Sharp Takumi Factory

Siapa yang tidak tahu akan produk merek Sharp…?, Ya, pastinya semua masyarakat Indonesia sudah tahu tentang merek Sharp sebagai “leading barang elektronik di Indonesia” yang sudah ada sejak lebih dari 40 tahun yang lalu dan sudah melekat di hati masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Produk-produk dari Sharp yang sampai saat ini masih tetap eksis dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia diantaranya adalah Elektronik, Komunikasi, LCD, TV, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya.

SEJARAH TENTANG SHARP

(シャープ株式会社 Shāpu Kabushiki-gaisha) merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk elektronik. Didirikan pada tahun 1912 oleh Tokuji Hayakawa.

Nama Sharp sendiri diambilnya dari nama penemuan pertama Tokuji yaitu pensil mekanis “ Ever-Sharp” di 1915.

Sejak itu Sharp Corporation terus berkembang menjadi salah satu perusahaan elektronik terdepan di dunia. Produk utamanya seperti LCD, Televisi, Telepon, Lemari es, dan lain-lain.

Sharp di Indonesia

SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1969. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1971 PT Yasonta memulai memproduksi Televisi hitam putih, disusul dengan produksi Lemari es pada tahun 1974. Pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan merubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI).

Pada tanggal 1 April 2005 PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT. SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT. SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT. SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Pada tahun 2008 SEID menoreh prestasi dengan berhasil memproduksi TV sebanyak 10 Juta unit di lanjutkan dengan membuka pabrik baru untuk Mesin cuci. Di tahun 2010 SEID mulai memproduksi LCD TV, 2011 merupakan tahun yang membahagiakan karena SEID berhasil memproduksi 9 Juta unit Lemari es dan 1 Juta unit Mesin cuci.

TENTANG SHARP TAKUMI FACTORY

Sharp Takumi Factory Karawang

Dengan melihat sejarah Sharp di Indonesia yang sudah ada sejak lebih dari 40 tahun, Sharp Electronics Indonesia terus melakukan peningkatan inovasi atau “KAIZEN” untuk terus meningkatkan kualitas dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang dibarengi meningkatnya permintaan produk elektronik, Sharp mendirikan pabrik baru seluas 31 hektar di Karawang International Industry City (KIC).

Pabrik ini terdiri atas dua fasilitas utama, yaitu pabrik mesin cuci seluas 11.627.888 M2 dan pabrik lemari es seluas 27.616.300 M2. Peletakan batu pertama telah dilakukan tanggal 7 Juni 2012 oleh President Director PT Sharp Electronic Indonesia, Fumihiro Irie, dan direncanakan pabrik ini mulai beroperasi September 2013. Produk yang dihasilkan pabrik ini ditujukan untuk konsumen kelas bawah hingga menengah di Indonesia, selain itu juga akan diekspor ke negara-negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika.

Semangat Dengan Filosofi TAKUMI

Pabrik baru Sharp ini dinamakan Sharp Takumi Factory. Takumi (たくみ) dalam bahasa Jepang berarti 'ahli'. Maksudnya adalah orang yang telah terlatih dan mahir mengerjakan sesuatu hingga mendekati kesempurnaan.

Semangat Takumi ini berangkat dari keinginan besar untuk menghasilkan karya terbaik, yang hanya dapat dikerjakan oleh manusia. Di Jepang, Takumi selalu menjadi panutan dalam melakukan setiap pekerjaan. Mereka selalu ingin mempersembahkan karya terbaik. Contohnya dalam pembuatan sebuah pedang, mulai dari pemilihan bahan hingga penyelesaian dibutuhkan kecermatan mendalam untuk menghasilkan pedang terbaik.

Semangat Takumi ini sudah diajarkan oleh Takuji Hayakawa di tahun 1912 untuk menciptakan produk terbaik SHARP yang akhirnya bisa berkembang menjadi salah satu produsen alat eletronik terbesar di dunia. Semangat dari Takumi itulah yang menginspirasikan para Takumi penerus Sharp untuk terus menciptakan produk baru berkualitas tinggi.


Dengan berdasarkan semangat Filosofi Takumi tersebut, pabrik baru Sharp Takumi di Indonesia diharapkan bisa memproduksi barang-barang yang berkualitas Takumi atau ahli. Selain itu semangat Takumi tersebut sebenarnya juga sudah ada pada masyarakat Indonesia. Misalnya, kita bisa menemukan semangat yang menyerupai Takumi seperti seorang seniman Batik, wayang, patung dan ukir. Walau berasal dari budaya yang berbeda, namu jika diukur berdasarkan keinginan untuk menghasilkan yang terbaik dan perhatian pada setiap detailnya dapat dikatakan mereka juga memiliki jiwa Takumi.

MENGENAL LEBIH JAUH TAKUMI FACTORY

FASILITAS PABRIK

Fasilitas Pabrik yang canggih

Pabrik Sharp Takumi terdiri dari dua fasilitas utama, yaitu yaitu pabrik mesin cuci dan pabrik lemari es. Untuk meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi dan standar kualitas, pabrik baru ini dilengkapi dengan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV) dan berbagai fasilitas lainnya. Production control System memungkinkan update proses produksi di setiap lini produksi, setiap saat.

Sementara AGV menghemat banyak waktu dan tenaga untuk transportasi dari gudang ke bagian produksi. Selain penggunaan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV), di setiap divisi untuk memudahkan visualisasi pengontrolan maka dipasanglah digital board. Ini bertujuan agar semua pekerja bisa mengetahui berapa target produksi yang harus dibuat untuk setiap harinya.

Plan Digital Board

Fasilitas Utama

Diagram Alur Produksi

Pabrik Mesin Cuci

Kapasitas produksi mesin cuci di pabrik Sharp Karawang adalah sebesar 1.680.000 pertahun atau sekitar 2,5 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung. Mesin cuci yang dibuat adalah berukuran 6kg,7kg dan 12 kg. Meskipun untuk pembuatan mesin cuci lebih sederhana dibandingkan dengan pembuatan lemari es, para pekerja selalu teliti dan berhati-hati agar barang yang dihasilkan memiliki kualitas yang standar Takumi. Untuk perakitan mesin cuci memerlukan waktu sekitar 3 menit.

Proses pembuatan mesin cuci

Step – step pembuatan mesin cuci di Sharp Takumi adalah sebagai berikut;
  • Perakitan (KUMITATE) bodi dan komponen yang diperlukan
  • Setelah perakitan selesai kemudian dimasukkan ruang pengetesan
  • Setelah ditest ada masalah atau tidak maka diperiksa oleh divisi Quality Control
  • Masuk ke proses Packing
  • Dan siap untuk didistribusikan.

Proses Produksi Mesin Cuci

Pabrik Lemari Es

Proses pembuatan lemari es yang lebih rumit dibanding mesin cuci menuntut keahlian, ketelitian dan kecepatan kerja dari para karyawan. Quality control langsung terintegrasi dengan proses produksi, sehingga memungkinkan tercapainya standar kualitas terbaik. Dukungan teknologi yang makin canggih memungkinkan pabrik baru ini menciptakan lemari es berkualitas tinggi dengan kapasitas produksi lebih besar dari sebelumnya, yaitu sebesar 2.640.000 pertahun atau sekitar 2 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.

Proses pembuatan Lemari es

Step – step pembuatan mesin cuci di Sharp Takumi adalah sebagai berikut;
  • Dari bahan baku dasar dibentuk case atau cabinet sesuai dengan bentuk tipe masing-masing lemari es
  • Kemudian penambahan pelat lainnya
  • Setelah itu pelapisan polyurethane untuk insulator supaya udara dingin tidak keluar
  • Perakitan kabel (harness) dan Compressor
  • Masuk ke Test Room untuk pengetesan
  • Cek Kebocoran
  • Finishing
  • Packing

Untuk membuat 1 lemari es diperlukan sekitar 1 menit.

Proses Produksi Lemari Es

Fasilitas pendukung

Pabrik Sharp Takumi tidak hanya mengutamakan kualitas produknya saja, karena produk dengan kualitas tinggi berawal dari karyawan yang memiliki loyalitas, keahlian tinggi. Oleh karena itu karyawan merupakan bagian yang terpenting. Dalam pembuatan fasilitas pendukung bagi kebutuhan karyawan, maka seluruh karyawan diundang untuk mendesain fasilitas pabrik sesuai dengan kebutuhan mereka. Fasilitas itu terdiri dari Mesjid, Klinik Kesehatan, Kantin, Koperasi, Showroom dan lapangan sepak bola.

Fasilitas Pendukung

Dengan prinsip super green factory, seluruh bagian didesain untuk menghemat penggunaan energi. Bahkan beberapa fasilitas pabrik dilengkapi panel surya yang mampu menhasilkan energi ini.

PENINGKATAN KUALITAS (HINSHITSU KOUJOU) STANDAR TAKUMI

PELATIHAN KUALITAS STANDAR TAKUMI

Kualitas adalah nomor 1, itu yang terus dijaga dan selalu ditingkatkan oleh Pabrik Sharp Takumi. Para calon Takumi mendapatkan pelatihan di Jepang dan membuktikan kompetensi dalam melatih para karyawan, baik itu di bidang produksi, pengembangan mutu, hingga distribusi karyawan berpotensi akan terus dilatih untuk melahirkan para Takumi baru.

Para Takumi Sharp Indonesia

Setelah mendapatkan pelatihan dari para Takumi Sharp, kemudian diajarkan kepada Takumi-Takumi baru penerus para Takumi Sharp agar semangat dan kualitas para Takumi tersebut tetap terjaga dan berkelanjutan. Takumi Sharp Corporation mewujudkan komitmen pengembangan kualitas SDM dengan menghadirkan para Takumi Sharp Corporation yang berdedikasi penuh melatih para karyawan di lebih dari 26 negara, termasuk Indonesia.

Takumi-Takumi Penerus Sharp

Mereka telah melatih calon Takumi lokal sebagai penyambung tangan dari para Takumi Sharp Corporation, untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tinggi.

KUALITAS TERBAIK UNTUK INDONESIA

Inovasi/Kaizen Produk Sharp

Mendengarkan kebutuhan masyarakat adalah langkah awal yang selalu dilakukan oleh Pabrik Sharp Takumi di mana pun mereka berada, termasuk di Indonesia. Untuk pasar Indonesia, di pabrik baru Sharp Takumi diproduksi produk Mesin Cuci dan Lemari Es yang mampu menjawab kerinduan masyarakat akan produk terbaik untuk segmen bawah hingga menengah yaitu Mesin Cuci Dolphinwave 2 tabung dan Lemari Es King Samurai 2 pintu.

Produk Sharp Takumi Factory Karawang

PEMASARAN DAN PELAYANAN CUSTOMER SERVICE

Dengan umur yang sudah puluhan tahun di Indonesia, Sharp dalam pemasaran dan pemberian layanan service sudah tersebar di seluruh penjuru negeri Indonesia.

Sharp Network Service

Hal ini merupakan pelayanan service yang diberikan oleh Sharp kepada konsumen masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, karena layanan untuk kepuasan konsumen adalah yang utama.


KOMITMEN SHARP TAKUMI TERHADAP MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN

Tidak hanya produk dengan kualitas tinggi, para pekerja dengan SDM yang tinggi, namun sebagai bagian dari masyarakat, Sharp memiliki tangggung jawab untuk ikut membangun dan menjaga lingkungan. Karena itulah Sharp memiliki visi menciptakan solusi yang memberi dampak positif terhadap lingkungan.


Visi ini mereka tempuh dengan melalui bisnis yang ramah lingkungan, sadar kesehatan, fokus pada produk hemat energi, mengembangkan produk penghasil energi serta secara aktif melaksanakan kegiatan pelestarian alam dan pendidikan lingkungan. Semua ini untuk mewujudkan lingkungan hijau, bersih dan sehat untuk seluruh keluarga dan untuk Indonesia.

Berikut Video tentang Sharp


Sungguh luar biasa…!! Pabrik Sharp Takumi tidak hanya membuat produk Sharp dengan kualitas tinggi Takumi dan membangun SDM karyawan yang memiliki semangat Takumi tinggi, tapi juga tetap memperhatikan akan lingkungan dan masyarakat untuk memberikan kontribusi produk yang ramah lingkungan demi pelestarian alam.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pabrik Sharp Takumi Karawang, Anda bisa megisi dan mengajukan Factory Visit Form yang ada di web Sharp Takumi Factory.

Factory Visit Form

Referensi:

- http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory/event/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Sharp_Corporation
- http://en.wikipedia.org/wiki/Tokuji_Hayakawa
- http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory/
- http://bit.ly/SharpTakumiFactory



Takumi Blog Competition

Artikel ini diikutkan dalam Sharp Takumi Blog Competition. Bagi sobat-sobat semua yang ingin mengikuti Sharp Takumi Blog Competition ini silakan mengunjungi langsung websitenya, http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory/event/

83 comments:

  1. Hebat sekali ya mas..pasti bangga banget untuk pendirinya yang sanggup melambungkan nama dan juga karyanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #jenx indah_Iya Mbak Indah, sebuah karya yang terus berkelanjutan yang berguna untuk generasi berikutnya..

      T.A.K

      Delete
  2. Kualitas Sharp memang sudah tidak diragukan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Heri Assidiqi_ Betul Mas Heri, karena mereka selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas produknya

      T.A.K

      Delete
  3. baru tahu saya,,, mksh byk gan sharenya :D

    Blogwalking gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #tips trik dan cara_Sama-sama sobat..

      T.A.K

      Delete
  4. Salam kenal gan, di tunggu kunjungan baliknya ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #JASA SEO JOOMLA_ Oke, salam kenal juga..

      Terima kasih sobat, nanti saya kesana..:)

      T.A.K

      Delete
  5. Baru tahu kalau ada prabriknya di Indonesia..memang produk sharp jempolan...kulkas saya bertahan sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ione Nasition_Ini Sharp Takumi Factory, adalah pabrik baru yang ke-dua Mas Ione.

      T.A.K

      Delete
  6. wah trimakasih infonya, jaya terus sharp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Jagad Kawula_ Sama-sama sobat..

      T.A.K

      Delete
  7. mereka memang benar2 mahir dengan produknya yg berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. #wongcrewchild_Iya kang, karena semangat dan standar Takumi " Ahli" terus mereka bina dan tingkatkan

      T.A.K

      Delete
  8. nggak salah saya beli tV merek ini, ternyata perusahannya betul-betul jempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Thanjawa Arif_Betul sekali Mas Arif, perusahaan dengan kualitas Takumi

      T.A.K

      Delete
  9. sejak jaman dulu hampir semua barang elektronik dirumah nermerk Sharp...kuat dan tahan lama seh....walaupun harganyapun rada mahal dibanding merk lain.
    semoga artikelnya jadi juara yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Cilembu thea_ Aamiin, terima kasih kang Cil supportnya..

      T.A.K

      Delete
  10. Yang jadi karyawan pasti ga hanya kaya uang tapi kaya ilmu
    Apalagi yang punya dan sebagai penemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Anisayu Nastutik_Betul sekali Mbak Anis

      T.A.K

      Delete
  11. luar biasa! tuk bikin kulkas aja hny butuh waktu 1 menit, luar biasa!, makasih infox pak *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Rohis Facebook_Iya sobat Rohis, terima kasih..

      T.A.K

      Delete
  12. TV saya merk nya ini .. lumayan awet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ruly Jenar Nakula_ Karena pastinya kualitas Takumi/ kualitas ahli ya Mas.

      T.A.K

      Delete
  13. Wah, jadi pengen nyobain kerja di Sharp, hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa... huhuhuh

      Delete
    2. #Fahri Samudra_ Silakan Mas Fahri, barangkali bisa lolos, dan nantinya akan menjadi Takumi..

      for all_T.A.K

      Delete
  14. SHARP termasuk berkualitas di Indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Ehwansah Jailani_ Dan termasuk leading barang elektronik di Indonesia..

      T.A.K

      Delete
  15. Pabrik nya aja begitu ...
    yang jelas kualitas produknya jelas .. TOP deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ding
      eh dong :)

      Delete
    2. Iya dunk..., eh dong..

      Delete
    3. #Munawir Alfikri_Kualitasnya adalah standar Takumi/ Ahli

      for all_T.A.K

      Delete
  16. pabriknya menyebar kemana-mana yang mas. ada di seluruh penjuru nusantara...

    semoga sukses kompetisinya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Kstiawan®_ Terima kasih bli Ks

      for all_T.A.K

      Delete
    2. ikut mengamini, semoga sukses!!!

      Delete
  17. Detail sekali penjelasannya jadi sangat paham. karya yang sangat hebat. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. #YoshLF_Terima kasih sobat, salam kenal juga

      T.A.K

      Delete
  18. tak pikir mas boku... CEO nya sharp nih..habisnya detail dan gamblang banget review nya...hehehe

    moga sukses dan jadi yang baik dari yg terbaik ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Purnomo Jr_ Hehehehe.. bukan mas, Boku ini lagi ikutan Sharp blog Contest mas,
      ikutan yuk..!!

      T.A.K

      Delete
  19. luar biasa mas pabrik nya besar sekali ya shrap ini. Semoga makin terus sukses dan mengembangkan sayap bisnis nya sampai di seluruh penjru dunia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Wahyu Eka Prasetiyarini_ Iya Mbak Ririn,..
      sukses teruss...!

      Terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  20. waw, luas banget pabriknya. pasti menjadi kebanggaan tersendiri kalo bisa kerja disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Elsawati Dewi_Iya Mbak Elsa, cukup luas bagunan pabrik Sharp Takumi tersebut..

      Terima kasih.

      T.A.K

      Delete
  21. Saya pengguna produk SHARP...terbukti awet dan tahan banting (karena memang di rumah ada anak kecil, jadi sering jadi sasaran) namun tetep nggak gampang rusak tuh.

    Pak Boku...kira-kira ada lowongan nggak ya...hehehe...suami saya Digital Control System Engineer, kami sekeluarga suntuk dengan kabut asap, pengen cari yang udaranya lebih sehat kayak di Karawang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #khusna khairunnisa_Iya Mbaka KK, karena Sharp dibuat dengan kualitas standar Takumi/Ahli

      Tentang lowongan, maafBoku kurang tahu Mbak, soalnya Boku nggak bekerja di Sharp Mbak, coba langsung menghubungi di websitenya atau join di FB atau twitternya Mbak..

      terima kasih

      Delete
  22. pabriknya besar sekali ya mas, pasti gajinya tinggi tuh kalau bisa kerja disitu, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Indri Lidiawati_Heheheehe,..bisa saja Mbak Indri..:)

      T.A.K

      Delete
  23. Sudah saya buktikan sendiri tv merek sharp hampir 13thn belum pernah rusak klo prodak2 lain dari sharp blum pernah pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Agus kompac_Iya Mas Agus, karena kualitas dari Sharp sudah tidak diragukan lagi..

      T.A.K

      Delete
  24. Wah luarbiasa yah Perusahaan Takumi Sharp Corporation.tidak sembarangan orang untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut harus melalui beberapa tahapan,untuk menjadi karyawan yang berdedikasi tinggi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Dede Thea_Iya Kang Dede, karena Takumi Sharp, betul-betul mengajarkan pada mereka-mereka calon Takumi yang mempunyai skill, dedikasi dan loyalitas tinggi pada perusahaan, agar kualitas Takumi tetap terjaga

      T.A.K

      Delete
  25. Besar banget ya perusahaannya, sharp memang maju dan terus berkembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #SmuaInfo_Iya sobat SmuaInfo..
      terima kasih

      T.A.K

      Delete
  26. waah, jadi tau nih sejarahnya sharp, thanks mas
    saya salah satu pengguna brand sharp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #baho punya_Oke sama-sama sobat..

      T.A.K

      Delete
  27. sharp memang sudah tidak di ragukan lagi kualitas produknya yaa mas, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #bang baho_Betul sekali sobat..

      T.A.K

      Delete
  28. postingan yang cukup menarik mas, jadi dapat pengetahuan baru nie tentang sejarah dan latar belakang dari perusahaan sharp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Marnes Kliker_ Terima kasih Mas Marnes

      T.A.K

      Delete
  29. Lengkap Kang perjalanan dari perusahaannya, dan sukses untuk lombanya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Indra Kusuma_ Iya Mas Indra, aamiin..
      terima kasih Mas indra..

      salam,

      T.A.K

      Delete
  30. barangan brand sharp memang berkualiti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mizz Aiza (Dunia Kecil)_betul sekali Mizz..

      Terima kasih..

      T.A.K

      Delete
  31. Tidak pernah kepikiran untuk cari tahu sejarah dan informasi lain soal sharp, taunya yah merk doang.. Membaca ini pastinya menambah pengetahuan, alhamdulilah terimakasih Kang.. Moga sukses yah lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Etika Maria_Iya Mbak Etika, semoga artikel ini bermanfaat..
      Aamiin, terima kasih atas do'a nya.

      T.A.K

      Delete
  32. wah... hebat banget yia bos, hehehe.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. #comtel cell_Iya sobat..:)

      terima kasih..

      T.A.K

      Delete
  33. produk jepang memang dikenal handal hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Joe Ismail_Setuju Mas Joe..

      T.A.K

      Delete
  34. Istri saya sedang bingung Mas, pengen beli oven listrik, merek Sharp atau merek yang lain. Baca ini, kayaknya jadi tahu deh harus beli yang mana. :D

    ReplyDelete
  35. Sharp memang oke ya, saya jg ikutan ngereview nih, salam kenal ya, dtunggu kunjungan baliknya :)

    http://dyasnw.blogspot.com/2014/05/takumi-factory-rumah-baru-para-ahli.html

    ReplyDelete
  36. Saya titip info ya..
    Mungkin berguna untuk pengunjung blog ini. Bagi pemilik usaha rumah makan ataupun siapa saja yang ingin memulai usaha makanan, maka dapat menggunakan Box Makanan dari saya yang sudah terbukti 100% Food grade serta aman dan ramah terhadap lingkungan.

    Informasi lebih lanjut dapat lihat detailnya di sini.

    ReplyDelete

 
Top