Dalam rangka mencegah anak di bawah umur untuk merokok (underage smoking), sejak Maret 2008 ini pemerintah Jepang telah memberlakukan Taspo. Taspo adalah kartu IC yang dikeluarkan bagi penduduk berusia 20 tahun ke atas, sebagai syarat untuk membeli rokok di vending machine.


Untuk mendapatkan Taspo, perokok tersebut harus mengajukan aplikasi secara gratis (lihat di bawah), yang form-nya bisa didapatkan di berbagai vending machine ataupun website ini. Kartu Taspo akan dikirimkan kepada yang bersangkutan 2 minggu setelah aplikasi diterima dan dilakukan verifikasi data. Hal ini tentu saja mudah dilakukan, mengingat sistem kependudukan yang terintegrasi di Jepang, walaupun masing-masing perfektur sudah terdesentralisasi dengan baik.



-->
Contoh Applikasi Taspo lihat disini
-->
Seperti sekarang ini yang lagi hangat dibicarakan di Negara kita tentang pro dan kontra,tentang Fatwa larangan merokok.Sebenarnya itu tergantung dari diri kita masing -masing,karena memang tidak dapat dipungkiri merokok selain tidak sehat bagi kesehatan juga tidak sehat untuk kantong.
Tapi yang sudah terlanjur pecandu rokok juga memang sulit untuk berhenti merokok kalau tidak dari diri kita sendiri.
Kita boleh meniru Negara Jepang ,dengan pemberlakuan Taspo ini,anak dibawah umur 20 tahun tidak bisa mendapatkan kartu Taspo ini.
Dan diJepang sendiri penduduknya disiplin dengan merokok pada tempatnya, dan tidak membuang puntung rokok sembarang tempat.Kadang juga mereka membawa asbak instant sendiri.

4 comments:

  1. Gimana kalau pas beli rokok gak keluar???

    ReplyDelete
  2. Saya dukung bagi yang tidak merokok...
    tinggalkan rokok sekarang juga

    ReplyDelete
  3. permisi, boleh minta artikelnya untuk mading ya...

    ReplyDelete
  4. Anonymous30/9/14

    Thanks for the good writeup. It in reality was a leisure account it.
    Look advanced to more delivered agreeable from you!
    By the way, how can we communicate?

    My web site - expert seo

    ReplyDelete

 
Top