Japanese - Language Proficiency Test atau Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Nihonggo Nouryoku Siken)tahun 2009 ini ,akan diselenggarakan diberbagai tempat di Indonesia,salah satunya adalah di selenggarakan di Universitas Gajah Mada,Yogyakarta,pada hari Minggu,06 Desember 2009.



Sudah sekian lama aku tidak mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang ini.Dulu aku pernah mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang ini pada saat tinggal diJepang beberapa tahun yang lalu.

Dan setelah aku bekerja disalah satu perusahaan perakitan Vending
Machine/Jidouhanbaiki “PT.METEC”Semarang,baru kali ini aku ikut lagi Ujian Kemampuan Bahasa Jepang untuk kenaikkan level berikutnya.



Memang dalam keseharian pekerjaan di perusahaan banyak yang berkaitan dan menggunakan bahasa jepang,karena perusahaan ini adalah perusahaan penanam modal asing dari Jepang. Tapi kondisinya berbeda,dalam artian penggunaan bahasa jepang lebih banyak dalam percakapan kadang kalanya tidak sesuai dengan “bunpou”/”grammar”yang benar.

Untuk persiapan dalam menghadapi ujian ini selain ada kegiatan belajar setiap harinya setelah pulang kerja selama 2 jam diperusahaan,dirumah pun aku lanjutkan belajar.Karena setelah pulang kerja,istri dan anakku sudah menunggu maka kegiatan belajar sendiri dirumah ini aku lakukan tengah malam tatkala Istri dan anakku sedang tidur.



Ini aku lakukan karena aku harus bisa membagi waktu untuk keluarga,pekerjaan,belajar dan istirahat.Jadi sepulang kerja aku luangkan waktuku untuk bersenda gurau dengan mereka.

Peserta yang ikut dalam Ujian Kemampuan Bahasa Jepang kali ini dari teman-teman satu perusahaan lumayan banyak.Pada hari Sabtu,05 Desember 2009,jam 14.00 WIB,kami berangkat bersama – sama dari Perusahaan menuju Jogjakarta.





Karena ujian dilaksanakan pada hari minggu pagi 06 Desember 2009,sengaja kami serombongan berangkat awal dan bermalam satu malam di Jogjakarta.Jadi kita bisa persiapan waktu untuk menghadapi ujian pada esok harinya.

Malam harinya tatkala di Asrama Haji,hujan turun dengan lebatnya dan kemudian listrik padam.Sehingga untuk malam harinya kami yang rencananya mau belajar bersama jadi tidak bisa.

Waktu hari "H",kami berangkat pagi,setelah sampai di UGM,dan selesai mencari ruang dan tempat ujian,kami mengobrol di taman depan ruang ujian.



Ujian dimulai jam 09.00 pagi,untuk bagian pertama ujian “Mojigoi/Vocabulary”,lalu pada bagian kedua “Chokkai/Listening”,pada bagian ketiga “Dokkai,bunpou/Reading dan Grammar”.Setiap selesai satu bagian diselingi istirahat selama 20 menit.

Hasil Ujian akan diumumkan sekitar bulan Februari-Maret 2010.Semoga bisa Lulus….!

Sepulangnya ke Semarang kami serombongan menyempatkan diri mampir ke Malioboro untuk jalan-jalan dan membeli oleh-oleh.

6 comments:

  1. Wah asyik dong sekalian jalan2,jangan lupa oleh2nya..lho...!

    ReplyDelete
  2. Semangat kabeh Yo kang...!

    ReplyDelete
  3. Waktu listrik mati,hujan-hujan,sambil ngopi,makan krispi,semua pada maen kartu kan..?
    hayo..ketahuan malah nggak pada belajar.
    Tapi Gimana belajar lha wong lampunya "is DEAD"

    Bravo..!

    ReplyDelete
  4. Anonymous11/12/09

    Ganbatte Kudasai...!

    ReplyDelete
  5. wah asyiknya yang tinggal diJepang jangan lupa negeri sendiri Ya mas

    ReplyDelete
  6. I pray for the success of the examination.

    Thank you for visiting my blog.

    Greetings.

    ReplyDelete

 
Top