Boku no Blog - Mungkin sebagian dari kita mengenal jenis mi Jepang seperti Ramen atau Udon. Tapi mi kali ini yaitu mi Tokoroten ini juga merupakan salah satu makanan mi yang disukai oleh masyarakat di Jepang sana.


Apakah Mi Tokoroten ini?

Mi ini merupakan hidangan favorit saat musim panas. Mi ini merupakan hidangan dingin yang bisa membantu menyegarkan tubuh saat musim panas.
Mi tokoroten ini berwarna transparan, terbuat dari kanten, yang merupakan bahan agar-agar atau jelly dari rumput laut.

Sejarah mi Tokoroten ini adalah dulu disediakan untuk kaum aristokrat Jepang dan ditemukan pada abad ke-17. Kini, mi tersebut banyak disajikan di toko makanan manis, kedai teh, dan banyak tempat makan sederhana di sekitar Jepang.

Bagi yang suka makanan vegetarian, tokoroten merupakan hidangan yang sangat tepat. Kaya gizi, tinggi serat, dan juga membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Bisa jadi hidangan alternatif yang jauh lebih sehat daripada mi tradisional.

Bagaimana cara makan Mi Tokoroten ini?

Di wilayah Kanto, Jepang Tokoroten diolah dengan kecap, cuka beras, dan mirin. Orang biasanya menikmati mi ini dengan mustard Jepang panas, nori, dan biji wijen panggang.

Wilayah Kansai di Jepang lebih menyukai Tokoroten mereka dengan hiasan dan bumbu yang lebih manis, termasuk berbagai macam buah, sirup manis, bubuk matcha teh hijau, atau kinako - tepung kacang kedelai panggang yang sering digunakan sebagai topping untuk makanan penutup.


Kalau kita lihat dan amati mi Tokoroten ini mirip dengan mi Soun di tempat kita. Tapi mi Soun terbuat dari pati kentang, ubi maupun singkong dan bukan dari rumput laut. Warnanya juga transparan tapi cenderung lebih keruh.

Meski Tokoroten adalah makanan musim panas tradisional di Jepang, bukan berarti kita tidak bisa menikmatinya sepanjang tahun. Biasanya mi Tokoroten ini juga dijual mentah di supermarket dan bisa mengolahnya sendiri di rumah.

7 comments:

  1. Aku belum pernah nyoba nih, dan jarang denger jg nama makanan ini mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dodo Nugraha_Iya mas ini popouler di musim panas di Jepang

      Delete
  2. Mi dimakan dingin? Agak gimana gitu mbayangke pas makan :)
    Soale sudah terlanjur masuk midset kalo makan mi itu paling sedep kuahnya puanaas

    ReplyDelete
  3. @Dewi Apriliana_Iya mbak. Dulu aku juga berfikiran gitu. Tapi setelah dicoba ternyata enak lho mbak. Meskipun gak pakai Mi Tokoroten, pakai mi soun ternyata enak juga. Tapi tergantung selera sih :)

    ReplyDelete
  4. Yaaa, tapi yang udh ready to eat nya cuma dijual saat summer ya mas? Aku ke Jepang selalu saat winter. Krn memang ngincer salju di beberapa tempat nya dan aku sendiri ga kuat panas. Makanya slalu hindari pergi pas summer.

    Ini ingetin aku Ama mie ato beras shirataki. Yg sering dipake diet sebagai pengganti Karbo. Bentuknya agak mirip

    Penasaran sbnrnya Ama rasa tokoroten ini. Kalo beli mentahnya, dan bikin sendiri, kuatir rasanya ga bakal seenak yg asli :D. Apalagi kalo blm cobain yg aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fanny_dcatqueen_Wah sesekali perlu dicoba mbak travelingnya saat musim panas.. :-)

      Delete
    2. Ga kuat panaaas hahahahha. Apalagi adekku yg tinggal di Jepang , kdg cerita summernya di sana dia aja ga tahan. Kami kayaknya memang pecinta dingin garis keras hahahah. Makin dingin, makin minus suhu, aku bakal makin sukaaak :D.

      Delete

 
Top