Dalam rangka meningkatkan kesadaran orang akan pentingnya arti lingkungan dan kebersihan memanglah tidak gampang,dan tidak hanya dengan teori saja tapi harus dengan praktek dan sedikit pengorbanan.



Salah satu diantaranya dilakukan di China,yaitu usaha dari pemerintah setempat untuk menjaga kebersihan dan dalam rangka peduli lingkungan,meletakkan kotak mesin daur ulang di tengah kota.

Dengan membuang sampah seperti sampah aluminium dan plastik ke kotak daur ulang ini setiap sampah akan mendapatkan 0.1 yuan atau sekitar 132 rupiah.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan usaha ini sepertinya kurang mendidik,tapi itu perlu dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menjaga kebersihan.

Setelah peletakkan mesin daur ulang ini dalam seminggu masyarakat langsung banyak yang membuang sampah.Dan menurut informasi,dalam seminggu bisa terkumpul kurang lebih sebanyak 3000 botol kosong.

Yah…memang dalam kehidupan sehari – hari kadangkalanya saat kita bersih – bersih dan mengumpulkan barang – barang yang sudah tidak terpakai dan menjadi barang sampah,waktu akan membuangnya kadang kita masih mikir untuk nilai dari barang tersebut apakah masih mempunyai nilai jual atau tidak.

Kalau barang tersebut masih mempunyai nilai jual tidak akan kita buang begitu saja,melainkan kita jual pada pemasok sampah lalu kita mendapatkan uang dari hasil jualan barang tersebut.




ecofriend

11 comments:

  1. Asyik nih, lingkungan bersih dan dapat imbalan, sebagai hadiah.
    Jadi bersih perlu motivasi dari pemerintah

    ReplyDelete
  2. seneng mas dapat komentar pertama, di info menarik

    ReplyDelete
  3. kapan di indonesia kayak gitu y???

    ReplyDelete
  4. wah bagus banget tuch.. perlu d tiru..
    inilah kerjasama yg saling menguntungkan.. secara tidak sadar kt telah memerangi pemanasan global.. ayo INDONESIA tiru program yg sangat2 bagus ini ^_^

    terima kasih sobat info-nya ^_^

    ReplyDelete
  5. Panteusan ya di Indonesia pada rajin buang sampah sembaLangan hehe..

    ReplyDelete
  6. ih enaQ dunk dpt uang,,,kpn indonsia gt ya,wajib ikutin deh,seplastik sampah gede 10rb,,hihi^^

    ReplyDelete
  7. wah keren yah jepang punya ide yang sangat cemerlang truz gimana . . . kalo itu semua di terapkan di indonesia . . pasti makin banyak orang yg akan sadar terhadap sampah. . .
    tapi yang jd masalaH. . .
    makin berkurang lho omset pemulung. . .wkwkwkwk. . :D

    ReplyDelete
  8. gile,...pinter pemerintah,,.two thumbs up..mohon ijin buat post di blog gua ya,, :D

    ReplyDelete

 
Top