https://www.bblog.web.id/

“Nge-Blog” sebenarnya adalah hobi baruku yang tidak pernah terbayang atau terlintas sebelumnya di benakku sejak dari kecil dulu. Kegiatan Nge-Blog ku ini dimulai sejak tahun 2008 atau sekitar 6 tahun yang lalu.

SEJARAH DAN TUJUANKU MEMBUAT BLOG


Setelah aku pindah bagian kerja dari bagian produksi ke bagian pengembangan produk, aku lebih banyak bekerja menggunakan komputer untuk mendesain, membuat gambar produk, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pengembangan produk.

Aku sering mencari referensi desain-desain produk, spesifikasi produk yang bisa aku jadikan referensi penunjang dalam pekerjaanku saat ini. Dari pencarian referensi dengan banyak browsing dan berkunjung ke berbagai situs itulah muncul ketertarikanku untuk membuat sebuah Blog.

Aku berniat untuk sharing mengenai produk sebuah Vending Machine melalui Blog. Kenapa demikian? karena selain aku bekerja di sebuah perusahaan yang membuat Vending Machine atau mesin penjual minuman otomatis, aku juga ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai Vending Machine, karena produk ini masih baru di Indonesia dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Vending Machine.

Seiring berjalannya waktu, sekitar 2 tahun berikutnya aku berniat tidak hanya berbagi informasi tentang produk Vending Machine melalui Blog yang telah aku buat. Aku ingin berbagi segala informasi kepada pembaca dan pengunjung blogku mengenai Vending Machine, Technology, Design, Concept, Art, Japanese, Internet, dan lain-lainnya.

PEMILIHAN NAMA DAN TEMA UNTUK BLOG-Ku


Pertama kali aku membuat Blog, aku beri title Blog ku "Vending Machine Karya Dalam Negeri". Itu karena aku bekerja disebuah perusahaan Jepang yang ada di Indonesia yang memproduksi Vending Machine atau Mesin Penjual Minuman Otomatis.
Aku ingin memperkenalkan produk Vending Machine kepada masyarakat melalui Blog ku. Karena tidak menutup kemungkinan nantinya produk Vending Machine akan banyak digunakan di Indonesia.

Tema Blogku saat itu masih sederhana, dan masih menggunakan template bawaan dari penyedia Blog. Berikutnya aku ganti title Blogku menjadi "Boku no Blog" yang artinya adalah "BLOG-ku".



Kenapa aku mengganti title Blog menjadi "Boku no Blog"? judul pertama blogku menurutku terlalu panjang dan terlalu spesifik. Jadi selain orang sulit untuk mengingat, aku harus melulu posting berkaitan dengan Vending Machine.

Dari alasan tersebut dan ingin menambah berbagi segala informasi, maka aku beri title Blog ku "Boku no Blog" . 


Boku no Blog atau Boku no Burogu, berasal dari bahasa Jepang yang artinya “Blog ku”merupakan salah satu dari bermacam – macam Weblog, yang berisi tentang informasi Vending Machine, Technology, Design, Concept, Art, Japanese, Internet, dan lain-lainnya yang mungkin berguna bagi para pembaca semua.

Aku mengambil nama dari serapan Bahasa Jepang ini, selain aku bekerja di salah satu perusahaan Jepang di Indonesia, dan sedikit mengerti akan bahasa Jepang, aku juga mengagumi akan etos kerja, dan kemajuan teknologi dari Negeri Matahari Terbit tersebut.

Karena Boku no Blog adalah sebuah Blog yang berisi tentang berbagi bermacam informasi, maka aku memilih tema dan template Boku no Blog seperti Web Magazine. Kemudian aku memberi tag line Blog ku "Cool Everything Share"...

Boku no Blog, mengajak kepada seluruh pembaca dan pengunjung blog, untuk lebih mengenal Teknologi dan saling share atau berbagi bermacam – macam informasi antara satu dengan yang lainnya. Karena semakin banyak kita berbagi informasi, pengalaman, akan dapat menambah pengetahuan Kita semua.

KEUNTUNGANKU SELAMA NGE-BlOG


Setelah aku aktif Nge-Blog hingga saat ini, kalau dibilang mendapatkan keuntungan secara finansial banyak dari Blog itu tidak. Ini karena tujuan ku pertama membuat Blog adalah untuk bisa berbagi informasi, pengetahuan dan teknologi saat ini.
Jadi kalau aku ingin mendapatkan keuntungan finansial dari Ngeblog, aku harus merubah arah Blogku, atau membuat blog baru lagi yang tujuannya untuk bisa mendapatkan keuntungan dari Ngeblog, hehehehe..:)

Keuntungan yang aku dapatkan selama aku Nge-blog , diantaranya adalah ;

  1. Bisa berbagi informasi. Bangga rasanya jika bisa berbagi informasi yang bermanfaat bagi pengunnjug Blog. Selain itu juga mendapatkan informasi terbaru dari blog-blog yang menyediakan update informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia.
  2. Menambah ilmu pengetahuan. Dengan membaca berbagai artikel dan post dari blog-blog lainnya, maka tanpa sadar kita sebenarnya juga belajar dan menyerap ilmu secara online. oleh karena itu pengetahuan kita akan semakin bertambah.
  3. Mempunyai banyak teman baru. Dengan adanya blog ini, aku jadi punya banyak teman baru meskipun temnan secara online. Ini karena dengan saling berkunjung ke blog-blog sahabat, maka jalinan pertemanan dan persahabatan akan meningkat dan bertambah.
  4. Membantu memecahkan masalah. Banyak sekali Blog-blog yang berisi tutorial berbagai ilmu dan ketrampilan. Terus terang dengan kegiatan ngeblog, jika ada masalah berkaitan dengan pekerjaanku yang kadang sulit bisa terpecahkan, aku langsung bertanya dalam forum dengan topik yang sama dan berkaitan, yang akhirnya masalah bisa terselesaikan.

TIPS DAN TRICK SEBAGAI BLOGGER



Membuat, mengelola, serta menjadi seorang blogger profesional itu bukanlah hal yang mudah. Meskipun aku bukanlah seorang blogger profesional, namun aku ingin sedikit berbagi tips dan trik yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda.

  1. Mendesain Blog. Buatlah tampilan Blog anda yang simple, unik, menarik, dan kalau bisa berbeda dari blog-blog lainya. Ini bisa menjadikan pengunjung blog anda akan betah dan senang berkunjung ke Blog Anda. 
  2. Menulis Konten / Isi dari blog. Buatlah tulisan Blog Anda yang sesuai dengan judul postingan anda, sesuai dengan title blog Anda. Gunakanlah gaya bahasa yang benar dan sopan, meskipun memakai gaya bahasa sehari-hari gunakanlah gaya bahasa yang baik dan benar.
  3. Rajin membaca. Dengan banyak membaca Anda akan semakin banyak wawasan, sehingga wawasan tersebut bisa anda tuangkan dalam blog Anda.
  4. Bisa membagi waktu. Kegiatan Ngeblog kadang memerlukan waktu yang lama, jadi jangan sampai Ngeblog mengganggu pekerjaan utama anda. Jadi Anda harus bisa membagi waktu Anda di mana saat bekerja dan saat melakukan kegiatan Ngeblog.
  5. Membuat Jaringan Ngeblog. Semakin banyak jaringan yang anda buat sesama blogger, selain anda akan banyak teman baru, ini juga bisa menjadikan blog anda terkenal. Jalinlah jaringan blog yang positif, atau bahkan yang sesuai dengan blog anda.
  6. Konsisten membuat posting. Meskipun tidak posting setiap hari dan ini sulit, karena tidak semuanya ngeblog itu adalah pekerjaan dan mata pencaharian utama, namun tetap jagalah blog anda jika anda betul-betul ingin mengelola blog.
  7. Memberikan komentar yang baik dan benar. Kadang komentar diperlukan untuk membangun dan memperbaiki blog, tanya jawab tentang topik yang disampaikan. Jika anda memberikan komentar pada sebuah postingan blog, berilah komentar yang baik dan sesuai dengan isi posting , jangan OOT :), nyepam, atau bahkan berbau SARA yang bisa menimbulkan perpecahan dan perselisihan.
  8. Blogwalking . Selain bisa menambah jalinan persahabatan, dan menambah teman baru, rajin-rajinlah berkunjung ke blog teman lainnya. itung-itung sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi secara online sesama blogger.
Saat ini banyak sekali platform dan jenis blog yang bisa anda buat untuk membuat blog anda seperti di BBlog, Blogger, WordPress, Kompas, Detik, FC2 Blog, dan blog-blog lainya.

B Blog’s, I A.M a Blogger


TENTANG B BLOG



B Blog? hehehehe.., bukan Boku no Blog, kebetulan kalau dibuat singkatan seperti itu sama inisialnya..:).
B Blog itu sebuah singkatan dari Bina Blog. B Blog merupakan milik PT Bina Blog Indonesia, yaitu perusahaan marketing blog network dan sosial media Jepang, CyberBuzz, Inc yang berlokasi di Jakarta. CyberBuzz sudah sangat terkenal di Jepang. B Blog baru saja launching pada 27 Januari 2014 lalu.

B Blog merupakan layanan terbatas hanya untuk anggota, agar dapat merasakan pengalaman menarik saat menyebarkan suatu informasi melalui sebuah blog.

Saat Anda mendaftarkan diri sebagai anggota, Maka akan diperkenalkan "proyek" kepada Anda.
Dengan adanya B Blog membuat kita dapat mengikuti banyak kesempatan untuk menghadiri berbagai event atau program yang diadakan oleh B Blog diantaranya adalah proyek B Blog’s, I A.M a Blogger.



Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia dan di sponsori oleh :


Banyak Hadiah menarik untuk project B Blog kali ini, penasaran..?

Hadiahnya ada LG Nexus 5, Lenovo Vibe X, dan juga uang tunai dengan total hadiah 15juta, untuk 5 pemenangnya.  


WOW menarik bukan? Sobat-sobit semua yang mau ikutan, buruan deh!,

Sobat-sobat tinggal klik berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [4]


Demikian sedikit uraian tentang Nge-blog KU, tentang B Blog dan projectnya.




Happy Blogging !

image source: B Blog, Google

21 comments:

  1. Ikutan lomba niye...

    Sori nih baru bisa mampir ke blognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Pri 617- hehe...iya nih ye...

      T.A.K

      Delete
  2. wah hampir masuk SD ini usia ngeblog Mas Boku.
    Mendapat keuntungan Tidak harus melulu finansial namun banyak sekali hal lain yang bisa di dapat lebih dari keuntungan finansial manakala apa yang di tulis bisa bermanfaat bagi yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Mus Djono- indah sekali mas mus, kata- katanya :),
      terima kasih mas

      T.A.K

      Delete
  3. Semoga dapat juara mas lombanya... ayooo mas pasti bisa..

    Saya juga sampai saat ini terjun ke dunia perbloggeran belum menghasilkan uang mas, baru tahap belajar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Yono Karyono - hehehe...nggak papa mang, yg penting dari dunia lainnya masih bisa menghasilkan uang ya Mang...

      T. A. K

      Delete
  4. aku baru tahu jika bokonoblog artinya Blog ku. Dengan blog kita bisa menambah teman dan pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Djangkaru Bumi_Iya Kang, hehehehe..
      terima kasih Kang..

      T.A.K

      Delete
  5. jadi lebih tau sejarahnya bokunoblog dan berbagai kisah perjalanan ng'blog yang umumnya emang begitu ya kang.
    moga kontesnya menjuarai yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Cilembu thea_ Iya kang Cil, kalau kang Cil gimana?

      T.A.K

      Delete
  6. Sudah sekian lama mondar mandir di blog ini saya malah baru tahu arti dari nama blog ini Kang. Semoga sukses ya lombanya.


    Salam

    ReplyDelete
  7. waah bermanfaat sekali,,terimakasih sudah mau berbagi :)

    ReplyDelete
  8. Mengapa aku berbeda dengan blogger lain wkkwkw

    ReplyDelete
  9. keren bangat informasihnya thanks

    ReplyDelete
  10. Setuju sama salah satu quote comentar diatas " Mengapa aku berbeda dengan blogger lain wkkwkw" hahah

    ReplyDelete

 
Top