Seiring dengan perkembangan teknologi dan system penjualan barang yang semakin modern, dulu Vending Machine yang hanya terdapat atau dipakai oleh negara – negara industri maju seperti negara – negara di kawasan Eropa, Amerika, Australia, Asia (Jepang). Kini Alat penjual barang secara otomatis (Vending Machine), sudah mulai masuk dan sudah banyak dipakai di Indonesia.



Vending Machine di Indonesia

Sekarang ini seperti kita ketahui bersama, di bandara international seperti Soekarno – Hatta, di departement store, Supermarket, Café, Halte Bis (Trans Jakarta), sudah banyak diletakkan Vending Machine, sebagai alat atau mesin untuk menjual barang.

Bahkan tidak hanya minuman saja,yang dijual melalui Vending Machine yang ada di Indonesia.Vending Machine buah – buahan dan Vending machine Koran juga sudah ada di Indonesia.

Sebelum kita mengetahui jauh tentang Vending Machine, disini saya akan mengulas sedikit tentang Vending Machine.

Apakah Vending Machine itu?
Vending Machine, bisa diartikan sebagai alat atau mesin untuk menjual barang secara otomatis.Yang dimaksud secara otomatis disini adalah sebenarnya Vending Machine ini tidak usah memerlukan tenaga operator untuk menjual barang. Kita bisa membeli barang dengan Vending Machine ini sesuai dengan keinginan kita. Dan vending Machine ini juga sebenarnya sudah menyediakan uang kembalian jika kita membeli barang dengan uang yang lebih.

Bagaimana cara membeli melalui Vending Machine?

Sebenarnya cara membeli melalui Vending machine itu mudah,yaitu kita tinggal memasukkan uang kita ke tempat untuk memasukkan uang, lalu kita tekan tombol pada barang yang kita maksudkan maka barang itu akan keluar dengan sendirinya.

Tapi karena Vending Machine ini masih terbilang barang baru dan masih jarang dipakai di Indonesia, maka ada beberapa Vending Machine oleh beberapa pengelola Vending Machine ditempatkan orang untuk menjaga Vending Machine dan untuk melayani serta menjelaskan cara pembelian dengan Vending Machine.

Tapi kita tidak perlu khawatir dan takut untuk membeli melalui Vending Machine, karena di Vending Machine yang ada di Indonesia, biasannya dilengkapi dengan petunjuk cara pembelian.

Vending Machine;Bandara Soekarno Hatta

Vending Machine;Bandara Soekarno Hatta

Vending Machine;Bandara Soekarno Hatta

Vending Machine ; Game Center (Time Zone)

Vending Machine ;Buah - buahan

Ada juga Vending Machine yang kalau kita akan membeli barang dari Vending Machine ini kita harus membeli kupon terlebih dulu kepada loket atau penjaga penjual kupon yang ada di Vending Machine ini.

Kupon tersebut tentu saja seharga barang atau minuman yang dijual dalam Vending machine.Jadi kita tidak memasukkan uang dalam Vending Machine, tapi terlebih dulu kita membeli kupon,lalu kita masukkan ke tempat pemasukkan kupon yang ada pada Vending Machine.

Vending Machine;Halte Busway Lubuk Atas,jakarta

Untuk Vending Machine yang ada di Time zone (Coca-cola Vending machine), memakai kartu gesek,yang kita beli di counter game. Jadi prinsipnya sama tatkala kita mau main game, saldo yang tercantum didalam kartu bisa kita pakai untuk membeli barang yang ada dalam Vending Machine.
Vending Machine ;Game Center - Time Zone

Barang apa saja yang dapat kita beli lewat Vending Machine di Indonesia?

Untuk saat ini, barang – barang yang dijual dengan Vending Machine di Indonesia kebanyakan masih minuman, tapi ada juga Vending Machine yang menjual buah-buahan yang dipotong dan dimasukkan dalam cup plastik, dan ada juga Vending Machine yang menjual Koran.

Minuman yang dijual dalam Vending Machine di Indonesia bermacam-macam, ada Minuman sejenis softdrink seperti, fanta, sprite, coca-cola, kopi, teh, air mineral. Semua dalam bentuk minuman kaleng, botol pet, dan cup.

Dan kedepannya, tidak menutup kemungkinan makanan kemasan, seperti roti, pop mie, juga akan dijual dengan Vending machine.

Dari manakah Vending Machine itu di datangkan?

Kebanyakan Vending Machine ini didatangkan atau diimport dari luar negeri seperti Korea, China, Amerika, dan lain – lain.

Apakah di Indonesia ada Perusahaan perakit Vending Machine?

Sebenarnya di Indonesia, sudah ada perusahaan perakitan Vending Machine, tapi Produk rakitan Vending Machine ini dieksport lagi dan dipasarkan ke Jepang. Karena Perusahaan ini adalah anak cabang dari perusahaan KUBOTA, Japan yang memproduksi Vending Machine.

Nama Perusahaan ini adalah PT.METEC SEMARANG, yang berlokasi dikawasan berikat Tanjung Emas Export Processing Zone, Semarang Jawa Tengah.

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua tentang apa dan bagimana membeli barang dengan Vending Machine. Karena seperti kita ketahui bersama Vending Machine sudah mulai masuk dan banyak di gunakan di Indonesia.

Kini saatnya Anda mengetahui dan memakai Vending Machine dalam transaksi jual beli barang.

25 comments:

  1. wah.. info bagus ni.. :D

    ReplyDelete
  2. ternyata sudah ada ya di Indonesia di sulsel mungkin juga sudah tapi karena tinggal di daerah saya belum pernah jumpa

    ReplyDelete
  3. semoga mesinnya ga cepet rusak...maklum indonesia :P

    ReplyDelete
  4. Wah,di Indonesia sudah ada PTnya ya?info bagus.Dan terima kasih kunjungannya...

    ReplyDelete
  5. baguslah, ayo maju trus indonesiaku :D

    ReplyDelete
  6. Tahun 2000 semua diganti mesin, ku ingat syair lagu2 qoaidah

    mantab berguna........

    ReplyDelete
  7. wah dah ada ya aku belum pernah liat
    pengen cobain hehe

    ReplyDelete
  8. mudah2an nanti juga ada di daerah saya.:D

    ReplyDelete
  9. katanya sih memperkcil moda yang dimiliki oleh sebuah prusahaan bener gak ya..?

    ReplyDelete
  10. aku blum pernah nyoba...
    abisnya harganya lebih mahal siy...
    hehehehe

    ReplyDelete
  11. thx inponya bro, blogwalking, maklum masih blogger baru, thx udh liat blogku, ditunggu saran-saranya,,, kalau berkenan tukeran link.. thx

    ReplyDelete
  12. info yang bagus, thanks ya....
    berkunjung sambil follow neh.....

    ReplyDelete
  13. wakh kalo sudah ada kek ginian enank dong bisa kek di luar ono yah

    ReplyDelete
  14. dah lama sejak kul di luar kota saya ga naik basaay,, ternyata sudah ada yang kaya beginian yah.. dan namanya vending machine? baru tau juga hehe makasih infonya ya sob

    ReplyDelete
  15. iya,..bahkan vending machine udah masuk Palembang nih!!
    makasii infonya.. :)

    ReplyDelete
  16. Hi Lulus...tanya donk...
    Gw lagi buat makalah ttg vending machine, tp gak tau jumlah perusahaan di Indonesia yang udah make vending machine...

    Thanx y

    ReplyDelete
  17. Anonymous1/12/11

    Hello Semua, kalo pada tertarik dengan vending machine silakan kunjungin website kami di

    www.avm.co.id

    terima kasih! semoga membantu!

    ReplyDelete
  18. Pengen nyoba sih sebenarnya tapi mahal sih hehe..
    Tapi kapan ya vending machine gitu ada di sekolah2 kayak di Jepang tuh kan enak ya :D dan jangan mahal2 :P

    ReplyDelete
  19. yang ingin memakai vending coca-cola bisa hub saya di 087880196444

    ReplyDelete
  20. Anonymous25/10/12

    klo ada info perusahaan di indonesia yang mampu membuat vending machine, hubungi ane ya... hubungi ane di 081804286048.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous27/8/19

      vending machine apa mas

      Delete
  21. mau tanya, itu lokasi vending machine buah nya yg di indonesia dimana ya? makasih

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Đi về phía tây bắc của trung tâm thành phố Honolulu hoặc ngay phía đông của sân bay quốc tế Honolulu vé máy bay đi mỹ rẻ nhất và bạn sẽ khám phá ra Kalihi.

    Quận này chủ yếu là dân cư, nhưng bạn sẽ tìm thấy Bảo tàng Bernice Pauahi Bishop ở khu vực phía đông bắc của khu phố ve may bay tu viet nam qua my

    theo Đường cao tốc Lunalilo. Hãy nhớ thận trọng nếu bạn quyết định đến thăm Kalihi. Khu vực này có tỷ lệ tội phạm cao nhất ở Honolulu.

    ReplyDelete

 
Top