Para peneliti dari Machine Perception Laboratory di Universitas California,San diego bekerja sama dengan perusahaan pembuat robot Japan yaitu Kokoro Co,Ltd,telah membuat sebuah robot canggih model humanoid,yaitu robot dengan tipikal anak berumur satu tahun yang diberi nama “Diego-San”

Menurut informasi dari Kokoro newslatter (PDF),robot ini didesign untuk mengetahui perkembangan system motorik otak anak dan system pembelajaran pada anak yang berusia satu tahun.

Disisi lain para pengembang juga ingin mempelajari bagaimana cara kerja kerja motorik otak anak dalam interaksi dengan bahasa dan komunikasi dengan isyarat maupun ekspresi wajah.



Body robot Diego –san ini digerakan dengan sekitar 60 komponent canggih yang dibuat di Kokoro.Robot ini mempunyai berat 30 kilogram (66lbs),dan tinggi 1.3 meter (4ft 3 in),yang mana lebih besar dari rata-rata anak yang berusia sekitar 1 tahun.

Robot ini juga mempunyai ukuran kepala yang agak besar,dimana terdiri dari 20 komponen untuk mendeteksi interaksi dengan ekspresi wajah.Selain itu juga robot ini dilengkapi dengan camera pada matanya,audio speaker di mulut,dan 6-axis accelerometer pada telinga untuk pendeteksi reaksi dari orientasi gerakan.



Untuk tangan dan jari-jari robot ini dibuat bisa memegang barang seperti botol plastik,dan bisa berdiri dari posisi duduk di kursi.

Namun untuk wajah Diego san ini masih dalam tahap pemikiran dalam pembuatan.Para pengembnag sedang merencanakan untuk membuat wajah robot Diego san ini seperti layaknya wajah anak yang berumur satu tahun.


kokoro-dreams

3 comments:

  1. postingan yg menarik.:D

    ReplyDelete
  2. sugoinee...
    yang saya tanyakan adalah bagaimana cara kerjanya supaya mengetahui perkembangan system motorik otak anak dan system pembelajaran pada anak yang berusia satu tahun?

    ReplyDelete
  3. perkembangan robot sekarang makin canggih saja..tapi bener tuh wajahnya harus di ganti, soalnya keliatan tua..hee

    ReplyDelete

 
Top