Apa Jidouhanbaiki atau Vending Machine itu?

Mungkin kalau anda sedang pergi ke Jepang, atau baru mau memulai kehidupan di jepang, atau di negara – negara maju lainnya,anda akan melihat banyak Jidouhanbaiki atau Vending Machine ada dimana – mana.

Disini saya akan menyampaikan tentang Jidouhanbaiki yang ada di Jepang.

Jidouhanbaiki,adalah istilah dari bahasa Jepang yang dari kata “Jidou=artinya Otomatis”, sedangkan “hanbaiki = artinya mesin atau alat untuk menjual barang.

Jadi Jidouhanbaiki artinya “Mesin atau alat yang fungsinya untuk transaksi penjualan atau menjual barang secara otomatis,yang digerakkan oleh sistematis motorik dan seperangkat rangkaian elektronik didalamnya”.

Kenapa otomatis?,karena kita hanya memasukkan uang (logam/kertas),kemudian kita pencet tombol pada barang yang akan kita beli,lalu barang tersebut akan keluar dengan sendirinya. Dan jika uang kita lebih, maka kembalian juga akan keluar dengan sendirinya.

Sedangkan Vending Machine adalah istilah bahasa Inggris yang artinya sama dengan jidouhanbaiki.
Jidouhanbaiki sendiri juga sering disebut dengan Jihanki untuk menyingkat sebutan namanya.

Barang – barang yang dijual dengan Jidouhanbaiki/Vending Machine ini bermacam-macam, seperti: makanan, minuman, rokok, mainan,ticket, alat kontrasepsi,dan lain sebagainya.

Dengan adanya Jihanki/Vending Machine ini orang lebih mudah untuk membeli barang,karena biasanya kalau kita membeli sesuatu atau barang di Supermarket atau swalayan akan sedikit antri, terutama pada saat akan membayar dikasir.

Tapi kalau kita membeli di Jidouhanbaiki,akan lebih cepat tanpa harus mengantri lama,dan yang efisien lagi jika kita membeli dengan uang yang lebih dari harga barang yang ada di Jihanki, uang kembalian kita akan keluar secara otomatis.


Harganya pun sama dengan yang dijual di Swalayan atau Supermarket.Bahkan adakalanya harga minuman yang ada pada Jihanki lebih murah dari harga di Supermarket,atau Swalayan.


Ini biasanya sering kita jumpai Jihanki minuman yang ada di sebuah pabrik/perusahaan,instansi pemerintah.Karena biasanya Jihanki ini sudah dibeli sendiri dan untuk daya listriknya ikut dalam perusahaan atau instansi pemerintah tersebut.

Di Supermarket atau Swalayan pun juga tetap disediakan Jihanki,karena kebanyakan orang jepang sibuk dan ingin praktisnya saja.

Segi negatif dengan adanya Jihanki ini adalah pembeli bisa membeli barang tanpa batasan umur. Sehingga dikhawatirkan anak – anak bisa membeli misalnya Rokok, minuman alkohol, atau majalah orang dewasa.
 
Akan tetapi pemerintah Jepang sudah mengambil kebijaksanaan untuk mengurangi perokok dibawah umur dengan menerapkan atau dengan mengadakan Taspo untuk membeli Rokok pada Jihanki. Jadi bagi mereka yang dibawah umur (underage 20 tahun)tidak bisa memeiliki Taspo ini.
 

Tentang Taspo baca disini.
 

Perusahaan besar yang memproduksi Jidouhanbaiki diantaranya: Fuji, Matsusita, Sanden, Kubota.
Juga dengan adanya Jihanki yang setiap tahun bertambah dan berganti model,akan bisa mempersempit space tata letak kota. Karena dikota jihanki ini ada dimana-mana,di pinggir jalan,di luar gedung, dalam gedung, dan hampir pada tiap pojok kota berjajar Jihanki.


Untuk Negara kita Jihanki / Vending Machine ini jarang kita jumpai, kecuali di tempat-tempat yang ramai seperti Bandara, Rumah sakit besar, atau tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Sebenarnya salah satu Jihanki yang berjajar yang ada di Jepang juga ada yang dibuat oleh tenaga trampil kita. Ini karena perakitan Jidouhanbaiki Kubota yang di Indonesia dibuat dan dirakit di PT.Metec Semarang, yang berlokasi dikawasan Tanjung Emas Export Processing Zone, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


Ini merupakan kebanggaan bagi kita,meskipun kita tidak memakai Jihanki itu,akan tetapi ada salah satunya adalah buatan kita sendiri.

Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi anda yang akan menjalani kehidupan diJepang atau di Negara maju lainnya,karena nanti anda pasti akan menjumpai dan memakai Jihanki.



image: google

4 comments:

  1. Mukhtar Luthfi17/9/12

    makasih infonya kak

    ReplyDelete
  2. Anonymous8/9/14

    Hello there! I know this is kinda off topic however I'd figured I'd ask.
    Would you be interested in exchanging links or maqybe guest
    wrifing a blog post or vice-versa? My site discusses a lot
    of the same topics as yours and I feell we coulpd greatly benefit from each other.

    If you're interested feel free to shoot me an e-mail. I look
    forwaard to hearing from you!Great blog by the way!


    my webb site retinol by skmin care cosmetics (bell0bytes.eu)

    ReplyDelete

 
Top