Dari seluruh sepeda motor konsep yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2011, salah satu yang menarik adalah Y125 Moegi dari Yamaha. Daya tarik sepeda motor yang satu ini, futuristik dan "nyentrik". Penampilan seperti seperti "jadul".



Dalam keterangan resminya, Yamaha menyatakan ingin menerjemahkan filosofi kecantikan yang disematkan pada sepeda motor bergaya retro-moderen ini. Desainnya gampang akrab dengan orang, menawarkan konsep kemudahaan dan nyaman dikemudikan.



Bentuknya mirip sepeda "onthel" yang dipasangi mesin berkapasitas 125 cc satu silinder dengan teknologi injeksi dan sistem transmisi manual. Tangki bahan bakarnya menyatu pada sasis sehingga membuatnya kelihatan ramping.



Sasisnya menggunakan baja khusus yang ringan namun kuat. Buktinya, berat sepeda motor ini 79,8 kilogram. Moegi juga menggunakan ban tipis sehingga mengurangi daya geseknya dengan permukaan jalan.

Konsumsi bensinnya super irit, 80 km/liter saat digunakan di dalam kota. Kuncinya, selain bobotnya yang ringan, Yamaha menggunakan "v-belt" sebagai pengganti rantai untuk mengurangi gesekan dan lampu LED untuk penghematan.

Sayang, Yamaha masih belum membuka semua spesifikasi dan kemampuan mesin Y125 ini dan belum punya rencana untuk memproduksinya secara massal.



kompasoto

2 comments:

 
Top