Boku no Blog - Tidak heran lagi, Jepang adalah negara yang terkenal dengan pembuat robot dengan teknologi canggihnya. Baru-baru ini di sebuah restoran ramen terkemuka di Jepang dengan nama Kourakuen dikabarkan akan mulai memakai robot sebagai pelayan restoran tersebut.


Restoran ramen Korakuen benar-benar akan memiliki dan menggunakan pelayan robot yang diberi nama "K-1",ini akan melayani pesanan makanan bagi para pengunjung di restoran itu.

Desain robot K-1 ini bentuknya tidak seperti manusia, bentuknya seperti tabung dengan bagian tengah yang kosong terbuka yang dibuat sebagai rak agar bisa membawakan berbagai makanan dan minuman. 

Bagian bawah atau kakinya terdapat roda untuk bergerak smooth, dan ia dilengkapi sensor agar bisa mendeteksi halangan di sekitarnya dan menemukan jalur untuk bergerak ke meja pelanggan.


Robot ini bisa mengeluarkan suara layaknya berbicara untuk menginstruksikan agar pelanggan dapat mengambil makanan yang mereka pesan, dan menginstruksikan untuk menyentuh kepala sang robot agar ia otomatis bergerak untuk kembali ke dapur lagi.

Gagasan pembuatan robot K-1 ini menjadi sesuatu yang pas akan situasi pandemik virus corona ini yaitu mengurangi kontak fisik agar tidak tersebar virus Corona. Selain itu, dengan robot ini bisa menghemat tenaga kerja.

Servis penggunaan Robot Pelayan di Restoran Kourakuen ini akan dimulai memakai mulai minggu depan, dari cabang mereka di kota Miyamoto Prefektur Fukushima, yang merupakan daerah asal restoran tersebut.

Informasi Restoran;

Korakuen (Miyamoto branch) / 幸楽苑(宮本店)

Address: Fukushima-ken, Miyamoto-shi, Miyamotomanse 176-6

福島県本宮市本宮万世176番6

Open 8 a.m.-9 p.m.



Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

17 comments:

  1. Wuuiih keren banget jadi nggak perlu karyawan atau pelayan lagi doong!!..Dan bisa hemat pengeluaran ini mah..Heehee mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Satria Mwb_Masih perlu sih mas, hanya saja mungkin bisa mengurangi :)

      Delete
  2. Jepang memang induknya industri robot ya, sudah banyak menciptakan berbagai macam robot seperti pekerjaan pertanian, pabrik dan sekarang robot pelayan restoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Warteg_Iya betul mas Agus. Sebenarnya masih banyak jenis robot-robot lainnya.

      Delete
    2. Iya nih, mas. Bahkan ada yang tampilannya mirip manusia banget.🤭

      Delete
  3. Wah... Jepang dari dulu emang juara kalau soal teknologi dan robot-robotan. Bener sih penggunaan robot ini cocok banget digunakan selama masa pandemi. Tapi saya jadi sedih juga. Kalau suatu hari nanti segala macam hal bisa dilakukan pakai robot, manusia bisa apa? Lapangan kerja juga bakalan menipis. Semoga penggunaan robot dan teknologi seimbang dengan para manusia ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Astria tri anjani_Iya mbak, soalnya tenaga manusia juga masih perlu. Meskipun berbagai bentuk dan fungsi robot dibuat, namun sdm manusia saya rasa masih sangat diperlukan.

      Delete
  4. Ngerepotin pelanggan, tetap disuruh ngambil sendiri, robotnya ga punya tangan 😆 tapi asik juga sih mungkin bagi pecinta robot, mungkin ada lucu2nya yg bisa bikin pengunjung ketawa ketika dilayani robot 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jaey Zona_ :-) Iya sih tapi setidaknya sudah mengurangi pelayan yang mengantar dari Kitchen ke meja pelanggan.

      Delete
  5. Orang Jepang emang kreatif dan inovatif ya mas. Ini bermanfaat banget nih buat pandemi gini. Jadi bisa meminimalisir kontak langsung secara fisik untuk meminimalisir penularan pula😄. Hanya saja kalau semua-muanya dikerjakan sama robot, bisa-bisa manusia-manusianya jadi makin susah cari kerja.🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Roem Widianto_Iya mbak. Memang kemajuan teknologi akan ada dampak negatif dan positifnya. Salah satunya seperti yang mbak Roemn tuliskan dalam kotak komentar ini.

      Delete
  6. Issssh sayang banget pas 2019 aku ke Fukushima robot ini blm ada :D. Tapi semoga pas ke Jepang lagi nanti, restorannya tetep memakai robot ini utk serve pelanggan. Anakku pasti seneng liatnya :D.

    Dulu ke Fukushima tujuan utama sbnrnya pgn liat Tadamigawa bridge yg cakeeep banget itu, apalagi pas salju. Tapi sayangnya aku Ama temenku nyasar dan ga ketemu hahahah. Makanya kalo ke Jepang LG, aku ttp pgn ksana liat jembatannya. Syukur2 bisa DTG ke restoran ini sekalian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fanny_dcatqueen_ O,iya.., Wah kapan trip ke Jepang lagi nih mbak. Banyak bawa cerita dan foto foto ya mbak kalau ke Jepang lagi.

      Delete
  7. Japan tak pernah tak menghampakan dengan idea2 terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dear anies_Memang betul. Saya pun berpikirang demikian. :)

      Delete
  8. baca artikel robot retoran jadi inget robot wisuda undip

    ReplyDelete
  9. Wuihhh keren banget, pelayan restorannya bisa robot gitu yaa hihi.. Jadi gak perlu bersentuhan lagi dengan orang lain, makan pun jadi aman dan tenang.. Inovatif sekali

    ReplyDelete

 
Top