image:gokan-seikatsu.jp

Sepeda Taksi atau di Jepang biasa disebut "Bero Takusi",pada dasarnya adalah Sepeda yang di modifikasi bentuknya menyerupai sebuah Mobil.Tapi dalam menggerakkannya prinsipnya sama dengan Sepeda,yaitu dikayuh.
Sebenarnya nama mulanya adalah "VELO TAXI".Orang Jepang menyebutnya "Bero Takusi"(Katakana).
VELO TAXI,VELO
yang artinya sepeda (bahasa Lateen)mulai di populerkan di Jerman,Berlin tahun 1997,yang tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam berlalulintas.Ini karena VElo TAxi tidak memakai bahan bakar,tidak berasap,sehingga udara tetap bersih dan bebas polusi.

image:gokan-sekatsu.jp


image:gokan-seikatsu.jp

Di Jepang mulai di populerkan pertama kali di Kyoto bulan Juni tahun 2002.Sampai saat ini semakin banyak kota-kota yang terdapat Velo Taxi ini.
Sekarang ini negara-negara industri maju seoerti Jepang sedang giat-giatnya dalam membuat barang Produksi yang ramah Lingkungan.
Mobil,Vending Machine,Barang Elektronik,dan lain-lain, mulai dari pengolahan sampai dengan Recycle harus betul-betul memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Oleh karena itu sekarang dalam perkembangannya Velo Taxi di Jepang banyak diminati masyarakat.Kebanyakan orang memakai Velo Taxi ini untuk berwisata keliling kota,sambil menikmati pemandangan yang ada.Dari pada berjalan kaki lebih enjoy dan pengemudinya bisa untuk di jadikan Guide.


image:gokan-seikatsu.jp

Sebenarnya di Negara Kita juga tidak kalah menariknya yaitu,"becak"dan "Andong".Kendaraan ini juga selain murah juga ramah terhadap lingkungan.Nyaman dipakai untuk berwisata keliling Kota.
Hanya saja cuma sebagian Kota yang menyediakan Becak atau Andong Wisata ini.Coba saja kalau semua Becak dan Andong di hias dan dirawat sehingga menjadi menarik dan bersih,bukan tidak mungkin banyak Wisatawan atau bahkan pribumipun tertarik untuk menaikinya.




Info Source:http://gokan-seikatsu.jp/velo/

9 comments:

  1. Kreatif bener orang sana sampai buat sepeda kaya gitu. Mksh dah jalan2 di blog saya, ari gato...hehehe maaf kalo salah ketik...

    ReplyDelete
  2. heheheheh....yang begini nih yang saya suka. nice info mas. kapan ya Indonesia bisa kayak gitu. lebih ramah kepada lingkungan ya salah satunya dengan naik sepeda. semoga!

    ReplyDelete
  3. orang jepang memang kreatif2, semoga menjadi contoh yang baik bagi kita orang indonesia

    ReplyDelete
  4. Kesan pertama, salut :)
    kalo dibandingin dengan indonesia kayaknya gak cocok dech, di indonesia menurut saya sich sok kebarat2an, dah gak mau naik becak, gengsi naik andong dll, padahal kalo dikelola dengan baik, itu bisa membuat keunikan sendiri di indonesia
    tapi kalo gak bisa diatur sich, jadinya tambah semrawut dan bikin macet :)

    Regards,
    Ghustie Samosir

    www.hanyainfo.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. wah bos keren tu.....
    kapan gw punya ye....

    ReplyDelete
  6. Artikel yang bagus ..!
    Sebuah contoh dari bangsa yang sudah ngerti banget tentang dampak lingkungan.
    Biar susah ngajarin bangsa yang gak peduli thd lingkungannya, tetapi biar pelan2 terus aja kasih contoh2 yg seperti ini ... terutama generasi balitanya, biar tertanam sejak dini arti lingkungan bagi kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  7. di Indonesia juga ada tapi ojek sepeda, jadi ya masih kehujanan kalo pas hujan

    ReplyDelete
  8. Thanks...
    it's a great information for us..
    keep in touch mas..hehe..

    ReplyDelete
  9. wow..bagus ya...
    cool... jadi pengen buat...

    ReplyDelete

 
Top