DiJepang,setiap tahunnya diadakan festifal Koinobori,yaitu tepatnya di bulan Mei untuk memperingati Hari Anak (Children`s Day),yang jatuh tanggal 5 Mei.
Koinobori adalah sejenis layang-layangyang biasanya terbuat dari kain dengan berbagai warna corak lukisan dan ukuran.Kebanyakan Koinobori ini bermotifkan ikan.
Sesuai dengan namanya Koinobori,yang artinya “Ikan yang memanjat".



Salah satu tempat di Jepang yang menyelenggarakan festifal Koinobori yang terkenal yaitu di sungai Sagamihara.Daerah Sagamihara ini bisa ditempuh selama 2 jam dengan naik kereta dan bus dari Tokyo pusat.
Banyak sekali peserta dan pengunjung pada festifal Koinobori di sungai Sagamihara setiap tahunnya.Mereka berbondong-bondong datang bersama teman,pasangan,dan keluarga untuk ikut dan menyaksikan festifal Koinobori ini.



Saat tinggal di Jepang aku pernah sekali datang kesini untuk melihat festifal Koinobori ini,yaitu pada saat liburan Golden Week di Jepang.
Sungguh pemandangan yang indah,diatas penuh dengan ribuan Koinobori yang berjajar melayang dan meliuk-liuk diudara.Laksana ribuan ikan Koi besar yang sedang berenang diudara.



Sebagaimana di Indonesia,setiap ada Festifal,acara,dan perayaan di Jepang juga banyak terdapat pedagang kaki lima yang kebanyakan menjajakan aneka makanan dan masakan.Apalagi makan Takoyaki (Gurita bakar yang dibungkus tepung dan dikasih daun bawang),sambil melihat Koinobori,sungguh nikmat sekali.
Meskipun demikian ada juga orang jepang saat bulan Mei,atau waktu Hari Anak ini,mereka menaikkan Koinobori diatas balcon dan diatas rumah atau apartement mereka.Dibalik peringatan Hari Anak dengan Koinobori ini ada makna tersendiri didalamnya.Koinobori ini dibuat dengan ukuran besar diberikan kepada anak yang paling tua.Ukuran berikutnya mengikuti,dan yang paling kecil untuk anak yang usianya paling muda.Dengan Koinobori ini para orang tua berharap agar anak-anak mereka bisa tumbuh dengan sehat dan kuat sampai dewasa nanti.

source

7 komentar:

  1. Sugokute,....natsukasi na Koinobori da ne...!

    BalasHapus
  2. Wah ditempatku juga ada pesta layangan bapangan pada malam hari lho...!

    BalasHapus
  3. Its...Woderfull..Koinobori...

    BalasHapus
  4. Layang2 Ikan Koi yang idah...

    BalasHapus
  5. ya mas, di daerah saya juga ada festival layangan. bisanya awal-awal liburan sekolah. jadi ga lama lagi nih. bedanya, kalo di Jepang buat memperingati Hari Anak, Sedangkan di daerah saya lebih ke penuangan ide dan kreatifitas serta untuk pelestarian Tradisi dan budaya. nice post!!

    BalasHapus
  6. Bisa download mp3 nya koi no bori dimana ya????

    BalasHapus
  7. Nice info... saya pernah membuat dan mengibarkan Koinobori bersama sama masyarakat Jepang di sebuah desa didaerah Aichi .. Peace :)

    BalasHapus

 
Top