Autodesk, Inc. perusahaan pembuat perangkat lunak desain tiga dimensi (3D), rekayasa dan hiburan, memperkenalkan dua penawaran menarik dari pengembangan keluarga
Autodesk123D, yakni Autodesk 123D Catch dan Autodesk 123D Make Technology Preview.

Perangkat lunak ini, menjadikan siapa saja secara cepat dan mudah menangkap model 3D dari dunia di sekitarnya. Kemudian, mengubah model 3D untuk disesuaikan dengan kreasi artistik masing-masing.

Teknologi baru ini lebih lanjut membuktikan bahwa Autodesk terus mendorong batasan untuk manufaktur personal, memberdayakan lebih banyak orang untuk membayangkan dan menciptakan sesuatu, lalu membaginya dengan yang lain baik itu untuk bersenang-senang, belajar ataupun mendapatkan keuntungan.

Wakil presiden untuk Consumer Products Autodesk Samir Hanna mengatakan, Autodesk berkomitmen untuk menghapus hambatan kreativitas dan inovasi pada saat revolusi industri baru saat ini .

Aplikasi Autodesk 123D Catch sebelumnya bernama Project Photofly di Autodesk Labsadalah rilis beta baru untuk publik, menggunakan kekuatan komputasi awan (cloud) untuk secara cepat mengubah foto digital menjadi foto realistis 3D.

Siapa saja yang mampu menggunakan sebuah kamera, telepon selular atau kamera digital SLR untuk me mbidik rangkaian foto dari obyek, orang atau pemandangan; dapat menggunakan 123D Catch untuk menciptakan model 3D yang memukau.

Rekam avatar personal ataupemandangan liburan favorit Anda dengan 3D saat ini menjadi mungkin dan mudah. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan berbagi dengan film atau animasi pendek untuk dilihat pada perangkat mobile, YouTube dan saluran media sosial lainnya.

Menangkap model-model 3D telah membantu sebuah tim riset yang menggunakan Project Photofly di situs arkeologi Pompeii untuk mendokumentasikan dan menganalisis arsitektur satu dari bangunan terbesar namun yang paling tidak dipahami di areal tersebut.

"Meskipun praktik standar perekaman arkeologis saat ini sudah terpercaya, namun prosesnya lamban," kata asisten profesor di Universitas Massachusetts Amherst Eric Poehler.

"Setiap tahun kami hanya mempunyai waktu singkat di Pompeii untuk menangkap situs arkeologis tersebut ke dalam model 3D, dan dengan Project Photofly, kami mampu meningkatkan efisiensi dan akurasi secara dramatis," tambahnya.

Aplikasi Autodesk 123D Make juga merupakan sebuah preview teknologi gratis dan baru untuk Mac, untuk mampu meng onversikan model digital 3D menjadi pola potongan 2D sehingga dapat secara mudah dirangkaikan melalui bahan-bahan berbiaya rendah, seperti kardus, kayu, kain, besi atau plastik.

Bagian-bagian potongan kemudian menjadi satu menciptakan representasi fisik dari model digital sebelumnya. 123D Make menjadikan pengguna dapat menciptakan karya seni, perabotan, pahatan atau purwaru pa lain secara cepat untuk menguji bagaimana wujud nyata dari sebuah desain nantinya.

Autodesk mengembangkan teknologi ini dengan bertindak sebagai seorang insinyur digital yang mampu membantu perseorangan menciptakan model 3D, dan kemudian mengubah model tersebut menjadi nyata.

123D Make didesain sebagai media kreatif pribadi berekspresi atau bagi pengguna yang mungkin tidak dapat mencari apa yang mereka inginkan pada barang-barang produksi massal dan memutuskan untuk menciptakan kreasinya sendiri.



kompastekno

3 comments:

  1. Wah autodesk tidak mau kalah sama google yang selalu mengembangkan perangkat drawing 3D nya yaitu Google SketchUP

    ReplyDelete
  2. Weh Autodesk yg 3dsmax itu ya sob??? ternyata udah ngeluarin versi baru toh mereka... meluncur ke forum dulu ah... siapa tau udah ada yg ngasih... makasih informasinya sob...

    ReplyDelete
  3. wow...autodesk 3D???kereeenn

    nice info sob

    ReplyDelete

 
Top