Boku no Blog - Minggu pagi seperti biasanya jika tidak ada acara, Boku bersepeda atau nggowes santai untuk refreshing sambil olahraga, menikmati pemandangan, menikmati udara pagi.


Pagi itu memang sudah terskejulkan untuk nggowes ke tempat “Monumen Ketenangan Jiwa”.

Sekilas tentang “Monumen Ketenangan Jiwa (Chinkon no Hi 鎮魂の碑)”






Menurut berbagai sumber baik itu dari internet atau dari tulisan yang terpahat dalam monumen tersebut “Monumen Ketenangan Jiwa (Chinkon no Hi 鎮魂の碑)”adalah monumen yang dibangun pemerintah Jepang untuk mengenang arwah para prajurit Jepang yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.  

Konon menurut cerita monumen atau prasasti ini menghadap ke utara (Laut Jawa) dan konon katanya mengarah ke Tokyo. Bukan tanpa alasan, hal ini dimaksudkan agar arwah para tentara yang gugur saat pertempuran terjadi bisa merasa tenang dan kembali ke Jepang. 
Terdapat deskripsi mengenai monumen ini yang tertulis dalam prasasti dengan tulisan huruf Jepang (Kanji, Hiragana) dan juga ada penjelasan dalam bahasa Indonesia.


Lokasinya memang sepi meskipun dekat dengan jalan arteri, di ujung Banjirkanal Barat, di pantai Tanjung Emas sebelah pantai Marina. Suasananya sangat tenang sesuai namanya. 

Monumen ini masih jarang dikunjungi orang karena mungkin banyak dari kita yang belum tahu. Mungkin orang-orang Jepang saja yang kebetulan dinas di Indonesia khususnya di Semarang atau Jawa Tengah yang tiap tahun datang berziarah ke sini, atau orang orang yang memang sudah tahu akan sejarah dan keberadaan monumen ini.

Bersepeda ("Nggowes") menuju Monumen Monumen Ketenangan Jiwa (Chinkon no Hi 鎮魂の碑)

Setelah habis sholat Shubuh berjamaah di Musholla dekat rumah, Boku mempersiapkan dan mengecek kondisi sepeda agar semua dalam kondisi aman dan nyaman.

Boku berangkat dari rumah jam 05.30 pagi. Jarak rumah Boku dengan “Monumen Ketenangan Jiwa” sekitar 50km.Cukup jauh memang karena rumah Boku dari Semarang Timur paling timur, sedangkan lokasinya di Semarang Utara dekat Pantai Marina Semarang.

Setelah sampai jalan arteri Yos Sudarso, pada lampu lalu lintas setelah PRPP dan Marina, lihat sebelah kanan (jika berangkat dari arah timur), akan melihat gerbang bekas wisata Pantai Tanjung Emas. 

Untuk mencapai lokasi monumen ini, Boku merasakan sensasi seperti single track menyusuri jalan yang masih berupa tanah dan banyak terdapat padang rumput/semak-semak di sekitarnya. Jalannya pun berbelok-belok.






Sambil menikmati angin pantai dan pemandangan laut yang indah, apalagi sambil nggowes, serasa bisa membaur dengan alam sembari olah raga, merasakan suasana ketenangan yang akan membuat jiwa kita merasa damai. 



Setelah puas menikmati pemandangan di “ Monumen Ketenangan Jiwa” Boku pun beranjak pulang dengan melewati jalur yang sama saat berangkat.







Meskipun Monumen ini bukan merupakan lokasi wisata yang terkenal, Boku berkesan perjalanan bersepeda kesana dan monumenr tersebut tetap memiliki pesona tersendiri. Keindahan alam, medan yang dilalui serta suasana ketenangannya yang membuat Boku tidak bosan untuk mengulangi “Nggowes” ke Monumen Ketenangan Jiwa (Chinkon no Hi) ini.

48 comments:

  1. Sesuai namanya, berlama2 di sini jiwa pun terasa tenang, sambil melepas lelah setelah ngegowes ... view nya pun sgt endaaang.

    Suka poto2nya, nice pic, great shot ....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mysweet Ladyluck_ iya mbak, pokonya lelah nggowes menikmati dan menenangkan jiwa di sini.. :)

      T.A.K

      Delete
    2. =======RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH=========

      =======RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH======

      DILIRIK TEMPAT PESUGIHAN TAMPA TUMBAL DARI MANUSIA

      Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status

      P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN

      dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan

      kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.

      Mungkin Anda adalah orang

      yang memiliki masalah :

      1.pemikiran tidak karuan

      2.Butuh Uang

      3 Butuh angka togel hasil ritual 100% tembus yang terjamin

      4.ingin buka usaha sendiri

      5 Memiliki Banyak Hutang

      6.Penghasilan Tidak Cukup

      7.selalu gagal setiap ada pekerjaan

      Semua masalah bisa di atasi

      Maka Anda sudah tepat sekali.

      berada di sini

      Anda PENASARAN Dan

      Ingin Tahu Rahasianya?

      LANGSUN AJA HBG BELIAU JANGAN DI RAGUKAN

      KY ARIF DI NO: (082-369-439-555)

      Saya sangat berterimakasih banyak kepada

      KY ARIF dan sayasudah punya usaha dan bisa melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya. itu semua atas bantuan PAK KY yang memberikan sulusi jalang menuju pesugihan mendapatkan uang , sudah banyak paranormal yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil, sehingga saya mencoba mengikuti ritual pesugihan KY ARIF dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan >>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<HBG BELIAU...!

      DI no 082-369 439 555 KY ARIF jangan percaya sama nomor ritual paranormal yg lain,nomor ritual KY ARIF meman selalu tepat dan terbukti.
      DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA KY ARIF SETIAP

      SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN

      BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI KY ARIF DI NO 082 369 439 555)

      Delete
    3. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
      Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

      Delete
  2. Kalau dilihat sekilas fotonya jadi seperti berada di Jepang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nandar_ Iya mas Nandar, nggak nyangka kan :-)

      T.A.K

      Delete
  3. baru tahu kalo di semarang ada monumen ketenangan jiwa . .
    thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cara Membuka Aura_ Iya sobat sama-sama..

      T.A.K

      Delete
  4. loh ada tempat begini di semarang ternyata ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ninda_ Iya mbak pokonya hiden treassure deh.. :)

      T.A.K

      Delete
  5. wihara yang ke arah bandara A.Yani apaan tuh namanya, kayaknya asik tuh buat foto2. belom pernah mampir sih tapi pas kemaren lewat kayaknya keren, mungkin bisa dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yandhi Ramadhana_ oo, itu dekat pantai marina namanya "Vihara Mahavira Graha" silakan di coba..

      T.A.K

      Delete
  6. bersepeda memang salah satu hobi saya juga, biasanya setuiap pagi minggu setelah solat subuh, kami selalu mengelilingi tempat tempat yang bisa membuat kami refresh, salah satunya di tanaman tanaman salah satunya seperti penghijaauan, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah udah lama banget dak pernah maen sepedaan lagi mas, paling pas sepedaan juga kalo lagi pulang kampung terus nganterin anak ke sekolah, kalo motor lagi ada yang pake saya nganternya pake sepeda ontel :d

      Delete
    2. @Muhammad Mukhlis_berarti kita sama ya mas hobinya nggowes.. (h)

      @Marnes Kliker_Hehehe..bisa saja mas..

      for all_T.A.K

      Delete
  7. oo sebagai tanda rambu rambu buat arwah yg mau pulang ke jepang ya. heheh
    mantap lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mangs Aduls_untuk mengenang arwah para tentara Jepang yang gugur dalam pertempuran Mangs..

      T.A.K

      Delete
  8. Mantaapppp, jadi ngiler pengen kesana ;-(
    Pernah juga ke ambarawa, gak sampe ke semarang.. Cuman naik gunung aja ke unggaran ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fajar Yuga_Wah bagus itu mas Fajar pemandangan di gunung Ungaran..

      T.A.K

      Delete
  9. Mau dong diajak ngegowes apalagi ketempat tempat yang bersejarah badan sehat bisa foto foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya di bonjeng aja kayanya mas.

      Delete
    2. @Dwi Sugiarto_ Iya mas Dwi.., bisa refresh sekalian olah raga.

      @Mangs Aduls_Waduh, bentar besok tak siapin bocengannya.. :d

      for all_T.A.K

      Delete
  10. wah perjalanan ke Monumen Ketenangan Jiwa kayaknya koq seru banget ya mas lulus.
    koq saya nggak diajak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yanto suka lupa bayar jadi ga diajak

      Delete
    2. kalo di ajak saya ikut mas. tapi di bonceng

      Delete
    3. hehehe... bisa ayo semua tapi naik becak.. apa andong ya enaknya? :>)

      for all_T.A.K

      Delete
  11. mas boku sendirian aja nih gowesnya ga ngajakin kita gitu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. soallnya mas hendri kalo di ajak minta di boceng mas:d

      Delete
    2. gapapa saya mah dibonceng juga mang :D

      Delete
    3. @Mangs Aduls
      @hendri hendriyana

      Ayo semuanya tak boncengin satu depan satu belakang.. :-d

      T.A.K

      Delete
  12. Wah perjalanan dengan bersepeda ke monumen ketenangan jiwa sepertinya seru dan menyenangkan banget ya mas, udah gitu banyak banget monumen-monumen keren dan bersejarah pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker_Iya mas seru dan T.O.P pokoknya.. (h)

      T.A.K

      Delete
  13. Dengan berolahraga memakai sepeda dan mengunjungi monumen ketenangan jiwa tsb. Saya juga baru denger tentang Monumen Ketenangan Jiwa Chinkon no Hi 鎮魂の碑 ini kang... ternyata untuk mengenang Tentara Jepang yg Gugur waktu pertempuran di Semarang ya kang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EKA IKHSANUDIN_Iya betul Mas Eka, sebenarnya lokasi tempat kerja saya dekat, tapi juga baru pertama ini kesana.. :)

      T.A.K

      Delete
  14. Go green bro, minimalisir polusi udara di indonesia

    ReplyDelete
  15. Banyak tempat bagus di kota semarang, untuk berwisata maupun hunting foto.:)

    ReplyDelete
  16. oh ini monumen untuk mengenang tentara jepan

    ReplyDelete
  17. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

    ReplyDelete
  18. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    ;;;;;;;;;;;;;;;;;

    ReplyDelete

 
Top