Jika anda ingin membeli barang atau sesuatu (makanan, minuman rokok, dan lain-lain)di Jihnki, maka terlebih dahuluanda harus tahu tentang nama bagian dan letak pada sebuah Jihanki.

Secara garis besar, Jihanki terdiri dari Case, Door, barang yang dijual, dan sistemasi, serta rangkaian elektronik sebagai penggerak yang menjadikan Jihanki itu berfungsi sebagai alat penjual otomatis.

1.Case.

Case ini berfungsi untuk menaruh atau meletakkan Unit Rak yang berfungsi untuk meletakkan barang dagangan seperti minuman misalnya. Selain itu untuk Jihanki minuman, Case ini juga tempat untuk meletakkan system pendingin pada Jihanki.
 
Dengan kata lain case ini berfungsi untuk meletakkan komponen, dari Jihanki.
Untuk jenis Jihanki Rokok, peletakkan rak unit adalah dibagian Door atau pintunya.

2.Door.

Door ini berfungsi untuk menutup atau melindungi barang dagangan yang diletakkan didalam case. Selain itu door biasanya untuk meletakkan rangkaian Elektronik penggerak Jihanki.
 
Kita bisa langsung tahu Jihanki itu menjual barang apa dengan langsung melihat sample barang yang dipampang pada Display unit yang diletakkan pada Door.
 
Pada Door atau pintu Jihanki seara garis besar terdiri dari:


-->
  • Display Unit Door, yaitu sebagai tempat untuk meletakkan sample dari barang yang sedang dijual pada Jihanki tersebut.
-->
  • Button atau tombol,untuk memilih barang (minuman , rokok , dan lain-lain)yang akan kita beli.Anda harus menekan tombolnya , bukan pada sample barangnya.
Anda harus berhati-hati dan memperhatikan tombol, karena kalau barang dagangan itu habis , tombol ini akan menyala dan ada tulisan kanji Jepang Urekiri , yang artinya habis terjual, dan belum diisi lagi oleh pemilik Jihanki tersebut. 
Jadi meskipun anda pencet berkali-kali tidak akan keluar.
-->
  • Layar Digital, ukuranya agak kecil disitu menyala tulisan (huruf kanji jepang, hanbaicyuu,yang artinya sedang menjual, derajat temperatur suhu, dan kalau kita membeli,uang yang kita masukkan nominalnya tertera pada layar digital ini.
Tempat memasukkan uang kertas, ini fungsinya apabila kitamembeli dengan menggunakan uang kertas.   (Nominal uang kertas di jepang yaitu :1000 yen,5000 yen,10000 yen). Biasanya yang sering dipakai untuk Jihanki adalah uang kertas 1000yen.   Disini anda juga harus berhati-hati,karena uang kertas ini posisinya pada saat dimasukkan harus lurus, tidak ada yang bagian yang terlipat sedikitpun. Biasanya kalau ada bagian yang terlipat, uang ini akan keluar lagi. Kalau anda sudah meluruskan uang kertas, namun masih saja keluar/tidak mau masuk, coba rubah posisi uang pada saat dimasukkan,sampai benar-benar uang itu bisa masuk. -->
- Tempat memasukkan uang logam/receh
Ini fungsinya untuk memasukkan uang recehan.
(nominal uang recehan di Jepang yaitu:1 yen, 5 yen, 10 yen, 50 yen, 100yen, 500 yen).
Yang sering dipakai pada Jihanki adalah 10 yen keatas.
Level/tuas untuk uang kembalian, ini fungsinya apabila kita membeli dengan uang yang lebih maka dengan menggerakkan tuas ini kebawah maka uang kembalian kita akan keluar dengan sendiri.   Handle lock, ini fungsinya untuk membuka door, pada saat yang punya Jihanki tersebut mau mengisi barang dagangan atau mengambil uang. Posisinya selalu terkunci, jangan sekali-kali anda mengotak ngatik handle lock ini, karena anda bisa dikatakan pencuri. -->
  • Tempat mengambil barang, fungsinya adalah ,setelah kita memasukkan uang dan memencet tombol barang mana yang kita pilih ,maka barang ini akan keluar, pada tempat ini (pada bagian depan bawah door),dan silahkan anda ambil barang yang anda beli.
-->
  • Tempat keluar uang kembalian , ini fungsinya adalah untuk mengambil uang sisa kembalian (ada pada bagian kanan bawah )
-->
  • Panel Logo,ini untuk meanapilkan logo perusahaan yang menyediakan barang dagangan yang ada pada Jihanki.
-->
Jika anda membeli pada jihanki ini dan ada kendala,misalnya uang kembalian anda tidak bisa keluar,atau barang yang anda beli tidak bisa keluar,sebaiknya anda menghubungi yang punya Jihanki tersebut atau menelpon kepada layanan konsumen.
Jangan sekali-kali anda menggedor atau menendang supaya barang atau uang kembalian anda bisa keluar,karena anda nanti disangka melakukan tindakan yang kurang terpuji.

1 comments:

 
Top