayang sekali saya tidak mudik tahun ini. mungkin tahun depan diterapin. thanks sudah share

    ReplyDelete
  51. maap lahir batin ya pak klo ada salah2 kata *smile

    “Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
    (Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

    ReplyDelete
  52. Tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  53. Selamat Idul fitri..
    Mohon maaf lahir batin ya mas Boku :)

    ReplyDelete
  54. Selamat Pagi, Belanja di Lazada memang menyenangkan dan aman, saya berhasil membeli kamera untuk acara lebaran kemaren :D
    pengalaman saya bisa dibaca di blog.rianpiarna.com

    Mohon maaf apa bisa bantu isi kuesioner penelitian saya tentang belanja online, kuesioner diisi secara online disini http://goo.gl/TtxTqf

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  55. Ramah lingkungan tapi sombong di harga. Hiehiheiheihee. Semoga belum terlambat, Kami sekeluarga juga turut mengucapkan Selamat Iedul Fitri. 1 Syawal 1434 Hijriah, Minal Aidzin Walfaidzin. Mohon Maaf Lahir Dan Bathin.

    ReplyDelete
  56. wah kalo saya jaga kampung nih jadi gak bisa mudik. ^_^

    ReplyDelete
  57. Ikuti kontes SEO Rgopoker 2014 dengan total hadiah 32juta rupiah.. untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.kontes-seo-rgopoker.com, terima kasih atas partisipasi anda

    ReplyDelete
  58. terima kasih banyak atas segala infonya..
    http://goo.gl/5zJIpW

    ReplyDelete
  59. Matur nuhun kanggo infonya…
    http://goo.gl/36SrUP

    ReplyDelete
  60. Thank for all infomration…
    http://goo.gl/BLyBmN

    ReplyDelete
  61. Ini dia info yang saya cari…
    http://goo.gl/eYB2Uc

    ReplyDelete
  62. Makasih banyak buat infonya….
    http://goo.gl/Y99b98

    ReplyDelete


  63. Makasih banyak untuk infonya, sangat berkulitas...


    http://goo.gl/3dtEm3
    http://goo.gl/v5f3AO
    http://goo.gl/e1jcvW
    http://goo.gl/okCdnf
    http://goo.gl/Qlkljw
    http://goo.gl/IOCm5m
    http://goo.gl/jQhXxp
    http://goo.gl/MYzkNd
    http://goo.gl/09riVk

    ReplyDelete
  64. Makasih Banyak Buat Infonya, sangat membantu sekali bagi saya,,,
    http://goo.gl/6w4I1F
    http://goo.gl/8ysnwa
    http://goo.gl/eYB2Uc
    http://goo.gl/BLyBmN
    http://goo.gl/36SrUP

    ReplyDelete
  65. Thank ya bro buat infonya... :)

    http://goo.gl/oyNkeK
    http://goo.gl/KcKdxm

    ReplyDelete
  66. Infonya sangat bermanfaat sekali, makasih banyak.. http://goo.gl/RQsc11

    ReplyDelete
  67. Sudah tahu Kemasan makanan yang dibuat dengan teknologi ramah lingkungan kan? Tray tersebut terbuat dari kertas foodgrade yang artinya tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga aman untuk makanan.

    ReplyDelete
  68. HARI INI KAMI ADAKAN PROMO TERBARU & TERMURA TERBESAR DARI SARTIKA SHOP BERBAGAI TYPE HANPHONE SEPERTI>SAMSUNG>BLACKBERTY>NOKIA>IPHONE>SMARTFREN>LENOVO>ASUS ZENFONE>ADVAN>OPPO>SONY XPERIA>LG>XIOMI>APPEL>LEPTOP ACER>LEPTOP DELL>LEPTOP TOSHIBA>KAMERA CANON>KAMERA NIKON>DLL
    Bagi Yg Berminat Silahkan Hubungi
    Kami Melalui.
    Via Tlpn/ Via SMS / Via BBM :
    PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237

    Cara Order Online Silahkan.
    Isi Forum PemesananSeperti Berikut :
    - Nama Lengkap.
    - Alamat Lengkap.
    - No. Tlpn/HP
    - Kode Pos Daerah Anda.
    - Type Barang.
    - Warna Barang.
    - Jumlah Pesanan.

    Kirim Melalui Via SMS Atau Via BBM.
    PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237
    website:www.sartika-shop.blogspot.com/
    Selamat Berbelanja Dan Terimakasih,,,,

    ReplyDelete

 
Top