Jepang merupakan Negara maju dengan berbagai alat transportasi yang digunakannya.
Seperti kita ketahui,Negara matahari terbit ini banyak memakai Subway dan kereta api sebagai alat transportasi darat yang banyak dipakai oleh masyarakat Jepang.

Yang menarik disini adalah,meskipun budaya disiplin orang Jepang terkenal sangat tinggi,namun dibeberapa subway memasang poster – poster etika,yang tujuannya untuk membuat suasana menjadi lebih aman,tertib dan nyaman.

1. Larangan Untuk Mabuk dalam Subway



Dalam Subway dilarang minum- minum yang berlebihan apalagi sampai mabuk.Kalau mau mabuk-mabukan,lebih baik dilakukan dirumah.

2. Larangan Untuk bergelantungan pada pegangan tangan.



Dalam Subway pegangan tangan ini ditujukan bagi mereka yang berdiri karena tidak mendapatkan tempat duduk untuk berpegangan.Tidak boleh dibuat untuk gelantungan.
Kalau mau bergelantungan seperti ini lebih baik dilakukan di tempat olahraga.

3. Larangan Untuk bersolek yang berlebihan dalam Subway.





Sebenarnya kalau hanya bersolek sebentar saja untuk mengecek penampilan kita itu tidak apa-apa.Kalau kita bersolek dalam subway secara berlebihan ini juga kurang baik.Lebih baik bersolek dulu dirumah sebelum bepergian,jangan didalam Subway.

4. Larangan Untuk menyerobot dalam Subway.



Semua orang memiliki kesibukan masing-masing dan suasana terburu-buru itu pasti ada.
Tapi dalam situasi terburu-buru ini,jangan sampai main terobos atau main serobot saja,karena itu sangat berbahaya.Kalau mau melakukan yang seperti dalam poster ini lakukan saja dilaut,itu lebih baik dari pada didalam Subway.

5. Hormatilah Orang lanjut usia dan Orang cacat.



Didalam kendaraan tatkala dalam kondisi penuh tempat duduknya,jikalau kita melihat orang cacat atau orang lanjut usia,seyogyanya kita mempersilahkan nya untuk duduk,gantian kita yang berdiri saja.

Dimanapun berada,Etika –etika yang baik itu patut kita hormati dan kita laksanakan dalam kehidupan bermasyarakat.



image;copyranter





4 comments:

  1. ok tuh aturan sobt... alangkah indahnya jika di indonesia jg diterapkan, tapi sayang kadang hanya sekedar poster.. hiks..hiks...
    salam kenal sobt... blognya bercerita tentang kehidupan di jepang ya? keren.. blog aku bercerita tentang Pekanbaru Riau, seputar Wisata, budaya dan seni serta kehidupan sehari2nya.. :D sudi kiranya bertukar link :D
    btw.. aku jg dah follow blog km lho.. gantian ya :D

    ReplyDelete
  2. mantep tuh aturan2nya.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sungguh bagus kebudayaan jepang tentunya, dan yang aku salut mengenai artikel Bapak adalah yang namanya orang Jepang punya budaya minum "sake" (u/ menghangatkan badan), dan hebatnya lagi budaya tersebut tak lantas dibuat "seenak mabuknya", tentu dengan aturan-aturan yang sangat disiplin toh mereka lebih teratur baik "usia", maupun tempat-tempat yang di larang orang bermabuk ria mereka bisa mengkondisikan,........

    dan makasih dah berkunjung di blog saya dan berkomentar lagi,..........

    ReplyDelete

 
Top