Oseibo

Dalam banyak kesempatan orang Jepang sering memberikan beberapa hadiah untuk momen tertentu.

Oseibo adalah suatu pemberian hadiah yang dikeluarkan setiap akhir dan menjelang pergantian tahun.

Mereka memberikan hadiah kepada Superior,kustomer,guru,dan lain-lain sebagai ungkapan rasa terima kasih atas segala kerjasama dan layanannya selama ini.

Bonenkai

Bonenkai adalah pesta pada tahun baru yang diadakan dalam suatu lingkup antara bawahan dan atasan dalam suatu kantor,perusahaan ,dan kolega lainnya.Bonenkai sendiri artinya “Pesta untuk melupakan masalah”.Yang dimaksud dengan melupakan masalah disini adalah ,semua permasalahan yang ada dalam tahun sebelumnya yang pernah tejadi dalam pekerjaan,hendaknya dilupakan.Misalnya kita sering dimarahi boss,atau pertengkaran beda pendapat dengan rekan kerja,danlain-lain hendaknya harus bisa kita lupakan dan kita songsong tahun baru dengan pikiran yang baru.

Omisoka

Omisoka merupakan salah satu hari dalam kegiatan Tahun baru di jepang.Sebelum datang tahun baru ini kebanyakan dari orang Jepang mempersiapkan dengan bersih-bersih rumah,kantor,perusahaan dan lain-lain dengan maksud ingin menyambut tahun baru ini dengan perasaan bersih,baru dan segar.Pada saat Omisoka,atau persiapan tahun baru ini mereka membuat masakan yang disebut “Osheci-Ryouri”.Kemudian membuat shoba pada malam tahun barunya yaitu “Toshikoshi-soba”.Biasanya “Toshikoshi-soba”ini disediakan untuk hidangan malam tahun baru sambil menunggu bunyi lonceng dari kuil setempat bagi penduduk yang tinggal dekat dengan kuil.Pada saat tengah malam pergantian tahun baru ditandai juga dengan bunyi lonceng dari kuil.

Shogatsu

Shogatsu,merupakan hari libur untuk peringatan Tahun baru.Pada setiap rumah,kantor,instansi,dan lain-lain

Pada pintu masuk saat tahun baru ini dibuatkan hiasan yang disebut “Shime kazari”.Hiasan ini terdiri dari tali,daun,jeruk,dan lain-lain yang di pasang di pintu masuk rumah,kantor,dan sebagainya.

Dalam liburan Shogatsu ini banyak orang yang pulang kekampung halaman untuk bisa merayakan tahun baru bersama dengan keluarga,Mereka dalam memperingati tahun baru ini dengan minum sake manis “Toso”,makan soup “Zoni”dan masakan “Osechi-ryori”.

Otoshidama

Selama liburan tahun baru,beberapa orang memberikan hadiah berupa uang atau angpao kepada anak-anaknya,keponakan dan saudara.Inilah yang disebut dengan “Otoshidama”.Anak-anak menggunakan hadiah atau Otoshidama ini untuk membeli mainan,makanan snack,dan lain-lain.

Nengajo



Dalam Tahun baru orang Jepang saling mengirimkan kartu ucapan tahun baru kepada relasi,teman,sahabat Untuk mengucapkan selamat tahun baru.

Hatsumoude

Dalam tahun baru,kuil dan tempat –tempat ibadah ini ramai dikunjungi orang sampai tanggal 3 januari.
Banyak dari mereka pergi untuk berdoa dan memanjatkan harapan mudah-mudahan ditahun baru ini lebih mendapatkan kesuksesan,kesehatan,umur yang panjang,keselamatan,dan lain-lain.


Mereka pergi ketempat ibadah ini dengan memakai Kimono yang berwarna-warni.Setelah mereka berdoa dan memanjatkan harapan dikuil,mereka pulang dengan membawa Omamori,yaitu benda yang dipersiapkan dikuil untuk dibawa pulang sebagai azimat agar terbebas dari bencana dan lain-lain.




source;www.japaneselifestyle.com

6 comments:

 
Top