Boku no Blog - Seperti kita ketahui bersama, telur merupakan makanan yang murah dan serbaguna serta bisa diolah dengan berbagai macam menu dan cara. Semua orang pasti tahu akan rasa alami telur tersebut, jika dimasak atau dimakan dengan cara seperti pada umumnya memasak telur.


Tapi, telur khusus dari Kochi Prefecture, Jepang ini berbeda dengan telur –telur pada umumnya. Apa yang membuatnya beda..? Ya, telur ini memiliki aroma dan rasa seperti buah jeruk Yuzu, yaitu salah satu buah jeruk paling lezat di Jepang. 

Aroma dan rasa telur seperti jeruk tersebut bukanlah rekayasa atau dilakukan penyuntikan rasa jeruk atau citrun ke dalam telur, melainkan semuanya adalah alami.



Telur-telur dengan aroma dan rasa jeruk Yuzu tersebut diberi nama “Yuzu Tama”, sesuai dengan namannya, nama tersebut adalah bahasa Jepang yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Yuzu: buah jeruk Yuzu, Tama berasal dari Tamago yang artinya telur".

Seperti yang Boku no Blog kutip dari Blogroll Boku, yaitu RocketNews24.com, bahwasanya sudah membuktikan sendiri dengan aroma dan rasa dari telur Yuzu tama tersebut, dengan mencobanya membuat menu hidangan “Tamago kake Gohan”.(Di Jepang ada salah satu cara makan nasi dengan mencampurkan telur mentah dengan nasi. Menu seperti ini disebut “Tamago kake Gohan”, yang artinya secara harfiah “nasi dengan telur yang dituangkan di atasnya”). 




Lalu bagaimana bisa ya telur bisa memiliki aroma dan rasa seperti buah jeruk?

Perfektur Kochi terletak di barat daya pulau Shikoku, dan daerah tersebut terkenal dengan kebun jeruk Yuzu nya. Jeruk Yuzu lebih beraroma daripada jeruk biasanya. Rasa manis jeruk Yuzu akan digunakan sebagai bumbu untuk segala macam hidangan, dan juga dapat digunakan untuk membuat jus yang lezat atau minuman keras. 

Dan di daerah tersebut ada tempat yang namannya sebuah lahan peternakan Yamasaki Farms, oleh sebab itu pakan yang dikonsumsi oleh ayam di Yamasaki Farms mengandung kulit yuzu. Setelah dicerna, ternyata aroma dan rasa kulit jeruk Yusu tersebut ada dan menyatu dalam telur ayam di Yamasaki Farms.

Agar semua warga yang ingin merasakan telur dengan rasa jeruk “Yuzu Tama” tidak jauh-jauh datang ke daerah Kochi, Yuzu Tama juga tersedia di Marugoto Kochi toko di kawasan Ginza, Tokyo yang yang penuh dengan segala macam barang dari berbagai daerah di Jepang.
Marugoto Kochi / まるごと高知 Address: Tokyo-to, Chuo-ku, Ginza 1-3-13, Ripurekusu Tower 東京都中央区銀座1-3-13 リープレックス銀座タワー Open 10:30 a.m.-8 p.m. Website http://www.marugotokochi.com/index.html


Yuzu Tama dijual dengan kemasan 1 pack, berisi 6 telur dengan harga ¥ 494 (sekitar 55 ribu rupiah). Harga tersebut memang lebih mahal dari harga telur biasannya karena telur Yuzu Tama memiliki rasa yang berbeda, yaitu rasa jeruk Yuzu.

enrocketnews.24

57 comments:

  1. wah itu telurnya dimakan mentah dan diaduk sama nasi, apa gak bau anyir ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada jeruk nya

      Delete
    2. kan ada telurnya :-d

      Delete
    3. #Dewi Elsawati_ Iya mbak Elsa, tapi aroma telur ini seperti jeruk, jadi gak begitu anyir..

      for all_T.A.K

      Delete
  2. saya liatnya malah mual duluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #hendri hendriyana_ :-d rasanya enak lho mas Hendri..

      T.A.K

      Delete
    2. kayanya bukan sebab telur, tapi karena hamil mualnya itu mah mang

      Delete
  3. waduh tahan ya orangnya makan seperti itu tapi jepang memang terkenal pemakan mentah sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Abdullah Al Pinrany_Iya Pak, seperti sushi atau ikan laut mentah paling disuka.. :)

      T.A.K

      Delete
  4. hahaha, kapan-kapan perlu di coba nih (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Anak Nelayan_ Iya Kang silakan mencobanya kapan-kapan.. :-)

      T.A.K

      Delete
  5. pengin nyicipin nih kalau rasa telurnya seperti jeruk... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Sucipto Kuncoro_ Silakan Pak Kuncoro.. :)

      T.A.K

      Delete
  6. pasti cita rasa telur Rasa jeruknya mantab ya pak xixiiii... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #EKA IKHSANUDIN_ Iya Pak Eka, Yummy =p~

      T.A.K

      Delete
  7. faktor pakannya rupanya..bikin pensaran rasanya

    berarti daging ayamnya mungkin juga beraroma jeruk juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Wong Crewchild_ Iya Mas Wong, dari pakannya yang mempengaruhi rasa telur tersebut seperti jeruk..

      T.A.K

      Delete
  8. bukannya jadi rawan terkena flu burung kalau mentah gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #denny aditia_ Tapi sudah disterilkan kayaknya Mas Denny..

      T.A.K

      Delete
    2. mungkin juga ayamnya ayam kampung kali

      Delete
  9. baru tahu ane sob ada telur yang rasa nya kayak jeruk, bisa dicoba nih kapan kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Aidil Cakep_ Iya Mas Aidil, silakan dicoba Mas..

      T.A.K

      Delete
  10. haduh....aneh2 aja ya mas orang Jepang ini.
    seandainya saya disuruh makan gimana ya? mungkin akan saya oseng2 dulu di atas wajan biar jadi nasi goreng hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bukan aneh-aneh mbak, yang jelas mereka kreatif.

      Delete
    2. Betul Mbah Dinan.. (h)

      Delete
    3. #Ninik Setyarini_ Hehe.. jadinya nasi goreng spesial telur Mbak..

      for all_T.A.K

      Delete
  11. Wahhh semoga segera sampai di Indonesia... saya penasaran jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Bang Ancis_ Iya Bang, ditunggu aja.. :)

      T.A.K

      Delete
  12. Anonymous26/3/15

    Blog Walking.. Nice info. :) . Kunjung balik ya... Kami menyediakan berbagai macam baju-baju indah dan anggun. Segera kunjungi http://maryantinafashion.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya sobat..

      T.A.K

      Delete
  13. Wah jadi tergiur nih saya apalagi masakan jepang, pengen cicipi jadinya, ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Muhammad Adam Hussein, SPd, CM_ Iya Pak, enak lho.. :)

      T.A.K

      Delete
  14. waw, luarbiasa banget ada telor rasa jeruk sangat kreatif dan inovatif tuh telor ya, cuman sepertinya jadi ngga asik kali mah ya, telor ngga berbau amis mah...sensasinya jadi kurang kali mah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tergantung penggemar telurnya kali mang...tapi gak tau juga hasilnya kalau gak kita rasakan sendiri...iya gak mas admin?

      Delete
    2. #mbah dinan_ Setuju sekali Mbah.. (h)

      Delete
    3. #Cilembu thea_ Yang amis-amis yang lebih nikmat ya Mang.. :-d

      for all_T.A.K

      Delete
  15. bisa aja tuh jepang membuat terobosan pada telur yang rasanya seperti jeruk. selain itu memang telurnya unik dan kayaknya warna kuningnya juga beda dengan kuning telur biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan-jangan ini bukan telur mbah melainkan jeruk jenis baru hanya saja kita tidak mengetahuinya :>)

      Delete
    2. Maksudnya jeruk yang bentuknya seperti telur ya Mas Denny.. :o

      Delete
    3. #Mbah dinan_Iya Mbah dinan, Jepang memang tekenal dengan inovasi dan terobosan geek nya.. :)

      for all_T.A.K

      Delete
    4. iya mungkin hanya trik sulap haha ilusi mata :D
      *kebanyakanngayal

      Delete
  16. pengen nyobain pak tapi cuma sekali doang deh kayaknya obat penasaran :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ninda_ Hehehe.. iya silakan.. :-)

      T.A.K

      Delete
  17. Kok aku malah penasaran sama Tamago kake Gohan nya ya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Uyo Yahya_ Bisa dicobain mas di rumah..

      T.A.K

      Delete
  18. keren nih, biasaya kan telur itu amis...kok bisa wangi gini ya...udah ada jual ngga di indonesia atau online mungkin?

    ReplyDelete
  19. terima kasih infonya keren bangat

    ReplyDelete
  20. terima kasih infonya sangat keren

    ReplyDelete
  21. penasaran jadi pengen nyobain, bisa di goreng ga ya :d

    ReplyDelete
  22. keren bangat infonya terima kasih

    ReplyDelete
  23. Saya penasaran jadi pengen mencobanya di rumah :D

    ReplyDelete

 
Top