Boku no Blog - Di era New Normal ini juga masyarakat sudah sedikit banyak melakukan aktivitas kegiatan di luar rumah. Bersepeda atau Gowes menjadi salah satu AKB (Aktivitas Kegiatan Baru) yang lagi banyak digandrungi saat ini.

Seperti kita lihat kondisi jalanan saat ini, banyak dijumpai orang-orang yang bersepeda atau gowes. Kegiatan bersepeda ini kian diminati dan menjadi pilihan banyak orang yang suntuk dengan suasana rumah. 

Di samping itu, selain merupakan salah satu media have fun yang mudah dan hemat, gowes juga sekaligus menjadi sarana olahraga untuk meningkatkan imun kekebalan tubuh.

Bersepeda saat berangkat kerja atau pergi ke kantor menjadi tantangan tersendiri ketika kita pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda. Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tidak bau keringat ketika tiba di kantor.

Keringat tentu menjadi masalah ketika ingin melakukan aktivitas. Apalagi jarak rumah ke kantor yang bisa dibilang cukup jauh. Jika kita sampai di kantor dengan berkeringat banyak, apalagi saat keringat mongering tanpa dilap terlebih dahulu, tidak sedikit akan menimbulkan bau keringat tubuh kita yang tidak sedap.

Apalagi di dalam kantor terpasang instalasi AC, wah tentunya akan menambah aroma lain di dalam ruangan kantor.

Berikut ini tips agar kita tidak terlihat berkeringat setibanya di kantor.

1. Bangun lebih pagi atau lebih awal dari biasanya

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Ini karena kita akan naik sepeda berbeda dari aktivitas sebelumnya. Mungkin ada yang naik mobil, sepeda motor, moda angkutan umum. Jadi, agar tidak terburu-buru, kita harus bisa menghitung lama perjalanan biasanya berapa lama dan jika bersepeda berapa lama. Kalau menurut Boku sih, lebih cepat, lebih awal akan lebih bagus. Karena kita tidak akan terburu-buru dan akan banyak punya waktu.

Biasanya Boku mempersiapkan apa saja yang akan diperlukan di malam harinya sebelum tidur. Ini juga sangat membantu mengurangi persiapan kita di pagi harinya.


2. Menentukan rute perjalanan 
  
Untuk hal yang kedua ini, rute bisa sama dengan setiap harinya kita pergi ke kantor, namun jika ada rute lainnya mungkin bisa lebih dekat itu itu akan lebih baik. 

Perlu kita ingat kita akan naik sepeda, jadi usahakan mencari rute jalan yang sepia tau tidak terlalu ramai kendaraan berlalu lintas. Ini akan membuat kita bersepeda dengan tetap tenang dan nyaman.


3. Memakai pakaian yang tepat untuk bersepeda

Tentunya saat kita bersepeda meskipun pelan tetap saja akan mengeluarkan keringat. Pada dasarnya, keringat muncul karena adanya perubahan temperatur, kelembaban, usaha mengayuh sepeda, dan jenis pakaian yang dipakai. Oleh karena itu, bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal, pakaian yang bisa menyerap keringat.

Jika kamu menggunakan pakaian tebal di suhu sekitar 23 derajat Celcius, mungkin kamu tidak akan berkeringat dan baik-baik saja. Berbeda jika suhunya tinggi dan memiliki kelembaban sekitar 80 persen, rasanya sulit untuk tidak berkeringat. 


4. Mengatur kecepatan bersepeda

Tidak perlu kita mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi, karena tujuan kita bukan untuk balapan agar cepat sampai dikantor lebih pagi. Karena kalau kita kayuh dengan kecepatan tinggi, akan membuat keringat semakin banyak keluar. Atur ritme kayuhan pedal kita. Buat bersepeda ke kantor ini menjadi suatu media yang have fun.

Dengan begitu, fisik kita akan mereda secara perlahan dan membuat tubuh menjadi lebih sejuk.


5. Membawa handuk dan pakaian ganti

Setelah sampai di tempat kerja atau kantor, lap dulu keringat kita dengan handuk, dan tunggu beberapa saat sampai keringat itu benar benar berkurang. Kemudian kita bisa berganti pakaian kerja yang sudah kita persiapkan. 

Pakaian kita yang kita pakai saat bersepeda tadi bisa dicantolkan hanger diloker atau disimpan di tempat yang aman.




Demikian tips dari Boku, semoga bermanfaat untuk kita bersepeda ke tempat kerja atau Bike to Work tanpa terlihat berkeringat saat sampai di kantor atau tempat kerja.


Semoga bisa bermanfaat. 











17 comments:

  1. Salam dua pedal...Haahaa!!..😂😂

    Tepuk tangan dulu dong buat komunitas sepeda kota Semarang!!..👏👏👏😊

    Betul sekali apa yang telah diulas diatas selain perlengkapan sepeda yang harus kita siapkan menuju kantor. Dan benar juga ritme goespun jangan terlalu cepat, Karena tak semua jalan datar. Maka dengan begitu nafas dan fisik kita juga tidak terbuang percuma.😊😊

    Sayapun sekarang kalau goes lebih sering memilih Touring ketimbang ofroad. Alesannya sederhana sepeda mahal sekarang haahaa..😂😂 Karena yaa resiko ofroad yang sudah pasti penyok Velg dan gear belakang seret, karena penuh tanah dan ngimbangi alur curam yang bergelombang. Sama fisik kita deh harus jeli dan waspada kalau tak ingin terbentur pohon atau terperosok kekubangan.😂😂

    Semangat mas goes teeruuss!!!...😊👏👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Satria Mwb_ Siyap masta..
      salam gembira dan sehat lewat gowess

      Delete
  2. Salam dua pedal 🤘🤘😂

    Kalau menurutku biar saja keringatnya keluar banyak terus nanti pas sampai dikantor baru mandi ✌😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jaey Zona_Nanti habis mandi terus ngantuk spoi sepoi kena AC :d

      Delete
  3. Salam dua pedal juga.🤘😂

    Berarti harus pelan pelan ya mas ngayuh sepedanya agar tidak mudah berkeringat. Kalo perlu biarpun sampainya sore juga tidak apa-apa asal jangan berkeringat..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Warteg_ Salam 4 pedal (Tandem)
      Iya mas, biar sampai hari minggu sekalian, terus libur lagi :-d

      Delete
  4. wah menarik juga ya, hobby yang sudah mulai menjamur yaitu gowes gowes ini, walaupun sebenarnya nyepeda ini sudah kulakukan sejak aku SMa sih, soalnya jarak rumah dengan gedung sekolah lumayan jauh, dan lewat area persawahan pula..jadi kalau nyepeda itu rasanya segar banget kena angin walaupun kudu atur ritme pas nemu beberapa tanjakan

    makasih nih, jadi tambah info bagaimana tips bersepeda ke area kantor, berarti prepare bajunya kudu oke juga ya, sebab musti bawa pakaian ganti segala, dan tentunya pakaian yang akan digunakan sesampai di kantor kudunya tetap rapi walaupun pas gowes harus masuk tas 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gustyanita Pratiwi_ Ini nih yang jadi kendala, kalau baju ganti taruh tas seringnya agak lungset sedikit. Bawa koper pakaian apa ya.. :-)

      Delete
  5. Sebenarnya pengen juga kemana-mana gowes pakai sepeda gitu. Tapi seperti kata ovj "di sini gunung di sana gunung" di tempat saya banyak jalan menanjaknya. Yang nggak mungkin bisa ditempuh kalau nggak pakai motor, kalaupun pakai sepeda kudu nuntun juga.
    Kalau nggak mau bau keringat saat sampai kantor, mungkin saya bakal mandi di kantor aja mas he..he...😁

    ReplyDelete
  6. @Astria tri anjani_ Iya, kalau jalan ekstrim gitu, banyak tanjakan
    aku sih mending naik motor atau angkutan umum mbak.
    Pernah sih sampai kantor mandi lagi, tapi terus ngantuk :)

    ReplyDelete
  7. Kunjungan perdana ke blog ini. Menarik artikel tentang bike to work berdasarkan pengalaman pribadi. Tentunya wajib mandi dan ganti baju setelah sampai kantor. Sesibuk apapun tetap sempatkan olahraga, saya juga sempatkan jalan kaki dan bench press (alat fitness bikin sendiri di rumah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Vicky Cahyagi_Terima kasih pak. Salam kenal. Saya setuju dengan bapak, sesibuk apapun untuk menyempatkan berolah raga.

      Delete
  8. Salah fokus ke sajen di atas meja, banyak banget itu ...tapi maklum habis gowes soalnya haha, biar energi balik lagi dan siap kerja ya. Semangat bike to work!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dian Restu Agustina_hahaha.. :d, ini ceritanya habis sakit dan masih recovery mbak.

      Delete
  9. Di kantorku juga banyak yg naik sepeda dengan alasan pgn sekalian olahraga :D. Cm untungnya ada kamar mandi eksekutif mas, jd para staff itu suka mandi dulu pas sampe kantor. Memang hanya utk karyawan sih . Itu juga yg bikin banyak semangat buat naik sepeda. Rata2 pada lumayan jarak yg ditempuh soalnya. Jadi walo keringat ga terlalu banjir, mereka bilang tetep risih kalo ga mandi LG.

    ReplyDelete
  10. @fanny_dcatqueen_Enak dong mbak. Sebenarnya memang seger kalau habis gowes ke kantor terus mandi dulu.

    ReplyDelete
  11. wahhhh bagus ni. badan sihat, kerja bertambah produktif. saya teringin nak buat macam ni. tapi apakan daya. jalan raya di KL ni tak mengizinkan saya berbuat sedemikian.

    ReplyDelete

 
Top